Cara Izin Hak Cipta Youtube

Hak cipta merupakan hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta sekaligus penerima hak. Bertujuan untuk memperbanyak atau mengumumkan ciptaannya atau untuk memberikan izin tanpa mengurangi beberapa pembatasan berdasarkan peraturan yang berlaku. Bagaimana cara izin hak cipta Youtube?

Sebagian orang mungkin beranggapan jika hak cipta memang tidak harus didaftarkan. Untuk seorang Youtuber yang telah menciptakan sebuah konten, dapat menyebarkan atau mengedarkan ciptaannya secara langsung ke khalayak umum. Namun jika ditengah-tengah ada klaim dari pihak lain atau timbul masalah hukum, Kamu tidak akan mempunyai pegangan kuat dalam melawan sidang di pengadilan.

Inilah yang membuat pentingnya pendaftaran hak cipta. Jika ingin mengurus pembuatan hak cipta yang dibuat untuk kontenmu, Kami akan membahas cara pembuatan hak cipta sekaligus cara izin hak cipta Youtube yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya!

Cara Pembuatan Hak Cipta

Untuk membuat hak cipta, ada beberapa langkah cara yang dapat dilakukan berikut ini :

1. Mengajukan Surat Permohonan

Pemegang kuasa atau pemilik hak cipta harus mengajukan permohonan ke pihak Direktorat Jenderal HAKI. Dimana surat permohonan ini ditulis memakai Bahasa Indonesia dengan rangkap dua.

Selain itu, surat permohonan disertai juga dengan hasil karya/cipta yang dipakai sebagai contoh. Seperti misalnya ciptaan berupa lagu. Kamu harus menyertkana sebanyak 10 buah berisi notasi dan syair.

2. Formulir Permohonan

Panduan pembuatan hak cipta selanjutnya di Youtube ialah pemohon harus melakukan pengisian formulir yang sudah disediakan oleh Direktorat Jenderal HAKI. Dimana formulir tersebut wajib disertai materi tertentu agar tidak termasuk terhutang pajak.

3. Menyertakan Identitas

Kamu harus menyertakan identitas diri berbentuk fotokopi KTP dari pemohon. Akan tetapi, jika hak cipta dibuat oleh sebuah perusahaan yang berbadan hukum, sudah pasti identitasnya juga harus disertakan ole akta legalitas, berbentuk akta perusahaan. Jika hak cipta tersebut dilakukan oleh pihak lain selain dari pemegang hak cipta, harus menyertakan fotokopi KTP maupun paspor pemegang kuasa beserta surat kuasanya.

4. Prosedur Pembayaran

Cara membuat hak cipta berikutnya ialah dnegan membayar proseshak cipta.hak cipta.

Itulah beberapa tahapan cara membuat hak cipta Youtube yang meskipun tidak wajib diurus, tapi penting sekali untuk dilakukan. Selain itu, prosedurnya cukup mudah dilakukan asalkan telah memenuhi syarat tertentu. Setelah terpenuhi, pihak Direktorat Jenderal HAKI pun akan menerima sekaligus mendata registrasi hak cipta.

Sebuah hak cipta akan selalu melekat otomatis kepada yang menciptakannya. Akan tetapi, supaya lebih aman dalam hal pengurusan kompersial, maka wajib sekali mengurus pembuatan hak cipta.

Cara Izin Hak Cipta Youtube

Cara Izin Hak Cipta Youtube
Izin Hak Cipta Youtube

Meminta Izin Hak Cipta Youtube Dengan Benar

Jika Kamu ingin mengupload ulang musik, video, maupun sejenisnya di platform Youtube bisa dianggap melakukan pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu, sebagai solusinya Kamu harus meminta izin hak cipta Youtube secara formal.

Ketika Kamu mendaftarkan diri sebagai pengguna akun Youtube, Kamu setuju hanya untuk membagikan konten sesuai hak publikasi yang Kamu miliki. Apabila Kamu memposting materi yang memiliki hak cipta dari pihak ketiga, atau video orang lain, maka Kamu diperbolehkan untuk melakukannya hanya apabila sudah meminta izin pemiliknya.

Agar menghindari terjadinya pelanggaran persyaratan layanan Youtube, sekaligus menghadapi terjadinya potensi pelangaran hukum, Kamu harus meminta perizinan hak cipta sebelum membagikan video tersebut. Simak panduan cara meminta izin hak cipta Youtube, diantaranya :

1. Hubungi Pemilik Konten Youtube

Silahkan temukan akun email atau kontak pemilik dari hak cipta Youtube tersebut. Pada situs web, biasanya terdapat menu “Hubungi Kami”. Apabila Kamu menemukan video/musik tersebut di web lain, mungkin Kamu bisa mengirimkan komentar pribadi atau berkirim pesan ke pemiliknya.

2. Melacak Pemilik Asli Konten

Cara izin hak cipta Youtube berikutnya, jika konten yang Kamu peroleh bukan dari pemilik kontennya langsung, sebaiknya lacak pemilik konten aslinya lebih dulu. Apabila berasal dari acara TV, band atau film, Kamu harus mencari informasi mengenai label atau kontak studi pemegang atau pembuat hak cipta.

3. Menulis Email Dengan Sopan

Meminta izin hak cipta Youtube berikutnya, silahkan tulis email, jelaskan secara rinci bahwa Kamu ingin mengunggah video ke channel Youtube milikmu berikut alasannya. Jika Kamu tidak mendapatkan penghasilan dari channel Youtube milikmu, jelaskan jika Kamu tidak akan menerima keuntungan apapun dari unggahan video tersebut, sebab ini menguntungkanmu.

4. Menyimpan Hasil Percakapan

Simpan apapun tanggapan yang Kamu terima, karena mungkin Kamu harus menunjukkannya di waktu yang akan datang agar dapat membuktikan jika pemilik hak cipta telah memberimu izin mempublikasikan video yang Kamu unggah tersebut.

Tips Meminta Izin Hak Cipta Youtube Lainnya

Cara izin hak cipta Youtube lainnya bisa Kamu terapkan. Langkah pertama, ialah tentukan terlebih dahulu siapa pemilik hak cipta kekayaan intelektual di Youtube lalu hubungi mereka.

Akan tetapi, persoalannya bukan hanya menghubungi label rekaman atau artis semata. Pada faktanya, ada 2 atau lebih yang memiliki hak cipta rekaman tertentu, hak lagu tertulis, beserta hak rekaman tertentu.

Oleh karena itu, jika Kamu ingin memakai musik di video yang Kamu unggah. Lacak pemilik musik dan hubungi mereka. Ini memang bagian paling menantang dalam mendapatkan izin. Namun, ada cara lebih simpel yang bisa Kamu coba yaitu dengan cara menghubungi perusahaan rekaman atau penerbit musik.

Kamu bisa menemukan kontak penerbit lewat lembaga hak pertunjukkan, sebab seluruh penulis lagu yang profesional sekaligus penerbit musik memang termasuk ke dalam organisasi tersebut. SESAC, BMI, atau ASCAP merupakan organisasi utama.

Jika Kamu tidak bisa menemukan pemilik hak cipta lewat organisasi tersebut, Kamu bisa menghubungi PRS (Perusahaan Lisensi Musik) untuk musik, mewakili penerbit, komposer, dan penerbit atau PPL untuk informasi mengenai rekaman yang dilisensikan.

Hubungi pihak pemilik hak cipta langsung adalah cara untuk meminta izin atas hak cipta Youtube dengan terhormat. Di samping kepada pemilik, Kamu juga perlu menghubungi seklaigus memastikan lembaga atau perusahaan yang ikut serta mempunyai hak cipta sebuah karya yang akan Kamu unggah ulang.

Tips Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Selain cara meminta izin hak cipta Youtube di atas, Kamu juga bisa mengupload video bebas hak cipta dengan langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama silahkan login Youtube, masuk ke “My Channel”, pilih “Saluran Saya”, pilih lagi “Pengelola Video” dan ketuk “dropdown” atau “edit video” lalu masuk ke “audio”.
  • Di bagian “edit” settingan video, tingga ketuk @hak cipta di samping kanan bagian atas.
  • Setelah itu, ketuk “Buang Lagu” dan ganti menggunakan lagu yang bebas hak cipta yang ditawarkan oleh Youtube lewat audio library. Hal tersebut bertujuan agar video yang diunggah bebas klaim atas hak cipta musik/audio yang terdapat pada video.
  • Kemudian tekan “Simpan” di pojok kanan bagian atas. Selesai.

Melalui cara upload video di atas, video yang Kamu unggah akan terbebas dari klaim hak cipta dan bisa dimonetisasi dengan memakai cara dapat uang dari Youtube.

Akan tetapi jika Kamu mengupload ulang video dengan hak cipta, bisa mencoba cara izin hak cipta Youtube sebelumnya. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019