Cara Kerja di Google

  • Whatsapp

Selain cara kerja di Australia, Korea atau luar negeri, banyak orang yang memimpikan untuk bekerja di Google. Pasalnya tak mudah diterima menjadi karyawan di perusahaan raksasa itu. Adapun alasan kenapa Google menjadi incaran kebanyakan orang ialah, gaji yang ditawarkannya sangat besar. Sayangnya itu tadi, untuk bekerja sebagai pegawai/karyawan di Google memang tidaklah mudah.  Oleh karena itu, perlu trik-trik cara kerja di Google dengan tepat agar Kamu bisa diterima di perusahaan teknologi raksasa ini.

Google mengungkapkan jika hal pertama yang mesti dilakukan ialah menemukan posisi paling tepat sesuai keinginan dan terus berusaha mendapatkannya. Kamu dapat melakukan hal tersebut dengan cara berfokus terhadap resume. Selain itu, Kamu harus memfokuskan pencapaianmu dengan cara menjelaskan pengalaman dan keterampilan.

Read More

Tak hanya itu,  Google juga telah menyarankan untuk membuat sebuah lamaran kerja dengan pembuatan CV yang singkat. Jika sudah mengirimkan aplikasi lamaran, Kamu harus memperhatikan kualifikasi dalam deskripsi pekerjaan. Setelah melewati tahap wawancara, tentu saja Kamu bisa merasa lebih percaya diri. Umumnya Google akan menerima sebanyak 3 juta lebih lamaran setiap tahunnya, dengan hanya 7.000 orang saja yang akan mereka rekrut.

Cara Kerja di Google

Cara Kerja di Google
Bagaimana Cara Bekerja di Google?

Bagaimana Cara Bekerja di Google?

Hanya saja, tidak sedikit orang yang kebigungan tentang bagaimana cara kerja di Google. Biasanya orang yang sudah bekerja di perusahaan raksasa ini memiliki keahlian khusus di bidangnya. Namun hal yang perlu diketahui ialah bekerja di perusahaan ini tidaklah sulit.

Terkait:  Cara Kerja Flimty

Ada beberapa langkah cara kerja di Google yang bisa Kamu coba agar dapat diterima bekerja di perusahaan teknologi raksasa itu, diantaranya :

1. Buka Link Situs Web Karier Google

Google sudah menyediakan sebuah situs web khusus yang berisi tentang informasi karier yang tersedia di Google. Nah, Kamu tinggal kunjungi saja website careers.google.com. Website ini secara lengkap berisi normasi tentang karier-karier yang ditawarkan di Google.

Silahkan baca-baca informasi yang tersedia di situs web tersebut. Biasanya informasi tentang lowongan pekerjaan di Google sendiri akan selalu up date. Pilih lowongan kerja yang sesuai lokasi dan bidang pekerjaanmu. Sebagai informasi, perusahaan Google mempunyai kantor yang tersebar hingga di berbagai negara bagian seperti di Amerika, Asia Pasifik dan Eropa. Sementara di Indonesia sendiri, Google memiliki kantor yang berpusat di Jakarta.

Kantor Google di Singapura juga terbilang cukup besar, karena Google di Singapura adalah kantor cabang yang biasanya mengurusi kawasan Asia Pasifik, terutama Australia dan Asia Tenggara.

2. Silahkan Pilih Lowongan Pekerjaan yang Sesuai

Agar Kamu dapat bekerja di kantor Google, sebaiknya pastikan pilih lowonan pekerjaan yang tepat antara keterampilan dan latar belakang pendidikan. Sebab  pihak Google sendiri  memang menimbang hal tersebut dengan sangat spesifik. Sesuai yang dituliskan lewat situs tersebut, bahwa Google telah menginformasikan jika informasi awal yang dapat dilihat oleh pihak Google ialah prestasimu.

Perusahaan Google sendiri sangat spesifik mengenai pengalaman dan keahian yang dimiliki. Hal tersebut sejalan dengan pengalamanmu sendiri.

3. Fokus Terhadap Resume-mu

Cara kerja di Google berikutnya, jika Kamu biasanya membuat CV atau resume berjumlah hingga beberapa halaman. Apabila Kamu ingin bekerja di Google, maka Kamu wajib mengirimkan resume cukup 1 halaman saja. Di satu halaman tersebut harus tertera informasi yang lebih fokus terhadap bidang yang ingin dilamar. Mengingat Google tak akan melihatmu lebih detail melalui resume. Karena Google sendiri sudah menyarankan agar lebih fokus terhadap resume.

Terkait:  Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Apabila saat ini belum mempunyai CV atau resume dalam satu halaman, jadi silahkan Kamu buat terlebih dahulu. Selain itu, pastikan resume tersebut menyertakan informasi tertentu yang sudah disarankan pihak Google. Dengan demikian Kamu bisa langsung lolos hingga ke tahap interview.

Adapun mengenai informasi backgroud pendidikan dan pengalaman kerja, tak perlu ditulis lewat reseme. Sebab jika Kamu apply di Google sudah tersedia form berisi kolom pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan.

4. Menguasai Bahasa Inggris

Mengingat Google merupakan perusahaan global, maka Kamu harus mempunyai kemampuan untuk berbahasa inggris secara lancar, entah itu dalam berbicara maupun menulis. Walaupun lokasi yang dipilih nantinya ialah Google Indonesia, namun tetap saja Kamu harus menguasai kemampuan dalam berbahasa Inggris. Sebab nantinya Kamu tak hanya bisa berkomunikasi dengan klien atau orang orang yang lokal saja melainkan orang-orang di berbagai negara.

Adapun hal yang bisa dijadikan penilaian dalam kemampuan berbahasa Inggrismu, bisa dilihat melalui resume yang telah dikirimkan.

5. Tinggal Menunggu dan Berdoa

Jika Kamu merasa sudah yakin memiliki kemampuan mumpuni dalam suatu bidang, dan sudah apply resume pekerjaan, tinggal tunggu kabar dan berdoa saja. Kamu bisa memohon agar dapat dipanggil untuk wawancara.

Itulah proses cara kerja Google yang bisa Kamu lakukan. Kamu bisa langsung mencobanya, sebab tak menutup kemungkinan Kamu bisa lolos bekerja di perusahaan Google dengan banyak fasilitas yang didapatkan.

Profesi yang Dicari di Perusahaan Google

Jika Kamu berminat bekerja di perusahaan Google, ada beberapa posisi yang dibutuhkan oleh Google beserta persyaratannya berikut ini :

1. Customer Engineer

Untuk posisi ini, biasanya dibutuhkan kualifikasi mempunyai pengalaman profesional minimal 5 tahun lamanya sebagai insinyur yang berperan dalam penjualan dan menghadapi pelanggan, serta pengalaman di industri pendidikan (EdTech).

Terkait:  Cara Kerja Pinjaman Online

Memiliki pengalaman dalam mengoperasikan teknologi web seperti HTML, HTTP, JavaScript, XML, Cookie, JavaScript dan lain sebagainya. Mempunyai kemampuan dalam menulis dan berbicara, baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Selain itu, berpengalaman kerja dalam produk cloud agar didemonstrasikan serta dilakukan integrasi prototipe dalam lingkungan mitra/pelanggan.

2. Customer Solutions Consultant

Biasanya yang dibutuhkan untuk mengisi posisi Customer Solutions Consultant ialah lulusan sarjana S1 ilmu komputer atau bidang teknis terkait. Selain itu, sudah berpengalaman dalam solusi gudang analitik secara tradisional, mencakup teknologi mengenai Netezza, Teradata, Vertica, SQL Server, Oracle, hingga big data. Sekaligus berpengalaman untuk mengimplementasikan arsitektur dalam sistem analitik.

3. Sales Specialist

Staf yang mengisi posisi Sales Specialist ini diharuskan mengerti tentang dasar semua rangkaian dalam produk Google Cloud. Setidaknya mempunyai pengalaman selama8 tahun melakukan penjualan produk perusahaan dan berpengalaman untuk peran penjualan SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan).

Kamu juga harus mempunyai kemampuan efektif untuk berkomunikasi dan mempengaruhi lintas fungsi dalam tingkat C perusahaan yang memilliki prospek. Mempunyai kemampuan dalam menyeimbangkan prioritas bersaing sekaligus mengelola proyek-proyek.

Ya, itulah beberapa posisi yang kerap dibutuhkan perusahaan raksasa Google untuk bergabung ke dalam jaringan perusahaan terbesar di dunia ini. Banyak orang yang tertarik dengan cara kerja di Google karena menawarkan banyak sekali keuntungan, di samping gaji yang sangat mumpuni.

Jika Kamu bekerja di Google, akan mendapatkan minuman dan makanan gratis, techstop, jaminan kesehatan, tunjangan kematian, cuti melahirkan, dan lainnya. Untuk tunjangan kematian, bahkan Google tak tanggung-tanggung untuk memberikan santunan 1000 dollar AS setiap bulannya bagi anak-anak yang ditinggalkan.

Related posts