Cara Jadi Streamer

Di zaman modern seperti sekarang ini, sebenarnya ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk memperoleh penghasilan di internet terutama bagi Kamu penggiat game online, selain cara jadi reseller top up game juga bisa ialah menjadi seorang streamer. Apa itu streamerstreamer adalah hal yang perlu dicoba apabila Kalian penggemar game onlineKamu dapat menyalurkan gameplay-mu ke banyak orang untuk menciptakan interaksi kepada penonton.

Apabila streaming-mu sudah besar serta sudah memiliki banyak penggemar yang loyal, maka mereka tak akan segan-segan memberikan banyak uang. Namun di dalam artikel ini Kami akan menjadi streamer Facebook Gaming. Berikut ulasan cara jadi streamer Facebook Gaming!

Cara Jadi Streamer

Cara Jadi Streamer
Menjadi Streamer Sukses

Menjadi Streamer Facebook Gaming

Facebook gaming adalah platform streaming dari Facebook. Sama seperti Youtube Gaming, Twitch, dan Nimo TV. Facebook Gaming sendiri merupakan platform yang membuat para penggunanya untuk bermain game, sambil menyuguhkan tayangan ke penonton secara langsung.

Berikut beberapa langkah cara jadi streamer Facebook di bawah ini :

  • Pertama-tama buatlah akun halaman facebook atau fanspage. Silahkan masuk ke akun Facebook apabila Kamu memakai PC-mu bisa di klik melalui link berikut!
  • Kemudian akan muncul berbagai opsi seperti kategori halaman, nama halaman dan lain sebagainya.
  • Silahkan isikan nama dari fanspage yang akan Kamu buat. Sebaiknya buat nama yang gampang dicari. Selain itu, ingat untuk memberikan tampilan foto sampul dan foto profil.
  • Kedua kategori apabila Kamu ingin jadi streamer silahkan lakukan pengisian kategori tersebut dengan menggunakan Kreator Video Game.
  • Selanjutnya cara menjadi streamer Facebook adalah berikan keterangan dalam fanspage-mu. Terserah Kamu ingin mengisinya apa, seperti halnya kata-kata tertentu yang menggambarkan mengenai fanspage-mu.

Langkah-Langkah Menjadi Partner Facebook Gaming Resmi

Selain cara jadi streamer Gaming di atas, ada beberapa tahapan program dan keuntungannya berikut ini :

1. Program Level Up

Ada beberapa keuntungan menjadi program level up gaming diantaranya :

  • Melakukan aktivasi Facebook Stars supaya penggemarmu dapat mendukung.
  • Mendapatkan akses menuju langganan penggemar sesudah Kamu memenuhi kriteria.
  • Menerima dukungan dari Facebook secara khusus.
  • Transkode premium yang berkualitas tinggi.
  • Mendapatkan akses yang terbatas ke fitur beta dan produk.
  • Menerima undangan ke dalam grup komunitas dengan anggota lainnya.

Adapun cara menjadi streamer Gaming untuk program level up sendiri, persyaratannya ialah :

  • Membuat menu “Kreator Video Gaming”.
  • Melakukan streaming untuk konten gaming yang menandai game-nya minimal selama 4 jam dalam waktu 14 hari sebelumnya.
  • Streaming game paling tidak 2 hari sampai 14 hari sebelumnya.
  • Harus berusia kurang lebih 18 tahun.

2. Program Partner Resmi Facebook Gaming

Layanan partner resmi facebok gaming biasanya memungkinkan streamer untuk menerima gaji bulanan serta harus melampaui target Facebook setiap bulannya. Persyaratan yang wajib dipenuhi jika ingin menjadi partner facebook gaming resmi sebenarnya cukup sulit. Seperti harus melakukan live streaming selama 3 jam per hari.

Untuk mendaftar partner facebook gaming resmi, bisa mengikuti tahapan berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan kunjungi web resmi di https://fbgaming.maingames.com/join.
  • Setelah itu lakukan pengisian data diri lengkap, seperti email, nama, nomor beserta link facebook.
  • Jika sudah diisi semua, tekan daftar.
  • Kamu tinggal menunggu ulasan dari MainGames tentang kelayakan fanspage milikmu.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan balasan selama 3 hari atau hingga 7 hari kerja.

Cara Agar Jadi Streamer Gaming Sukses

Streamer game ialah orang yang biasanya bermain game sembari live streaming di Twitch atau Youtube. Ada banyak gamers yang sukses melalui metode live streaming, salah satunya ialah PewDie Pie.

Dengan menjadi streamer game, selain bisa siaran langsung ketika bermain game, juga dapat meraup pundi-pundi rupiah berkat aktivitas tersebut. Oke, jika Kamu tertarik menjadi streamer gaming sukses, berikut panduannya :

1. Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Kamu harus tahu bahwa streamer game yang profesional sudah mengeluarkan banyak effort maupun modal hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Oleh karena itu, jika ingin menjadi seorang streamer game sukses Kamu harus mempunyai peralatan mumpuni.

Peralatan yang dibutuhkan dalam cara jadi streamer game adalah seperti lighting, laptop gaming, webcam HD atau kamera, serta pastikan akses internet harus cepat untuk download dan upload, hingga peralatan lainnya untuk mendukung live streaming-mu.

2. Harus Fokus Terhadap Satu Game

Cara jadi streamer gaming lainnya, ialah Kamu harus fokus terhadap satu game. Kamu tentu memiliki satu game tertentu yang menjadi favoritmu. Baik itu permaiann MOBA, FPS, olahraga atau yang lainnya. Jika ingin menjadi streamer, disarankan untuk menguasai game yang Kamu bisa.

Jangan langsung terbawa arus oleh streamer profesional, sebab Kamu bisa kalah saing belum lagi mereka biasanya mempunyai massa yang cukup banyak. Oleh karena itu sebaiknya kuasai satu jenis game. Terutama jika game tersebut jarang dimainkan oleh streamer lain.

3. Membuat Jadwal Secara Konsisten

Konsistensi merupakan kunci dalam cara menjadi streamer gaming. Hal tersebut berlaku pula bagi streamer gaming yang ingin berhasil. Buatlah jadwal secara konsisten sendiri tanpa mengganggu aktivitas lain.

Ketika Kamu mempunyai jadwal konsisten, maka Kamu akan mendapatkan lebih banyak penonton lebih mudah karena konsistensi menunjukkan keseriusanmu sebagai streamer. Ada banyak streamer yang kurang “laku” karena mereka tidak konsisten.

4. Membuat Karakteristik yang Unik

Keunikan dan ciri khas yang dimiliki, dapat membuat banyak orang tertarik. Oleh karenanya manfaatkan hal ini ketika Kamu sedang melakukan live streaming game. Sebab tak semua gamer menjadi streamer. Maka dari itu, sebaiknya coba cari hal yang menarik di dalam dirimu.

Seperti, Kamu bermain MOBA kemudian menguasai her tertentu atau Kamu termasuk orang yang humoris dan pandai berbicara dan yang lainnya. Dengan karakter yang semakin unik, maka semakin besar pula kemungkinan menjadi streamer sukses.

5. Jadilah Streamer Berkualitas

Ingat, jangan terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan besar jika Kamu menjadi seorang streamer game. Sebab hanya sedikit saja yang mampu medapatkan profit besar. Ada banyak faktor pula yang mempengaruhinya, paling utama adalah modal.

Jadi lebih baik jangan terpancing oleh hal tersebut. Sebaliknya, jadilah streamer berkualitas yang sudah jatuh bangun walaupun menghabiskan banyak waktu. Jika Kamu sanggup untuk bertahan, Kami bisa saja meraih profit lebih besar bahkan menjadi streamer sukses.

Itulah beberapa tahapan cara jadi streamer gaming online dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan hanya karena Kamu melihat streamer favoritmu memakai peralatan canggih dan mahal yang menggunakan 2 PC gaming dan mouse gaming. Bukan berarti Kamu juga hraus menghabiskan banyak uang untuk membeli perangkat tersebut.

Ketika Kamu baru merintis sebagai streamer pemula sebenarnya tak perlu boros harus membeli peralatan mahal, sebab pada dasarnya cukup memakai peralatan seadanya saja Kamu sudah bisa melakukan streaming. Sebab membuat akun Twitch, Facebook dan Youtube juga gratisan.

Jika Kamu sudah mengikuti cara jadi streamer gaming di atas dan channel-mu sudah berkembang, inilah saatnya untuk mulai upgrade peralatan seperti capture card dan webcam.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019