Cara Jadi Pengusaha

Siapa sih yang tidak tertarik mempunyai bisnis sendiri? Ya, mencoba berbisnis atau wirausaha tentunya membuat Kamu lebih leluasa untuk mengatur hingga mengembangkan perusahaan. Inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan cara jadi pengusaha.

Memulai bisnis memang memerlukan banyak pengorbanan dan tentu saja modal yang tak sedikit. Namun sebenarnya agar usahamu tetap bertahan bahkan berkembang tidak hanya diperlukan kemampuan finansial semata. Di samping modal, apabila Kamu ingin mengawali usaha tertentu pastinya harus sudah terintegrasi dengan teknologi terkini.

Menjadi pengusaha sukses tentu harus melewati jalan berliku, dibutuhkan semangat dan kerja keras tinggi. Jika Kamu bisa mengatasi berbagai macam permasalahan, bukan tak mungkin impianmu menjadi seorang pengusaha sukses dapat diwujudkan. Lalu, bagaimana cara jadi pengusaha sukses?

Cara Jadi Pengusaha

Cara Jadi Pengusaha
Menjadi Pengusaha

Menjadi Pengusaha Sukses

Meskipun sebagian besar dari kita memimpikan profesi sebagai pengusaha sukses dan besar. Namun hanya segelintir saja yang memang mampu mewujudkan mimpi tersebut. Sebenarnya alasannya simpel, mengelola dan merintis usaha dari nol tak semudah yang kita bayangkan. Di samping memerlukan mental yang sekuat baja, beberapa hal penting dalam cara jadi pengusaha sukses di bawah ini juga harus benar-benar dipersiapkan dengan matang.

1. Mantapkan Dirimu

Cara menjadi pengusaha dari nol tentu saja harus bermulai dari diri sendiri. Kamu harus memantapkan hatimu lebih dulu sebelum akhirnya memutuskan pilihan. Jika keinginanmu menjadi pengusaha masih setengah setengah, tentu saja akan mudah jatuh dalam keadaan. Tak menutup kemungkinan Kamu harus memutuskan usahamu di tengah jalan.

2. Cermat Melihat Peluang

Di setiap hari, mungkin kita selalu berhadapan dengan banyaknya peluang dan keputusan untuk mengambil sebuah usaha. Namun tak jarang kita selalu disibukkan dengan rutinitas, karenanya kita tak menyadari banyaknya peluang usaha yang terlewatkan.

Para pengusaha yang berhasil dari nol dan memulai bisnis besar biasanya bermula dari pengambulan peluang usaha yang sering dijumpai setiap harinya.

Mungkin Kamu sudah tahu jika Nadiem Makarim dapat mendirikan perusahaan GoJek hanya berawal dari adanya peluang bisnis yang dijumpainya saat mencari tukang ojek pangkalan.

Oleh karena itu, mulai saat ini cobalah untuk lebih peka melihat semua peluang yang muncul dan bisa Kamu kembangkan sebagai usaha.

3. Cermati dan Pelajari

Kamu belum mempunyai keahlian berwirausaha? nggak perlu khawatir, Kamu bisa mencoba mempelajari teknik berwirausaha langsung dari kenalanmu atau orang yang telah berpengalaman sebelumnya. Hal ini menjadi cara paling mudah dalam mengasah keahlian.

Pengusaha berpengalaman bisa membangkitkan bisnis mereka dalam kondisi yang sulit. Kamu harus melihat apa saja yang dilakukan oleh pengusaha tersebut dan coba pelajari. Dengan demikian, hal tersebut bisa membantumu merencanakan sebuah bisnis.

Sekarang banyak media yang bisa Kamu gunakan untuk mempelajari cara jadi pengusaha sukses dari nol, baik dari buku, internet, dan pengalaman-pengalaman orang terdekat yang menjadi pengusaha. Ketahui juga apa yang menjadi minat da keahlianmu, agar proses yang Kamu jalankan selanjutnya menjadi lebih mudah.

4. Terus Berevolusi dan Berinovasi

Dalam proses cara menjadi pengusaha sukses, setiap lingkungan bisnis biasanya akan bergerak dengan dinamis, oleh karenanya taktik dan strategi kemarin bisa saja tak akan berguna di hari ini. Ingat, jangan pernah terjebak saat ide-ide yang Kamu lahirkan sudah gagal, cobalah berevolusi supaya usahamu menjadi tangguh dan efisien.

Buat inovasi berbeda dengan para pebisnis lain tapi tetap menguntungkan. Di era digital seperti saat ini, kini saatnya Kamu membangun media semenarik mungkin guna memasarkan produk. Kamu juga bisa membuat aplikasi. Dimana media yang satu ini juga bisa dikatakan lebih efisien untuk urusan waktu dan biaya yang dibutuhkan saat mempromosikan produk.

5. Meskipun Klasik, Kerja Keras Tetap yang Utama

Tips ini penting sekali, meskipun mungkin sudah sering kita dengar tapi tetap saja bermalas-malasan dalam berbisnis hanya akan membuatmu tidak berkembang. Seseorang yang sukses ialah orang yang berpikir dan bekerja dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak atau belum sukses.

Oleh karena itu, kerja keras merupakan hal mutlak yang harus dimiliki calon pengusaha sukses, meskipun dengan modal atau tanpa sama sekali. Tanpa kerja keras, tentu tak akan ada yang namanya kesuksesan, apapun jenis usahanya. Terlebih jika Kamu ingin menjadi seorang pengusaha sukses mulai dari nol.

6. Tetap Berambisi

Setiap orang yang berproses menjalankan usaha mereka, apapun itu tentu akan menjumpai banyak kesulitan. Dalam satu kesalahan pun bisa menyebabkan usahamu tidak akan mendapatkan laba atau bisa saja bangkrut. Tapi, Kamu berkesempatan untuk mempelajari kesalahan tersebut dan terus berusaha menjadi lebih baik.

Dalam hal ini, proses pembelajaran sendiri hanya bisa terjadi apabila Kamu mempunyai ambisi, apapun hasil yang Kamu peroleh nantinya. Tentu saja seorang pengusaha yang sukses bisa memperbaiki gagasan yang salah, jangan menyerah atau mengabaikan kesalahan.

7. Harus Berani Ambil Resiko

Seorang pengusaha tentu saja harus berani ambil resiko apapun. Keberhasilan akan mustahil didapat jika Kamu tak berani mengambil segala macam resiko. Pastikan untuk membuat planning baru jika strategi lama yang Kamu gunakan sudah tidak bekerja.

Jika Kamu berani mengambil cara jadi pengusaha ini, maka bukan hal mustahil bisnismu akan terus tumbuh dan berkembang. Kamu bisa bertemu dan belajar dari klien/mitra maupun investor baru. Walaupun demikian, resikonya tetap harus diperhitungkan sebaik mungkin. Melakukan konsultasi dan penelitian bersama orang-orang berpengalaman adalah hal terpenting dalam poin ini.

8. Menjalani Bisnis yang Disukai

Jika berbicara bisnis pastinya akan berbicara tentang keuntungan. Terkadang, hal yang Kamu sukai menjadi kurang menguntungkan. Alangkah baiknya, kesampikan hal-hal yang Kamu sukai dan lebih fokus terhadap apa yang Kamu kuasai. Memahami potensi Kamu, kemudian aplikasikan dalam bisnismu.

9. Melakukan Sesuai Passion

Cara jadi pengusaha lainnya ialah melakukan semuanya sesuai passion. Ada perbedaan paling mencolok antara passion dan usaha yang dilakukan. Melalui passion bidang usaha yang Kamu sukai, Kamu harus membangunnya sepenuh hati. Kamu juga tak akan gampang menyerah walaupun menghadapi kegagalan atau kesulitan.

Apapun bisnis yang kamu pilih, sebaiknya pilih jenis bisnis yang sesuai passion-mu. Dengan demikian, Kamu juga bisa mengembangkan bisnis tersebut sepenuh hati.

10. Dahului Kompetitormu

Dalam menjalankan bisnis, suka tak suka dan mau tak mau Kamu harus mampu berebut pasar bersama kompetitor. Terkecuali Kamu menjalankan bisnis monopoli. Adapun salah satu upaya sukses dalam berbisnis dagang jika kita berhadapan langsung dengan kompetitor ialah Kamu harus lebih maju selangkah dibandingkan kmpetitormu.

Apabila kompetitormu mempunyai plan dapat mempromosikan produknya hingga ke 1000 orang, maka Kamu harus mampu mempromosikan produk tersebut ke 2000 orang, bagaimanapun caranya. Jangan pernah gengsi mengintip harga kompetitormu sebagai upaya dalam strategi bisnis. Sehingga, Kamu tidak akan melakukan penjualan produk lebih mahal dibandingkan kompetitor.

Itulah 10 cara jadi pengusaha sukses dari nol yang bisa Kamu tiru agar Kamu berhasil menjalankan bisnis yang Kamu rintis  dari awal. Selain sukses jadi pengusaha, Kamu juga bisa mengembangkan keuntungan dengan cara jadi investor melalui pilihan instrumen investasi yang menguntungkan.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019