Cara Google Adsense Membayar Kita

  • Whatsapp

Bagaimana cara Google Adsense membayar kita? Inilah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang baru pertama kali menggunakan Google Adense.  Adsense adalah program advertising Cost Per Click atau CPC yang memungkinkan pemilik website mendapatkan tambahan penghasilan dari konten online. Uang yang diperoleh juga cukup besar.

Ada 3 faktor yang membuat Google Adsense bisa berjalan diantaranya Publisher, Advertiser dan Google Adsense tersebut itu sendiri. Advertiser adalah pihak pemasang iklan dengan peraan yang sangat penting karena tanpa adanya pengiklan, maka Google Adsense tak bisa berjalan baik. Sementara publisher adalah pengguna layanan Google Adsense untuk mempromosikan iklan.

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense Pada Situs Web?

Cara kerja dari Google Adsense sendiri yaitu mencocokkan iklan memakai konten sesuai pengunjung situs web Kalian. Di samping melihat kriteria dan konten pengunjung, untuk menampilkan iklannya di Adsense juga memakai paramter pencarian keyword berdasarkan hasil browsing. Sehingga membuat kita tak sepenuhnya dapat memilih iklan sesuai kategori yang muncul di web kita.

Meskipun demikian kita masih dapat mengatur jenis bentuk dan ukuran iklan yang akan ditampilkan. Di samping itu, kita dapat memblokir beberapa iklan yang kurang layak dimunculkan. Seperti iklan pornografi, judi, dan sebagainya.

Cara Google Adsense Membayar Kita

Cara Google Adsense Membayar Kita
Sistem Pembayaran Google Adsense

Sistem Pembayaran Google Adsense

Umumnya iklan yang muncul di web milik Kalian akan dibayar sang pengiklan. Adapun jumlah yang diterima tergantung dari harga yang sebelumnya ditawarkan sang pengiklan. Sebelum mengetahui cara Google Adsense membayar kita, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh bayaran dari para pengiklan, berikut ini :

  • Sediakan atau buat ruang iklan di situs web Kalian dengan menempelkan atau memasukkan kode iklan pada situs tersebut.
  • Tunggu sampai pengiklan melakukan bidding atau bid, yaitu menawarkan harga ketika lelang diadakan pihak Adsense. Untuk pengiklan yang telah berhasil menawar harga tertinggi, iklan-iklannya berhak tampil di web yang Kalian miliki.
  • Jika iklan sudah berhasil ditayangkan maka Google Adsense akan langsung memproses semua penagihan ke pengiklan tersebut sekaligus melakukan pembayaran kepada pemilik web yang memasang iklan tersebut, yaitu kita.
Terkait:  Cara Join di Google Meet

Ada 4 metode pembayaran yang biasanya dilakukan oleh pihak pengiklan. Yaitu diantaranya CTR, RPM, CPC dan CPM. Untuk penjelasan tentang sistem pembayaran Google Adsense tersebut diantaranya :

1. Sistem Pembayaran Google Adsense Cost Per Click

CPC atau Cost per Click atau biaya per klik adalah metode pembayaran iklan yang melakukan perhitungan biaya sesuai jumlah dari tiap klik iklan oleh pengunjung di situs Kalian. Misalnya, pengiklan melakukan pembayaran kepada Kalian seharga Rp.50 tiap klik iklan.

Kita sebenarnya tidak dapat mengetahui jumlah penawaran yang telah ditawarkan pengiklan, karena jumlah tersebut sebenarnya hanya diketahui Google Adsense.

2. Sistem Pembayaran Google Adsense Cost Per Mile

CPM (Cost Per Mile) adalah salah satu cara Google Adsense membayar kita melalui hitungan setiap seribu kali penayangan iklan.

3. Sistem Pembayaran Google Adsense Click Through Rate

Click Through Rate (CTR) adalah metode pembayaran iklan untuk tiap jumlah klik iklan yang dibagi ke dalam keseluruhan jumlah penayangan iklan. Adapun penghasilan pada sistem tersebut biasanya lebih kecil dibandingkan penghasilan CPC.

4. Sistem Pembayaran Google Adsense Revenue Per Thousand Impression

Sistem pembayaran Google Adsense lainnya ialah RPM (Revenue per Thousand Impression) sebagai biaya yang biasanya dibayarkan tiap 1000 kali terjadinya impresi. Ada 3 jenis RPM yang harus Kalian ketahui, diantaranya :

  • RPM Kueri, yang memiliki rumus yaitu hasil pendapatan yang tertaksir dibagi jumlah kueri lalu dikalikan seribu.
  • RPM Halaman, rumusnya yaitu sebagai hasil pembagian penghasilan yang telah diestimasi dengan banyaknya tampilan halaman dikalikan seribu.
  • RPM Permintaan Iklan, yaitu perhitungan berdasarkan pada hasil pembagian fee yang diestimasi dengan banyaknya permintaan iklan lalu dikalikan seribu.

Adapun perbedaan cara Google Adsense dengan 4 metode di atas, membuat jumlah penghasilan harian Kalian akan bervariasi. Tapi, Kalian perlu tahu bahwa sistem apapun yang dipakai oleh Google Adsense, biasanya akan mengkalkulasinya setiap bulan.

Terkait:  Cara Log Out Akun Google di Android

Dimana keseluruhan penghasilan yang diterima bisa dicairkan lewat sistem pembayaran berupa bank transfer, Western Union Quick Cash, SEPA, cek Electronic Fund Transfer, Wire Transfer, dan sebagainya.

Biasanya metode pencairan di atas tergantung dari jenis akun Google Adsense yang Kalian pakai, misal apabila Kalian memakai akun Adsense, maka sistem pencairan yang dipakai yaitu EFT atau Western Union.

Sementara jika memakai akun Adsense IDR, Kalian bisa memilih untuk memakai rekening kawat. Untuk jumlah pencairan, paling tidak harus mempunyai saldo balance sebesar $100.

Mengenal Metode Pembayaran Google Adsense

Berdasarkan siklus pembayaran, cara Google Adsense membayar kita sendiri biasanya dengan sistem tahap bulanan. Dimana tahap bulanan tersebut termasuk ke dalam metode yang dapat dijadikan acuan para penggunanya untuk memperoleh kepastian tentang pembayaran Google Adsense.

Dalam hal ini, Adsense melakukan akumulasi semua penghasilan yang ada agar dicairkan penggunanya. Langkah ini dalah termasuk langkah yang dapat dijadikan sebagai acuan proses pembayaran.

Kita sudah singgung di atas, bahwa ada beberapa pilihan metode pembayaran Google Adsense, sebagai berikut :

1. Pembayaran Melalui Cek

Metode pembayaran melalui cek ini biasanya proses pembayarannya sendiri sama untuk tiap bulannya, yakni mulai dari tiap tanggal 21 sampai 26.

Akan tetapi perlu waktu cukup lama agar sampai ke alamat penerima pembayaran. Biasanya waktu yang diperlukan berkisar 2-4 minggu.

Estimasi atau perkiraan jumlah pembayaran yang akan diposting pada laman pembayaran yaitu di tanggal 3. Lalu, pada tanggal 20, semua perubahan informasi beserta perubahan-perubahan lainnya wajib diselesaikan terlebih dahulu sebelum masuk ke tanggal 20.

Mulai dari tanggal 21-26, cek proses pembayaran dikirimkan lewat kantor pos sebagai proses pembayarannya. Perkiraan cek tersebut sampai di tangan Kalian ialah sekitar 2-4 minggu.

Terkait:  Cara Log Out dari Gmail

2. EFT (Transfer Dana Elektronik)

Metode pembayaran Google Adsense ini bisa dibilang berbeda dari metode lainnya. Melalui metde pembayaran ini, Kalian harus selalu mengecek kalender setiap bulannya.

Adapun rincian pembayaran untuk tiap taggalnya dijelaskan secara rinci pada metode ini. Di tanggal 3 perkiraan jumlah pendapatan bulan sebelumnya, nantinya diakumulasikan dan diposting di laman pembayaran.

Pada halaman tersebut biasanya ada baris jumlah toatal dari pembayaran yang ditambahkan dengan jumlah transaksi yang sebelumnya.

Selain itu, pada halaman pembayaran akan menampilkan potongan-potongan sesuai penyesuaian untuk biaya tertentu.

Antara pada tanggal 21-26, item pada baris pembayaran akan muncul di halaman pembayaran. Ini artinya, pembayaran sedang diproses. Selanjutnya akan diproses dan dikirim kepada lembaga perbankan.

3. Pembayaran Lewat Western Union Quick Cash

Pembayaran dengan Western Union biasanya terjadi pada tiap tanggal 21-26 dan bisa diambil sesudah 1 hari kerja,  biasanya dimulai dari proses pembayaran yang terjadi. Hal tersebut menyesuaikan lokasi WU menyesuaikan negara kita.

Sama seperti sebelumnya, tiap tanggal 3 semua estimasi pembayaran muncul di laman pembayaran. Selanjutnya pastikan semua bentuk perubahan yang terkait informasi pembayaran sudah selesai dilakukan proses perubahan sebelum masuk tanggal 20.

Jika sudah sesuai, sekitar tanggal 21-26 semua proses pembayaran pun akan dilakukan kemudian dikirim lewat Wester Union Kalian. Biasanya akan tampak baris pembayaran di laman pembayaran. Cara Google Adsense membayar kita lewat Western Union memang cukup mudah. Dan penghasilan Kalian harus segera diambil selama jangka waktu 50 hari sesudai dikeluarkan.

Itulah beberapa informasi tentang cara Google Adsense membayar kita. Selain untuk web, Kalian juga bisa melakukan cara daftar adsense Youtube di sini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts