Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Oppo

Apa resolusi kalian sekarang ini jika dilihat dari gadget yang kalian punya? Apakah lebih tertarik ingin memiliki hp smartphone dengan memori internal yang cukup besar? Jika ya,  Mungkin hp merek oppo bisa kalian jadikan pilihannya. Menawarkan fitur yang lengkap, bahkan kalian bisa mencoba cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Oppo dengan mudah.

Salah satu fitur yang bisa di andalkan selain kecanggihan teknologinya, kalian akan merasakan pengalaman  dalam menggunakan memori internal dari hp oppo. Sebab sekarang ini, minimal memori internal yang disematkan pada setiap seri hp oppo setidaknya ada di angka 16 GB. Namun bagi yang melirik harga kelas menengah, kalian sudah bisa mendapatkan memori internal di rentang 32 GB dan 64 GB.

Read More

Walaupun dengan memori internal yang cukup besar, terkadang pengguna perangkat masih belum merasa puas dengan memori internal yang tersedia. Oleh sebab itu, setiap serinya selalu dibekali dengan slot memori ekternal yang bisa di tambah kapasitasnya hingga ratusan Giga Byte.

Disini akan dijelaskan bagaimana cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd hp Oppo dengan sangat mudah. Selain itu, tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja khususnya bagi pengguna hp oppo. Mau tahu langkah-langkahnya? Ini ulasannya!

Memori Internal dan Eksternal

Setiap perangkat selalu disematkan oleh kelengkapan memori internal dan eksternal. Bagi kalian yang belum mengetahui tentang memori internal maupun eksternal, ini ulasannya :

Terkait:  Cara Menggandakan Aplikasi di Hp Oppo

1. Memori Internal

Memori Internal merupakan penyimpanan internal yang ada di setiap hp smartphone yang digunakan untuk berbagai macam penyimpanan file yang digunakan sesuai kebutuhan oleh penggunanya. Namun yang paling penting sebenarnya, bukan untuk penyimpanan file-file hasil download dari internet. Akan tetapi, lebih berfungsi untuk membantu optimalisasi kinerja hp.

Fungsi memori internal biasanya lebih difokuskan untuk penyimpanan sistem operasi maupun penyimpanan berbagai berkas file dari aplikasi yang di install pada hp oppo. Dengan begitu, kalian sudah bisa membuat hp oppo berjalan dengan semestinya sesuai kebutuhan.

2. Memori Eksternal

Untuk memori eksternal sendiri biasa disebut sebagai  memori portabel, yang bisa di ganti sesuai dengan kebutuhan. Memori eksternal di simpan dalam sebuah kartu yang di sebut denga kartu SD (storage device) berbagai ukuran mulai dari satuan GB, puluhan, hingga ratusan GB.

Hebatnya lagi, seri hp Oppo dengan harga yang cukup murah sekalipun bisa menyisipkan memori eksternal yang berukuran ratusan GB. Ini membuktikan bahwa seri Oppo mampu memberikan kepuasan pelanggannya untuk menyimpan berbagai file penting di perangkat smartphone oppo.

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Hp Oppo

Cara Memindahkan Memori Internal ke Kartu SD Hp Oppo
Memindahkan Kartu Memori Internal ke Kartu SD Hp Oppo

Tutorial Memindahkan Penyimpanan Internal ke Karu SD Oppo

Salah satu notifikasi yang mengisyaratkan bahwa memori internal hp oppo kalian sudah penuh adalah biasanya akan selalu muncul notifikasi yang tidak bisa di hapus pada bar notifikasi. Cara agar notifikasi tersebut hilang adalah dengan menyelesaikan permasalahan utamanya terlebih dahulu. Beberapa diantaranya dengan menghapus atau memindahkan file yang ada di memori internal ke kartu sd hp oppo.

Mungkin jika menghapus file yang ada di memori internal bisa kalian lakukan, apabila file-file tersebut sudah tidak dipakai lagi. Namun jika semua file tersebut masih bisa digunakan, sedangkan memori internal sudah penuh, tentu saja kalian tidak rela menghapus file-file yang penting. Oleh karena itu, lebih baik berkas tersebut dipindahkan ke kartu SD saja agar masalah teratasi dengan baik.

Terkait:  Cara Menghapus History OVO

Berikut ulasan cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Hp Oppo, diantaranya :

1. Memindahkan seluruh data tersimpan pada memori internal ke kartu SD

Metode ini bisa dibilang paling mudah dilakukan, karena kalian tidak perlu repot-repot memilih satu persatu atau beberapa file untuk dipindahkan ke memori eksternal (kartu sd). Namun kelemahannya adalah baik file penting maupun file yang sudah tidak terpakai akan sama-sama berpindah tempat dari memori internal ke kartu sd.

Tenang saja, cara ini tidak akan mengubah sistem yang ada di dalamnya. Dengan demikian, kalian bisa melakukannya dengan sangat mudah tanpa melakukan root terlebih dahulu. Berikut ulasannya :

  • Pastikan terlebih dahulu hp oppo dalam keadaan standbye dengan kondisi baterai yang tidak kurang dari 20 %. karena proses pemindahan file/data akan membutuhkan waktu lama jika ukurannya sangat besar.
  • Setelah itu, silakan masuk pada menu settings terlebih dahulu.
  • Lalu, scroll sedikit ke bawah dan temukan menu penyimpanan.
  • Di dalam halaman tersebut, pilihlah opsi Kartu SD. Lalu di lanjut memilih opsi Transfer ke Kartu SD (migrasi data).
  • Klik tombol Mulai Transger dan tunggulah beberapa saat hingga proses pemindahan selesai.

2. Memindahkan beberapa file ke kartu sd

Cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Hp Oppo adalah dengan memindahkan satu persatu atau beberapa file ke kartu SD. Memang cara ini memiliki kelemahan membutuhkan waktu cukup lama, tapi kelebihannya adalah tidak perlu memindahkan file yang tidak penting dari memori internal. Khusus untuk file yang tidak terpakai atau yang tidak ingin dipindahkan ke kartu SD. Kamu bisa menghapus file tersebut secara langsung dari posisi file tersebut berada.

Terkait:  Cara Mengganti Nomor OVO

Bagi kalian yang ingin melakukan pemindahan file dengan cara yang kedua, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka hp Oppo kalian.
  • Silakan masuk melalui menu galeri atau melalui file manager untuk mulai memindahkan file penting satu per satu.
  • Jika melalui menu galeri, maka yang bisa kalian pindahkan adalah sebagian besar file-file yang berkestensi JPEG.
  • Untuk memindahkannya, silakan sorot satu atau beberapa file gambar dari menu galeri.
  • Kemudian salin atau pindahkan file tersebut ke kartu SD.
  • Jika melalui file manager, silakan masuk terlebih dahulu pada menu file manager.
  • Pilihlah beberapa file yang ada dalam folder tertentu, seperti folder ‘documents’, folder ‘DCIM’, folder ‘Download’, dan folder-folder lainnya.
  • Lakukan proses pemindahan dengan memilih tombol pindahkan.

Bagaimana, cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD Hp Oppo cukup mudah bukan? Yang paling utama selama proses pemindahan berlangsung, jangan sekali-kali mengoperasikan fitur lainnya. Sebab bisa berpengaruh pada proses pemindahan file atau mungkin saja akan mengalami kegagalan.

Antisipasi Gagal Transfer File

Pada kasus tertentu, biasanya ada saja kendala ketika hendak memindahkan file dari memori internal ke kartu SD. Untuk meminimalisir kegagalan pemindahan file, perlu diketahui beberapa hal di bawah ini :

  • Gunakan kartu SD yang baik yang biasanya ditandai dengan tidak adanya kecacatan, baik pada kartu nya dan juga pada kuningannya.
  • Pastikan juga ukuran data yang akan kalian pindahkan tidak melebihi kapasitas kartu sd.
  • Usahakan tidak membuka aplikasi atau mengoperasikan apapun ketika sedang melakukan proses pemindahan data.

Itulah hal-hal yang harus diketahui agar proses pemindahan file berhasil dilakukan. Selanjutnya, silakan untuk mencobanya dengan mengikuti cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd hp oppo di atas.

Related posts