Cara Jualan Token Listrik

Sejak kebijakan pemerintah menerapkan metode prabayar dalam rekening listrik, faktanya bisa menjadi salah satu peluang usaha baru untuk sebagian orang. Mungkin hasilnya tak secara langsung terasa apabila Kamu memulai bisnis ini. Bahkan Kamu bisa menjadikan cara jualan token listrik sebagai usaha sampingan di awalnya, tapi tak menutup kemungkinan ini bisa menjadi penghasilan utamamu.

Kamu dapat memulainya dengan menawarkan token listrik ke rekan kerja atau tetangga. Selain itu, bagi yang telah mempunyai kios baik konter pulsa maupun warung sembako maka menambahkan bisnis berjualan token listrik bisa menjadi pilihan ideal.

Walaupun keuntungannya tidak besar, namun jika Kamu dapat memaksimalkan tingkat penjualan, maka bisa saja memberikan hasil yang berlipat ganda. Hingga akhirnya dapat memberikan keuntungan yang besar untuk para pemilik bisnis. Metode yang bisa Kamu gunakan untuk menjaring konsumen baru bahkan dapat menjadi pelanggan tetap ialah dengan menggunakan media online untuk dijadikan tempat berjualan token listrik.

Selain jangkauannya lebih luas, tentu saja berjualan online lebih efektif untuk dijadikan tambahan penghasilan tanpa harus membebani rutinitas sehari-hari. Apalagi bagi Kamu pengusaha kecil dan ibu rumah tangga yang tidak memiliki ikatan kerja dari pimpinan/atasan.

Peluang dan Keuntungan Berjualan Token Listrik

Dengan semakin bertambahnya jumlah orang atau masyarakat yang memakai sistem token listrik atau pulsa listrik. Tentu saja peluang keuntungan usaha token listrik semakin terbuka luas. Token listrik diaplikasikan untuk pemasangan daya listrik pada layanan PLN. Khususnya bagi rumah baru yang memasang listrik jenis baru, akan direkomendasikan memakai token listrik.

Tak sedikit kost-kostan dan perumahan sekarang ini memilih layanan sistem listrik prabayar, karena kelebihan pemakaian listrik token itu sendiri. Dari sini, kita tentu bisa bayangkan kelbihan pemakaian listrik token.

Sementara, berapa keuntungan berjualan token listrik? Kamu dapat mengambil peluang keuntungan berdasarkan biaya admin dan biasanya ditarif dari Rp. 2.000 hingga Rp. 3.500.

Jadi setiap ada konsumen token listrik, Kamu akan mendapatkan biaya admin nantinya akan ditanggung pembeli. Kemudian dipotong dengan keuntungan dari pemilik sistem dengan besar mulai dari Rp. 50 hingga RP. 100 per transaksi.

Jika dihitung-hitung, keuntungan berjualan token listrik memang jumlahnya tidak besar, namun jika kamu melayani transaksi hingga berkali-kali. Apalagi ditambah produk digital lainnya yang masih sejenis untuk satu aplikasi, tak menutup kemungkinan keuntungan yang Kamu dapatkan bisa sampai jutaan.

Cara Jualan Token Listrik

Cara Jualan Token Listrik
Berjualan Token Listrik

Berjualan Token Listrik

Jika Kamu ingin memulai berjualan token listrik, baik sebagai penghasilan sampingan maupun penghasilan utama yang dibarengi dengan bisnis lain yang sejenis, maka Kamu bisa melakukan panduannya. Berikut tahapan cara jualan token listrik yang bisa dilakukan :

1. Menyiapkan Stok Token Listrik

Sebenarnya, ada beberapa metode cara berjualan token listrik untuk memperoleh stok pulsa sebagai model usahamu. Untuk menjadi penjual atau reseller token listrik, Kamu dapat menggandeng distributor token atau pulsa listrik di daerahmu. Sedangkan jika Kamu ingin sedikit menghemat waktu, Kamu juga bisa menjadi reseller token listrik dari distributor atau agen pulsa secara online di internet.

Tak sedikit distributor pulsa yang bermunculan di media intternet. Kami tak akan membahas mana agen yang harus Kamu pilih. Namun hal terpenting yang perlu Kamu ketahui ialah supaya Kamu tak salah memilih distributor pulsa listrik ialah harga dan kepercayaan yang diberikan.

2. Pilih Agen atau Distributor Pulsa Terpercaya

Cara jualan token listrik selanjutnya ialah memilih distributor atau agen pulsa terpercaya. Ada beberapa poin penting dalam memilih distributor pulsa ini diantaranya :

  • Pilih Distributor Dengan Track Record Baik

Jika Kamu ingin mengetahui kualitas respon dan layanan distributor saat bertransaksi, maka Kamu harus mencari tahu tentang kredibilitas tiap-tiap agen/distirbutor lebih jauh. Lalu membandingkan mana distributor terbaik.

Silahkan cek forum-forum yang ada di media sosial, atau komunitas penjual token pulsa. Nah dari situ, Kamu dapat memperoleh lebih banyak ulasan atau review para reseller atau penjual pulsa listrik. Dengan begitu, Kamu dapat menyimpulkan mana distributor atau agen pulsa yang berkredibilitas. Tentu saja disertai dengan harga jual dan tingkat kepercayaan terbaik.

Jika kamu mempunyai saudara atau kenalan yang sukses berbisnis pulsa listrik/token, Kamu dapat menggali informasi trik sukses dari mereka melalui catatan target pasar penjualan yang harus berbeda supaya tidak bersaing.

  • Menawarkan Cara Bertransaksi Lengkap

Selain kepercayaan dan penawaran harga lebih murah, Kamu juga dapat memilih agen puls alistrik dengan transaksi lebih lengkap. Dimana pembelian token listrik sendiri bisa lewat sistem deposit via online atau lewat format SMS maupun cara lainnya.

Selain itu, metode pembayaran terkadang menyulitkan apabila distributor atau agen mengharuskan metode pembayaran lewat bank. Sedagkan pengiriman uang di jenis bank berbeda memerlukan biaya tambahan dan tak biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada transfer uang ke sesama bank tertentu.

3. Jualan Pulsa atau Token Listrik Online

Jika sudah mendapatkan distributor atau agen pulsa, serta bekerjasama dengan mereka. Maka cara jualan token listrik selanjutnya ialah dengan mempromosikan pulsa listrik untuk menjangkau pembeli secara online. Berjualan token listrik melalui internet saat ini juga bukan hal yang sulit dilakukan.

Apabila Kamu masih baru dalam bisnis online, menggunakan media seperti Facebook adalah strategi termudah. Kamu juga bisa mengecek cara jualan online di Facebook.  Selain gratis, memperoleh pelanggan melalui Facebook adalah cara efektif, paling tidak mempromosikan jualanmu via Facebook lebih gampang untuk diterima calon pembeli.

Dimana suatu saat, Kamu juga dapat mengembangkan bisnis jualan pulsa listrik menggunakan metode lanjutan. Dengan memanfaatkan lapak marketplace atau membuat blog jualan pulsa listrik. Kamu juga dapat menambah produk lainnya yang berkaitan seperti halnya berjualan pulsa HP, melayani pembayaran tagihan PPOB dan lainnya.

4. Ide Promosi Dalam Berjualan Pulsa Token

Cara jualan token listrik selanjutnya ialah menentukan ide promosi untuk berjualan. Di awal memulai bisnis token listrik dan untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat, Kamu harus aktif mempromosikan usahamu dengan tepat. Adapun salah satu kekurangan berjualan online bagi pemain baru ialah belum mendapatkan kepercayaan calon pembeli.

Mungkin saja ada yang tertarik melakukan pembelian token listrik online darimu, tapi tak sedikit pula yang masih ragu apakah bisnis jualan token puls ayang Kamu jalankan adalah jujur atau justru tipu-tipu.

Supaya Kamu dapat menjaring konsumen dalam melakukan usaha, bahkan untuk usaha baru via online, maka Kamu dapat mencoba berjualan ke orang-orang tertentu yang sudah mengenalmu terlebih dahulu.

Melalui media sosial, semisal Facebook Kamu dapat menambahkan beberapa teman sekolah atau rekan kerja. Tentu saja jumlah temanmu sangat banyak, Kamu kemudian dapat menawarkan usahamu ke teman-teman lewat promosi di media sosial.

Bagaimana, mudah kan memulai cara jualan token listrik bagi pemula? Kamu bisa mencoba menerapkannya dari awal dan pastikan tidak hanya menjual pulsa listrik saja, tetapi produk digital lainnya atau dengan cara jualan Spotify Premium misalnya!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019