Cara Jadi Drophip di Shopee

Teknologi digital yang semakin pesat, membuat banyak orang tertarik memanfaatkan peluang ini untuk membangun usaha online. Seperti halnya berbisnis online di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee hingga di akun sosial media sekalipun. Bahkan banyak yang mulai tertarik dengan cara jadi dropship di Shopee.

Diantara banyaknya pilihan e-commerce di Indonesia, marketplace Shopee digadang-gadang sebagai salah satu e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, banyak pengusaha atau pebisnis online mencoba peruntungannya di Shopee. Menariknya lagi, kita bisa menjadi dropshipper Shopee.

Cara menjadi dropshipper sendiri sebenarnya sangat mudah, pastikan Kamu mengethaui tips dan trik untuk memulai usaha ini di aplikasi Shopee. Seperti kita ketahui, merintis menjadi seorang dropshipper Shopee memang cukup menantang, mengingat banyaknya kompetitor yang ada saat ini. Selain itu, tantangan lainnya ialah Kamu harus mencari supplier terpercaya yang dapat diajak untuk bekerjasama.

Walaupun saat ini, Shopee menawarkan fitur untuk mengaktifkan layanan dropship di Shopee dan Kamu memiliki banyak rekomendasi supplier yang bisa diajak bekerjasama di Shopee. Tetap saja, Kamu harus mencoba trik cara menjadi drophipper untuk pemula di Shopee berikut!

Cara Jadi Dropship di Shopee

Cara Jadi Dropship di Shopee
Menjadi Dropship di Shopee

Mengenal Sistem Dropship

Saat menekuni belanja online, para pelaku usaha harus mengenal berbagai macam istilah online shop yang sering diterapkan para pengguna. Jika Kamu tertarik dengan cara menjadi dropshipper di Shopee, simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Dropship

Dropship merupakan sebuah cara atau sistem yang sering diterapkan banyak orang dalam memasarkan produk atau barang secara online. Jadi ketika ada pesanan masuk, Kamu bisa meneruskan penjualan langsung ke supplier/distributor pilihanmu.

Cara menjadi dropshipper bisa dibilang sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi untuk melakukan pemasaran, dropshipper bisa memilih marketplace tertentu untuk memulai usahanya. Selain itu, sistem dropship juga dapat bekerja sama bersama pihak reseller dan distributor.

Apa Saja Perbedaan Reseller dan Dropship?

Bagi Kamu yang baru terjun di dunia belanja online, tentu masih bingung dengan perbedaan dropship dan reseller. Istilah keduanya memang sering kita dengar dalam lingkup bisnis online. Baik dropshiper maupun reseller, keduanya melakukan penjuaan produk atau barang kembali dari distributor atau supplier. Hanya saja sistem penyetokan barang yang dilakukannya berbeda.

Jika reseller, mengharuskanmu untuk membeli barang/produk yang akan dijual terlebih dahulu dari supplier. Sementara pengepakan dan pengiriman barang yang dipesan dari pembeli, Kamu yang harus mengurusnya karena barang sudah ada ditanganmu selaku penjual.

Sementara untuk sistem dropshipper ini, Kamu tak perlu melakukan pembelian barang atau produk terlebih dahulu. Tanpa menyetok barang, Kamu bisa langsung menawarkan produk/barang yang Kamu inginkan dari supplier dengan mengupload foto/gambar produk dan mempromosikannya kepada konsumen/pembelimu. Sementara urusan pengepakan dan pengiriman produk langsung diurus oleh supplier itu sendiri.

Cara Menjadi Dropship di Shopee

Sebenarnya ada 2 pilihan cara jadi dropship di Shopee yang bisa Kamu pilih, diantaranya cara menjadi dropshipper di Shopee dari seller Tokopedia dan mengaktifkan fitur pengiriman sebagai dropshipper. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Cara Menjadi Dropship di Shopee dari Seller Tokopedia

Kamu mungkin bingung, kok bisa dropship di shopee tapi sellernya dari Tokopedia? Tentu bisa dong. Jadi Kamu bisa berjualan di akun Shopee, namun barang atau produknya dari seller yang ada di Tokopedia.

Jika ada yang memesan barang di Shopee, maka Kamu bisa pesan barang tersebut ke seller yang ada di Tokopedia. Dengan begitu barang tersebut akan langsung dikirimkan ke tempat tujuan pembeli di Shopee. Masih bingung? Simak panduannya berikut :

  • Silahkan cari supplier yang ada di Tokopedia menggunakan kriteria yang sudah Kamu tentukan sendiri.
  • Pastikan seller atau supplier di Tokopedia yang kamu pilih dapat diajak bekerja sama menjadi drophipper.
  • Jika sudah, Kamu bisa membuka toko online di Shopee.
  • Sesudah membuat toko online di Shopee, selanjutnya unggah foto-foto yang berasal dari suppllier yang ada di Tokpedia dan sudah Kamu modifikasi sebellumnya supaya tidak terlihat sama persis seperti seller di Tokopedia.
  • Kamu bisa meminta gambar kepada seller Tokopedia, lalu silahkan modif sendiri.
  • Ingat, foto-foto barang jualan di aplikasi Shopee harus diberi keterangan sedetail mungkin. Jangan dibuat sama seperti keterangan seller di Tokopedia. Pastikan pula untuk memaskkan harga jual yang Kamu inginkan.
  • Kamu bisa memanfaatkan layanan seller Shopee baik program voucher toko, promo, hingga gratis ongkir caranya dengan mengunggah KTP-mu.
  • Jika sudah membuka toko dan siap dipromosikan, Kamu tinggal promosikan barang jualanmu supaya ada yang membeli produkmu di Shopee.
  • Apabila ada yang melakukan orderan produkmu di Shopee, Kamu cukup pesan produk tersebut di Tokopedia dan kirim ke alamat pembeli sebagai dropshipper.

Nah, begitulah kira-kira cara jadi dropship di Shopee dengan seller  dari Tokopedia.

2. Cara Menjadi Dropship di Shopee Melalui Fitur Kirim Dropshipper

Kamu juga bisa menjadi dropshipper di aplikasi Shopee melalui layanan Shopee yang sudah dirilis. Adanya fitur yang satu ini semakin mempermudah proses dropship.

Jika cara pertama, Kamu harus mencari supplier di luar Shopee, sedangkan yang kedua supplier langsug diambil dari seller di Shopee. Adapun cara menjadi dropship di Shopee kedua ini adalah Kamu mempromosikan produk di marketplace lain, seperti di Tokopedia, Bukalapak, atau bisa berpromosi melalui Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Produk yang Kamu promosika bukan produkmu, namun barang/produk dari seller di Shopee, Kamu jual untuk mengambil keuntungan. Jadi ketika ada yang memesan produk yang Kamu promosikan, maka Kamu akan memesan produk ke Shopee secara langsung.

Sesudah checkout, silahkan isi alamat tujuan pengiriman berikut kontak berisi alamat pembeli dan aktifkan fitur peniriman dropshipper dengan menggunakan  namamu beserta kontak nomor teleponmu.

Menjalani Bisnis Dropshipper di Shopee

Berdasarkan pilihan dropship yang disediakan di Shopee, sebenarnya cara paling gampang ialah mencari suppllier di tempat lain atau di Tokopedia, kemudian Kamu bisa membuka toko langung di Shopee. Dimana produk yang dijual merupakan produk Supplier.

Langkah-langkah cara jadi dropship di Shopee yaitu bisa dilakukan melalui tahapan berikut :

1. Menemukan Supplier Terpercaya

Pastikan Kamu mencari supplier yang memberikan layanan CS (Customer Service) yang responsif, memiliki kualitas produk bagus, dan  mendukung berbagai pilihan jasa pengiriman.

2. Buka Toko di Shopee

Jika sudah memperoleh supplier, cara berikutnya ialah buat toko di Shopee. Silahkan unduh aplikasi Shopee kemudian lakukan pendaftaran di Shopee. Sesudah memiliki akun, Kamu tinggal login. Kamu pun bisa mulai berjualan di aplikasi Shopee.

3. Unggah Produk di Shopee Pertama Kali

Jika sudah membuat akun toko online di Shopee, Kamu tinggal klik pada menu “Saya” yang ada di bagian kanan bawah pada aplikasi Shopee. Kemudian, gulir ke atas dan klik pada “Toko Saya”. Setelah itu, tinggal upload produk untuk pertama kalinya.

Kamu bisa menginputkan judul produk, foto produk, deskripsi produk, video, harga, stok, beban pengiriman, serta yang lainnya. Silahkan atur jasa ekspedisi yang dipakai. Apabila semuanya telah terisi, silahkan simpan lalu tayangkan produkmu.

4. Pengaturan Alamat Toko

Langkah cara jadi dropship di Shopee ini penting sekali jika Kamu ingin menjadi dropshipper di Shopee. Kamu harus menyetting/mengatur alamat tokomu sama seperti alamat Supplier.

Contoh, suppliermu berasal dari Bandar Lampung, silahkan atur alamat tokomu di Bandar Lampung. Walaupun Kamu mungkin berada di Surabaya. Mengapa demikian? Sebab barang tersebut nantinya akan dikirim langsung dari Lampung dan bukan dari kota Surabaya.

Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam cara jadi dropship di Shopee. Pastikan pula toko yang Kamu miliki di Shopee sudah dilakukan pengaturan dan dekorasi sebaik mungkin. Pastikan tampilan toko dibuat semenarik mungkin untuk memikat buyer atau pembeli!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019