Cara Hutang Pulsa Smartfren

Semua orang termasuk kamu pasti ingin mencari provider telekomunikasi terbaik kan? Untuk saat ini, ada Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Smartfren dan beberapa operator lainnya. JIka melihat pada kemampuan jaringan dan pangsa pasar tentu Telkomsel sebagai perusahaan plat merah masih jadi yang pertama. Tapi belakangan ini beberapa operator juga sudah mulai berbenah, termasuk Smartfren yang kini semakin lengkap dengan layanan-layanan terbaiknya. Selain paket internetnya yang enteng di kantong, salah satu layang yang paling diincar dari penyedia jasa ini adalah cara hutang pulsa Smartfren.

Cara Hutang Pulsa Smartfren

Cara Hutang Pulsa Smartfren
Cara Hutang Pulsa Smartfren

Untuk kamu yang belum tahu, Smartfren dulunya punya nama “Fren” saat pertama kali kemunculannya. Dulunya, operator telekomunikasi ini berdiri di bawah perusahaan PT Mobile-8 Telecom Tbk besutan Hary Tanosoedibjo. Seiring waktu, Fren berevolusi menjadi Smartfren namun tetap fokus pada jaringan berbasis CDMA yang pada waktu itu masih belum terlalu mainstream di Indonesia.

Kemudian datang era kasus penggelapan pajak PT Mobile-8 Telecom Tbk yang heboh medio 2015 lalu. Pada saat itu, Smartfren akhirnya lompat keluar dan berdiri sendiri di bawah PT Smartfren Telecom Tbk. Kasus tersebut masih mangkrak di Kejaksaan tapi Smartfren berhasil keluar dari jurang nama yang tidak baik dan terus menjadi salah satu penyedia layanan telekomunikasi dengan pengguna paling banyak di Indonesia.

Ada banyak sentimen yang mengatakan bahwa Smartfren sangat pintar dalam mengepak jenis paketan internet dan realisasinya di lapangan juga tergolong sangat baik. Tapi tahukah kamu kelengkapan layanan pada Smartfren juga menyentuh hal-hal superfisial seperti cara hutang pulsa smartfren? Kedengarannya aneh memang, tapi terkadang kamu dapat saja berada di posisi yang tidak bisa untuk mengisi pulsa dan opsi meminjam pulsa dari operator adalah salah satu jalan keluar tercepat.

Syarat Hutang Pulsa Smartfren

Mengingat statusnya yang merupakan hutang, tentu wajar dong kalau Smartfren perlu menerapkan beberapa ketentuan sebelum mengumbar opsi pinjam-pinjam pulsa pada penggunanya. Ibaratnya begini, kamu pasti tidak ingin untuk meminjamkan hutang ke teman yang kamu tahu tidak akan membayar hutangnya. Nah begitu juga dengan Smartfren yang menyiapkan sederet prasyarat untuk mengindari potensi penipuan yang dapat merugikan perusahaan.

Kamu tidak perlu takut karena syarat hutang pulsa Smartfren ini sangat masuk akal dan tidak memberatkan. Berikut list lengkapnya:

  1. Kartu Smarfren yang ingin pinjam pulsa harus merupakan kartu jenis prabayar.
  2. Pemilik kartu Smartfren ini juga harus telah mendaftarkan kartunya sesuai dengan aturan yang berlaku.
  3. Kartu Smartfren harus telah menggunakan minimal Rp10.000 sampai dengan Rp30.000 selama periode enam bulan terakhir.
  4. Kartu Smarfren harus aktif selama waktu 90 hari terakhir.
  5. Pengguna Smartfren juga harus tidak pernah masuk masa tenggang sebanyak tiga kali selama setahun terakhir penggunaan.
  6. Pelanggan harus sudah pernah menggunakan semua layanan telfon, SMS dan paket data dari Smarfren.
  7. Pulsa yang sudah pernah dipinjam ke pihak Smartfren pada kesempatan sebelumnya harus sudah dibayarkan.

Berbeda dengan aturan hutang kuota Smartfren, kamu sebagai pengguna harus dapat mematuhi ketujuh ketentuan di atas untuk dapat mengaplikasikan cara hutang pulsa Smartfren berikut ini.

Untuk kamu yang penasaran apakah kartu Smartfren kamu eligible untuk pinjam pulsa, kamu bisa langsung melakukan pengecekan dengan mengirimkan SMS berisi INFO kirim ke 505.

Cara Hutang Pulsa Smartfren via SMS

Kalau kebetulan kamu sudah memenuhi semua persyaratan di atas, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah langsung melakukan request pulsa darurat ke Smarfren. Tapi ya, agak sedikit mengecewakan tentunya melihat provider dengan kaliber Smartfren hanya menyediakan sms sebagai kanal pinjam pulsa. Padahal, beberapa operator lain telah menggunakan aplikasi native, kode UMB dan masih banyak lagi.

Ah tapi terlepas dari itu, kebutuhan darurat mesti segera ditangani. Dan berikut kiat pinjam pulsa darurat dari Smartfren via SMS.

  • Ambil smartphone kamu dan buka aplikasi layanan pesan pendek (SMS)
  • Pilih opsi pesan baru dan di kolom nomor tujuan masukkan 505.
  • Selanjutnya, dalam kolom pesan ketik PULSA dan kirim.
  • Setelah proses permintaan kamu diterima, kamu akan menerima pesan dari Smartfren yang akan menjelaskan jumlah pulsa darurat beserta besaran yang akan perlu kamu bayarkan nantinya.
  • Kalau kamu setuju dengan aturan tersebut balas sms tadi dengan mengetikkan Y
  • Tunggu beberapa menit dan jika sudah selesai, kamu akan mendapatkan sms yang mengonfirmasi prosedur ini telah selesai.

Layaknya cara cek nomor smartfren yang mudah dan lugas, cara hutang pulsa smartfren juga sangat mudah diikuti. Tapi jangan lupa juga bahwa nilai pulsa yang kamu dapatkan bukanlah jumlah yang akan kamu bayarkan nantinya saat mengisi pulsa. Contohnya, jika kamu mendapatkan pinjaman pulsa sebesar Rp8.000 dari Smartfren maka kamu harus membayar sebesar Rp11.200 karena adanya biaya jasa. Nah gimana? Mending isi pulsa aja kan ya?

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.