Cara Cek Resi SiCepat

Bagaimana cara cek resi Sicepat? Jika dulu kita hanya mengandalkan PT. Pos Indonesia saja untuk melakukan pengiriman dokumen dan barang, tapi seiring waktu perusahaan jasa ekspedisi semakin berkembang.

Bahkan kita bisa menemukan banyak pilihan jasa pengriman barang. Oleh karena itu, kita tinggal memilih mana yang paling mudah, aman dan harganya terjangkau.

Salah satu perusahaan jasa ekspedisi barang yang bisa Kamu andalkan adalah Sicepat, penyedia layanan pengiriman barang ini dikenal nyaman, aman dan tentu saja sampai ke tempat tujuan.

Jadi tak heran bila saat ini ada banyak pemilik toko online yang mempercayakan pengiriman paket menggunakan Sicepat.

Hingga saat ini ada banyak sekali penyedia jasa ekspedisi barang yang telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan marketplace atau ecommerce terkenal di Indonesia, seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Sehingga setiap pengguna ecommerce tersebut dapat memilih kurir atau jasa ekspedisi menggunakan Sicepat. Selain itu, cara cek resi Sicepat juga bisa dilakukan lewat berbagai macam cara.

Pilihan Pengecekan Resi Sicepat

Cara pengecekan resi Sicepat sendiri ada 2 metode yang dapat Kamu lakukan, cara pertama Kamu bisa memakai aplikasi, sedangka kedua bisa melalui situs resmi SiCepat. Cara tercepat dan termudah yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan aplikasi toko online itu sendiri secara langsung.

Jika Kamu mengecek resi secara langsung dianggap lebih cepat dan mudah, karena hanya perlu beberapa klik saja. Selanjutnya sistem akan langsung memberikan informasinya secara detail, hanya saja memang tidak selengkap pada aplikasi maupun website resminya.

Akan tetapi, Kamu juga perlu tahu bahwa SiCepat menawarkan 4 pilihan layanan, diantaranya layanan COD (cash on delivery), Cargo, Best, dan Reguler. Keempat pilihan layanan tersebut menawarkan tarif ongkos kirim yang berbeda dan tergantung pada lokasi tujuannya, khususnya untuk layanan COD.

Untuk melakukan pelacakan pengiriman SiCepat maupun jasa ekspedisi barang lainnya, Kamu harus memiliki nomor resi pengirimannya terlebih dulu. Sebab nomor resi pengiriman sama halnya dengan kode nomor sekaligus bukti pengiriman barang tersebut, oleh karenanya sistem bisa langsung membaca serta melacaknya.

Adapun untuk mendapatkan resi tersebut, Kamu bisa memintanya ke pihak pengirim, dan biasanya jika barang masuk ke jasa ekspedisi, maka Kamu pun akan langsung mendapatkan nomor resi.

Jenis-Jenis Layanan Sicepat

Ada beberapa jenis layanan pengiriman SiCepat yang bisa Kamu gunakan, diantaranya :

  • Sicepat Reguler

Layanan pengiriman Sicepat Reguler mempunyai estimasi pengiriman yang lebih lama jika dibandingkan layanan lainnya. Dimana semuanya tergantung pada lokasi tujuan dan pengirimannya.

Misalnya pengiriman dari kota Jakarta menuju kota Semarang yang membutuhkan waktu dari 3-5 hari.

  • Sicepat Best

Layanan pengiriman Sicepat Best bisa dikatakan lebihce pat dibandingkan layanan reguler, karena estimasi pengirimannya hanya 1 hari, jika dikirim hari ini maka besoknya sudah sampai.

Akan tetapi tak semua daerah mendukung layanan ini, mengingat jaraknya yang terlalu jauh atau alasan lainnya.

  • Sicepat COD (Cash On Delivery)

Layanan pengiriman Sicepat COD atau Cash on Delivery, jika Kamu ingin menggunakan layanan dengan sistem COD.

Akan tetapi tidak semua lokasi mendukung layanan Sicepat COD ini, jadi Kamu harus melakukan penegcekan ketersediaan layanan ini di tempat tujuan pengiriman terlebih dahulu.

  • Sicepat Cargo

Layanan pengiriman Sicepat Cargo biasanya digunakan untuk mengirimkan barang yang berukuran besar dan beratnya di atas 5 kg.

Akan tetapi tarif ongkirnya lebih ekonomis dibanding layanan lainnya. Sementara estimasi waktu pengirimannya cukup lama, sehingga pengguna layanan Sicepat Cargo harus sabar menanti estimasi pengiriman yang lumayan lama.

  • SiCepat Halu

Layanan Sicepat Halu sendiri adalah layanan pengiriman terbaru yang telah ditawarkan oleh Sicepat dengan tarif ongkir terjangkau.

Dengan kehadiran layanan pengiriman ini, tentu saja pengguna jasa pengiriman barang menjadi lebih dimudahkan. Apalagi, layanan pengiriman Sicepat Halu tersebud ditawarkan dengan tarif ongkir mulai Rp. 5000.

Perbedaan Sicepat Halu dengan Sicepat Reg hanya terletak dari pengiriman barang yang dilakukan dan tarif ongkir yang ditawarkan.

Akan tetapi, pengiriman layanan Sicepat Halu tidak dilakukan di hari libur nasional dan hari libur. Hal ini tentu berbeda dengan layanan Sicepat Reg yang pengirimannya dilakukan setiap hari.

Itulah beberapa pilihan layanan pengiriman yang ditawarkan oleh Sicepat untuk memudahkan para pelanggannya saat memakai jasa ekspedisi ini. Sekarang saatnya, kita akan membahas tentang cara cek resi Sicepat. Simak ulasannya di bawah!

Cara Cek Resi SiCepat Mudah

Cara Cek Resi SiCepat
Cek Resi SiCepat | IMG: Freepik.com

Sebenarnya, ada 2 pilihan cara cek resi Sicepat yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu melalui aplikasi dan web resmi. Berikut penjelasannya :

1. Cara Cek Resi Sicepat Melalui Aplikasi

Untuk melakukan cara cek resi Sicepat melalui aplikasi, tentu saja Kamu harus sudah mengunduh aplikasinya terlebi dahulu. Silahkan unduh di Google Play Store bagi pengguna android atau App Store bagi pengguna iOS. Lalu silahkan ikuti langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama tentu Kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, lalu install aplikasi tersebut di Hpmu.
  • Jika sudah mempunyai aplikasinya, silahkan lakukan registrasi akun terlebih dahulu apabila belum mempunyai akun di aplikasi Sicepat.
  • Langkah berikutnya, silahkan buka aplikasi Sicepat, dan di menu utama Kamu bisa pilih “Cek Resi”.
  • Selanjutnya Kamu cukup menginputkan nomor resi pengiriman di kolom yang telah tersedia, kemudian klik lacak.
  • Kemudian jika nomor resi tadi sudah terbaca, akan muncul pengiriman paket secara detail dari tempat atau lokasi transit, beserta informasi mengenai tanggal dan jam pengiriman.

2. Cara Cek Resi Sicepat Melalui Website

Cara cek resi Sicepat melalui website resmi bisa dilakukan baik lewat Hp maupun lewat PC/komputer. Metode ini juga tergolong sangat mudah, Kamu hanya perlu mengunjungi website resmi dari Sicepat saja. Ikuti langkah-langkahnya berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka web browser di PC/laptop atau di smartphone.
  • Jika sudah silahkan kunjungi website resmi Sicepat atau klik link berikut : http://sicepat.com/checkAwb.
  • Kemudian di tampilan utama, Kamu bisa langsung menginputkan nomor resi pengiriman saja di kolom yang telah teresia. Selanjutnya langsung klik lacak.
  • Jika nomor resi sudah terbaca, selanjutnya akan muncul pengiriman paket yang Kamu kirimkan secara detail mulai dari transit, tanggal dan jam.

Selain menggunakan website resmi Sicepat, Kamu juga bisa melacak pengiriman Sicepat dengan menggunakan website lainnya, seperti berikut :

  • Silahkan kunjungi link di : https://www.cekpengiriman.com
  • Selanjutnya di halaman pertama, silahkan tap nomor resi.
  • Kemudian masukan nomor resi pengiriman di kolom yang tersedia.
  • Setelah itu, pilih jasa pengiriman yang Kamu gunakan di kolom kurir, contoh Sicepat Express atau Sicepat.
  • Langkah terakhir, silahkan pilih Cek Paket lalu tunggu beberapa lama sampai hasil pelacakan terlihat.

Jika hendak melakukan pelacakan barang kiriman dari Sicepat, sebaiknya pastikan terlebih dahulu nomor resi pengiriman sudah keluar. Sebab untuk mengecek pengiriman barang harus menginputkan nomor resi pengiriman terlebih dahulu, sama seperti tracking jasa ekspedisi lainnya.

Ya, semoga ulasan cara cek resi Sicepat di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019