Cara Jadi Freelancer

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, pekerjaan sebagai seorang freelancer bukan hal mustahil dilakukan. Selain cara jadi dropship di Shopee, Tokopedia dan marketpace lain, pekerjaan menjadi freelancer adalah pekerjaan yang menjanjikan. Bahkan sebagian besar orang mencoba bekerja sebagai freelancer di sela-sela waktu luang mereka. Ada banyak benefit yang dapat kita miliki jika menjadi freelancer, salah satunya ialah jam kerja lebih fleksibel. Selain itu, cara jadi freelancer juga sangat mudah dilakukan.

Sebenarnya freelancer atau pekerja lepas semakin memperoleh ruang untuk dapat mengaktualisasi diri. Potensi penghasilannya yang sangat besar dihasilkan berdasarkan keahlian serta kepuasan klien. Jika Kamu termasuk orang dengan keahlian di bidang tertentu, maka tak menutup kemungkinan pekerjaan sebagai freelancer jadi sangat menguntungkan. Tapi, bagaimana cara jadi freelancer online yang sukses?

Cara Jadi Freelancer

Cara Jadi Freelancer
Menjadi Freelancer Handal

Menjadi Freelancer Online

Sebenarnya profesi pekerjaan tidak hanya berkutat di perusahaan manufaktur, bidang kesehatan dan pendidikan saja. Di zaman yang sudah memanfaatkan teknologi digital seperti sekarang ini, ada banyak pekerjaan yang bisa membawa kita ke dalam kesuksesan. Internet bisa dijadikan sebagai ladang dan peluang usaha yang dapat dilakukan, seperti halnya menjadi freelancer. 

Namun sebelumnya Kamu tetap harus mengetahui cara melakukan manajemen waktu supaya aktivitasmu menjadi lebih bermanfaat dan produktif. Jika Kamu tertarik mengambil pekerjaan freelancer, ada beberapa langkah menjadi freelancer di bawah ini :

1. Mengenali Potensi Diri

Cara jadi freelancer yang paling penting ialah Kamu harus tahu keahlian atau kemampuan yang Kamu miliki terlebih dahulu. Karena modal mejadi seorang freelancer ialah memiliki keahlian yang bisa dibilang mumpuni.

Kamu dapat mengembangkan diri berdasarkan minat atau hobimu dan telah menguasai minat tersebut. Seperti kita ketahui bahwa dunia freelancer sendiri sangat luas. Selain itu, ada banyak bidang yang  dapat dijadikan pekerjaan freelancer. Oleh karena itu, pastikan kemampuan yang Kamu miliki yang terbaik diantaranya yang Kamu kuasai.

2. Menentukan Tujuan

Jika Kamu sudah menemukan keahlian atau minat yang Kamu miliki dengan baik, maka Kamu juga perlu menentukan tujuan agar dapat mencapai kesuksesan sesuai keinginan. Kamu harus bisa menentukan apakah pekerjaan freelancer tersebut sebagai penghasilan tambahan atau utama. Atau Kamu hanya menjadikan profesi menjadi freelancer sebagai sebuah batu loncatan saja, sebelum pekerjaan impianmu. Kamu harus menanyakan dan menimbang segal hal yang ada dalam dirimu.

Jika Kamu sudah menentukan tujuanmu dari awal, selanjutnya Kamu akan lebih mudah mengatur waktu untuk bekerja. Sekaligus dapat mengetahui siapa saja orang yang bekerja denganmu. Di samping itu, tujuan adalah tolak ukur dan acuan dalam mendukung pencapaian yang telah dibuat. Karena hanya Kamu yang dapat membuat tujuan tersebut. Selain itu, pertimbangkan pula baik maupun buruknya pekerjaan freelance yang Kamu mulai. Agar Kamu dapat menentukan solusi saat terjadi permasalahan di kemudian hari.

3. Membangun Personal Branding

Cara menjadi freelancer yang sukses berikutnya ialah harus membangun branding dalam dirimu. Branding tersebut berguna agar Kamu bisa dilirik calon klien, sehingga klien tertarik menggunakan jasamu. Personal branding dapat diperoleh dengan mempersiapkan portofolio sekaligus membangun citra yang baik. Apabila Kamu sebagai pemula, sebaiknya jadi freelancer paruh waktu terlebih dahulu.

Ini karena Kamu memerlukan pengalaman kerja untuk dijadikan pertimbangan sebelumnya. Sebaiknya, Kamu buat website khusus yang berisi portofolio. Selain sebagai media untuk promosi diri, membuat calon klien pun percaya dan tertarik dengan apa yang Kamu miliki.

Jangan lupa pula untuk mencantumkan kontak di website portofoliomu, agar klien lebih mudah menghubungi. Kamu juga dapat menampilkan prestasi sampai tingkat pendidianmu agar semakin terpercaya. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara untuk membangun personal branding saat ini.

Selain itu, tak jarang ada beberapa klien yang justru meminta portofolio atau pekerjaan terbarumu, sehingga sebaiknya web portofolio yang Kamu miliki harus diperbarui. Silahkan kelola website yang Kamu buat sebagai trik personal branding yang sederhana. Kamu dapat mencari informasi dari para freelancer handal, agar Kamu dapat mencari tahu cara untuk membangun da memposisikan diri mereka.

4. Lakukan Idetifikasi Klien

Mengidentifikasi orang yang akan dijadikan target klien adalah hal terpenting dalam cara jadi freelancer profesional. Jika Kamu baru menggeluti dunia freelance, maka tak ada salahnya jika melakukan pendekatan terhadpa klien. Metode pendekatan ini dapat dilakukan dengan bekerja tapi tanpa menerapkan tarif atau mungkin memberikan job graitsan kepada beberapa klien.

Dengan cara jadi freelancer untuk pemula ini, Kamu dapat mengetahui sekaligus dapat memberikan asumsi mana klien yang ingin kamu targetkan. Seperti apa klien yang sesuai dengan karakter kita. Akan tetapi, sebelumnya Kamu juga perlu menanyakan cara terhubung kepada klien, apa jenis bisnis dan apakah usaha tersebut dapat membayar sesuai dengan harga yang diinginkan. Jika Kamu sudah mengetahuinya, tinggal tawarkan keahlian yang Kamu miliki.

5. Cari Lowongan Freelancer di Website Terpercaya

Jika sudah memahami poin-poin di atas, selanjutnya cari lowongan pekerjaan freelancer di internet. Kamu sudah mengetahui keahlian sampai target klienmu juga dapat mendaftarkan diri di situs web freelancer terpercaya. Ada beberapa situs freelancer yang bisa Kamu coba, diantaranya freelancer.co.id, Sribulancer, Project.co.id, dan lain sebagainya.

Jika Kamu termasuk freelancer pemula, jangan gampang terkecoh oleh website-website abal-abal yang seringkali tidak membayar hasil proyek yang sudah dikerjakan. Kamu dapat memasukkan lamaran di website freelancer yang tengah membuka lowongan. Selain itu, pastikan jika lowongan tersebu memang sesuai kemampuanmu.

Apabila tidak ingin bergabung dengan situs web tertentu, kamu dapat memperluas pertemanan. Jika Kamu mengenal para freelancer profesional sebelumnya, mereka bisa memberikan informasi menarik seputar lowongan freelancer yang sedang memerlukan keahlianmu. Dalam hal ini, freelancer ialah pekerjaan paling fleksibel. Oleh karena itu, Kamu bisa mencari informasi yang sebanyak-banyaknya terkait lowongan pekerjaan ini.

6. Selalu Bersabar

Cara menjadi freelancer sukses berikutnya ialah harus selalu menekuni pekerjaan dengan baik. Tak jarang ada beberapa jenis bisnis yang sudah Kamu lakukan tapi tetap saja tidak memberikan hasil yang baik. Klien tak juga datang, bahkan lowongan pun tetap tidak ada kabar sama sekali. Jika hal ini terjadi, Kamu harus tetap bersabar dan tekun, jangan pantang menyerah!

Beberapa website memang memerlukan banyak waktu yang dibutuhkan untuk merekrut. Apabila Kamu hanya bergerak sendiri, maka Kamu dapat mengasah keahlianmu sekaligus membaut portofolio inovatif dan menarik.

7. Kemampuan Menawarkan Pekerjaan

Seorang freelancer juga harus mampu meawarkan pekerjaan mereka. Kamu wajib meningkatka kemampuan untuk berkomunikasi agar dapat mengubah percakapan sebagai sebuah transaksi. Dalam hal ini, Kamu dapat mulai menyebarkan beberapa surat penawaran lewat surat elektronik yang didalamnya telah memuat informasi mengenai diri Kamu.

Kemampuan dan keahlian yang harus Kamu jual dengan menawarkan benefit dan kelebihan memakai jasamu. Diperlukan pula sebuah komitmen agar dapat memakai sampel pekerjaan sesuai kemampuanmu. Jika sudah, Kamu juga harus menjawab semua pertanyaan dengan sabar.

Itulah beberapa cara jadi freelancer handal dan profesional yang bisa Kamu coba. Perlu Kamu ketahui bahwa untuk menjadi seorang freelancer yang sukses memerlukan kerja keras. Selain itu, tentu saja semuanya tidak dapat diraih begitu saja dengan instan.

 

 

Related posts