Cara Jualan Live di Shopee

Tahukah Kamu bagaimana cara jualan live di Shope? Akan tetapi sebelumnya, Kamu harus tahu persyaratan melakukan live streaming, dan apa saja yang dilarang. Jika sudah mengetahuinya, Kamu pun bisa mengatur strategi supaya audiens atau pengunjung live di Shopee menjadi banyak. Selain itu bagi yang belum tahu apa itu live streaming, mari kita bahas lebih lengkapnya di bawah ini!

Tentang Live Streaming di Shopee

Fitur live streaming di Shopee sendiri sudah dirilis sejak Januari 2019. Layanan live streaming ini memungkinkan para seller atau penjual untuk menampikan produk langsung, dengan demikian calon konsumen merasa semakin yakin sesudah melihat bentuk visual produk sesuai keinginan.

Para penjual langsung bisa berinteraksi bersama calon konsumen tanpa meninggalkan halaman live streaming itu sendiri. Calon konsumen juga dapat mengajukan pertanyaan tentang produk lewat kolom komentar, hampir sama seperti live di platform Instagram.

Keuntungan Melakukan Live Streaming di Akun Shopee

Sama dengan layanan streaming di aplikas atau platform lainnya yang sejenis, ada beberapa keuntungan memakai fitur live streaming di Shopee. Berikut ulasannya :

1. Dapat Digunakan Secara Gratis

Live Streaming Shopee dapat diaktifkan dengan cara gratis. Ini artinya Kamu tidak akan dikenakan tambahan biaya apapun untuk berjualan live di aplikasi Shopee. Di samping itu, Kamu tak perlu lagi mengeluarkan budget berlebih untuk membayar biaya layanan streaming di Shopee. Namun untuk live streaming Di Shopee sendiri, kamu membutuhkan kuota data internet yang memadai untuk mendukung live streaming.

2. Lebih Praktis

Para pengguna yang ingin melakukan pembelian produk di Shopee tentu saja ingin melihat barang atau produk langsung secara visual, bukan hanya dari gambar saja. Selain itu, dengan adanya video produk ini bisa meningkatkan keinginan para pengguna untuk langsung membeli produk yang Kamu jual.

Melalui layanan ini, para pembeli bisa langsung melihat spesifikasi dan bentuk produk. Di samping itu, para pengguna juga bisa menanyakan spesifikasi barang secara detail dan langsung kepada penjual.

3. Semakin Menambah Interaksi dan Penjualan di Shopee

Mengingat kemudahannya, live streaming di Shopee dipilih sebagai salah satu alternatif berbelanja yang aman dan praktis dari Shopee. Berjualan dengan cara live ini tentu saja bisa meningkatkan branding seller di Shopee.

Di samping itu, dengan banyaknya interaksi ketika live streaming, bisa juga meningkatkan followers di aplikasi Shopee. Dimana peningkatan followers tersebut tentu sejalan dengan penjualan yang juga semakin meningkat. Sehingga, bisa menambah omset tokomu secara signifikan.

Persyaratan Jualan Live di Shopee

Setelah melihat keunggulan live streaming di Shopee, sudah pasti ada banyak penjual yang tertarik menggunakannya. Jika Kamu berniat melakukannya, Kamu dapat mempersiapkan persyaratan di bawah ini :

  • Pertama-tama pastikan Kamu memakai smartphone yang memiliki kualitas kamera tinggi.
  • Mempunyai koneksi internet yang stabil, jika ada Kamu bisa memakai Wifi.
  • Pakai tripod supaya kamera Hp tetap stabil.
  • Silahkan lengkapi pencahayaan yang baik, setidaknya tidak gelap di dalam frame.
  • Persiapkan seluruh produk yang Kamu jual dan ingin dipromosikan lewat live streaming di Shopee.
  • Menawarkan promo, berupa koin atau membagikan voucher di Shopee.

Buat Metode Pemesanan Produk

Setelah mengetahui persyaratan di atas dan sebelum memulai berjualan live di Shopee, Kamu sebaiknya buat metode pemesanan produk terlebih dahulu. Biasanya terdapat 3 metode yang dipakai seller dalam metode pemesanan, diantaranya Komentar Fix, list produk atau memberikan tautan toko/produk.

1. Komentar Fix

Sistem pemesanan produk ini dengan cara mencatat user yang berkomentar fix di Shopee ketika live berlangsung. Jadi Kamu setidaknya memerlukan satu orang yang membantumu menghubungi konsumen yang sudah melakukan komentar fix ketika melakukan checkout produk.

Adapun cara jualan live di Shopee ini dapat dilakukan apabila produk yang dijelaskan ketika live dilakukan secara acak atau tidak berurutan dan tidak mempunyai banyak varian. Contohnya peralatan rumah tangga atau pakaian.

2. List Produk

Tips yang kedua ialah cara yang bisa dikatakan paling konvensional untuk menjual barang shopee. Pembeli nantinya bisa memilih barang yang akan dibelinya sesuai list atau daftar produk yang sudah Kamu buat. Adapun caranya, cukup klik ikon berbentuk tas warna orange yang terletak di sudut kanan bagian bawah, kemudian tambahkan produk/barang yang diinginkan. Metode ini paling mudah serta tidak membuat pembeli kebingungan lagi untuk memilih produk.

3. Buat Link Toko/Produk Shopee

Link tautan produka tau toko Shopee dapat mempermudah pembeli untuk melihat produk available tanpa keluar dari sesi live streaming Shopee. Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat link Shopee, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka Shopee. Masuk ke halaman “Saya” kemudian buka “Toko Saya”.
  • Gulir sampai ke menu bagian bawah yaitu “Lihat Toko Saya”.
  • Dari sini Kamu bisa melihat pilihan “Link Toko Shopee” yang Kamu miliki. Adapun untuk membagikannya, ketuk ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan bagian atas. Lalu pilih share dan ketuk “Salin Link Tautan”.
  • Kemudian “Tempelkan Link” pada menu “Deskripsi Live Streaming”.

Kamu dapat memilih mekanisme orderan produk sesuai keinginan. Namun ingat, sebaiknya jangan mengarahkan transaksi pembelian di luar Shopee. Selain itu, jangan memberikan tautan selain tautan Shopee, nomor WhatsApp atau nomor telepon, atau akses menuju platform sosial media lainnya.

Cara Jualan Live di Shopee

Cara Jualan Live di Shopee
Berjualan Live di Shopee

Berjualan Live di Shopee

Jika Kamu sudah menentukan sistem pemesanan, cukup ikuti langkah cara berjualan live di Shopee, berikut ini :

1. Masuk ke Halaman Saya

Langkah pertama, silahkan buka akun Shopee milikmu dan masuk menuju halaman “Saya”. Setelah itu, ketuk “Shopee Live” atau “Live Streaming”.

2. Masukkan Judul, Deskripsi dan Foto Cover Live Streaming

Cara jualan live di Shopee berikutnya ialah Kamu bisa memasukkan foto cover, deskripsi live straming dan judul yang akan ditampilkan sesuai keentuan di bawah ini :

  • Judul live streaming, maksimal terdiri dari 35 karakter, isinya harus simpel namun mampu menarik pengguna untuk menonton.
  • Foto cover, biasanya berbentuk persegi dengan kapasitas maksimal 200 kb menjelaskan produk atau menampilkan logo toko.
  • Deskripsi, biasanya berisi sebanyak 200 karakter maksimal, menjelaskan promo atau aktivita syang berlangsung saat live streaming.
  • Tambahkan produk, Kamu bisa menambahkan beberapa produk terkait yang berasal dari  “Favorit Saya” atau “Toko Saya” dengan maksimal sebanyak 200 produk.

3. Mulai Live Streaming

Cara jualan live di Shopee berikutnya Kamu mulai melakukan live streaming. Silahkan lakukan sesi live dan tawarkan produk-produk terbaikmu saat streaming berlangsung.

4. Mengakhiri Sesi Live

Jika Kamu ingin mengakhiri cara berjualan live di Shopee, tinggal ketuk ikon “X” pada bagian kanan atas.

Dengan melakukan cara jualan live di Shopee, dijamin toko onlinemu bisa semakin populer bahkan omzet tokomu bisa meningkat drastis. Para pengguna Shopee tak hanya dapat menemukan produkmu lewat kolom pencarian, tetapi juga merasa terdorong untuk berbelanja di tokomu sesudah menyaksikan acara live streaming di Shopee. Selain itu, jika Kamu tertarik menjadi penjual di Shopee bisa ikuti cara daftar Shopee sebagai penjual!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019