Cara Jualan Online di Facebook

Bagaimana cara jualan online di Facebook? Ya, Facebook adalah platform jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckernberg. Walaupun kemunculannya sudah begitu lama, namun Facebook masih tetap diminati banyak orang yang ada di seluruh dunia. Bahkan kini banyak penjual online yeng sering menjajakan jualannya di Facebook. Selain itu, cara jualan online di Facebook juga sangat mudah. Bahkan metodenya hampir sama dengan cara jualan di Instagram.

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Jualan Online di Facebook
Berjualan Online di Facebook

Trik Berjualan Online di Facebook Agar Tepat Sasaran

Tidak sedikit orang yang mencoba berjualan online di Facebook, hanya saja banyak yang merasa jika jualannya kurang menguntungkan. Jika Kamu merasakan hal yang sama, ini artinya Kamu belum tepat mencoba cara jualan online di Facebook supaya cepat laku. Berikut panduannya :

1. Mencantumkan Identitas di Facebook Dengan Jelas

Ketika membuat akun bisnis Facebook khusus untuk toko online, pada deskripsi atau profil Facebook Kamu bisa menambahkan data dirimu seperti nomor ponsel, foto profil, nama, alamat lengkap dan nomor rekeningmu. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen terhadap toko online-mu dan menunjukkan bahwa toko online yang Kamu miliki bukanlah abal-abal.

Mengingat maraknya aksi penipuan di media sosial, seakan membuat para pembeli trauma melakukan pembelian produk online. Sebab kita tahu bahwa dalam dunia maya, pembeli tidak akan bertemu langsung dengan penjual saat bertransaksi jual beli, mereka biasanya hanya berkomunikasi lewat jejaring sosial dan ponsel.

Inilah yang membuat tingkat kepercayaan pembeli menjadi berkurang terhadap toko online atau seller itu sendiri. Aksi kejahatan yang biasa dilakukan tersebut seringkali mengatasnamakan toko online, mengingat sistem transaksi online yang dilakukan meliputi transfer uang, melakukan konfirmasi serta proses pengiriman produk.

Akibat sistem inilah, tak sedikit penjual nakal yang kabur tanpa mengirimkan barang pesanan sedangkan uang dari pembeli dibawa lari oleh penjual. Biasanya oknum penjual tersebut melarikan diri dengan memblokir seluruh akses ke konsumen.

Oleh karena itulah, jika Kamu memutuskan untuk membuka toko online, sebaiknya cantumkan identitas diri sejelas-jelasnya. Selain itu, pastikan mengirimkan produk sesuai pesanan. Apabila produk yang diinginkan konsumen habis, langsung konfirmasikan pesanannya kepada pelanggan supaya memberikan kesan bahwa Kamu adalah penjual yang jujur dan baik.

2. Menentukan Target Pasar

Cara jualan online di Facebook yang kedua ialah menentukan target market dari produk daganganmu. Target tersebut bertujuan agar Kamu lebih fokus pada orang yang berpotensi menjadi konsumenmu.

Seperti misalnya Kamu menjual pakaian dan aksesoris wanita, jadi target pasarmu ialah kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, dan wanita karier. Facebook adalah platform yang sesuai untuk promosi produk sebab hampir sebanyak 99% wanita yang ada di Indonesia di berbagai kalangan usia pastinya mempunyai Facebook serta selalu memakai Facebook secara online.

Sesudah target marketmu dirancang, Kamu bisa tambahkan beberapa waita yang dirasa cocok sebagai targetmu. Umumnya orang yang gemar berbelanja akan mudah dikenali berdasarkan penampilannya. Selain itu, lihat pula di beranda tiap-tiap targetmu. Biasanya wanita karier juga lebih menyukai belanja online.

3. Update Foto Dagangan Secara Rutin

Cara berjualan online di Facebook berikutnya ialah update foto produkmu. Pastikan foto produk yang diposting dibuat lebih menarik, Kamu dapat memajang foto produk yang dipasang pada manekin atau dengan menggantung pakaian yang dijual menggunakan hanger, serta difoto pada dinding yang berlatar putih.

Supaya lebih meyakinkan konsumen jika produk yang Kamu jual adalah real picture atau asli, Kamu bisa sekaligus berperan sebagai foto model dengan memakai pakaian tersebut. Silahkan tuliskan caption menarik, kemudian mengundang serta menambahkan spesifikasi produk dari bahan sampai harga jual.

Untuk menentukan harga produk, Kamu dapat membandingkan harga jual dengan harga yang ada di pasaran. Jadi jangan sampai Kamu mengambil keuntungan terlalu banyak dan melebihi harga jual pasaran karena biasanya calon pembeli bisa saja “Kabur” akibat penetapan harga jual produk yang sangat tinggi.

Jka Kamu telah mempersiapkan foto produk yang dijual, cara jualan online di Facebook selanjutnya ialah update foto dengan semaksimal mungkin. Setiap detiknya di Facebook ada saja yang update status, maka status Facebookyang lama langsung tergeser dengan status baru. Dengan update status secara rutin, maka membuat postinganmu kemungkinan besar selalu dibaca oleh banyak pengguna serta akan berada di posisi teratas.

4. Selalu Online di Facebook

Salah satu kunci utama dalam cara berjualan online di Facebook ialah merespon dengan cepat atau fast respon untuk menanggapi calon pembeli. Sekarang ini, Kamu akan semakin dimudahkan untuk selalu online dan stay di Facebook saat ada orang yang merespon postingan produkmu.

Kamu bisa mendapatkan aplikai Facebook di Play Store, cukup mengunduhnya saja. Dengan mengunduh aplikas Facebook di Smartphone tentu saja Kamu akan selalu menerima notifikasi atau pemberitahuan di layar Hp ketika merespon postinganmu.

Ini penting sekali bagi para penjual online. Jika ada yang langsung memberikan komentar terkait produk daganganmu, seperti calon konsumen yang bertanya tentang pengiriman, maka Kamu dapat menanggapinya dengan mudah. Jadi, jangan sampai pembeli menunggu balasanmu yang terlalu lama hingga berhari-hari, karena bisa membuat mereka kehilangan minat membeli produkmu.

5. Mencantumkan Testimoni Pembeli

Cara jualan online di Facebook yang satu ini juga termasuk poin terpenting bagi pemilik bisnis online di platform Facebook. Poin tersebut adalah testimoni pelanggan. Sekarang, biasanya orang yang akan membeli produk di toko online terlebih dahulu mengecek dan melihat testimoni pelangga sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Review atau testimoni positif terkait produkmu akan semakin memikat pembeli agar mereka tertarik untuk berbelanja. Khususnya bagi calon konsumen wanita yang lebih jeli memilih produk maupun online shop. Pastikan upload semua review atau testimoni pembeli, umumnya bisa berbentuk screenshot percakapan pada shat WhatsApp, bukti transfer hingga resi pengiriman produk ke pelanggan.

Pastikan untuk selalu memberikan label di tiap testimoni pembeli dengan nama online shop-mu agar tidak gampang dicomot oleh olshop lain.

6. Gabung ke Dalam Grup Marketing di FB

Biasanya di platform Facebook ada banyak sekali grup marketing yang dapat dimaski. Biasanya di setiap grup akan dijelaskan tips meningkatkan omset penjualan setiap bulan dan cara berjualan online di Facebook agar tepat sasaran.

Kamu juga bisa mendapatkan teman seprofesimu untuk bisa bertukar pikiran atau sharing. Di samping itu, dalam grup Facebook dapat dipakai untuk mempelajari ketertarikan target pasarmu, dari sini Kamu dapat bertanya ke orang yang lebih berpengalaman darimu.

7. Menawarkan Promo Diskon ke Pembeli

Cara jualan online di Facebook agar cepat laris berikutnya ialah menawarkan diskon kepada pembeli. Diskon merupakan hal yang sangat disukai pembeli, apalagi jika target marketmu adalah wanita. Tapi, cara pemberian promo/diskon tersebut menyesuaikan tenggat waktu.

Adapun penawaran diskon menurut tenggat waktu tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian potongan harga tiap produk sampai tanggal atau waktu yang telah ditentukan.

Dengan melakukan langkah cara jualan online di Facebook di atas, tak menutup kemungkinan penjualanmu akan semakin meningkat. Apalagi jika diimbangi dengan teknik marketing yang tepat.

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019