Cara Merawat Kaktus Koboi

Salah satu jenis tanaman kaktus yang kini banyak dicari adalah tanamna kaktus koboi. Bagaimana sih cara merawat kaktus koboi? Sebelum membahasnya, tentu saja Kamu harus mengenali kaktus koboi terlebih dahulu. Kaktus koboi memiliki nama lain berupa kaktus belimbing. Sebab kaktus ini mempunyai bentuk irisan yang melintang menyerupai irisan belimbing.

Karakteristik Kaktus Koboi

Kaktus koboi mempunyai warna seperti tanaman kaktus umumnya, yakni berwarna hijau keseluruhan. Adapun irisan melintang tanaman kaktus ini menyerupai irisan sayur kecipir, bentuknya seperti bintang. Mempunyai tinggi dari 50cm sampai 7 meter dengan ciri khas tanaman yang menjulang. Dengan bentuk memanjang, tentu saja tanaman ini sangat menarik dijadikan sebagai hiasan belum lagi kaktus ini tidak memiliki duri.

Tanaman kaktus tersebut bisa tumbuh sampai panjangnya sekitar 10 meter. Jika titik tunas tanaman ini dirusak, tentu saja membuat tanaman ini tumbuh bercabang. Selain itu, bunga tanaman kaktus juga bervariasi, mulai dari warna putih merah putih kekuningan dan berwarna pink. Selain itu, warna kaktus koboi juga dapat berubah warna menjadi warna hijau pekat jika kekurangan sinar matahari dan air.

Cara Merawat Kaktus Koboi

Cara Merawat Kaktus Koboi
Tips Merawat Kaktus Koboi

Menanam dan Merawat Kaktus Koboi

Jika Kamu termasuk salah satu pencinta kaktus dan ingin mencoba cara merawat kaktus koboi, Kamu bisa mengikuti panduan cara menanam serta merawat kaktus koboi di bawah ini :

Terkait:  Cara Merawat Ikan Louhan

1. Mempersiapkan Biji Kaktus

Langkah pertama yang mesti Kamu persiapkan saat hendak menanam serta merawat tanaman kaktus ialah bibitnya. Adapun asal bibit kaktus biasanya berasal dari bagian biji tanaman itu sendiri. Kamu dapat memperoleh biji kaktus dengan membelinya atau langsung mendapatkannya dari tanaman kaktus.

Jika ingin lebih simpel dan tak menghabiskan banyak waktu, Kamu bisa membeli biji tanamna kaktus. Silahkan beli biji kaktus yang menyediakan beraneka macam tanaman serta perlengkapan untuk bertanam. Selain itu, Kamu juga dapat membeli biji kaktus dari marketplace.

Namun jika Kamu sudah mempunyai tanaman kaktus serta berniat untuk membudidayakannya, maka Kamu bisa mendapatkan bibit tanaman ini dari polong tanaman kaktus. Biasanya polong tersebut tumbuh di bagian cabang tanaman kaktus yang berbunga. Kamu harus memetik polongnya lebih dulu sebelum memperoleh biji tanaman kaktus.

Adapun trik mengambil polong kaktus ialah dengan langsung memetiknya. Tapi pastikan polong tumbuhan kaktus tersebut sudah matang ketika dipetik. Untuk selanjutnya, silahkan potong polong kaktus memakai pisau supaya biji kaktusnya bisa terlihat. Silahkan ambil seluruh biji tanaman kaktus di dalam polong yang akan ditanam.

2. Tanam Biji Kaktus di Tanah yang Berdaya Serap Tinggi

Langkah kedua dalam cara merawat kaktsus koboi ialah persiapkan media tanam untuk kaktus koboi. Kamu bisa mempersiapkan wadah yang bersih untuk membudidayakan kaktus yang ukurannya tak terlalu tinggi. Kemudian persiapkan tanah berdaya serap tinggi, tujuannya untuk menyimpan cadangan makanan kaktus koboi.

Adapun proses yang harus dilakukan ialah memasukkan tanah ke wadah, kemudian menggemburkannya dengan cara merata. Tujuan penggemburan ini supaya tanah dapat menyerap air secara maksimal. Untuk kemudian tebarkan biji tanaman kaktus yang telah dipersiapkan ke bagian atas permukaan tanah. Lalu tutup biji kaktus yang telah disebar memakai lapisan pasir tipis supaya kaktus dapat tumbuh lebih mudah.

Terkait:  Cara Hemat Baterai Oppo

Namun sebelum penanaman, Kamu harus pastikan tanah yang dipakai dalam kondisi dipatsir. Adapun cara yang dapat dilakukan demi memastikannya yaitu cek tulisan pada kemasan pasir, dan pastikan apakah terdapat tulisan telah dipatsir atau tidak. Jika pasir ini diambil dari lingkungan di sekitar rumah, Kamu harus oven pasirnya terlebih dahulu dengan suhu 150o selama sekitar 60 menit.

3, Tutup Wadah Kemudian Biarkan Tanaman Kaktus Terpapar Sinar Matahari

Cara merawat kaktus koboi berikutnya ialah Kamu bisa menutup wadah kemudian biarkan terpapar cahaya matahari. Kamu bisa menutup wadah memakai alat transparan, dan salah satunya ialah menggunakan plastik bening. Kemudian letakkan wadah berupa media tanam tanaman kaktus koboi di area yang mendapat kecukupan paparan cahaya matahari.

Adapun durasi yang diperlukan untuk menempatkan wadah penanaman tanaman kaktu di tempat yang terpapar kecukupan sinar matahari ialah beberapa jam saja per hari. Hal tersebut bertujuan supaya biji kaktus memiliki cadangan makanan yang cukup dan tak terpapar panas berlebihan. Selain itu, menutup tanaman kaktus memakai plastik bening bisa juga memudahkan pengecekan kelembaban kaktus.

4. Tempatkan Kaktus di Area yang Bersuhu Hangat

Cara merawat kaktus koboi berikutnya ialah pastikan Kamu menempatkan kaktus di tempat yang memiliki temperatur hangat. Temperatur hangat  bisa membuat tanaman kaktus kpboi dapat membuatnya tumbuh lebih baik. Kaktus gurun, sebutan lain kaktus koboi biasanya dapat bertahan hidup dalam temperatur panas sekalipun.

Sebaiknya jaga temperatur di dalam ruangan supaya kondisinya tetap hangat serta konsisten, karenanya kaktus koboi lebih tahan lama. Kaktus juga bisa selalu terlihat segar apabila kondisi lingkungan di sekitarnya cukup hangat.

5. Proses Pemupukan

Pemupukan adalah tahapan yang cukup penting. Tujuannya ialah untuk dapat memenuhi kecukupan nutrisi kaktus koboi itu sendiri. Proses pemupukan pada tanaman ini harus dilakukan secara rutin. Selain itu, takaran pupuk juga harus dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan.

Terkait:  Cara Menanam Bunga Krisan

Tips Merawat Tanaman Kaktus

Ada beberapa hal yang harus diperharikan dalam perawatan kaktus koboi agar selalu sehat. Berikut ulasannya :

1. Memilih Media Pot Berlubang

Ketika Kamu ingin menanam tanaman kaktus koboi, sebaiknya pilih pot dnegan lubang drainase di bawahnya. Tujuannya untuk melancarkan drainase atau pembuangan air. Dengan begitu, kelembaban tanaman kaktus tetap terjaga. Di samping itu, hal ini juga bisa menyesuaikan temperatur di luar maupun di dalam pot.

2. Memakai Pot Berbahan Tembikar Supaya Dapat Menyerap Sisa Air

Kamu juga bisa menggunakan pot berbahan tembikar supaya dapat menyerap sisa air, karena sisa air ini bisa mengakibatkan terjadinya pembusukan.

3. Mengatur Kadar Air

Untuk penyiraman tanaman kaktus koboi, Kamu bisa menyiramnya 2 minggu sekali supaya tak terjadi pembusukan pada ujung pohon. Selain itu, kaktus adalah sejenis tanamna yang biasanya tahan dalam kondisi kering. Apabila kaktus koboi ditanam pada iklim basah, dengan begitu Kamu bisa melakukan penyiraman sejarang mungkin supaya tak menimbulkan dehidrasi pada tanaman.

Pakai media tanam berupa pasir supaya tekstur ruang kaktus tak terlalu padat serta rangkap. Selain itu, sebaiknya hindari suhu yang lembab. Karena suhu terlalu lembab biasanya dapat berpengaruh pada pertumbuhannya. Temperatur rendah bisa memicu proses pembusukkan kaktus. Selain itu, lambat laun bisa mati. Jadi pastikan tanaman ini ada di tempat kering supaya tetap sehat.

Ya, itulah panduan cara merawat kaktus koboi dengan benar agar tumbuh dengan baik. Kaktus koboi memang termasuk jenis kaktus terpopuler dibandingkan jenis-jenis tanaman kaktus lainnya. Biasanya bentuk awal dari kaktu skoboi mini dapat Kamu tempatkan di dalam pot yang ukuran diameternya berukuran 20 cm.

Apabila tumbuh besar, tinggal dipindahkan saja ke area taman di lingkungan rumah. Selain itu, dalam merawat kaktus koboi ini, pastikan Kamu tidak menempatkan kaktus ini di tempat yang mudah dijangkau anak-anak.

Related posts