Cara Jualan Online ke Luar Negeri

Memanfaatkan teknologi digital untuk berjualan saat ini banyak dilakukan, dengan tujuan untuk memperluas pasar. Sehingga secara otomatis metode penjualan ini tidak tebatas pada letak geografis semata. Tak hanya menjangkau pasar lokal semata, tetapi melalui internet kita juga dapat menawarkan produk maupun layanan hingga ke luar negeri. Inilah kenapa banyak orang tertarik dengan cara jualan online ke luar negeri.

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika ingin menjual atau memasarka produk secara online supaya Go Internasional ialah dengan memastikan jika website yang dimiliki, sesuai dengan calon pembeli dimanapun mereka tinggal. Para pemilik usaha, seperti pemilik bisnis UKM sekalipun, harus benar-benar memahami berbagai layanan dan fungsi yang ditawarkan para pembuata website supaya bisa memenuhi keperluan audiens yang memiliki latar belakang adat dan budaya berbeda.

Paling tidak, Kamu harus memperhatikan faktor penting jika ingin mejangkau peluang pasar serta berjualan online sampai Go Internasional.

Cara Jualan Online ke Luar Negeri

Cara Jualan Online ke Luar Negeri
Berjualan Online ke Luar Negeri

Berjualan Online ke Luar Negeri

Agar toko online-mu bisa menjangkau pasar luar negeri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan para pemilik usaha jika Kamu ingin berjualan online ke luar negeri. Berikut ulasannya :

1. Atasi Kendala Bahasa

Sebenarnya tantangan terbesar dalam cara jualan online ke luar negeri ialah pesoalan bahasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap mempertimbangkan terjemahan bahasa pada website. Kamu sebagai pemilik usaha harus memakai jasa pembuatan web dengan menyediakan fitur alih Bahasa dengan mudah bagi para pengunjung. Melalui ketersediaan berbagai pilihan Bahasa inilah, para pelanggan dapat beralih ke dalam bahasa mereka dengan mudah.

Untuk jangkauan promosi hingga Go Internasional, Kamu juga harus memastikan alamat situs web mewakili golobal. Pemakaian ekstensi domain .com dapat mewakilinya. Ditambah lagi degan ketersediaan alih bahasa pada website, pastinya bisa memikat calon pembeli dari luar negeri.

Jika Kamu sudah mendatarkan situs web-mu dengan menggunakan domain atau ekstensi .com ini, maka pebisnis juga dapat mendaftarkan domain lain menggunakan ekstensi berbeda. Bahkan melalui ekstensi domain secara khusus bagi negara tertentu, tapi tetap diarahkan pada website utama, jadi dapat memperbesar trafik.

2. Metode Pembayaran Secara Internasional

Pertimbangan cara jualan online ke luar negeri lainnya ialah perbedaan jenis mata uang. Jadi sangat disarankan, para pengusaha online untuk menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran. Khususnya yang telah diakui di dunia internasional, baik memakai PayPal maupun Worldpay. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan.

3. Pengiriman Internasional

Langkah cara berjualan online ke luar negeri lainnya ialah menyediakan opsi pengiriman internasional. Demi memuaskan konsumen dari luar negeri serta membuat mereka tertarik untuk membeli kembali produk yang Kamu tawarkan, sangat penting bagi pengusaha online untuk mencari partner pengiriman lokal dengan menawarkan jasa ekspedisi ke luar negeri.

Di negara Indonesia, jasa ekspedisi barang seperti Pos Indonesia, JNE, dan TIKI dapat melayani pengiriman tersebut. Selain itu, tawarkan beberapa opsi pengiriman untuk memberikan pelayanan lebih baik agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Dengan bisnis yang dapat dipercaya, memiliki kredibilitas kuat dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan pembeli adalah karakteristik yang sangat diperhatikan para konsumen. Entah itu di Indonesia ataupun di luar negeri.

4. Inbound Marketing

Cara jualan online ke luar negeri berikutnya jika Kamu sudah mempunyai website multibahasa, kini saatnya Kamu memakai metode pemasaran yang tepat. Dalam hal ini Inbound Marketing adalah primadona baru dalam internet marketing. Melalui inbound marketing inilah, maka pemasaran menjadi lebih efektif serta sifatnya dalam jangka panjang.

Inbound marketing selain efektif dipakai untuk mempromosikan produk, juga menciptakan pasar baru untuk produk serupa sehingga semakin luas pula target pasar yang dapat menyerap produkmu.

5. Facebook Ads

Sekarang ini Facebook bisa dijadikan sebagai pasar terluas yang ada di dunia yang memiliki potensi pasar melebihi 2 miliar pengguna. Kamu dapat memakai iklan FB brbayar ini jika ingin menjangkau pasar mancanegara.

6. Memanfaatkan Iklan di Google Adword

Cara jualan online ke luar negeri selanjutnya ialah dengan memanfaatkan iklan pada Google Adword. Dimana iklan ini dipakai untuk mempercepat pemasaran/promosi. Terlebih jika dipadukan dengan SEO, target negara, pemakaian bahasahingga keyword yang sama membuat promosi produk pun semakin mudah.

Akan tetapi, hambatan memakai iklan pada Google Adwords sendiri ialah adanya biaya untuk testing. Dengan demikian, Kamu harus mengatur dana yang Kamu miliki sekuatnya. Akan tetapi pastikan untuk tidak beriklan dalam biaya yang fantastis sebelum melakukan pengujian iklan terlebih dulu.

Jualan Online ke Luas Negeri via Shopee

Selain cara berjualan online ke luar negeri di atas, Kamu juga bisa memanfaatkan salah satu marketplace ternama di Indonesia ini, yaitu Shopee. Shopee adalah marketplace yangt elah banyak dikenal sekaligus banyak diminati orang. Ada berbagai macam produk yag diperlukan dan tersedia di platform Shopee. Di samping itu, ada banyak juga diskon menarik dan hadiah dari Shopee.

Shopee sekarang bahkan sudah meluas sampai luar negeri. Selain itu, siapa saja pastinya bisa berbelanja, meskipun pembeli dari luar negeri. Bagi Kamu yang telah membuka lapak jualan di Shopee lalu ingin menjual produkmu ke luar negeri, maka Kamu harus melalui beberapa tahapan. Berikut persyaratannya!

1. Pendaftaran Seller Ganda di Shopee Indonesia dan Shopee Luar Negeri

Shopee secara resmi sudah membuka layanan Shopee International Platform. Dimana program yang satu ini adalah tambahan layanan dari Shopee International Indonesia beserta affiliasinya dan anak perusahaannya. Selain itu, program Shopee tersebut bernama layanan program Ekspor Shopee.

Melalui program yang satu ini, para seller terdaftar dalam penjual Indonesia dengan cara jadi seller Shopee dan mendaftarkan produk untuk dijual lewat situs Indnesia maupun affilliasinya bersama-sama, dinamakan website Luar Negeri Shopee.

Beberapa fitur yang diberikan Shopee meliputi hak menciptakan, menghapus pendaftaran, memelihara, layanan chat, layanan penyimpanan, layanan pengiriman dana hasil penjualan, layanan pengumpulan dan layanan pelaporan.

Setelah itu, pihak Shopee menentukan harga produk yang telah terdaftar dalam situs Shopee internasional dengan kebijakan sesuai yang telah ditentukan memakai uang lokal berdasarkan situs Shopee Internasional/luar negeri. Sedangkan harga produk yang terdaftar pada tok Indonesia tetap akan ditentukan penjual Indonesia sesuai kebijakan yang telah dibuat.

Menjual Produk di Situs Shopee Luar Negeri

Cara berjualan online ke luar negeri melalui situs Shopee selanjutnya sesudah mendaftar. Berikut ulasannya :

  • Penjual Indonesia wajib mengatur ekspedisi produk yang dibeli konsumen menuju alamat yang akan diberitahukan Shopee ke penjual Indonesia.
  • Pihak Shopee biasanya mengumpulkan harga produk luar negeri dengan memakai mata uang lokal dari pembeli.
  • Shopee mengirimkan harga produk dalam negeri ke penjual berdasarkan perhitungan mata uang Indonesia dikurangi dengan keseluruhan biaya, seperti komisi, beban, hingga diskon lainnya.

Itulah beberapa panduan cara jualan online ke luar negeri hingga berjualan ke luar negeri melalui marketplace Shopee. Dengan mengikuti cara di atas, tak menutup kemungkinan bisnismu akan terkenal hingga di mancanegara!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019