Cara Cek BLT Dana Desa

Seperti kamu tahu bahwa cara cek BLT dana desa masih menjadi buah bibir sebagian besar lapisan masyarakat. Kalian bahkan berharap pemerintah pusat bakal segera mencairkan program pembagian dana bantuan tersebut untuk masyarakat yang berhak menerimanya sesuai ketentuan dan syarat tertentu.

Meski begitu, kamu harus tahu segalanya mulai dari hal kecil sampai pokok utama soal sistematikanya supaya kalian bisa memperoleh bantuan tersebut. Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi menyebabkan beberapa orang seperti kalian harus kehilangan pekerjaan sebagai sumber mata pencarian.

Hal ini membuat pemerintah inisiatif menyelenggarakan Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) yang bakal diperpanjang sampai akhir bulan Juni tahun 2021. Selain itu, jumlah bantuan berupa uang tunai yang akan diberikan pemerintah adalah sekitar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) per KK (Kepala Keluarga).

Cara Cek BLT Dana Desa

Cara Cek BLT Dana Desa
Cek Penerima BLT Dana Desa

Syarat Wajib Penerima BST Tahun Depan yang Belum Kamu Tahu

Untuk mendapatkan bantuan sosial berupa uang tunai dari pemerintah pusat lewat Kementerian Sosial rupanya tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan setiap calon penerima bahkan kamu sendiri harus mematuhi dan memperhatikan ketentuan maupun syarat yang berlaku.

Berikut merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Kalian adalah masyarakat yang tinggal dalam wilayah RT/RW dari desa terkait.
  • Kamu menjadi salah satu calon penerima yang kehilangan mata pencarian akibat pandemi.
  • Belum pernah terdaftar sebagai calon penerima BLT mana saja dari pemerintah pusat.

Apabila kamu sudah memenuhi ketiga poin tersebut, maka bisa dipastikan kalian belum pernah menerima bantuan dana yang sama lewat Kartu Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) sampai Kartu Prakerja yang belakangan ini masih booming dipilih masyarakat luas untuk mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp.600.000 (enam ratus ribu).

Programnya pun telah memasuki gelombang ke-11 per tahun depan, namun tidak semua orang yang mendaftarkan Kartu Prakerja bisa diterima. Kondisi ini berbeda daripada BST yang direkapitulasi lewat RT/RW setempat tanpa membuang waktu kalian.

Kamu juga bisa memberi tahu soal data diri pribadi kepada RT/RW setempat bila belum menerima bantuan sosial dari program lain. Apabila kamu tidak punya NIK (Nomor Induk Keluarga) dan KTP, tetap berhak menerima bantuan tersebut dengan berdomisili di desa terkait.

Kamu juga bakal menerima dananya secara tunai atau non tunai lewat rekening maupun kantor pos. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.cekbansos.siks.kemensos.go.id/ yang berisi daftar calon penerima BLT. Website ini diciptakan untuk meyakinkan kamu soal semua nama calon penerima demi mencegah kesalahpahaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cek Klaim BLT Dana Desa Usai Semua Syarat Terpenuhi

Apabila kamu merupakan salah satu warga yang terkena dampak pandemi dan kehilangan mata pencarian sehari-hari, serta mengikuti program BST dan berhak menerimanya maka bisa mengikuti panduan klaim seperti berikut :

  • Pastikan tidak pernah terdaftar program bantuan sosial mana pun.
  • Periksa data diri kalian untuk memastikan sudah terdaftar sebagai calon penerima dari RT/RW setempat.
  • Apabila belum terdaftar, segera registrasi dengan melampirkan data diri valid berupa fotokopi KTP dan diberikan kepada kepala desa untuk dikirim ke bank nasional yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan sosialnya.
  • Tunggu pemberitahuan berikutnya soal pencairan dana ke rekening (bila punya sistem transfer), serta lewat RT/RW untuk dicairkan lewat kantor pos terdekat.

Bantuan Sosial Tunai (BST) bakal disalurkan lewat Kementerian Sosial (Kemensos), Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Pos Indonesia dan bakal diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah atau belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Cek BLT Dana Desa Rp. 300 Ribu Per Bulan Tahun 2021

Pemerintah Indonesia menetapkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang akan diberlakukan hingga tahun 2021 nanti. Jumlah penerimanya semakin bertambah dan ditaksir mencapai 10 juta KPM pada tahun depan. Jumlah bantuan sosial yang dicairkan per Kepala Keluarga (KK) adalah sebesar Rp.300.000 per bulan dan per KPM.

Ketentuan ini berlaku untuk kalian yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta maupun luar ibukota. Tak hanya itu, Kementerian Sosial (Kemensos) maupun Kementerian Desa (Kemendes) bakal melangsungkan penyaluran dananya secara signifikan dan transparan.

Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menegaskan bahwa penyesuaian bansos antara wilayah ibukota atau tidak tetap sama. Bagaimana cara memeriksanya?

Berikut ini merupakan panduan cek BLT dana desa sebesar Rp.300.000 dari website resmi DTKS Kemensos yang bakal cair pada tahun depan, yakni :

  • Siapkan KIS/KTP/ID BDT kalian.
  • Kunjungi laman dtks.kemensos.go.id/
  • Masukkan nomor peserta yang kalian pilih dari ketiga data diri di atas (poin pertama).
  • Gunakan empat huruf kode dan tekan tombol “Cari”.

Cek BLT Dana Desa Rp. 200.000 Tahun 2021 Terbaru

BST untuk masyarakat yang terkena pandemi masih berlangsung sampai tahun 2021, tepatnya digelar pada bulan Januari hingga Juli tahun depan. Pemerintah menargetkan jumlah penerimanya harus tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

BST tahun depan bakal menjangkau hingga 10 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) sebesar Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah). Program ini dicetuskan oleh Kemensos dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp.12 triliun. Bansos tahun depan juga tidak bakal semasif saat ini.

Kondisi ini dikarenakan pemerintah pusat lebih fokus pada vaksinasi dan perbaikan kehidupan ekonomi negara maupun masyarakat Indonesia.  Untuk mencari tahu soal calon penerima bansos tersebut, kamu bisa mengunjungi website resmi via www.dtks.kemensos.go.id/.

Kamu juga bisa mengikuti panduan selanjutnya untuk memeriksa penerima BLT Bansos BST seperti berikut :

  • Kunjungi laman dtks.kemensos.go.id/.
  • Kamu bisa melihat bagian kiri berupa kolom untuk memeriksa penerima BLT BST.
  • Gunakan ID maupun data diri yang dipakai (ID DTKS, nomor PBI BPJS Ketenagakerjaan maupun NIK).
  • Pilih NIK dan masukkan nama sesuai KTP.
  • Masukkan kode captcha yang muncul pada layar, tekan tombol “Cari”.
  • Tunggu sampai muncul pemilik identitas NIK yang dimasukkan sebagai penerima BLT BST atau tidak.

Peran Penting BLT Dana Desa

Demikian informasi mengenai cara cek BLT dana desa yang harus kalian tahu. Program BLT diciptakan untuk memperbaiki kehidupan rakyat yang terkena PHK bahkan usahanya gulung tikar.

Pemerintah Pusat menciptakan program BLT BST ini untuk membangun sekaligus memulihkan ekonomi rakyat di tengah wabah penyakit serius yang masih tersebar hingga saat ini. Kalian patut memahami dan mengikuti semua pembahasan tersebut untuk mencari tahu apakah data diri kamu sudah terdaftar atau tidak.

Jika kalian belum pernah melakukan registrasi, segera daftarkan diri lewat alamat resmi (URL) yang disediakan. Kemensos selaku penyelenggara juga bekerja sama dengan bank nasional dan POS Indonesia untuk membantu kalian dalam mencairkan uang tunai yang merupakan hak rakyat. Kamu cukup menyiapkan data diri seperti KTP, KK atau lainnya supaya RT/RW setempat bisa mendatamu sebagai calon penerima BLT.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...