Cara Cek Nomor Smartfren

Bagaimana cara cek nomor Smartfren? Ya, Smartfren bisa dikatakan sebagai perusahaan telekomunikasi seluler yang telah mempunyai jam terbang cukup tinggi. Sama halnya dengan provider lainnya, Smartfren juga menyediakan berbagai macam layanan untuk para penggunanya demi mempermudah akses komunikasi pengguna Smartfren.

SIM Card yang diluncurkan oleh seluruh operator, tidak terkecuali Smartfren, biasanya terdiri atas sekumpulan angka-angka berbeda yang jumlah maksimalnya sebanyak 13 angka. Diantara kartu SIM tersebut ada yang berbentuk serangkaian nomor/angka cantik, ada pula yang terdiri atas seragkaian angka acak. Bagi pengguna nomor cantik sendiri biasanya lebih mudah diingat jika dibandingkan dengan nomor acak.

Untuk mempermudahmu yang kerap lupa dengan nomor Hpmu sendiri, Smartren telah menyediakan berbagai macam cara mudah demi mengatasi hal tersebut. Kamu juga dapat memakai salah satu dari kumpulan cara cek nomor Smartfren untuk dicoba. Hal tersebut akan sangat membantumu, bila sewaktu-waktu Kamu sedang benar-benar urgent memerlukan nomor Hp Smartfren yang Kamu gunakan segera.

Guna mengetahui nomor Smarfren yang Kamu pakai, ada beberapa cara yang harus Kamu ketahui. Sebab bukan tak mungkin bila setiap waktu dan setiap saat Kamu pastinya akan memerlukan nomor Hp tersebut, khususnya ketika melakukan pengisian kuota dan pulsa. Baiklah, langsung saja simak ulasan cara cek nomor smartfren paling akurat di bawah ini!

Cara Cek Nomor Smartfren

Cara Cek Nomor Smartfren
Cek Nomor Smartfren | Img: Freepik.com

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Panggilan Dial Up

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan jika ingin mengetahui nomor Smartfren yang Kamu gunakan ialah dengan menggunakan metode dial up. Sebenarnya cara ini lebih mudah diterapkan, sebab Kamu hanya perlu mengetikkan kode dial up tertentu di ponselmu. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Silahkan buka menu panggilan di ponselmu.
  2. Lalu tekan kode USSD di *995# lalu tekan call atau ok.
  3. Tunggu beberapa lama sampai muncul menu pop up, dan Kamu bisa pilih “INFO” lalu tekan send atau Ok.
  4. Tunggu beberapa saat, selanjutnya Kamu akan ditampilkan nomor Hp Smartfren yang Kamu gunakan beserta informasi mengenai layanan Smartfren lainnya.

Cara Cek Nomor Smartfren Menggunakan Aplikasi My Smartfren

Provider Smartfren juga telah menyediakan layanan digital untuk para pelanggannya, berbentuk aplikasi My Smartfren yang bisa diunduh di Hpmu secara langsung.

Melalui aplikasi ini, Kamu bisa melakukan pengecekan pulsa, melakukan transaksi pembelian pulsa, cek kuota, cek nomor, dan paket data.

Akan tetapi, sebelum Kamu bisa memakai aplikasi ini, Kamu harus melakukan pendaftaran data diri dan nomor Smartfrenmu terlebih dahulu.

Kelebihan cara cek nomor Smartfren via aplikasi My Smartfren sebenarnya sangat praktis, karena Kamu tidak perlu menghafal kode dial up untuk melakukannya.

Hanya saja kekurangannya, Kamu memerlukan kuota internet dari nomor Smartfren yang akan dicek dan harus mengunduh serta melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Jadi, tidak cocok bagi Kamu yang tidak mendaftarkan nomor Hpmu terlebih dahulu. Namun bagi yang baru membeli kartu perdana Smartfren, tentu Kamu wajib menggunakan cara ini. Adapun panduannya ialah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama silahkan download My Smartfren langsung di App Store bagi pengguna iPhone/iOS atau Google Play Store bagi pengguna android.
  2. Setelah itu, lakukan pendaftaran atau langsung sign in memakai alamat email, buat password dan nomor Hp Smartfren yang Kamu gunakan.
  3. Jika sudah ikuti petunjuk selanjutnya yang tersedia di aplikasi, seperti kode token verifikasi, aktivasi email, dan lain sebagainya.
  4. Jika pendaftaran sudah sukses dilakukan, Kamu akan langsung dikirimkan pemberitahuan dan dapat memakai aplikasi My Smartfren secara langsung untuk bisa mengakses semua layanan terkait kartu SIM Smartfren yang Kamu gunakan.
  5. Setelah itu, silahkan login memakai nomor Hp atau email dan password yang sudah Kamu buat sebelumnya.
  6. Jika udah berhasil login, di halaman utama aplikasi, Kamu akan langsung melihat nomor Smartfrenmu tertera di aplikasi tersebut.

Bagaimana, panduan cara cek nomor Smartfren di atas sangat mudah kan?

Cara Cek Nomor Smartfren Dengan Bantuan Operator

Selain panduan cara cek nomor Smartfren di atas, Kamu juga dapat mengecek nomor Smartfrenmu menggunakan layanan operator.

Dalam layanan ini, Kamu dapat memperoleh informasi tentang SIM Card yang Kamu gunakan, termasuk informasi mengenai nomor kartu Smartfren. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Langkah awal yang harus Kamu ikuti ialah dengan masuk ke opsi panggilan di Hpmu.
  2. Jika sudah, silahkan langsung hubungi 995 menggunakan nomor Hp Smartfrenmu. Dari sini, Kamu akan langsung dilayani staf CS. Kamu pun bisa langsung menanyakan tentang informasi kartu Smartfrenmu.
  3. Tidak hanya menggunakan nomor di atas saja, Kamu juga dapat menghubungi layanan call center langsung di 500.

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Website

Selain menggunakan aplikasi, Kamu juga bisa melakukan cara cek nomor Smartfren menggunakan website resmi dari My Smartfren.

Sama seperti pada aplikasi My Smartfren, Kamu juga harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika sudah melakukan pendaftaran, silahkan ikuti panduan caranya di bawah ini :

  1. Silahkan buka web browser yang Kamu pakai di Hpmu terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silahkan kunjungi alamat web di https://my.smartfren.com/.
  3. Setelah itu, langsung login memakai username serta password yang sudah Kamu buat di akun Smartfren sebelumnya.
  4. Jika Kamu belum mempunyai akun Smartfren, lakukan registrasi terlbeih dahulu. Caranya cukup masuk ke pilihan “Daftar”. Kemudian isi data diri lengkap dan ikuti semua petunjuk yang tersedia.
  5. Setelah selesai mendaftar, selanjutnya Kamu bisa login. Sesudah login Kamu akan ditampilkan berbagai macam informasi terkait nomor Smartfren yang Kamu gunakan. Tidak terkecuali informasi tentang sisa pulsa Smartfrenmu.

Kamu bisa memilih cara cek nomor Smartfren di atas yang paling mudah untuk mendapatkan informasi nomor Smartfren dengan cepat.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren

Setelah mengetahui nomor Smartfrenmu sendiri, jika Kamu ingin melakukan pengecekan masa aktif kartu Smartfren juga sangat mudah dilakukan. Berikut ini :

1. Cek Masa Aktif Kartu Smartfren dengan USSD Dial Code

Cara yang dapat dilakukan pertama kali ialah dengan metode USSD dial code, sama seperti cara cek nomor Smartfren di atas. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan ketikkan kode *999# di menu panggilan Hp-mu, lalu tekan call atau Ok.
  • Selanjutnya tunggu beberapa lama, sampai muncul menu pop up notifikasi yang berisi jumlah pulsa, nomor telepon serta masa aktif kartu Smartfrenmu.

2. Cek Masa Aktif Kartu Smartfren Melalui Layanan Line Telepon

Cara cek masa aktif kartu Smartfren yang bisa Kamu lakukan lainnya ialah dengan menggunakan layanan line telepon. Adapun caranya sebagai berikut :

– Silahkan buka menu  panggilan, lalu tekan nomor 999 dan tekan call atau Ok.
– 
Ikuti semua petunjuk yang tersedia oleh operator sampai Kamu bisa mengecek sisa pulsa beserta masa aktif Smarfren yang Kamu gunakan. Adapun langkah pengecekan pulsa beserta masa aktif yang bisa Kamu lakukan ialah cukup dengan menekan nomor 1.

Itulah 2 pilihan cara cek masa aktif kartu Smartfren mudah dan cepat untuk mengetahui masa penggunaan kartu Smartfrenmu. Sehingga Kamu bisa melakukan pengisian ulang pulsa jika masa aktifnya sudah mau habis,

Demikian ulasan mengenai cara cek nomor Smartfren dan masa aktif kartu yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019