Cara Jadi Penyiar Radio

Meskipun kehadiran internet sudah mengubah media hiburan masyarakat Indonesia yang sebagian besar memanfaatkan platform internet untuk menyaksikan atau mendengarkan hiburan. Namun sampai saat ini, media radio tetap menjadi media yang masih banyak digunakan untuk hiburan di Indonesia, seperti halnya media online dan televisi. Inilah yang membuat profesi penyiar radio masih cukup diminati sampai saat ini. Lalu, adakah cara jadi penyiar radio sukses?

Tak sedikit yang menggemari profesi penyiar radio. Mungkin dari Kalian ada yang tertarik menjadi penyiar radio populer, seperti Kamal, TJ, Rnal Surapraja dan sebagainya. Karena penyiar radio saat ini tidak hanya menjadi profesi yang berorientasi pada hobi semata tetapi juga bisa memberikan hasil atau profit menguntungkan sebagai pendapatan utama.

Meskipun cara jadi penyiar radio tidak sesulit cara jadi pengusaha, tetap saja Kalian harus mempelajari hal-hal yang dapat dilakukan jika ingin menjadi penyiar radio handal.

Cara Jadi Penyiar Radio

Cara Jadi Penyiar Radio
Menjadi Penyiar Radio

Menjadi Penyiar Radio Handal dan Sukses

Sebelum Kalian melamar aplikasi menjadi seorang penyiar radio, ada beberapa hal yang wajib dipelajari dalam cara jadi penyiar radio terlebih dahulu, diantaranya :

1. Suka Mendengarkan Siaran Radio

Seseorang yang sering mendengar siaran radio, pastinya selalu menikmati suara penyiar radio kesayangan Kalian mengudara. Jika Kalian sudah sering mendengar penyiar radio, tentu akan lebih gampang “menirukan” suara dan gaya penyiar favorit Kalian ketika sedang melakukan siaran.

Meskipun penyiar radio yang baik mempunyai gayanya tersendiri, tapi sebagai pemula tentu tidak ada salahnya jika Kalian menirukan gaya dari penyiar favoritmu. Dimana hal tersebut dapat dilakukan sambil Kalian mencari gaya Kalian sendiri.

2. Membaca Berita Online

Seorang penyiar radio dituntut untuk mengetahui informasi terkini, khususnya dalam dunia musik dan entertainment. Jadi, meskipun belum menjadi seorang penyiar radio, dengan membiasakan dirimu untuk membaca berbagai macam berita online merupakan hal yang baik.

Misalnya saja, Kalian mengikuti beberapa akun twitter portal berita secara online di tanah air supaya bisa mengetahui berita terbaru lebih cepat. Cara jadi penyiar radio yang satu ini tentu saja sangat bermanfaat, sebab Kalian seringkali cukup mengikuti headline di timeline akun Twitter saja.

3.  Mencintai Dunia Musik

Cara menjadi penyiar radio berikutnya ialah dituntut mencintai dunia musik. Kenapa? Karena yang namanya dunia penyiaran radio selalu berkaitan dengan yang namanya musik, maka dari itu seorang penyiar radio harus menguasai dunia musik. Menguasai dunia musik tentu saja dimulai dari mencintai musik dan mempunyai pengetahuan lebih baik tentang musik. Hal ini dikarenakan musik adalah hal terpenting di dunia penyiaran dan memiliki daya tarik bagi pendengarnya.

4. Memilliki Attitude

Cara menjadi penyiar radio berikutnya ialah tentu saja seorang penyiar radio tidak hanya bisa cuap-cuap dan on air semata. Justru seorang penyiar wajib memiliki attitude yang baik ketika berbicara, baik saat beraktivitas maupun saat on air.

Ketika seseorang menjadi penyiar radio, secara tak langsung tentu dia juga selalu menjadi sorotan masyarakat khususnya para pendengarnya. Jadi jika Kalian ingin menjadi penyiar radio yang baik harus dapat menyaring semua hal yang dirasa pantas maupun tidak pantas dibicarakan ketika siaran.

5. Memperlancar Kemampuan Berbahasa Inggris

Cara jadi penyiar radio yang sukses lainnya ialah Kalian harus memperlancar kemampuan berbahasa inggris atau berbahasa asingmu. Poin ini meskipun tidak bersifat mutlak sebagai sebuah kewajiban, tetap saja minimal Kalian mampu berbahasa Inggris pasif.

Apalagi jika Kalian tertarik dengan acara siaran radio untuk anak-anak mudah, orang dewasa maupun di radio-radio berita. Menggunaka bahasa Inggris adalah hal mutlak yang perlu dikuasai, sebab Kalian akan sering memakai nama-nama atau istilah asing ketika siaran.

6. Terus Berlatih

Cara jadi penyiar radio handal lainnya ialah Kamu harus sering mengasah keterampilanmu melakukan siaran radio dengan cara mengunakan studio di lokasi tempat kursus misalnya, atau di radio komunitas/kampus, hingga radio di internet yang dapat dibuat gratis, seperti di Sound Cloud atau My Radio Stream.

Dengan mempunyai radio online atau radio internet, sebenarnya Kamu sudah menjadi seorang penyiar radio. Dari sini Kamu juga bisa mengembangkan bakat dan pengalamanmu sebagai penyiar.

7. Buat CV Kreatif dan Voice Sample

Membuat CV yang akan dikirimkan ke salah satu radio pilihanmu sebaiknya dibuat berbeda dari yang dikirimkan untuk perusahaan lain. Karena, biasanya tim radio menuntut agar calon penyiar lebih kreatif serta harus memiliki pola pikir “out of the box”.

Bentuk dari CV kreatif ini sebenarnya bisa bervariasi. Namun yang terpenting adalah buat CV sekreatif mungkin yang menonjolkna kepribadian Kalian masing-masing. Kalian bisa melihat contohnya di pinterest.

Metode Persiapan Untuk Menghadapi Tes Penyiar Radio

Jika Kamu menerima panggilan test penyiar radio, sebenarnya ada dua cara yang perlu dilakukan berikut ini :

1. Harus Mendengarkan Siaran di Radio Tersebut

Jika kebetulan Kalian adalah pendengar setia di radio yang Kamu lamar, tentu saja tak jadi masalah. Sebab Kalian sudah terbiasa oleh gaya siaran yang dibawakan, seperti sapaan pendengar, contohnya apakah mereka memakai kata “Anda”, “Kamu”, “Listener”, atau “Pendengar”.

Namun jika Kalian jarang mendengarkan siaran di radio yang Kamu lamar, sebaiknya rajinlah untuk mendengarkan beberapa siarannya, supaya Kalian dapat menyesuaikan gaya radio itu sendiri.

2. Buat Contoh Script dan Konsep Acara

Berdasarkan pengalaman, biasanya saat kita menjalani tes siaran radio akan diberi tugas membuat siaran acara dengan request. Jadi, mungkin saja Kalian juga dimintai tugas seperti ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Kamu sudah mempersiapkan konsep acara berikut contoh script terlebih dahulu. Dengan demikian, jika saat test siaran ternyata Kalian dimintai hal serupa, tak perlu lagi bingung memikirkannya.

Persiapan Penyiar Radio Sebelum Siaran

Jika Kalian sudah mengikuti cara jadi penyiar radio di atas, dan kebetulan Kalian diterima menjadi penyiar radio sungguhan. Tentu saja perjuangan Kalian bukan berarti sudah selesai. Kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk siaran radio. Terlebih bagi para pemula, ada beberapa cara jadi penyiar radio yang harus dipersiapkan sebelumnya :

1. Pelajari Script da Konsep Acara

Untuk tiap program siaran biasanya ada scriptwriter dan produser acara yang akan mendampingi. Merekalah yang nantinya bertanggungjawab terhadap konsep beserta isi dari siaran program yang dilaksanakan setiap harinya.

Pastikan untuk selalu datang setidaknya 2 jam sebelum acara siaran di mulai ke tempat siaran, supaya Kalian mempunyai waktu cukup  untuk mempelajari script siaran di hari itu, khususnya jika ada wawancara bersama artis.

2. Jangan Makan di Sela-Sela Waktu Siaran

Tidak disarankan sama sekali untuk makan di waktu-waktu siaran, sebab bisa membuat perutmu menjadi penuh, sehingga produksi suara pun akan terganggu. Walaupun demikian, tetap dianjurkan minum air putih yang cukup. Namun jangan minum yang manis-manis, sebab dapat mengentalkan air liur sekaligus membuat tenggorokan menjadi gatal.

3. Update di Sosial Media

Dengan memanfaatkan sosial media ketika siaran, entah itu membuat polling siaran di Twitter atau memposting foto saat berada di studio akan berguna menarik pendengar untuk berinteraksi bersam akita. Alhasil, jumlah pendengar di program radio Kalian akan terus bertambah.

Itulah beberapa cara jadi penyiar radio yang harus dipersiapkan dari sebelum dan sesudah Kalian diterima menjadi penyiar radio sungguhan di radio kesayangan Kalian. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019