Cara Jualan Emas

Selain bersifat liquid atau mudah dijual kembali, emas juga bernilai jual tinggi. Untuk model perhiasannya, meskipun telah ketinggalan zaman, tetap saja nilai jualnya terus meningkat seiring perkembangan harga jual emas dunia. Menariknya, emas bisa dibilang awet dan tak mudah rusak jika disimpan dengan baik. Inilah yang membuat emas selalu diincar banyak orang. Hal tersebut pun tentunya semakin memberikan peluang bagi yang memiliki modal mencukupi untuk mencoba cara jualan emas.

Membeli emas juga bukan termasuk kategori konsumtif, namun lebih ke investasi. Alasan tersebut jugalah yang membuat tak sedikir orang berjualan emas, baik dengan memulainya sendiri atau sistem franchise.

Metode Berjualan Emas

Sebelum membahas cara jualan emas, alangkah baiknya Kamu harus mengetahui metode penjualan emas. Jika dilihat berdasarkan platform pemasarannya, sebenarnya ada 2 metode yang digunakan untuk berjualan emas, diantaranya dengan membuka toko emas offline dan menjual emas online. Berikut ulasan masing-masing metode tersebut :

1. Berjualan Emas Offline

Cara jualan emas yang satu ini adalah dengan membuka toko konvensional umumnya. Dalam hal ini, Kamu memamajang emas fisik yang dijual pada etalase toko. Meskipun termasuk cara klasik, namun berjualan emas seperti ini memang menawarkan banyak kelebihan, diantaranya :

  • Toko emas lebih dipercaya pelanggan, sebab mempunyai toko fisik untuk dikunjungi, apabila ada masalah yang terjadi di kemudian hari.
  • Pelanggan bisa langsung melihat emas yang akan mereka beli kemudian memeriksanya.
  • Dapat berinteraksi langsung bersama pembeli.

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, calon penjual tentu saja harus mempertimbangkan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk modal, seperti tempat usaha sampai karyawan.

Selain itu walaupun ada toko fisiknya, tapi beberapa aktivitas metode penjualan emas seperti ini sekarang sudah memiliki toko online-nya juga. Adapun salah satu alasan aktivitas pemasaran secara online dilakukan agar bisa meraup keuntungan dan jangkauan konsumen yang lebih luas.

2. Berjualan Emas Online

Perkembangan teknologi digital tak hanya berdampak pada kemudahan komunikasi semata, tetapi juga memberikan ruang baru bagi para pelaku usaha di berbagai sektor. Salah satunya ialah bagi pengusaha emas. Kini sudah banyak dijumpai toko emas online yang menjajakan produk perhiasan mereka di marketplace atau di situs toko online mereka sendiri.

Adapun kelebihan metode cara jualan emas online ini, diantaranya :

  • Modal untuk membuka usaha berjualan emas online bisa dibilang lebih minim. Kamu hanya memerlukan produk emas fisiknya saja untuk diperjualbelikan. Selain itu, tambahan modal berupa komputer, laptop atau smartphone dengan koneksi internet yang memadai. Bahkan dengan berjualan emas online, Kamu bisa lebih menghemat anggaran untuk biaya karyawan, menyewa lahan/tempat jualan, menekan biaya untuk inventaris toko maupun yang lainnya.
  • Menawarkan segmen pasar yang luas sebab jangkauan berjualan online hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Sehingga toko emas online-mu berpeluang besar untuk dikunjungi oleh semua masyarakat yang menggunakan akses internet. Bahkan tak hanya Indonesia saja, Kamu juga bisa menjangkau pasar luar negeri.
  • Informasi bisa diberikan dengan cepat, mudah, dan lengkap. Melalui informasi online, para pelanggan menjadi lebih mudah untuk mencari solusi terhadap permasalahan mereka.

Menariknya lagi, dengan berjualan online Kamu bisa memajang semua koleksi produk emas yang dijual. Di samping itu, metode promosi online bisa membantumu menyebarkan daganganmu dengan biaya lebih minim. Kamu juga bisa bekerja sama dengan salah satu marketplace atau beberapa, seperti Tokopedia. Karena tak sedikit orang tertarik dengan cara investasi emas di Tokopedia.

Cara Jualan Emas

Cara Jualan Emas
Berjualan Emas

Trik Berjualan Emas Perhiasan

Saat merencanakan untuk membuka usaha jualan emas, sebenarnya Kamu harus benar-benar melakukan persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin menjual emas perhiasan, diantaranya :

1. Kuasai Wawasanmu Tentang Emas

Cara jualan emas yang satu ini adalah hal paling mendasar. Kenapa? Karena tak jarang pembeli ingin mengetahui secara detail jenis emas yang Kamu jual, seperti kandungan emas atau karat, jenis perhiasan, hingga kualitas emas itu sendiri. Jadi, setidaknya Kamu harus memahami bagaimana kualitas emas yang bagus.

Sehingga Kamu bisa tetap mempertahankan kualitas emas perhiasanmu agar pelanggan merasa lebih puas. Mengingat kesuksesan dalam berbisnis sendiri biasanya bergantung dari kualitas produk yang ditawarkan.

2. Persiapan Dana Untuk modal

Cara berjualan emas tentu tidak akan berhasil dilakukan jika Kamu sama sekali tidak memiliki modal. Mengingat emas adalah barang yang eksklusif yang bernilai jual tinggi, Kamu tentu harus memiliki modal usaha. Nah, modal inilah yang nantinya berhubungan dengan operasional bisnis, kelancaran usaha hingga penjualan produkmu.

Hal yang harus Kamu ketahui pertama kali ialah berapa jumlah modal yang Kamu butuhkan. Kemudian ketahui sumber modal usahanya dari mana. Apakah Kamu memiliki dana tabungan pribadi atau justru harus meminjam dana usaha? Lalu, susun perencanaan finansial dengan jelas dan tepat sasaran. Tentkan proyeksi keuntungan jualan emas yang bisa Kamu dapatkan.

Ingat untuk merencanakan keuangan usahamu, Kamu harus mampu memisahkan antara arus kas usaha dengan arus kas personal/pribadi agar usahamu dapat berjalan lancar.

3. Kenali Target Bisnismu

Tahukah Kamu, siapa target market yang Kamu sasar? Klasifikasikan sesuai kelas ekonominya, apakah ekonomi kelas menengah bawah, ata atas? Lalu perhatikan pula jenis profesi dan rentang usia. Sesudah menentukan target pembeli, silahkan sesuaikan harganya dengan daya beli konsumenmu.

Selain itu lokasi usaha juga berperan sebagai penentu pangsa pasar, misalnya Kamu tentu tak bisa mematok harga emas sangat mahal di lokasi pasar tradisional. Maka dari itu, Kamu sebaiknya melakukan survei tempat sebelum memutuskan membuka toko perhiasan. Jadi, pertimbangkan  lokasi usaha di tempat strategis menyesuaikan pangsa pasar.

4. Kenali Pesaingmu

Cara jualan emas perhiasan lainnya yaitu Kamu harus mengetahui siapa kompetitormu sendiri. Persaingan dalam bisnis berjualan emas bisa dibilang sangat ketat, sebab kita seringkali menemukan banyak toko emas perhiasan, baik kecil maupun besar.

Untuk bisa memenangi persaingan, sebaiknya buka pikiranmu. Lakukan survei terhadap kompetitormu. Seperti kinerja kompetitor dan keunggulannya jika dibandingkan usahamu. Jika Kamu mengetahui pesaingmu, Kamu bisa memberikan sesuatu yang tak dapat diberikan kompetitor kepada konsumen. Inilah trik untuk memenangkan persaingan.

5. Strategi Marketing

Jika ingin usahamu terkenal, ini artinya Kamu harus memperkenalkan usahamu agar banyak calon konsumen yang mengetahuinya. Tak ada salahnya memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan usahamu tanpa berbayar. Kamu bisa memakai media sosial untuk dijadikan jalur pemasaranmu. Dalam media sosial, Kamu bisa memakai influencer atau followers yang beragam.

6. Persiapkan Mental

Dalam bentuk apapun bisnis yang Kamu pilih, tentu saja Kamu harus bermental tahan banting. Sebab tidak selamanya bisnis yang Kamu jalankan berjalan lancar/mulus, ada kalanya bisnismu terpuruk. Namun dengan memiliki mental kuat, dijamin Kamu akan bisa mengatasinya.

Selain itu, kondisi finansial yang sehat saat berbisnis juga menjadi penentu kelangsungan usahamu. Sebaiknya hindari melandaskan usahamu pada hutang/pinjaman yang sangat besar.

Itulah beberapa hal yang harus dipahami dan diperhatikan dalam cara jualan emas perhiasan. Baik itu untuk berjualan emas online mapun secara offline dengan membuka toko emas fisik.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019