Cara Cek Garansi Hp Samsung

Cara Cek Garansi Hp Samsung

Saat membeli hp Samsung baru di outlet penjualan hp atau di konter, apakah Kamu langsung percaya jika hpmu mempunyai garansi resmi? Untuk memastikannya, lakukan pengecekan dengan cara cek garansi hp Samsung. Adanya garansi pada hp baru sangat penting, untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebanyakan orang saat membeli ponsel baru, biasanya hanya mengecek spek ponsel dan kelengkapan seperti charger hingga headset saja. Seringkali orang-orang justru mengabaikan layanan after sales hp, padahal sebenarnya hal tersebut jauh lebih penting. Karena Kamu bisa mengklaimnya jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan pada perangkat hpmu.

Read More

Pentingnya Garansi Hp Samsung

Jangan beranggapan mentang-mentang hp baru, pasti tidak akan mengalami masalah. Karena sudah dicek kelengkapan, spesifikasi dan kondisi fisik hp tersebut saat membelinya di toko hp. Kita tak sepenuhnya bisa mengecek kondisi hp keseluruhan saat pembelian. Paling-paling yang bisa dicek dengan mudah adalah kondisi fisik hp.

Kita tentu tidak tahu, setibanya di rumah dan menjajal semua fungsi hp, ternyata bagian kameranya ngeblur atau ada masalah pada kameranya. Masalah ini cukup sering terjadi lho, dan imbasnya jika Kamu tidak memiliki garansi hp resmi, Kamu tidak bisa mengklaim perbaikan hp di gerai resminya. Karena hp yang Kamu beli adalah hp Samsung, Kamu tidak bisa mengklaim garansi ke Samsung Center untuk melakukan perbaikan. Wah, sayang bukan? Sebagai solusinya, Kamu wajib tahu cara cek garansi Hp Samsung.

Cara Cek Garansi Hp Samsung

Cara Cek Garansi Hp Samsung
Tutorial Cek Garansi Resmi Hp Samsung

Bagaimana Cara Cek Garansi Hp Samsung?

Jika Kamu ingin memeriksa garansi resmi hp Samsung, ada beberapa metode yang bisa Kamu lakukan untuk mengeceknya. Berikut di bawah ini ada beberapa pilihan cara cek garansi hp Samsung yang bisa dicoba :

Metode 1 : Cek Garansi Hp Samsung via Dial Up

Ternyata tak hanya cara cek kuota Indosat saja yang bisa dilakukan lewat menu dial up. Kamu juga bisa mengecek garansi hp Samsung lewat kode dial up di perangkat hpmu. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan buka fitur panggilan di hp Samsung yang akan dicek garansinya.
  • Kemudian masukkan kode dial rahasia ke nomor *#12580*369#.
  • Setelah itu, klik ok atau tekan panggil yang tertera pada layar di bagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat, sampai kamu mendapatkan informasi mengenai hp samsung yang kamu cek tersebut.

Adapun rincian pada informasi tersebut adalah bisa dengan mudah melihat tanggal melalui menu ‘RF Cal’. Sebagai contoh, jika kamu membeli hp samsung tersebut pada tanggal 15 April 2022, maka aka nada keterangan tulisan 20220415 pada layar ponsel tersebut.

Kamu perlu waspada, apabila Ketika dicek waktu pembelian hp Samsung ternyata berbeda dari tanggal pembelianmu di hp. Ini kemungkinan besar produk tersebut adalah black market, yang kemudian dijual Kembali oleh konter atau outlet hp.

Metode 2 : Cek Garansi Samsung Lewat Website Resmi IMEI

Cara cek garansi Samsung yang kedua ialah bisa dilakukan di website resm IMEI, dimana disana kamu akan melihat semua jenis hp beserta tipenya. APabila nomor IMEI ternyata muncul pada website tersebut, maka artinya hp yang Kamu beli adalah ori. Info selengkapnya, bisa Kamu cek dengan langkah-langkah berikut  :

1. Siapkan Nomor IMEI Hp

Langkah pertama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu nomor IMEI hp yang akan kamu beli. Caranya bisa dengan menegcek pada bagian casing belakang hp, melalui kotak atau dus hp, melalui menu setting, atau bisa juga dengan melalui dial ke nomor *06#.

2. Cek Nomor IMEI dan Catat

Apabila kamu ingin cek nomor IMEI melalui dial up, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah dengan masuk ke menu panggilan. Setelah masuk ke menu panggilan, ketikkan angka *06#. Sesaat kemudian nomor IMEI akan muncul pada layar hp, tulislah nomor IMEI tersebut.

3. Masuk ke Website Resmi IMEI

Cara cek garansi Samsung selanjutnya, jika sudah mendapatkan nomor IMEI, Kamu bisa masuk ke website resmi IMEI di alamat www.imei.info.

4. Login ke Akun IMEI

Silahkan untuk login dengan menggunakan akun facebook yang kamu miliki. Atau jika tidak memiliki akun facebook, Kamu bisa mencoba cara lainnya yang dapat dilakukan.

5. Masuk ke Halaman Utama

Jika sudah masuk pada halaman utama dari situs tersebut, akan ada kolom pengisian nomor IMEI. Isilah nomor IMEI pada kolom yang telah disediakan.

6. Isi Nomor IMEI dan Cek

Setelah mengisi nomor IMEI pada kolom tersebut, selanjutnya tekan tombol ‘check’ yang berada tepat disamping sebelah kanan kolom.

7. Informasi Garansi

Sesudah mengklik tombol check, tunggu beberapa saat hingga kemudian akan muncul beberapa informasi yang bisa di ambil hanya dari nomor IMEI yang kamu masukkan sebelumnya. Disini, Kamu akan melihat garansi hp samsung, pilihlah menu Samsung Garansi / SN / Carrier Check pada beberapa pilihan menu yang tersedia.

8. Mencocokkan Data

Cocokkan dengan data hp tersebut dan jika benar maka garansi hp samsung yang hendak kamu beli adalah garansi resmi.

9. Klik ‘Warranty via SN’

Selanjutnya lakukan scroll ke bagian bawah hingga kamu mendapatkan tombol ‘Warranty via SN’. Silahkan klik tombol tersebut.

10. Isi Serial Number

Dengan mengetik tombol tersebut, kamu pasti akan diarahkan pada halaman berikutnya untuk memasukkan kode serial number. Isi serial numbernya lalu klik tombol ‘Check Samsung Phone Details’.

11. Klik ‘Factory Warranty Till’

Jika kamu ingin melihat akhir dari masa garansi hp samsung milikmu, maka klik tulisan ‘Factory Warranty Till’. Maka akan teerlihat jelas berapa lama lagi sisa masa garansi hp samsung berlaku.

Itulah langkah-langkah cara cek garansi hp samsung yang bisa kamu lakukan melalui website IMEI.

Metode 3 : Hubungi Layanan Customer Service

Cara ini dilakukan jika kamu tidak ingin bersusah payah melakukan kedua cara di atas, memang sebenarnya yang paling mudah adalah kedua cara di atas. Hanya saja, bagi sebagian orang mungkin lebih nyaman melakukannya dengan mengghubungi customer service dari Samsung. Adapun untuk menghubungi layanan CS Samsung bisa dilakukan lewat akun media sosial resmi dari Samsung. Berikut diantaranya :

  • WhatsApp, dengan cara chatting ke nomor 08170215588.
  • Panggilan telepon ke nomor 0800112777 atau ke nomor 08001128888.
  • Menghubungi akun facebook : @SamsungIndonesia.
  • Akun Twitter : @SamsungID.
  • Akun Instagram : @samsung_id.

Kelima media sosial di atas bisa kamu hubungi, nantinya pihak CS akan menanyakan permasalahan kamu. Sampaikanlah permasalahannya sehingga kamu bisa mengetahui hp samsung yang kamu miliki bergaransi resmi atau tidak.

Cara Klaim Garansi Hp Samsung

Setelah mengetahui masa garansi dari hp Samsung, lantas bagaimana cara klaim garansi tersebut? Yang paling utama untuk klaim garansi adalah jaga agar kartu garansi dan juga nota pembelian hp kamu jangan sampai hilang. Jika hilang salah satunya maka kamu tidak bisa klaim garansi.

Fungsi dari kartu garansi adalah untuk melihat dan mengecek semua perihal pembelian hp samsung tersebut dengan mencocokkan beberapa data yang tersedia pada hp. Selain itu juga, untuk merecord klaim yang kamu lakukan.

Adapun fungsi dari nota pembelian adalaha agar memudahkan kamu untuk klaim garansi di toko tempat pertama kamu beli. Jika tidak ada nota walaupun kamu memiliki kartu garansi maka kemungkinan besar tidak akan bisa.

Oke, demikianlah ulasan terkait cara cek garansi hp Samsung untuk memastikan keaslian dan garansi resmi Samsung sekaligus cara untuk mengklaim garansi tersebut!

 

 

Related posts