Cara Cek Saldo BPJS

Bagaimana cara cek saldo BPJS? BPJS Ketenagakerjaan adalah layanan kesehatan yang ditujukan untuk seluruh karyawan atau tenaga kerja yang ada di Indonesia. Pembentukan lembaga BPJS oleh Pemerintah sendiri dilakukan sesuai dengan ketentuan undang-undang. Sejak program ini dijalankan, setiap pekerja berhak mendapatkan jaminan kesehatan dan jaminan-jaminan lainnya.

Adapun salah satu layanan jaminan yang diperoleh dari para pekerja ialah JHT atau Jaminan Hari Tua. Selain itu, untuk mengecek saldo BPJS TK (Ketenagekerjaan) produk JHT sendiri bisa dicek lewat SMS ke 2757, lewat aplikasi BPJSTK Mobile, e-saldo JHT, dan lainnya. Oleh karena itu, Kamu tak perlu bingung lagi jika penasaran ingin mengetahui saldo BPJS TK milikmu.

Read More

Cara Cek Saldo BPJS

Cara Cek Saldo BPJS
Mengecek Saldo BPJS TK

Mengecek Saldo BPJS TK

Dalam cara cek saldo BPJS TK, Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan metode yang harus Kamu coba. Pastikan pilih salah satu cara yang paling mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini :

1. Cek Saldo BPJS TK Melalui SMS

Cek saldo BPJS TK paling mudah yang pertama ialah melalui layanan SMS . Kamu bisa SMS ke 2757 untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan dan biasanya layanan ini dikenakan biaya sesuai ketentuan. Oleh karenanya, pastikan Kamu masih memiliki pulsa.

Adapun ulasan cara cek saldo BPJS melalui SMS ke 2757 iaah sebagai erikut :

  • Pertama-tama buka aplikasi pesan/SMS di Hpmu.
  • Lalu silahkan ketik “Daftar”, selanjutnya kirimkan ke nomor 2757.
  • Setelah itu, pilih opsi “Cek Saldo” saat Kamu menerima SMS balasan dan langsung “Kirim”.
  • Selanjutnya, Kamu akan langsung melihat tampilan jumlah saldo BPJS TK milikmu di layar Hp.

Kamun juga bisa langsung mengikuti format berikut untuk pengecekan saldo :

  • Silahkan ketik formas : SALDO (spasi) No. kepesertaan BPJS TK.
  • Jika sudah, langsung kirimkan ke 2757.
  • Selanjutnya, Kamu akan langsung mendapatkan SMS balasan yang berisi rincian jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.

2. Cek Saldo BPJS TK Melalui Aplikasi BPJSTKU

Mengecek saldo BPJS TK juga dapat dilakukan lewat aplikasi BPJSTKU. Jika Kamu memiliki smartphone yang kebetulan kapasitas memorinya cukup besar, tak ada salahnya jika Kamu mencoba men-download aplikasi BPJSTKU lewat Google Play Store bagi pengguna android.

Dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU ini, Kamu dapat mengecek seluruh informasi penting mengenai layanan dan fitur BPJS Ketenagakerjaan ter-update milikmu, seperti halnya dapat mengecek rincian saldo. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang pembayaran iuran sampai klaim saldo BPJS TK.

Adapun cara cek saldo BPJS yang bisa Kamu lakukan di aplikasi BPJSTKU, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi Google Play Store bagi pengguna android, lalu ketikkan di kolom pencarian “BPJSTKU”.
  • Lalu, Kamu bisa download aplikasinya dan install di Hp-mu.
  • Selanjutnya buka aplikasi dan login memakai PIN atau email yang sudah Kamu daftarkan sebelumnya.
  • Sesudah berhasil login, Kamu bisa menegcek informasi tentang akun BPJS TK milikmu, mencakup jumlah saldo BPJS.
  • Jadi sebelum Kamu memakai layanan aplikasi ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu Kamu telah terdaftar menjadi peserta BPJS TK dan sudah mempunyai nomorID.
  • Jika belum mempunyai PIN dan username untuk login ke aplikasi, maka Kamu bisa pilih menu “Buat Akun” secara langsung.

Kini Kamu bisa mengunduh aplikasi BPJSTKU di Google Play Store bagi pengguna android, dan di App Store bagi pengguna iOS. Selain cara ini, Kamu juga bisa mengecek saldo BPJS TK di website BPJSTK resmi.

3. Cek Saldo BPJS TK di Website Resmi BPJSTK

Alternatif cara cek saldo BPJS TK lainnya ialah dengan cara mengakses website resmi BPJS TK langsung. Adapun panduan caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka web browser yang biasa Kamu gunakan, lalu di kolom pencarian silahkan ketikkan link ini!
  • Jika Kamu sudah memiliki akun, bisa langsung login memakai email dan user ID yang telah didaftarkan berikut PIN-nya. Lalu, inputkan kode captcha atau pengaman untuk melakukan verifikasi.
  • Jika Kamu belum memiliki akun, silahkan pilih “Buat Akun”.
  • Lalu isi data-data yang tersedia, seperti nama lengkap, nomor peserta, nomor e-KTP, tanggal lahir, alamat email, nomor HP, nama ibu kandung, serta kode keamanan.
  • Klik atau centang kolom  tanda setuju sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selanjutnya pilih “Submit Data”.
  • Silahkan tunggu SMS atau email konfirmasi dari pihak BPJS TK untuk melakukan aktivasi akun.
  • Apabila Kamu telah menerima SMS atau email, silahkan inputkan kode aktivasi di menu yang telah tersdia supaya bisa langsung mengakses akunmu.
  • Jika sudah berhasil login, selanjutnya Kamu dapat melakukan pengecekan saldo BPJS TK di menu yang telah tersedia.

Di website BPJSTK juga Kamu dapat melihat informasi penting lainnya terkait fitur dan layanan BPJSTK selain pengecekan saldo, sebut saja simulasi saldo JHT, profil, dan pengajuan klaim BPJS TK online.

4. Cek Saldo BPJS TK di ATM BNI

Bagi nasabah BNI yang sudah mendapatkan nomor kepesertaan BPJS TK, maka Kamu bisa melakukan cara cek saldo BPJS TK di ATM BNI. Untuk mengakses layanan ini, Kamu hanya perlu memasukkan kartu ATM BNI saja ke slot mesin ATM, selanjutnya inputkan PIN seperti biasa dan pilih “Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan” dengan menginputkan nomor peserta BPJS TK. Selanjutnya, jumlah sado BPJS TK langsung ditampilkan di layar mesin ATM.

5. Cek Saldo BPJS TK di Kantor BPJS

Metode manual yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek BPJS TK ialah dengan langsung mendatangi kantor BPJS TK terdekat sembari membawa kartu kepesertaan BPJS TK dan e-KTP asli.

Kamu bisa langsung ke konter pelayanan di kantor BPJS terdekat dan minta bantuan staf yang bertugas untuk pengecekan jumlah saldo BPJS TK yang Kamu punya.

Akan tetapi, di era digital saat ini tentu saja cara yang satu ini bisa dibilang tidak praktis, apalagi Kamu hanya perlu informasi rincian saldo BPJS saja. Justru cara yang paling instan dan mudah tanpa membuang-buang waktumu ialah dengan memanfaatkan cara cek saldo BPJS TK online.

Pentingnya Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Mungkin masih banyak yang belum tahu manfaat dari saldo JHT atau BPJS. Layanan ini pastinya sangat berguna demi menunjang kesejahteraan saat masa pensiun tiba. Jika Kamu mempunyai tabungan di masa tua, maka tiap peserta BPJS TK dapat mempersiapkan tabungan untuk dijadikan investasi atau modal usaha. Oleh karena itu, persiapkan dan mulai rencanakan tabungan untuk masa tua-mu dengan semaksimal mungkin.

Selain itu, dengan mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan maka Kamu bisa mengestimasikan berapa besar jumlah uang yang Kamu terima setelah masa pensiun nanti. Sehingga Kamu bisa mempersiapkan tabungan saat sudah tidak bekerja lagi. Dengan begitu, keseimbangan finansialmu akan tetap terjaga.

Semoga ulasan cara cek saldo BPJS TK di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts