Cara Merawat Kulkas

  • Whatsapp

Bagaimana sih cara merawat kulkas agar awet? Ya, kulkas adalah salah satu alat elektronik dengan peranan yang sangat penting untuk kebutuhan rumah tangga. Pasalnya, kulkas berfungsi untuk menjaga agar bahan makanan seperti buah dan sayur maupun minuman tetap dalam kondisi fresh dan segar.

Bahkan fungsi kulkas hampir bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer di masa sekarang. Terlebih jika Kamu gemar menyetok bahan makanan dan berbelanja bulanan. Bayangkan saja, jika kulkasmu rusak. Tentu seluruh bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan mingguan bisa membusuk. Karena itulah, penting sekali melakukan cara merawat kulkas agar awet.

Read More

Cara Merawat Kulkas

Cara Merawat Kulkas
Merawat Kulkas

Tips Merawat Kulkas Agar Awet

Jika ingin kulkasmu lebih awet dan tetap berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama, Kamu harus mengikuti saran cara merawat kulkas di bawah ini. Berikut ulasannya :

1. Hindari Menyimpan Minuman atau Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Jika Kamu sering meletakkan minuman atau makanan panas supaya cepat dingin ke dalam kulkas, sebaiknya jangan lakukan lagi mulai sekarang. Karena suhu panas pada makanan membuat lemari es harus bekerja dengan lebih keras agar dapat mendinginkannya.

Dengan begitu, hal ini dapat berpengaruh pada kinerja kulkas, apalagi jika Kamu terlalu sering melakukan kebiasaan di atas. Sebaiknya tunggu suhu minuman atau makanan tersebut dingin terlebih dahulu atau setidaknya pada temperatur ruangan. Baru kemudian Kamu bisa memasukkannya ke kulkas.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus

Di samping membuat kulkas menjadi lebih awet, ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya perubahan temperatur secara drastis. Justru hal ini bisa membuat makanan lebih mudah basi.

2. Menutup Pintu Kulkas Rapat-Rapat

Ketika mengambil minuman atau makanan dari kulkas, seringkali kita hanya membiarkan pintu lemari es tersebut mentuup sendirinya tanpa dicek terlebih dahulu. Padahal penting sekali untuk mengecek apakah pintu kulkas tertutup rapat ataukah tidak.

Mungkin kulkas menutup sendirinya, namun tak jarang pintu tersebut tidak menutup dengan sepenuhnya. Dengan begitu terkadang temperatur udara yang terdapat pada kulkas akan bocor keluar. Hal ini membuat temperatur di dalam kulkas menjadi tidak dingin.

Inilah yang menyebabkan kulkas cepat rusak sebab terlalu berat bekerja. Alangkah baiknya, dalam cara merawat kulkas Kamu harus menutup pintu kulkas rapat-rapat sesudah membukanya. Tujuannya agar kulkas tak mudah rusak karena suhu didalamnya tetap stabil.

3. Membersihkan Kulkas Dengan Rutin

Membersihkan kulkas mungkin pekerjaan yang cukup berat dilakukan, terlebih jika isinya cukup penuh, sehingga jarang dibersihkan. Cara merawat kulkas ini sebenarnya penting dilakukan, terlebih jika Kamu ingin mempunyai lemari es yang tak mudah rusak dan awet.

Silahkan keluarkan seluruh bahan makanan yang tersimpan di kulkas sampai membersihkan bagian-bagian rak kulkas. Selain itu, jangan lupa menonaktifkan listrik kulkas terlebih dahulu ketika membersihkannya.

Kamu dapat memanfaatkan cairan pembesih multifungsi untuk membersihkan kulkas bagian dalam. Bersihkan menggunakan spons lembut untuk meminimalisir terjadinya goresan di bagian kulkas. Selain itu, bersihkan pula kulkas bagian luar.

4. Cek Kapasitas Kulkas

Umumnya setiap kulkas mempunyai kapasitas ukuran yang berbeda. Karena itu, Kamu harus memperhatikan kapasitas lemari es agar Kamu tidak mengisinya dengan bahan makanan yang melebihi kapasitas. Jadi, jangan sampai Kamu mengisi kulkas dengan benda atau bahan makanan melebihi kapasitas kulkas itu sendiri.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Karena isi kulkas terlalu penuh pun dapat meminimalisir sirkulasi udara yang ada di dalamnya, karena itu membuat kinerja alat elektronik ini lebih berat. Selain itu, jangan pernah meletakkan botol berukuran besar pada rak yang terletak di pintu kulkas. Karena beban berlebihan dapat memicu pintu kulkas menjadi mudah rusak.

Simpan hanya bahan makanan yang perlu disimpan di dalam kulkas saja dengan memperhatikan kapasitas pada kulkas itu sendiri.

5. Mengatur Temperatur Kulkas

Apabila di dalam kulkas terdapat bahan makanan berupa ayam dan ikan, maka sebaiknya Kamu bisa rendahkan suhunya agar lebih dingin. Adapun tujuannya agar bahan makanan ini tidak cepat basi. Namun jika Kamu hanya menyimpan sayuran atau buah-buahan, maka suhunya bisa dinaikkan. Agar tak terlalu dingin. Tujuannya selain membuat daya penggunana listrik menjadi lebih hemat juga tetap dapat menjaga kualitas sayur dan buah.

6. Menyediakan Ruang Antara Dinding dengan Kulkas

Di bagian belakang kulkas, terdapat kondensor yang dapat mengeluarkan hawa atau udara panas. Supaya hawa panas tersebut dapat keluar secara optimal, Kamu harus memberi ruang atau space antara dinding dengan kulkas. Posisikan lemari esmu sekitar 15-20 cm dari bagian dinding. Sehingga, sirkulasi udara pun bisa berjalan lancar.

7. Menjaga Agar Bagian Kondensor Selalu Bersih

Cara merawat kulkas selanjutnya adalah harus tetap memperhatikan kebersihan kondensor. Seringkali kondensor terlewatkan saat melakukan pembersihan secara berkala pada lemari es. Posisinya yang terletak di belakang kulkas sert tersembunyi inilah yang sering membuatnya terlewatkan. Selain itu, kondensor juga menjadi komponen terpenting bagi kulkas yang wajib mendapat perhatian.

Bersihkan kondensor secara rutin, dan jangan biarkan kondensor berdebu dan kotor. Karena dapat mengurangi kinerja pada kulkas serta membuat kulkas kurang dingin. Selain itu, kondensor kotor juga dapat mengakibatkan kinerja kompresor lebih berat bahkan terasa panas.

Terkait:  Cara Kerja Kulkas

Dampaknya apabila dibiarkan secara terus menerus, bisa membuat kulkas lebih gampang rusak. Inilah alasan pentingnya membersihkan kondensor saat melakukan pembersihan kulkas.

Kebersihan kondensor yang terjaga dengan baik membuat energi menjadi lebih efisien untuk menghasilkan suhu dingin pada kulkas. Alhasil, pemakaia daya listri pun lebih hemat.

8. Jangan Memakai Kulkas Ketika Listrik Padam

Ketika listrik sedang padam, khususnya dalam waktu cukup lama, maka kulkas tidak akan dingin. Karena itu, jangan terlalu sering menutup dan membuka kulkas. Sebab hal ini dapat membuat udara dari luar akan memasuki bagian dalam kulkas.

Imbasnya, beberapa bahan makanan di dalam kulkas akan cepat basi. Ketika listrik mati, bahan makanan biasanya akan tetap bertahan hingga 24 jam apabila kulkas dibiarkan dalam kondisi tertutup.

9. Cabut Kabel Kulkas Ketika Listrik Padam

Ketika listrik padam, sebaiknya cabut kabel kulkas. Kemudian sesudah menyala kembali, Kamu harus menunggu sampai 5 menit lamanya. Setelah itu, baru pasang lagi kabelnya. Tujuannya supaya kompresor direset ke dalam posisi awal. Sebab jika aliran listrik tidak direset membuat kulkas menjadi lebih gampang rusak. Namun hal tersebut tak berlaku apabila listrik dalam waktu cukup lama.

10. Membersihkan Freezer

Selain membersihkan bagian dalam dan luar kulkas, Kamu juga harus membersihkan freezer dalam kulkas. Dalam membersihkan freezer ini, silahkan memakai sikat gigi. Ini penting sekali untuk membersihkan noda tumpahan dari makanan atau bunga es. Silahkan sikat freezer dengan lembut. Apabila sulit dihilangkan, pakai odol berwarna putih.

Nah, itulah 10 cara merawat kulkas yang harus Kamu terapkan untuk tetap menjaga agar suhu di dalam kulkas stabil. Selain itu, cara di atas juga bertujuan agar kulkas yang Kamu miliki dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bagaimana, mudah kan?

Related posts