Cara Mengetahui HP Disadap

  • Whatsapp

Gadget adalah media privasi yang dimiliki setiap orang. Namun dalam perkembangannya, banyak orang yang menyalah gunakan teknologi untuk kejahatan. Penyadapan misalnya. Dan bagaimana cara mengetahui HP disadap? Akan susah untuk mengetahuinya namun inilah beberapa gambaran yang bisa kamu ketahui.

Penyadapan HP merupakan suatu pemantauan secara rahasia di sebuah percakapan telepon yang dilakukan dengan via internet oleh pihak ketiga. Dengan melakukan penyadapan ini pihak ketiga dapat mengetahui isi percakapan antara pihak satu dan dua secara tidak resmi. Tidak mudah untuk melakukan penyadapan dan hanya dilakukan oleh orang-orang yang memang benar ahli dalam hal ini.

Tentu saja hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan privasi seseorang. Namun, saat ini kamu sudah bisa mengetahui sendiri tentang ciri HP disadap oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. Untuk terhindar dari penyadapan HP, maka kami rangkumkan beberapa cara mengetahui HP disadap agar kamu bisa lebih waspada.

Cara Mencegah Penyadapan?

Pencegahan yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penyadapan adalah dengan menggunakan nomor perdana yang baru. Karena dengan nomor perdana baru maka nomor kamu akan sulit untuk dilacak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu usahakan untuk sering mengganti kartu kamu untuk menghindari penyadapan.

Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Pastinya kamu tidak ingin kan jika gadgetmu disadap dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu bagaimana cara mengetahui HP disadap orang lain? Ada beberapa tanda yang bisa kamu ketahui jika gadgetmu sedang disadap.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Whatsapp Tidak Bisa Login

Salah satu tanda yang bisa kamu ketahui adalah dengan tidak bisa login ke akun whatsapp kamu. Jika ini terjadi pada diri kamu, mungkin orang lain sedang menggunakan nomor teleponmu untuk melakukan login ke akun whatsapp dan menyadap whatsapp.

Lakukan saja pengecekan dengan cara membuka aplikasi whatsapp kamu. Jika kamu mendadak log out dari whatsapp dan tidak bisa login kembali, itu tandanya HP kamu sedap disadap.

Cara mengatasinya cukup mudah, pastikan nomor yang kamu gunakan untuk login whatsapp masih aktif agar mudah dalam mendapatkan kode verifikasi. Lakukan login ulang untuk mengeluarkan whatsapp dari perangkat lain dan mintalah akivasi kembali dengan meminta kode verifikasi. Jangan sampai kamu berikan kode verifikasi kepada orang lain agar HP kamu tidak disadap kembali.

Chat Terbaca Padahal Belum Dibuka

Cara mengetahui HP disadap lainnya adalah dengan cara mengecek pesan chat kamu. Jika kamu menemukan pesan yang sudah dibuka padahal kamu belum sempat membacanya sama sekali, kemungkinan HP kamu sedang disadap.

Dan ketika kamu mendapati notifikasi yang tiba-tiba menghilang tetapi kamu belum membukanya sama sekali, kemungkinan juga ada orang lain yang membuka pesan chat milikmu melalui perangkat lain.

Cek Whatsapp Web

Saat ada yang menyadap HP dan menggunakan whatsapp milikmu, kamu bisa segera mengetahuinya dengan fitur whatsapp Web.

Caranya, cek whatsapp web kamu melalui HP. Jika ternyata kamu login di perangkat yang tidak kamu kenali dengan lokasi yang juga tidak dikenal, berarti memang ada yang menyadapmu.

Agar orang lain tidak bisa lagi menyadap whatsapp jarak jauh, kamu bisa langsung logout atau keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan whatsapp di HP milikmu.

Terkait:  Cara Ganti Email Instagram

HP Sulit Dimatikan

Jika kamu pernah mengalami HP yang susah untuk direstart atau dimatikan, sebaiknya kamu perlu waspada. Saat ingin mematikan HP tapi kamu membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mematikan HP, kemungkinan ada yang sedang menyadap HP kamu.

Susahnya mematikan gadget biasanya terjadi karena adanya aktivitas mengirim informasi dari HP milik kamu ke orang lain atau pihak ketiga.

Melalui Frekuensi Telepon

Salah satu tanda yang bisa kamu ketahui adalah melalui beberapa tanda pada frekuensi telepon kamu.

  • Akan terdengar suara dengung panjang dan seakan-akan suara lawan bicara berada di ruang bergema
  • Saat melakukan panggilan tertentu, sambungan telepon akan putus-putus walaupun tidak sedang tidak berada di luar kota
  • Sulit melakukan ke nomor-nomor tertentu
  • Akan sering terjadi salah sambung jika kamu melakukan suatu panggilan

Cara Mengetahui HP Disadap dengan Software

Kamu juga bisa mengetahui hp disadap atau tidak melalui software kamu. Sebagian software pasti menggunakan daya baterai dan beberapa menggunakan kuota internet. Jadi kamu bisa mengetahui dari beberapa hal berikut :

  • Pemakaian baterai telepon dan kuota internet kamu lebih boros dari biasanya
  • HP akan mengalami panas dengan sendirinya
  • HP yang disadap akan lemot
  • Terdengar suara tak wajar saat kamu melakukan suatu panggilan
  • HP akan sering mengalami tiba-tiba mati saat melakukan panggilan
  • Saat kamu melakukan panggilan akan muncul bunyi seperti “klik ataupun derau”.

Demikianlah beberapa cara mengetahui HP disadap dan tips agar kamu terhindar dari penyadapan dan kebocoran informasi. Namun kemungkinan kamu akan menemukan tanda yang lainnya yang berbeda dari tanda diatas. Dan kamu tetap harus waspada agar terhindar dari incaran oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terkait:  Cara Download Video Smule

Related posts