Cara Jualan Produk Digital di Shopee

Jika Kamu ingin memperluas jangkauan pelanggan dan ingin meningkatkan penjualan produk digitalmu, maka tak ada salahnya Kamu mengikuti cara jualan produk digital di Shopee. Sudah ada banyak orang memanfaatkan marketplace Shopee untuk berjualan. Bahkan tak sedikit yang sudah meraup keuntungan berkat Shopee. Belum lagi, beberapa pengguna bisa memanfaatkan cara jadi dropship di Shopee.

Hal ini dikarenakan Shopee adalah salah satu e-commerce dengan pengguna terbanyak. Mengingat ada banyak fitur menarik dan kemudahan yang ditawarkan, sehingga wajar jika para penggunanya selalu mengandalkan Shopee untuk berbelanja berbagai kebutuhan sehar-hari. Mulai dari produk fashion, peralatan rumah tangga, makanan, hingga produk digital.

Berbicara tentang produk digital, mungkin masih banyak orang kebingungan tentang produk digital serta bagaimana cara yang harus dilakukan untuk menjual produk digital di akun Shopee. Namun sebelumnya, mari kita bahas apa itu yang dimaksud dengan produk digital terlebih dahulu.

Produk Digital di Aplikasi Shopee

Apa itu produk digital? Yang dimaksud dengan produk digital di sini ialah produk yang tak mempunyai bentuk fisik atau nyata. Ada berbagai macam produk digital, diantaranya :

  • Produk isi ulang, meliputi e-money, paket  data, pulsa, dan roaming.
  • Tagihan, berupa tagihan telepon/Telkom, Listrik PLN, BPJS Kesehatan, pasca bayar, PDAM, TV kabel, kartu kredit, angsuran kredit, dan e-SIM.
  • Tiket, termasuk tiket kereta api, tiket pesawat dan tiket bus dan travel.
  • Hiburan, seperti Deals Sekitarmu, Voucher Game, dan Tiket Event&Hiburan.
  • Keuangan, berupa zakat dan donasi.

Di samping itu, ada pula produk digital berbentuk non fisik,  yaitu produk Jasa. Diantaranya jasa pembuatan website, jasa pembuatan CV, jasa cetak undangan, hingga jasa pembuatan akun Youtube.

Produk digital Shopee bisa langsung dibeli oleh buyer atau pembeli tanpa menunggu barang dikirim, sama seperti produk fisik biasanya. Hanya saja, tak sedikit penjual yang berjualan produk Digital belum memahami pengiriman untuk produk digital tersebut.

Cara Jualan Produk Digital di Shopee

Cara Jualan Produk Digital di Shopee
Berjualan Produk Digital di Shopee

Berjualan Produk Digital di Shopee Tanpa Fitur Termasuk Ongkir

Apabila Kamu termasuk seller yang jualan produk digital di Shopee, namun belum mengaktifkan fitur “Termasuk Ongkos Kirim”. Karena itu, Kamu dapat melakukan cara di bawah ini supaya orderan pelanggan yang masuk dapat langsung diproses dari yang awalnya status menunggu proses pengiriman menjadi proses dikirim. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama, silahkan buka Shopee melalui Smartphone. Pastinya Kamu harus sudah menginstall aplikasi Shopee terlebih dahulu baik di perangkat android maupun Apple.

2. Buka Akun Toko

Cara jualan produk digital di Shopee berikutnya, silahkan masuk ke “Akun Toko” Kamu yang ada pada aplikasi Shopee.

3. Klik Opsi “Dikemas”

Setelah itu, klik opsi “Dikemas” yang terdapat pada menu “Penjualan Saya” dan klik “Produk yang Akan Dikemas”.

4. Copy Nomor Pesanan

Tahapan cara berjualan produk digital di Shopee berikutnya yaitu copy atau salin nomor pemesana pelanggan.

5. Tunjukan Chat Dengan Pelanggan/Pembeli

Sebelum lanjut ke proses berikutnya, Kamu harus melakukan chat ke pelanggan bahwa toko belum mengaktifkan layanan “Termasuk Ongkos Kirim”. Oleh karena itu, Kamu harus menampilkan chat bersama pembeli supaya pengajuan “Aktifkan Non Integrated” disetujui.

6. Screenshot Chat

Setelah itu, screenshot chat bersama pembeli untuk persyaratan mengaktifkan layanan “non integrated” ke Shopee.

7. Akses Pusat Bantuan

Setelah selesa semua, cara jualan produk digital di Shopee berikutnya Kamu bisa langsung menuju Pusat Bantuan dan pilih “Chat Dengan Shopee”.

8. Chat Dengan Agen Shopee

Jika sudah sukses masuk, Kamu akan mendapatkan chat dari pihak Shopee. Selanjutnya pilih saja pesanan dan pengiriman/pengantaran. Setelah itu, ketuk “Chat Dengan Agen Shopee”. Lalu Kamu berikan opsi apakah Kamu penjual atau pembeli. Silahkan pilih “Penjual”.

9. Pilih “Pengantaran dan Pesanan”

Langkah cara berjualan produk digital di Shopee selanjutnya, Kamu akan ditampilkan pilihan, tinggal pilih “Pengiriman dan Pesanan”. Setelah itu, Kamu akan menerima balasan langsung dari Shopee. Kemudian Kamu bisa membalas degan ketuk “Minta Tolong Ubah Status Pesanan”. Lalu tinggal input nomor pemesanan yang sebelumnya telah disalin.

10. Inputkan Nomor Pesanan

Kamu juga bisa mejelaskan bahwa seller menjual produk digital, serta belum mengaktifkan layanan “Termasuk Ongkos Kirim”. Lalu inputkan “Nomor Pesanan” dan lanjutkan untuk mengirim screenshot berisi chat bersama pembeli. Setelah itu, Kamu akan menerima balasan tentang permasalahan yang dialami, maka pihak shopee akan meminta akun email yang terdaftar dan masih aktif.

11. Cek Inbox Email Berkala

Jika Kamu telah mengirimkan “Email Aktif” terdaftar, selanjutnya Kamu akan mendapatkan balasna tentang permasalahan tersebut. Kamu akan diperintahkan melakukan pengecekan akun email dengan berkala.

12. Pengajuan Sudah Diterima Dengan Perubahan Status

Cara jualan produk digital di Shopee berikkutnya cukup cek email lalu pastkan bahwa Kamu menerim email dari Shopee. Jika pengajuan sudah diterima, biasanya akan muncul inbox email jika status nomor pesanan yang Kamu maksud sudah berubah menjadi “Dikirim”.

Berjualan Produk Digital di Shopee Tanpa Fitur Termasuk Ongkir

Sementara cara jualan produk digital di Shopee yang telah mengaktfikan layanan “Termasuk Ongkos Kirim” menjadi lebih mudah, sebab untuk caranya sendiri dimana status pengiriman pesanan nantinya berubah menjadi status “Dikirim” jika pihak penjual telah mengkonfirmas pesanan.

Akan tetapi, jika ingin mengaktfikan fitur termasuk ongkir, biasanay setiap penjual harus mendaftar terlebih dulu. Namun sebelumnya sudah disampaikan lewat cara berjualan produk digital di Shopee dengan menagktifkan layanan termasuk ongkir di Shopee. Akan tetapi, untuk pendaftarannya memang tidak mudah. Kalaupun ditolak, Kamu dapat mengajukan ulang telah diterima oleh Shopee.

Cara Jualan Pulsa Tanpa Ongkir di Shopee

Ketika pembeli berhasil melakukan orderan produk digital seperti pulsa provider, maka langkah yang wajib dilakukan secara berturut-turut ialah :

  • Lakukan pengisian pulsa sesuai nominal checkout dari pembeli.
  • Kemudian, lakukan konfirmasi bahwa pulsa terkirim kepada pembeli lewat chat Shopee. Sertakan “Bukti Pengisian” ke pembeli.
  • Sesudah pembeli melakukan konfirmas jika pulsa sudah masuk, kemudian “screenshot percakapan” untuk kofnirmasi dan “Detail Pesanan” untuk dijadikan bukti.
  • Lalu Kamu bisa mencari “Contoh Resi dari Pos Kilat Khusus” di mesin pencari Google, kemudian copy “sample resi”. Jika sudah, ketuk “Atur Pengiriman” dan “Tempel Resi”. Selain itu, “Ubah beberapa angka” jika ingin menghindari terjadinya input resi secara double.
  • Selanjutnya “Kirim Permintaan Mengubah Status Pesanan” ke CS Shopee lewat Email pada opsi “Pusat Bantuan Shopee”. Selain itu, salin nomor pemesanan produk lebih dulu. Kemudian “Isi Data” sesuai yang dibutuhkan.
  • Kemudian unggah bukti screensht chat serta “Detail Produk” untuk dijadikan bukti permohonanmu.
  • Silahkan tunggu emailmu dibalas CS Shopee.
  • Setelah itu, “Cek Status Pengiriman” dan pastikan bahwa status pengiriman sudah berubah statusnya menjadi “Terkirim”.
  • Selanjutnya, Kamu bisa meminta pembeli “Mengkonfirmasi Pesanan Diterima” pada halaman pembelian supaya nantinya dana diteruskan langsung ke “Saldo Penjual”.

Nah, itulah beberapa tahapan cara jualan produk digital di Shopee yang bisa Kamu coba. Menjual produk di aplikasi Shopee tanpa metode pengiriman, pastinya memberikan keuntungan tersendiri untuk penjual di Shopee.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019