Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Metode pembayaran COD disukai oleh banyak pelanggan. Sehingga ketersediaan fitur COD di marketplace menjadi hal yang menguntungkan mereka. Meski demikian, ada pula pihak penjual yang mencaritahu cara menonaktifkan COD di Shopee.

Hal tersebut dikarenakan cukup banyaknya pembeli yang kurang paham mengenai metode belanja online dengan COD. Sehingga bagi pihak penjual, fitur ini dirasa dapat merugikan. Oleh karena itu, beberapa penjual menonaktifkan COD.

Apa itu Layanan COD?

COD (Cash on Delivery) adalah metode pembayaran pada jual beli online yang dilakukan saat pembeli menerima barang pesanan. COD dikenal juga sebagai bayar di tempat. Dengan metode COD, pembeli baru melakukan pembayaran ketika barang diantarkan ke lokasi.

Mengingat banyak peminatnya, sejumlah marketplace online mulai menyediakan fitur COD. Salah satunya ialah Shopee. Fitur COD di Shopee telah aktif secara default bagi setiap penjual.

Meski demikian, penjual dapat menonaktifkannya jika tidak setuju untuk menyediakan layanan bayar di tempat. Biasanya penjual memilih untuk menonaktifkan fitur ini karena dirasa merugikan. Contohnya karena penjualan gagal setelah melakukan pengiriman barang.

Salah satu kekurangan dari sistem COD ialah risiko pembatalan pesanan, yang mana dapat sangat merugikan penjual. Pasalnya, pembeli dapat meminta barang yang diinginkan untuk diantar tanpa melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Pelanggan dapat mengurungkan transaksi jual beli saat melihat barang kurang memenuhi ekspektasi atau berbeda dari foto. Sementara pihak penjual telah mengeluarkan biaya untuk pengiriman hingga ke lokasi pembeli. Inilah mengapa COD bisa merugikan bagi pihak penjual.

Namun, penjual tidak perlu khawatir karena layanan COD dapat dinonaktifkan. Penjual juga bisa mengaktfkannya kembali di kemudian hari jika ingin menyediakan layanan tersebut. Penonaktifan COD dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee maupun melalui Shopee Seller Centre.

Terkait:  Cara Melunasi Shopee Paylater Sekaligus

Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Cara Menonaktifkan COD di Shopee
Cara Menonaktifkan COD di Shopee
  • Pertama-tama, buka aplikasi Shopee di ponselmu
  • Pilih menu Saya yang terletak pada bagian kanan bawah halaman
  • Selanjutnya, pilih Toko Saya pada sudut kiri atas
  • Pada halaman tokok, tap opsi Jasa Kirim Saya
  • Tap toggle di samping opsi Aktifkan COD

Cara Menonaktifkan COD Shopee lewat Desktop

Kamu juga bisa menonaktifkan melalui desktop atau menggunakan browser pada laptop. Berikut caranya:

  • Buka browser pada perangkat kamu
  • Kunjungi Shopee Seller Centre dengan memasukkan alamat berikut https://seller.shopee.co.id/
  • Login ke akun Shopee milikmu
  • Klik menu Pengaturan yang terletak pada sebelah kiri
  • Lihat opsi pada bagian kanan halaman, hapus centang dari kotak COD

Sistem COD Shopee

Sistem COD Shopee tidak jauh berbeda dengan sistem COD pada marketplace lain. Dengan layanan COD, pembeli baru membayar saat kurir mengantar barang pesanan.

Dari segi kenyamanan pelanggan, COD memang mendapat banyak sambutan. Sehingga tidak jarang pelanggan sengaja memilih toko yang menyediakan layanan ini.

Namun, sistem pembayaran yang satu ini terbilang baru bagi penjual, terutama bagi penjual yang baru terjun ke bisnis online. Cukup banyak yang masih bingung bagaimana proses pembayaran akan sampai ke penjual.

Ada pula penjual yang ragu menerapkan sistem COD karena takut banyak pembeli yang membatalkan transaksi setelah pengiriman. Namun, sebenarnya sistem COD tidak serumit yang kita duga. Selain itu, pihak Shopee juga membuat ketentuan tertentu untuk memastikan penjual maupun pembeli sama-sama mendapatkan keuntungan.

Ketentuan sistem COD Shopee antara lain:

  • Tidak ada minimal pembelan untuk metode COD, dengan maksimal pembelian Rp.5.000.000,- per pesanan
  • Tidak ada biaya yang dikenakan ke penjuan untuk metode COD
  • Terdapat biaya penanganan yang berlaku untuk semua pengguna Shopee, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Pesanan COD pertama hingga ketiga berlaku biaya penanganan sebesar 10%
  • Pesanan COD keempat dan seterusnya, terdapat biaya penanganan sebesar 4% yang berlaku pada pelanggan
  • Pengguna yang teridentifikasi sebagai dropshipper berdasarkan fitur dropship maupun karena melakukan transaksi COD ke lebih dari 3 alamat, maka berlaku biaya penanganan sebesar 10%
  • Penjual yang memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, pada seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan 10%
  • Pembeli wajib melakukan pembayaran tunai ke kurir sebelum menerima paket
  • Apabila pembeli pernah membatalkan 2 kali pesanan dalam kurun waktu 60 hari, maka layanan COD akan dinonaktifkan secara otomatis untuk sementara
Terkait:  Cara Mengisi ShopeePay Lewat DANA

Keuntungan dan Kekurangan COD bagi Penjual

Menerapkan layanan COD di Shopee memberikan berbagai keuntungan bagi penjual, di antaranya:

  • Meningkatkan omset penjualan

Lebih dari 40% pengguna Shopee menyukai metode pembayaran COD berkat kemudahan yang ditawarkan. Sehingga mengaktifkan fitur COD di toko dapat meningkatkan penjualan.

  • Menarik pembeli yang tidak punya rekening

Bagi pembeli yang tinggal di daerah yang jauh dari bank atau ATM, metode COD lebih disukai karena tidak mengharuskan transfer dana.

  • Meningkatkan popularitas toko

Hanya toko tertentu yang menyediakan layanan COD di Shopee. Sehingga pembeli yang menyukai metode ini akan menginat toko dengan COD.

  • Pengembalian barang gratis

Apabila pembeli tidak menerima barang, penjual tidak akan menanggung biaya pengembalian. Kecuali jika barang ditolak akibat adanya kecacatan atau tidak sesuai.

Sedangkan kekurangan COD bagi penjual yaitu:

  • Pembeli tidak berada di tempat/alamat pengiriman

Apabila pembeli tidak berada di tempat ketika kurir mengantarkan barang, maka proses pembayaran akan terhambat. Kurir biasanya akan megnhubungi pembeli atau kembali lagi di hari berikutnya.

  • Memerlukan lebih banyak waktu dan tenaga

Metode menyita lebih banyak waktu dan tenaga bagi penjual dibandingkan metode pembayaran lain. Terkadang, pekerjaan yang dilakukan menjadi sia-sia jika pembeli menolak menerima barang.

  • Mengurangi stok produk

Menerapkan sistem COD akan mengurangi jumlah stok barang yang tersedia. Pasalnya setiap pembeli memesan, maka barang akan langsung dikirimkan.

FAQ tentang COD Shopee

  • Bagaimana pembayaran COD sampai ke penjual?

Sebagaimana telah dijelaskan, bahwa pada metode COD pembeli akan membayarkan barang kepada kurir yang mengantarkan. Setelah pembeli mengangap pesanan lengkap sesuai yang dikehendaki, maka ia akan mengkonfirmasi pada aplikasi Shopee dengan klik Pesanan Diterima.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Email Gmail

Setelah itu, Shopee akan secara otomatis meneruskan pembayaran ke saldo penjual. Jika pembeli tidak melakukan klik pada Pesanan Diterima, maka pengiriman pembayaran ke saldo penjual akan tertunda selama tujuh hari sejak barang sampai di alamat pembeli.

  • Apakah ada kriteria penjual COD Shopee?

Ya. Tidak semua penjual dapat mengaktifkan fitur COD di Shopee. Kriteria pengaktifan COD berdasarkan performa toko terhadap tingkat penolakan pesanan COD di Shopee.

Apabila pesanan COD mendapat penolakan tinggi selama 30 hari terakhir, maka Shopee akan memberi peringatan. Kemudian jika toko/penjual mengabaikan peringatan tersebut dan tidak melakukan tindakan untuk memperbaiki dalam waktu 30 hari, maka Shopee akan menonaktfikan fitur COD.

Itulah cara menonaktifkan COD Shopee serta hal yang perlu diketahui mengenai COD. Sebagaimana metode transaksi lain, sistem COD memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri. Jika kamu masih ragu menggunakannya, maka fitur COD bisa dinonaktifkan dulu.

Related posts