Cara Jadi Official Store di Tokopedia

Tokopedia, sebagai salah satu marketplace ternama sekaligus asli dari Indonesia telah menawarkan banyak kemudahan berjualan online untuk para pelaku usaha online di Indonesia. Selain menawarkan cara gratis ongkir Tokopedia mudah, para penjual di tokopedia juga mendapatkan keuntungan. Demi meningkatkan kualitas dan profesionalitas kepada semua penjual di Tokopedia, marketplace ini telah mengembangkan layanan Official Store. Karena itulah banyak yang tertarik dan penasaran dengan cara jadi official store di Tokopedia.

Mengenal Official Store di Tokopedia

Official Store yang ada di Tokopedia adalah fitur khusus bagi toko online yang sudah terverifikasi. Biasanya official store diberikan bagi toko yang telah menjual produk merek resmi atau asli. Melalui layanan inilah, pembeli terpilih bisa mengembangkan bisnisnya dengan cara eksklusif.

Apabila toko onlinemu di Tokopedia sudah termasuk official store, Kamu pun akan diberikan tanda dan tampilan khusus di halaman toko dan produk yang Kamu jual. Selain itu, nantinya toko Kamu pun bisa ditemukan denngan mudah di homepage official store yang ada di Tokopedia.

Keuntungan Official Store di Tokopedia

Biasanya toko yang sudah terdaftar sebagai official store di marketplace Tokopedia tentunya menawarkan berbagai keuntungan bila dibandingkan toko-toko yang lainnya, seperti berikut :

1. Dapat Mengelola Toko Lebih Mudah

Melalui label official store, maka tokomu akan memperoleh akses agar dapat terhubung ke dalam sistem API di Tokopedia. Ada berbagai macam fitur yang bisa Kamu manfaatkan seperti analisa pertumbuhan bisnis toko onlinemu, pengelolaan stok dan pengaturan tempat pengiriman.

2. Lebih Meyakini Pembeli

Melalui tanda official store dari Tokopedia di halaman tokomu, tentu saja membuat para pembeli pun merasa lebih nyaman dan aman untuk berbelanja. Dimana tingkat kepercayaan pembeli mengenai harga, stok, dan keaslian produk akan dipengaruhi status toko tersebut. Sehingga pembeli lebih memilih berbelanja di tempat yang berlabelkan official store demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

3. Lebih Leluasa Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman

Fitur yang bisa Kamu peroleh lainnya ialah kebebasan memilih layanan jasa pengiriman yang nantinya dipakai untuk toko onlinemu. Pembeli atau buyer bisa lebih leluasa untuk memilih jasa ekspedisi yang akan mereka gunakan ketika melakukan checkout dan pemesanan.

4. Lebih Leluasa Mengatur Promo/Diskon

Mellaui official store, Kamu bisa leluasa mengatur potongan harga untuk tiap barang/produk yang Kamu jual. Selain itu, di dalamnya pun terdapat fitur yang dapat menghitung anggaran dan keuangan toko, supaya diskon atau potongan harga yang Kamu berikan tak mengganggu besarnya laba atau keuntungan yang Kamu peroleh.

Persyaratan Menjadi Official Store Tokopedia

Syarat dan ketentuan mendaftar official store sendiri terbagi ke dalam 4 pilihan kategori, diantaranya brand ternama, penjual terpilih tokopedia, distributor resmi dan pengusaha lokal.

1. Brand Ternama

Dimana pemilik merek secara resmi atau para pemegang hak brand yang sah di tanah air. Adapun dokumen persyaratannya ialah seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), KTP (Kartu Tanda Penduduk), Akta Perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKT (Surat Keterangan Terdaftar), HAKI (Hak Merek Dagang),  dan SKPPKP (Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak).

2. Penjual Tokopedia Terpilih

Penjual Tokopedia dengan reputasi Gold 1 berpotensi menjadi official store Tokopedia, asalkan sudah aktif berjualan di Tokopedia minimal selama 6 bulan dan memiliki lisensi/izin resmi terhadap produk jualannya. Adapun persyaratan yang wajib dipenuhi ialah sebagai berikut : Surat Resmi Penunjukkan Distributor, SIUP (Surat Izin usaha Perdagangan), NPSP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

3. Distributor Resmi

Pemilik yang memiliki lisensi distributor resmi di Indonesia. Dengan mencantumkan beberapa persyaratan, seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), Surat Resmi Penunjukkan Distributor, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

4. Pengusaha Lokal

Label Official Store Tokopedia juga akan diberikan kepada para pengusaha kreatif lokal dengan perizinan dagang secara sah untuk bisa berjualan. Adapun dokumen yang wajib penuhi ialah NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Lalu jika Kamu telah memenuhi kreiteria tersebut, maka Kamu dapat mendaftarkan drii sebagai official store di marketplace Tokopedia.

Cara Jadi Official Store di Tokopedia

Cara Jadi Official Store di Tokopedia
Menjadi Official Store di Tokopedia

Menjadi Official Store Tokopedia

Cara menjadi official store di Tokopedia baik untuk brand ternama, penjual Tokopedia terpilih, distributor resmi dan pengusaha lokal, semua proses registrasi official store biasanya dilakukan di seller.tokopedia.com.

Berikut cara jadi official store di Tokopedia yang bisa Kamu coba, diantaranya :

1. Memulai Pendaftaran

Di halaman registrasi official store, Kamu dapat mengklik menu “Daftar Jadi Official Store”.

2. Mengkonfirmasi Ketentuan dan Syarat

Langkah cara jadi official store di Tokopedia selanjutnya, Kamu akan diminta membaca semua persyaratan dan ketentuan terlebih dahulu. Jika semuanya telah sesuai, Kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Perlengkapan Identitas

Cara menjadi official store di Tokopedia berikutnya ialah, Kamu akan diminta mengisi semua data dan informasi terkait identitas diri dan tokomu. Berupa alamat email, nama, serta alamat perusahaan. Semua data akan disesuaikan dengan official store mana yang Kamu daftarkan.

4. Melengkapi Data Pihak Ketiga

Dari sini, Kamu akan diminta memasukkan informasi terkait pihak kedua tokomu sebagai pihak yang memiliki tanggung jawab dan wewenang terhadap toko selain Kamu.

5. Melengkapi Informasi Toko

Cara jadi official store di Tokopedia lainnya ialah Kamu harus melakukan pengisian semua data dan informasi mengenai tokomu, mulai dari nama toko, kategori utama dari tokomu dan domain toko.

6. Melengkapi Informasi Tentang Detail Pembayaran

Di tahapan ini, Kamu harus mengisi informasi mengenai akun pembayaran dan pencarian setiap pemasukan/pendapatan dari toko online-mu, semisal nama bank, pemilik, nama cabang, dan nomor rekening.

7. Mengunggah Semua Berkas Persyaratan

Cara menjadi official store di Tokopedia selanjutnya pastikan tak ada berkas, data maupun informasi lainnya yang tertinggal. Lalu, pastikan untuk mengunggah semua berkas/data yang telah dipersiapkan dengan lengkap.

8. Menunggu Konfirmasi

Jika semua cara jadi official store di Tokopedia sudah dilakukan, maka pihak Tokopedia pun langsung mengecek tokomu. Apabila dalam waktu 1 minggu/7 hari Tokopedia tak memberikan informasi, ini artinya tokomu masih belum sesuai profil usaha di Tokopedia Official Store.

Official store memang layanan penjual yang ada di Tokopedia untuk seller pilihan yang dapat mengembangkan bisnisnya dengan cara eksklusif. Selain itu, alasan kenapa pembeli lebih tertarik berbelanja di layaan Official Store Tokopedia dibandingkan toko biasa yaitu biasanya kualitas produk lebih terjamin. Melalui adanya jaminan bagi para pembeli di official store Tokopedia, diantaranya Pasti Ready, Pasti Ori dan Menjamin Garansi Barang selama 7 hari.

Adapun kewajibanmu sebagai official store setelah mengikuti cara jadi official store di Tokopedia di atas, Kamu hanya peru memastikan stok barang, memastikan jika barang yang ada di tokomu 100% asli dan dapat menjual barang tersebut dengan harga yang bersaing.

Semoga ulasan tentang tips menjadi official store di Tokopedia dan keuntungannya di atas bermanfaat untukmu!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019