Cara Daftar Adsense Youtube

Bagaimana cara daftar Adsense Youtube? Banyak orang yang ingin mendaftar Adsense Youtube demi menjadikan platform yang dimilikinya ini sebagai lahan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Sebenarnya melakukan pendaftaran Adsense Youtube sendiri bukan hal yang mudah dilakukan, mengingat persyaratan utamanya ialah channel Youtube yang dikelola setidaknya harus sudah ditonton hingga 4.000 jam selama 12 bulan. Selain itu, harus sudah memiliki 1000 subscriber.

Jika jumlah subscriber atau pengunjung ke channel Youtube milikmu banyak, tentu saja uang yang bisa Kamu terima bisa sampai puluhan juta. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar memahami kebijkan Adsense supaya bisa mengembangkan channel Youtube secara maksimal.

Mengenal Google Adsense

Apa yang dimaksud dengan Adsense? Adsense bisa dikatakan sebagai platform iklan yang telah disediakan oleh perusahaan raksasa, Google. Melalui program tersebut, pemilik channel akun Youtube yang telah melakukan pendaftaran, sekaligus sudah disetujui menjadi publisher bisa memasang iklan dengan mudah.

Jadi  paling tidak channel yang Kamu kelola dapat menghasilkan income berdasarkan iklan yang telah ditayangkan maupun diklik pengunjung. Keunggulan yang diperoleh tersebut melalui sistem PPC (Pay Per Click) yang artinya akan dibayar setiap kali di klik oleh pengunjung.

Apa Saja Persyaratan Mendaftar Adsense Youtube?

Google Adsense untuk Youtube merupakan sumber penghasil pundi-pundi rupiah yang menjanjikan, jadi wajar jika Kamu menjumpai channel Youtube yang kebanyakan mengaktifkan iklan di video channel-nya.

Akan tetapi, sebelum kamu Kamu bisa memonetisasi video yang di share di Youtube, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti akun Youtube sudah terverifikasi, jumlah subscriber telah mencapai 1000, sudah mendapatkan 4.000 jam tayang selama 12 bulan dan tentu saja tidak spamming.

Tapi Kamu tak perlu berkecil hati, karena ada beberapa tips yang bisa membantumu supaya cepat bisa mendaftar Adsense untuk channel Youtube milikmu di bawah ini :

1. Melakukan Verifikasi Akun

Utuk melakukan verifikasi, pastikan akun Gmail milikmu sudah tertaut dengan channel Youtube. Jika sudah selanjutnya upload video dengan durasi sekitar 15 menit lebih. Jika video yang akan Kamu upload durasinya di atas 15 menit, sebaiknya lakukan verifikasi akun terlebih dahulu.

Untuk verifikasi akun, silahkan buka pada halaman upload lalu klik “Increase Your Limit”.  Selanjutnya Kamu harus melewati 2 pilihan yaitu pesan teks/suara dan kode verifikasi.

2. Melakukan Validasi Akun

Proses validasi harus dilewati sesudah Kamu melalui tahapan verifikasi akunmu. Jadi setelah memperoleh kode verifikasi dari pihak Youtube, selanjutnya inputkan kode tersebut ke form yang sudah tersedia dan pilih “Submit”.

Tahapan ini bisa berhasil jika pada profilmu muncul tulisa “Partnet Verified”. Sebaiknya selesaikan tahap verifikasi akun agar Kamu bisa mengunggah video di atas 15 menit. Tujuannya agar Kamu bisa berjaga-jaga dan tidak perlu melakukan verifikasi akun kembali nantinya.

3. Mendapatkan 1000 Subscriber

Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mendapatkan 1000 subscriber, meskipun setiap orang kebanyakan mempunyai Hp namu belum tentu video atau konten yang Kamu buat sesuai harapan pengunjungi. Adapun salah satu tipsnya ialah Kamu dapat membagikan link video Youtube ke status WhatsApp dan media sosial lainnya supaya bisa meminimalisir waktu promoso akun Youtube-mu.

4. Mendapatkan 4000 Jam Tayang

Langkah berikutnya Kamu harus mendapatkan jam tayang hingga 4000 jam lebih sebagai persyaratan mendaftar Adsense Youtube utama. Dalam artian selama 1 tahun Kamu harus memiliki target subscriber menonton hingga 4.000 jam, oleh karenanya buat konten video yang menarik dan berkualitas.

Sebagai pemula mungkin Kamu memerlukan waktu cukup lama, bahkan perlu waktu hingga berbulan-bulan lamanya supaya bisa mendapatkan jam tayang sesuai dengan ketentuan pihak Youtube.

Namun yang lebih penting dari keempat persyaratan mendaftar Adsense Youtube di atas ialah, pastikan Kamu membuat konten video Youtube yang menarik, unik, dan tentu saja tidak monoton.

Cara Daftar Adsense Youtube

Cara Daftar Adsense Youtube
Mendaftar Adsense Youtube

Mendaftar Google Adsense

Jika Kamu ingin bergabung dan mendaftar Adsense Youtube, pastikan Kamu mempunyai akun Google adsense terlebih dahulu. Selain itu juga pastikan Kamu mempunyai akun Gmail. Jika sudah, ikuti panduan mendaftar Google Adsense di bawah ini :

1. Buka Google Adsense

Langkah cara daftar adsense Youtube pertama ialah membuka web Google Adsense terlebih dahulu. Selanjutnya tekan “Mulai”.

2. Mengisi Akun Email dan URL Situs

  • Pertama-tama silahkan inputkan URL web tempat Kamu akan menampilkan iklan.
  • Silahkan masukkan akun Gmail milikmu.
  • Pilih apakah Kamu menginginkan Google Adsense untuk mengirimkan rekomendasi bantuan dan performa yang disesuaikan. Selain itu, Google akan menyarankanmu untuk memilih “Ya” supaya performa Adsense Youtube semakin optimal.
  • Setelah itu, pilih “Save and Continue” atau “Simpan dan Lanjutkan”.

Sebagai catatan, jika memasukan alamat web Youtube atau Blogspot, maka saat menekan pilihan “Save and Continue”, selanjutnya kamu langsung diarahkan menuju pusat pengaturan untuk monetisasi Youtube atau Blogspot-mu.

Oleh karenanya, cara daftar Adsense Youtube yang Kami bagikan hanya berlaku untuk yang tidak memasukkan alamat link Youtube atau Blogspot.

3. Sign Up Adsense dan Isi Data Sesuai Permintaan

Selanjutnya Kamu akan langsung memasuki pilihan “Sign up” untuk akun Adsense. Kamu bisa mengisi teritori atau negara tempatmu tinggal, silahkan pilih negara “Indonesia”. Setelah itu, akan muncul ketentuan dan persyaratan sesuai negara mana yang dipilih. Baca ketentuannya dengan cermat.

Jika sudah, silahkan beri tanda centang pada konfirmasi persetujuan. Selanjutnya klik “Create Account”.

4. Masukkan Alamat Pembayaran Detail

Langkah berikutnya, silahkan inputkan alamat pembayaran lengkap, nomor telepon dan kode pos. Setelah itu, silahkan tekan “submit”.

5. Tautkan Akun Adsense ke Situsmu

Setelah itu, lanjutkan dengan poin-poin di bawah ini :

  • Setelah itu akan muncul pemberitahuan yang menyuruhmu menyalin kode OTP yang telah tersedia dalam Adsense Code.
  • Copy kode tadi dengan mengklik “Copy” tepat di bawah kotak.
  • Buka web yang ingin Kamu monetisasikan, dan sematkan kode tadi di HTML situs tersebut.
  • Jika sudah, silahkan centang pada tulisan “I’ve pasted the code into my site“. Setelah itu, pilih “done”.

Selanjutnya Kamu akan diminta melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon. Ikuti saja petunjuk dan inputkan kode verifikasi di Hpmu ke dalam akun Adsense.

Mendaftar Youtube Adsense

Jika sudah memiliki akun Youtube yang sebelumnya dibuat, silahkan masuk ke “Pengaturan”. Adapun caranya ialah tekan “Icon profile” lalu pilih “setting”.

Selanjutnya menu tersebut langsung mengarahkanmu ke halaman pengaturan. Pada halaman tersebut, klik “Icon profile” kemudian pilih “Creator Studio” dan masuk ke dashboard studio.

Adapun Youtube Creator Studio adalah dashboard yang telah dikembangkan Google bagi para content creator di Youtube. Biasanya dashboard tersebut berisi tentang kumpulan pengaturan untuk mempermudah pengelolaan akun dan video mereka.

Jadi, dashboard Youtube Creator Studio memberikan akses guna memoderasi komentar, pilihan untuk mengupload video, melakukan akses statistik analitis, dan untuk pendaftaran Youtube Adsense.

Nah, itulah beberapa tahapan cara daftar Adsense Youtube yang bisa Kamu ikuti langkahnya. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019