Cara Kalibrasi Termometer Digital

Salah satu indikator pasien COVID-19 adalah demam tinggi. Nah dengan fakta ini, maka tentu akan semakin penting untuk mempelajari cara kalibrasi termometer digital. Terlepas dari hal yang berhubungan tnetang kesehatan tersebut, termometer digital juga kini kerap digunakan dalam dunia masak-memasak. Tentu, kamu tidak ingin makan daging yang setengah matang kan? Nah, itulah mengapa kamu memerlukan alat yang dapat mengukur suhu makanan dengan sempurna.

Cara Kalibrasi Termometer Digital

Cara Kalibrasi Termometer Digital
Cara Kalibrasi Termometer Digital

Karena kita tidak seberuntung mereka yang memiliki termometer terbaik dan terakurat di dunia, kamu harus belajar cara menguji dan menyesuaikan termometer digital kamu untuk terus menjaga tingkat akurasinya. Tapi sebelum melangkah jauh, kamu sudah tahu belum apa itu proses kalibrasi?

Apa Itu Kalibrasi Termometer Digital?

Seperti halnya jam tangan yang dapat bekerja lambat atau cepat, termometer digital juga dapat berubah menjadi tidak akurat seiring bertambahnya usia dan waktu penggunaan. Keakuratan termometer digital dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu yang ekstrem, seperti beralih dari mengukur yang sangat panas ke sesuatu yang dingin, atau karena telah dijatuhkan atau ddengan kasar.

Dan kalau kamu sering menggunakan termometer digital, kamu mungkin perlu untuk memeriksanya setiap bulan untuk memastikannya terus berkinerja dengan baik. Nah untungnya, kamu dapat menguji keakuratan termometer digital milikmu dan, seperti cara kalibrasi thermo gun, mengkalibrasinya untuk mengembalikan akurasi.

Bagaimana Cara Mengkalibrasi Termometer Digital?

Umumnya, termometer manual memiliki mur di bawah kenop suhu yang memungkinkannya untuk disetel, sementara kebanyakan model termometer digital memiliki tombol reset ulang. Sebelum mengikuti cara kalibrasi termometer digital ini ada baiknya untuk memeriksa instruksi pada paket termometer digital kamu untuk instruksi yang tepat.

Dalam kasus yang jarang terjadi, termometer digital tidak dapat dikalibrasi. Tapi tenang, kamu bisa menggunakan dua metode di bawah ini untuk memeriksa keakuratannya dan memastikan bahwa kamu mendapatkan hasil suhu yang tepat pada ukuran termometer digital kamu.

Dalam hal ini, kamu dapat mencatat tingkat ketidakakuratan dan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika suhu termometer 2 ° lebih tinggi dari seharusnya, maka selalu ukur temperatur 2 ° lebih tinggi dari suhu yang disarankan. Atau, jika termometer kamu sudah tidak lagi akurat, kamu dapat membeli produk baru di Shopee.

Untuk saat ini hanya ada dua metode terbaik untuk menguji keakuratan termometer digital dan mengkalibrasikannya. Pertama, kamu dapat mengkalibrasinya dalam suhu yang sangat tinggi atau menggunakan suhu yang sangat dingin.

Cara Kalibrasi Termometer Digital dengan Air Dingin

Isi sebuah gelas besar dengan es, lalu isi dengan air . Aduk air es dan diamkan selama 3 menit. Tempatkan termometer digital kamu di dalam air es, pastikan untuk menempelkan sedalam setidaknya 4 cm ke dalam campuran tersebut, tetapi pastikan untuk tidak menyentuh sisi atau bagian bawah kaca.

Aduk air es guna meratakan suhu air dan mencegah termometer menempel pada es batu. Tunggu setidaknya 30 detik hingga termometer membaca suhu. Suhu termometer digital kamu harusnya mencapai 0 ° C. Jika tidak, tekan tombol reset pada termometer digital, sampai bacaannya mencapai 0 ° C.

Cara Kalibrasi Termometer Digital dengan Air Mendidih

Didihkan air dalam sebuah panci yang dalam. Tempatkan termometer digital kamu di dalam air mendidih. Sekali lagi, pastikan termometer terendam setidaknya sedalam 4 cm dan tunggu setidaknya 30 detik. Termometer digital kamu harusnya menunjukkan suhu 100 ° C. Jika tidak, biarkan termometer tetap di dalam air, putar kenop pengatur hingga bacannya mencapai tanda 100 ° C.

CATATAN: Perlu diingat bahwa air akan mendidih pada suhu yang lebih rendah di daerah dengan dataran tinggi. Jika kamu tinggal di daerah dataran tinggi, sesuaikan cara kalibrasi termometer digital kamu dengan menggunakan kalkulator titik didih khusus sebagai panduan.

Faktor Krusial Kalibrasi Termometer Digital

Di akhir kedua proses ini, kamu harusnya akan kembali dapat memiliki alat untuk mengukur suhu yang benar-benar dapat dipercaya. Dan akurasi ini tidak hanya berguna untuk memanggang atau membakar steak saja, tapi juga untuk berbagai kebutuhan kehidupan modern lainnya.

Pada akhirnya, kamu harus ingat bahwa produk termometer digital harus selalu memberikan hasil yang akurat. Terlepas kamu menggunakannya untuk memasak, untuk mengukur suhu tubuh, suhu atmosfer, atau penggunaan terkait lainnya, termometer digital harus selalu siap untuk memberikan suhu yang benar. Hal ini terutama krusial untuk kamu yang menggunakannya saat memasak.

Selain tingkat akurasi jumlah bahan yang mesti pas dengan kalibrasi timbangan digital, kamu juga harus memastikan makanan yang dimasak sudah berada pada suhu yang tepat. Karena di masa pandemi seperti ini, sangat penting untuk menggunakan termometer saat memasak daging, unggas, dan produk telur untuk mencegah hasil yang kurang matang, dan akibatnya, mencegah penyakit bawaan makanan.

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.