Cara Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar adalah sejenis bunga yang sangat populer. Bunga ini biasanya diberikan kepada orang tersayang, berbentuk buket bunga atau hadiah kelulusan. Tak hanya sebagai hadiah saja, bunga mawar juga sangat indah jika dijadikan sebagai tanaman hias. Mawar juga mempunyai warna bunga cerah dan bervariasi untuk meningkatkan nuansa baru di halaman rumah. Namun, bagaimana sebenarnya cara merawat bunga mawar?

Mengenal Karakteristik Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan sejneis tanaman semak yang berasal dari spesies Rosa yang akhirnya berubah namanya menjadi rose. Mawar mempunyai 100 spesies lebih di dunia dan biasanya tumbuh lebih banyak di belahan bumi utara dengan suhu udara yang lebih sejuk.

Read More

Namun sebelum terkenal sebagai tanaman primadona, mawar awalnya sebagai tanaman semak dan tumbuh liar di kawasan hutan yang mempunyai duri pada bagian batangnya sebagai ciri khasnya. Selain itu, termasuk tanaman memanjat dengan ukuan normal 2-5 meter. Di samping memiliki keindahan pada bunganya, mawar juga populer karena aromanya sangat khas. Karena itu, mawar sering dijadikan sebagai ekstrak untuk produk pewangi.

Bunga mawar bisa tumbuh subur hingga di beberapa daerah yang beriklim sedang, walaupun ada jenis lainnya yang dapat tumbuh di kawasan beriklim tropis dan subtrobis. Biasanya pertumbuhan bunga mawar bisa disesuaikan tergantung dari cara merawat bunga mawar itu sendiri. Jika Kamu pencinta bunga mawar yang masih pemula, bisa mengikuti panduan merawat bunga mawar dengan benar di bawah ini.

Terkait:  Cara Merawat Dompet Kulit

Cara Merawat Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Mawar
Merawat Bunga Mawar

Tutorial Merawat Bunga Mawar

Dalam cara merawat bunga mawar, ada beberapa langkah yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Memilih Tanah dan Pot dengan Tepat

Langkah pertama ialah memilih pot serta tanah yang ideal. Kamu bisa memilih pot berbahan dasar tanah liat yang digunakan untuk bunga mawar. Pot tanah liat ini pasalnya mempunyai banyak pori sebagai tempat air mengalir keluar serta membuat akar pada tanaman tak membusuk.

Bunga mawar bisa saja kurang subur apabila ditanam menggunakan media yang kering atau terlalu bergembur, jadi Kamu harus memastikan tanah yang dipakai cukup normal.

2. Menyiram Tanaman dengan Rutin

Cara merawat bunga mawar selanjutnya ialah menyiram bunga mawar lewat tanah, karena daun dan bunga mawar rentan mengalami kekeringan. Kamu bisa melakukan penyiraman secara rutin sekali sehari di musim penghujan serta 2 kali sehari di pagi serta sore hari saat musim kemarau.

Selain itu, Kamu tak perlu melakukan penyiraman tanaman tersebut saat hujan lebat yang durasinya panjang. Tinggal lakukan pembilasan pada daunnya saja menggunakan semprotan air supaya teksturnya tidak mengalami kerusakan.

3. Melakukan Pemangkasan dengan Rutin

Kamu juga harus memeriksa daun maupun rantingnya dengan rutin supaya tak ada bagian yang busuk menempel di bagian badan tanaman. Lakukan pemangkasan apabila Kamu melihat ada yang membusuk atau mengering. Selain itu, hindari memotong tanaman dengan pola menyerong atau diagonal. Silahkan cek secara rutin serta potong bagian tanaman yang mengering atau busik dengan lurus memakai gunting.

4. Memberikan Penyinaran yang Cukup

Bunga mawar termasuk salah satu tanaman yang memerlukan kecukupan cahaya matahari untuk fotosintesis tumbuhan. Asupan matahari yang cukup bisa melancarkan proses fotosintesis pada mawar untuk memproduksi zat makanan. Kamu bisa menjemur mawar pada pagi hari jam 10 pagi sebab dianggap cukup efektif dengan paparan cahaya matahari yang tak begitu terik.

Terkait:  Cara Merawat Monstera

Namun jika tak mau ribet memindahkan setiap pot mawar, Kamu bisa memakai jaring-jaring pada bagian atas tanaman untuk menghindari terlalu banyak penyinaran pada bunga mawar. Meskipun membutuhkan penyinaran yang cukup, sebaiknya pastikan tidak terlalu berlebihan, karena bisa membuat mawar menjadi layu dan kering.

5. Berikan Pupuk

Pupuk adalah nutrisi penting bagi tanaman. Dengan memberikan pupuk yang cocok bisa membuat mawar tumbuh lebih subur. Pemberian pupuk pada bunga mawar bisa berfungsi sebagai nutrisi agar bunga mawar tumbuh subur, sebab di dalamnya terdapat kandungan nitrogen, fosfor atau phosporus, serta kalium atau NPK yang baik bagi tanaman.

Pastikan pemberian pupuk yang Kamu lakukan harus secara konsisten meskipun selama siklus pemekaran. Pemberian pupuk ini dapat mengantisipasi media pada tanaman yang kurang unsur hara guna memenuhi kebutuhan nutrisi pada bunga mawar.

6. Mengatasi Serangan Gulma dan Hama

Bunga mawar pun bisa diserang oleh gulma dan serangga. Inilah sebabnya Kamu harus tetap memperhatikan kebersihannya. Kehadiran gulma maupun tanamna liar dan serangga di area sekitar tanaman mawar bisa mengganggu pertumbuhannya. Ini bisa saja terjadi mengingat gulma dapat menyerap nutrisi yang baik pada bunga mawar. Sementara hewan hama atau serangga bisa merusak struktur pada tanaman dengan memakannya seperti kutu daun, siput dan tungau.

Kamu juga dapat membersihkan gulma dan hama tersebut dengan cara rutin, seperti sebelum pemberian pupuk atau ketika rutin menyiramnya. Di samping dapat mengganggu pemandangan, gulma dan hama juga bisa menghalangi kesuburan pada tanaman mawar sehingga sulit berbunga.

7. Memeriksa Penyakit

Cara merawat bunga mawar selanjutnya, ketahui penyakit yang bisa menyerang bunga mawar. Karena tanaman ini juga tak luput dari penyakit yang dapat menghambat pertumbuhanya, serta dpaat membuat tanaman mati. Umumnya serangan penyakit yang terjadi pada bunga mawar dapat disebabkan oleh jamur, bakteri maupun yang lainnya yang dapat merusak bagian-bagian pada tumbuhan dengan perlahan.

Terkait:  cara menanam bunga mawar

Inilah sebabnya Kamu harus mengecek kondisi tanamna dari beberapa gejala penyakit tertentu yang dapat menyerang. Berikut ini, ada beberapa penyakit yang dapat menyerang tanaman bunga mawar, diantaranya :

  • Bagian bunga yang busuk.
  • Munculnya bercak berwarna hitam pada daun.
  • Terdapat jamur upas muncul di batangnya.
  • Bercak jamur pada bagian daun.
  • Bintik oranye kemerahan dan kerat daun pada bagian bawah daun.
  • Membengkaknya pangkal batang pada bunga mawar.
  • Terdapat belang-belang atau mosaik karena virus pada serangga atau hama.

Merawat Bunga Mawar Satu Tangkai

Selain cara merawat bunga mawar yang ada di pot atau ditanam di media tanah langsung, Kamu juga harus melakukan perawatan bunga mawar satu tangkai yang biasanya disimpan untuk penghias ruangan. Berikut ada beberapa langkah perawatan bunga mawar satu tangkai, diantaranya :

1. Merendam Bunga dengan Air

Apabila Kamu ingin menjadikan bunga mawar satu tangkai untuk hiasan di dalam ruangan, maka Kamu perlu merendam bunga tersebut di dalam air. Sesudah Kamu memotong bunga mawar dari batangnya, harus langsung direndam pada air supaya bunga mawar bisa awet lebih lama dan tetap segar. Kamu bisa memakai vas bunga untuk mempercantik penampilan pada tanaman hias ini.

2. Memangkas Daun

Di samping meredam bagian tangkainya, Kamu juga harus memangkas daun-daun pada bunga mawar untuk meminimalisir tingkat penguapan tanaman hias. Pemangkasan daun pada bunga mawar sesudah dipetik bisa menghindarkan tanaman ini dari bakteri yang tumbuh di dalam air serta menghindari terjadinya pembusukan.

3. Potong Batang Bunga Mawar

Tak hanya memotong bagian daunnya, Kamu juga harus memotong tangkai atau batang bunga mawar dengan ukuran sekitar 2 cm. Dengan memotong bagian batangnya bisa membuat mawar segarnya lebih awet dan tahan lama. Selain itu, memoton batangnya juga tak boleh dilakukan sembarangan. Kamu bisa memotongnya melalui pola menyerong untuk mempermudah tanaman tersebut menyerap air secara maksimal.

Nah,itulah ada beberapa langkah cara merawat bunga mawar baik dengan media pot/tanah maupun pada media vas bunga. Semoga bermanfaat!

 

Related posts