Cara IG Music

Menambahkan musik ke Instagram Story adalah cara termudah untuk menambahkan sedikit bumbu humor, tampil beda, dan menyentuh perasaan. Fitur ini adalah salah satu dari banyak efek dan filter yang tersedia yang membuat platform Instagram menjadi sangat populer. Tetapi jika kamu mendapati diri kamu tidak dapat menambahkan musik ke Story Instagram kamu Рkatakanlah, karena stiker musik tidak tersedia Рkamu mungkin perlu tahu cara IG music dengan mendetil.

Cara IG Music

Cara IG Music
Cara Menggunakan Fitur IG Music

Facebook telah lebih dahulu menggunakan fitur music sebelum akhirnya mengimpor teknologi itu ke platform IG dengan IG Music. Keputusan ini disambut dengan meriah karena dengan tambahan musik, story IG menjadi lebih estetik dan trendy. Hal ini sangat berlaku untuk mereka yang punya IG Blog Pribadi dan ingin meningkatkan ketenaran sembari stay underrated tanpa akun bisnis.

Nah tapi sayangnya, tidak semua region di dunia telah kebagian fitur artistik ini. Negara kita, Indonesia, misalnya masih harus menunggu tersedianya fitur IG Music. Walhasil, beberapa pengguna IG mencari cara untuk menginjeksi musik dalam story mereka.

Cara Menggunakan Fitur IG Music

Kalau kamu kebetulan berada di region yang sudah dapat menikmati fitur IG Music, berikut adalah cara untuk mengetahui apakah kamu dapat menambahkan musik ke Story Instagram kamu. Perlu diingat bahwa semua langkah-langkah di bawah ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Instagram untuk perangkat iPhone dan Android.

Oh iya, sebelum menambahkan musik ke segala jenis postingan di Instagram, kamu juga harus membaca tentang kebijakan musik Instagram terlebih daulu. Done? Let’s go!

  1. Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon kamera di sudut kiri atas, atau ikon plus biru di gambar profil kamu.
  2. Rekam video, lalu ketuk ikon stiker yang tampak seperti wajah tersenyum berbentuk persegi dengan sudut tertekuk.
  3. Pada layar pop-up, kamu akan melihat stiker bertuliskan “MUSIC,” dengan bar musik yang bergerak kecil di sebelahnya. Atau, kamu juga dapat mengetik “music” di bilah pencarian.
  4. Instagram memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan kustomisasi font, warna lirik dan bagian lagu mana yang ingin dimasukkan.
  5. Setelah memilih semuanya, tekan “Done” di sisi kanan layar.
  6. Pilih lokasi lirik yang diinginkan dan…
  7. TADA! kamu berhasil mengaplikasikan cara IG Music dengan sempurna.

Nah, kalau Kamu tidak melihat opsi ini, kamu mungkin perlu baca lebih lanjut artikel ini, dan terpaksa harus mengikuti trik menambahkan musik ke Story Instagram secara manual yang akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Alasan Mengapa FItur IG Music Tidak Bisa Digunakan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, IG Music masih belum tersedia di seluruh dunia – termasuk Indonesia. Tapi kamu jangan sedih dulu dan langsung download story Instagram and cabut dari platform ini. Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa alasan mengapa Kamkamu mungkin tidak dapat menambahkan musik ke Instagram Story kamu, dan beberapa hal itu termasuk:

  • Kamu tinggal di negara di mana fitur IG Music tersebut tidak tersedia. Untuk saat ini, fitur ini telah diaktifkan Instagram pada lebih dari 90 negara, tetapi karena kepatuhan ketat Instagram terhadap undang-undang hak cipta, fitur ini terpaksa dinonaktifkan di beberapa negara.
  • Aplikasi Instagram kamu sudah usang. Untuk menyiasatinya, kamu mungkin hanya perlu memperbarui aplikasi kamu. Setelah selesai update, kamu bisa coba aplikasi cara IG Music ini.
  • Kamu mencoba untuk berbagi kampanye konten bermerek. Karena undang-undang hak cipta dan kebijakan periklanan Instagram, musik dan beberapa fitur lain seperti stiker dan emoji tidak diperbolehkan dalam iklan konten bermerek.

Perjanjian lisensi Instagram juga membatasi jumlah musik yang dapat kamu sertakan dalam live video, tetapi sejauh ini, tidak ada batasan untuk menambahkan musik ke Stories.

Cara Menambahkan Musik ke Story IG

Akan ada rasa kecewa tentunya ketika tahu bahwa Indonesia tidak masuk dalam 90 negara yang kebagian fitur Cara IG Music. Memang, Instagram masih menyediakan fitur mengganti font IG untuk tampil maksimal tapi tetap saja, IG Music jauh lebih prestisius.

Nah untuk kamu yang kekeuh ingin tambah musik ke dalam story IG meskipun tidak memiliki stiker ini, kamu masih bisa kok berekspresi dengan lantunan suara. Kuncinya adalah dengan memutar musik dari aplikasi pihak ketiga seperti Spotify atau Apple Music yang juga akan berfungsi dengan baik. Caranya?

  1. Buka aplikasi streaming musik, seperti Spotify atau Apple Music, di perangkat kamu.
  2. Mulai mainkan lagu yang ingin kamu gunakan.
  3. Dengan lagu yang masih diputar, kembali ke Instagram dan rekam Story kamu; musik yang diputar di ponsel kamu akan diintegrasikan secara eksternal. Tapi, kamu masih tidak dapat menambahkan sampul album yang dinamis atau lirik secara live.

Perlu juga diperhatikan bahwa jika kamu menambahkan musik dengan cara ini, Instagram kemungkinan besar akan memeriksa Story kamu untuk mengetahui apakah pelanggaran hak cipta terjadi. Dan jika terdeteksi, platform ini akan menghapus suara dari video kamu.

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.