Cara Kerja Google

  • Whatsapp

Google adalah platform penelusuran yang sering digunakan banyak orang untuk mencari berbagai informasi. Sayangnya tak sedikit orang yang mengetahui cara kerja Google penelusuran. Sebenarnya penting sekali mengetahui bagaimana Google bekerja, agar kita dapat memahami langkah-langkah praktis optimasi SEO di situs web yang kita miliki.

Tentang Mesin Pencari

Pengertian mesin pencari ialah sebuah sistem atau platform yang kerap digunakan banyak orang untuk mendapatkan dan mencari informasi via internet dengan memanfaatkan kata kunci atau keyword tertentu. Jadi mesin pencari di sini bertugas untuk menyuguhkan seluruh informasi secara relevan yang biasanya tersimpan di database sesuai kebutuhan penggunanya.

Read More

Setiap pengguna internet tentu pernah bahkan sering memakai mesin pencari. Seperti mencari informasi tentang berita harian, mencari berbagai macam materi untuk keperluan tugas sekolah/kuliah, hingga pekerjaan. Jadi hal tersebut memang sudah lumrah bagi kebanyakan orang sekarang ini.

Internet sendiri saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan paling utama, agar dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah. Sehingga banyak orang menggunakannya sebagai lahan usaha onlinenya. Dengan membangun web bisnis, tentu saja menjadi cara paling utama untuk meraup penghasilan di internet, seperti di toko online atau blog artikel.

Setiap pemlik website, tentu saja memiliki keinginan agar webnya dapat tampil di peringkat pertama halaman mesin pencari Google. Terlebih dengan memakai berbagai jenis keyword atau kata kunci dalam mesin pencarian di website tersebut, semakin menambah banyak pengunjung memasuki website itu sendiri. Apalagi jika website tersebut adalah toko online, maka kemungkinan besar semakin meningkatkan peluang penjualan dengan signifikan.

Terkait:  Cara Kerja Relay

Alasan Memilih Mesin Pencari Google

Mungkin banyak orang yang penasaran, kenapa sih harus memilih Google sebagai mesin pencari? Ya, jawabannya mudah saja. Karena Google telah mempunyai banyak pengguna. Selain itu, kita tahu bahwa perusahaan raksasa Google telah menawarkan banyak produk Google seperti Google Adsense dan lainnya. Dengan alasan itulah, banyak webmaster tertarik untuk meningkatkan ranking websitenya agar terpampang di halaman utama Google, terlebih bisa meraih ranking teratas dengan keyword (kata kunci) sesuai yang ditargetkan.

Tapi bagi yang ingin halaman website atau website bisnis bisa meraih rangking pertama di Google, maka Kamu harus bisa memainkan optimasi SEO. Karena bagaimanapun, SEO sangat berpengaruh besar bagi kualitas website seseorang.

Cara Kerja Google

Cara Kerja Google
Kerja Google

Bagaimana Google Penelusuran Bekerja?

Diantara banyaknya platform mesin pencari populer, Google adalah salah satu yang paling sering digunakan pengguna internet. Cara kerja Google penelusuran ialah dengan menampilkan apa yang dicari di halaman search engine Google sesuai yang dimaksudkan dalam kata pencarian.

Misalnya saja, hanya dengan mengetikkan kata kunci “Baju Daster Murah”, maka Kamu akan ditampilkan beberapa opsi yang dipilih Google sesuai tujuan dan maksud pengguna. Agar website Kamu masuk ke dalam daftar pencarian di halaman pertama Google, Pusat Google Penelusuran menjelaskan ada 3 langkah yang dapat dilakukan Google. Diantaranya ialah crawling (penelusuran), pengindeksan, dan penayangan/pemberian peringkat.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak masing-masing cara kerja Google penelusuran di bawah ini :

1. Metode Crawling

Dalam tahapan crawling, mesin pencari Google menjelajahi dan mencari website. Hal ini dilakukan untuk menemukan sebuah halaman yang sudah diperbaharui atau yang baru dan nantinya ditambahkan ke database sistem Google. Tahap pencarian tersebud dilakukan Googlebot, lewat URL yang terdapat dalam website.

Ketika menemukan URL, Google pun akan langsung memeriksa isi halaman Google. Mulai dari teks, video, gambar dan beberapa format lainnya dengan link yang dapat ditelusuri Google.

Terkait:  Cara Kerja Hidroponik

Jika sudah menelusuri dan menyimpannya pada databasa Google, dengan indexing. Google pun dapat menampilkan halaman situs web yang relevan atau sesuai dengan pencarian pada mesin pencari. Berikut ada beberapa bagian website yang tak perlu ditelusuri Googlebot seperti halaman login, halaman pengujian, konten yang buruk, dan lain sebagainya.

Seluruh halaman website yang tidak diinginkan masuk ke index Google dapat dilakukan dengan memakai robots.txt. Dengan cara mengatur robots.txt agar Googlebot tak melakukan penjelajahan pada halaman tertentu. Untuk mengecek mana saja halaman dari situs web Kamu yang sudah terindeks, maka Kamu bisa mengetikkan link “site:namadomain.com” pada mesin pencarian.

Adapun metode ini termasuk cara paling sederhana agar dapat mengecek apa saja halaman di websitemu yang sudah masuk index Google.

2. Metode Indexing Google

Cara kerja Google sesudah crawling berikutnya ialah pengindeksan atau indexing. Sesudah mesin pencari mendapatkan halaman website lewat URL, langkah selanjutnya Google akan mengecek isi Link URL. Entah itu berupa teks,video, gambar dan lainnya.

Akan tetapi, Kamu harus tahu bahwa Google akan menjelajahi sebuah atribut pada konten lewat Meta Tag. Seperti pada sebuah gambar, maka Google membacanya lewat Alt Image.

Oleh karena itu, pastikan setiap kali membuat konten tertentu yang memiliki gambar, pastikan mengisi Alt Image. Namun kembali lagi dalam tahapan cara kerja Google untuk indexing. Biasanya Google memasukkan halaman website ke dalam database pada mesin pencari.

Selanjutnya akan ditampilkan pada mesin pencari apabila ada yang mencari website sesuai isi konten di website tersebut. Harus Kamu ingat, dengan banyaknya halaman pada website yang tersedia tepatnya dalam database, Google pun akan menampilkan beberapa hal yang relevan sesuai kata kuknci yang diketikkan dalam mesin pencari.

Terkait:  Cara Kerja Mobil Listrik

Sementara untuk menuju halaman pertama pada Google maupun halaman seterusnya, dari sini Google akan melakukan pemberian peringkat atau ranking pada halaman website.

3. Pemberian Peringkat/Ranking

Penayangan konten artikel yang relevan dengan keyword yang dicari, membutuhkan proses pemberian ranking atau peringkat, dimana peringkat terbaik adalah yang nantinya muncul di halaman pertama pada Google. Halaman tersebut pastinya yang dianggap Google paling relevan sesuai keyword pencarian.

Adapun cara kerja Google ini sebenarnya sifatnya masih rahasia, karena hanya Google saja yang mengetahui faktor-faktor untuk memberikan ranking  pada halaman website.

Satu hal yang pasti yang dijelaskan oleh pakar SEO, bahwa sebuah website yang akan mendapatkan ranking pertama di Google, ialah yang menyuguhkan konten berkualitas serta relevan sesuai keyword yang telah diketikkan pengguna pada mesin pencari.

Selain itu, pastikan pula sebuah halaman mempunyai akses cepat dan memiliki tampilan yang bisa diakses lewat berbagai perangkat mobile. Dimana perangkingan tersebut tak terlepas dari penerapan optimasi SEO dalam sebuah website, dengan mengikuti update atau pembaruan algoritma Google.

Aloritma Google yang Paling Populer

Mengingat Google selalu ingin memberikan hal terbaik bagi para penggunanya, Google harus menampilkan halaman website yang sesuai bagi para penggunanya. Sebagai indikator untuk merangking halaman web yang relevan, maka Google memakai algoritma.

Selain itu dengan kebutuhan pengguna Google yang kian meningkat, dalam mengimbanginya algoritma harus selalu update. Maka dari itu, penting sekali mengenal berbagai jenis algoritma Google.

Beberapa algoritma Google yang kerap digunakan dalam cara kerja Google ialah algoritma Google Panda, Google Penguin, Google Hummingbird, dan Google Mobile Speed Update.

Related posts