Cara Membuat Akun Shopee

Cara Membuat Akun Shopee

Shopee termasuk salah satu online shop terpopuler yang memungkinkan penggunanya untuk menjual dan membeli produk lewat aplikasi Shopee. Shopee saat ini hanya tersedia di perangkat iOS dan android saja. Menariknya lagi Shopee menawarkan fitur chat yang memungkinkan penjual maupun pembeli saling berinteraksi. Bahkan bisa melakukan penawaran harga dengan mudah. Inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan cara membuat akun Shopee.

Untuk bisa menikmati layanan di Shopee, tentu saja Kamu harus mendaftar akun Shopee terlebih dahulu. Sebenarnya cara membuat akun Shopee sangat mudah, namun bagi sebagian orang ada saja yang menganggap bahwa membuat akun di aplikasi Shopee cukup menyulitkan.

Read More

Cara Membuat Akun Shopee

Cara Membuat Akun Shopee
Membuat Akun Shopee

Tutorial Membuat Akun Shopee

Sama halnya dengan web marketplace lain, e-commerce Shopee selalu menjaga keamanan bagi penjual maupun pembelinya. Salah satunya ialah dengan mewajibkan pengguna Shopeenya mendaftar akun lebih dulu. Untuk membuat akun Shopee juga sangat gampang, bisa melalui nomor hp, email, hingga akun Facebook.

Berikut ini ada beberapa cara membuat akun Shopee baik sebagai pembeli maupun sebagai penjual. Berikut ulasannya :

1. Tutorial Membuat Akun Shopee Sebagai Buyer (Pembeli)

Kamu dapat mendaftar akun Shopee biasa yang dapat digunakan langsung untuk berbelanja di Shopee. Sebenarnya cara membuat akun Shopee untuk pembeli tersebut sangat mudah. Di bawah ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan unduh aplikasi Shopee versi terbaru dari Pla Store atau App Store terlebih dahulu, tergantung dari jenis hp yang Kamu pakai untuk mengakses Shopee. Sesudah aplikasi terpasang pada perangkat, baru kemudian menjalankan aplikasi Shopee.
  • Tap di samping kanan bawah bertuliskan menu “Saya” untuk mengecek pengaturan profil. Jika Kamu belum mempunyai akun, biasanya ada 2 opsi tombol tersedia, diantaranya Daftar dan Login. Silahkan tap “Daftar”.
  • Lalu Kamu pun diminta mengisikan nomor ponsel aktif. Pastikan memakai nomor ponsel yang dipakai untuk berjualan, oleh karenanya nanti tak perlu lagi mengubah nomor hp. Selain itu, pastikan nomor tersebut juga dapat dihubungi via WhatsApp dan SMS.
  • Jika sudah menginputkan nomor ponsel aktif, silahkan tap “Lanjut”. Maka Shopee akan langsung mengirimkan kode OTP lewat SMS. Silahkan tunggu sampai Kamu menerima kode OTP, kemudian isikan kode OTP di kolom yang tersedia. Selanjutnya tap “Verifikasi”.
  • Kini Kamu hanya tinggal mengisi data-data berupa foto profil, password dan username. Pada bagian username, Kamu dapat mengisi nama toko secara langsung. Pastikan memberi nama toko yang gampang diiingat. Selanjutnya pakai foto brand Kamu untuk dijadikan foto profil.
  • Jika seluruh data telah diisi dengan benar sesuai data-data toko online-mu, silahkan tap di tombol “Daftar”.

Setelah mengikuti cara membuat akun Shopee untuk pembeli di atas, kini Kamu dapat berbelanja online di Shopee dengan nyaman. Shopee juga kerap memberikan promo menarik yang ditawarkan di berbagai toko untuk pengguna baru.

2. Tutorial Membuat Akun Shopee Menjadi Penjual

Jika Kamu sudah memiliki akun pembeli di Shopee, maka Kamu dapat mulai melengkapi data prodil toko online atau kiosmu. Caranya sebenarnya sangat mudah, ikuti seluruh tutorial langkah berikut untuk memulai berjualan :

  • Silahkan jalankan aplikasi Shopee yang telah diunduh dan diinstal di smartphone. Kemudian masuk ke menu “Saya” kembali di samping kanan bawah pada jendela Shopee. Kini Kamu bisa melihat username dan foto prodil di atas opsi “Saya”.
  • Kemudian tap opsi “Toko Saya” di samping atas profil Shopee. Opsi ini nantinya membuka beberapa pengaturan terkait akun penjual. Setelah itu, seluruh orderan yang masuk dapat Kamu cek pada bagian ini.
  • Gulir ke bagian barah dan tap opsi Asisten Penjual. Biasanya bagian ini akan berisi beberapa perngaturan untuk diterapkan pada toko online-mu. Silahkan lakukan pengaturan tampilan toko terlebih dahulu, caranya dengan membuka opsi “Profil Toko”.
  • Silahkan tentukan serta isikan data-data toko, mulai dari Nama toko, video atau foto mengenai tokomu, username toko hingga deskripsi toko. Pakai kata-kata menarik namun bisa lebih gampang dipahami.
  • Kemudian tap “Simpan” di samping kanan bagian atas pada jendela Shopee jika ingin menerapkan seluruh perubahan yang telah dimasukkan. Adapun untuk menerapkan pengaturan lebih banyak, Kamu bisa tap “Pengaturan Toko”.
  • Pengaturan toko ini menawarkan akses beberapa tambahan pengaturan, seperti dapat mengaktifkan layanan auto reply, karenanya seluruh chat pelanggan akan dijawab secara otomatis oleh robot.
  • Adapun untuk memilih opsi kategori toko onine yang dikelola, silahkan tap di menu seller center. Selanjutnya Kamu akan langsung diarahkan menuju web browser jika ingin menerapkan berbagai macam pengaturan kompleks. Tujuannya agar toko online yang Kamu buat terlihat lebih profesional.

Setelah Kamu mengikuti cara membuat akun Shopee baik untuk pembeli maupun penjual di atas dengan benar, kini saatnya Kamu mempromosikan seluruh produk daganganmu di Shopee. Adapun caranya tinggal masuk saja ke “Toko Saya” dan tap “Tambah produk Baru”.

Lakukan pengisian seluruh kolom yang telah tersedia secara akurat. Hal ini dilakukan agar para pembeli dapat memperoleh informasi produk lengkap serta langsung checkout.

Keuntungan Shopee Bagi Penjual

Bagi penjual, membuat akun Shopee sendiri menawarkan banyak kelebihan sama seperti berjualan di e-commerce lainnya, berikut :

1. Menawarkan Banyak Pengguna

Mengingat popularitasnya, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu saja lebih memilih memakai Shopee jika dibandingkan marketplace lain. Mengingat banyaknya pengguna Shopee, pastinya membuat lapakmu menjadi lebih banyak dijumpai dan terlihat oleh pengguna Shopee.

2. Bisa Mengunggah Sampai 9 Gambar

Hal ini tentu sangat menguntungkan karena sebagai penjual, Kamu dapat meyakinkan pelanggan dengan banyaknya varian produkmu.

3. Memiliki Kolom Memilih Varian

Apabila produkmu termasuk produk yang menawarkan banyak varian, maka fitur ini sangat membantu. Para pembeli langsung memilih jenis yang sudah Kamu sediakan tanpa perlu menulisnya di kolom keterangan. Kamu juga dapat mengaturnya apabila varian tersebut habis. Sehingga pembeli dapat memilih varian yang diinginkan atau yang tersedia secara langsung.

4. Terintegrasi Dengan Sistem Pengiriman Paket

Kamu tak perlu lagi repot-repot untuk menulis alamat penerima kembali saat berjualan di akun Shopee. Sebab saat ada pembeli, maka sistem Shopee biasanya langsung terintegrasi pada sistem pengiriman barang. Sehingga Kamu cukup menuliskan resi pengiriman saja dan data buyer (pembeli) pun langsung muncul.

Kelebihan Shopee Bagi Pembeli

Selain menawarkan banyak keuntungan bagi penjual, tentu saja Shopee juga memberikan berbagai keuntungan bagi para pembeli. Berikut diantaranya :

1. Gratis Ongkir

Kamu sudah tahu bahwa kebanyakan pengguna tergiur berbelanja di Shopee karena menawarkan fitur gratis ongkir.

2. Game Berhadiah

Salah satu game berhadiah di shopee dan paling banyak dimainkan adalah tanaman Shopee. Menariknya lagi, game ini menawarkan hadiah yang menarik. Kamu bisa mendapatkan jus, beras, hingga THR 1 juta.

3. Banyak Promo Menarik

Selain gratis ongkir, Shopee juga memberikan promo menarik yang membuat banyak penggunanya tergiur. Melainkan juga ada banyak pilihan promo lainnya seperti diskon 90%, flash sale, cashback senilai Rp.10 ribu, dan lainnya.

Dengan banyaknya kelebihan Shopee bagi pembeli dan penjual di atas, tentu saja Kamu bisa langsung mendaftar akun dengan cara membuat akun Shopee baik bagi pembeli maupun bagi penjual.

 

Related posts