Cara IG Blog Pribadi

Tingkat ketenaran seseorang di era modern mungkin masih bergantung dengan jumlah aset yang dimiliki. Tapi, sekarang standar baru dalam bentuk follower di social media juga jadi barometer ketenaran seseorang. Standar ini akhirnya mendorong banyak orang untuk mencari keuntungan dari sosial media termasuk Instagram. Namun tidak semua orang akhirnya mau untuk melompat ke hype train ini dan alih-alih mencari ketenangan dengan mengikuti cara IG blog pribadi.

Eits, tapi jangan tertipu dulu karena keputusan untuk merombak IG menjadi blog pribadi juga masih bisa menghasilkan uang. Meski tidak banyak, cara-cara yang efektif dalam mengelola akun IG ke ranah blog pribadi masih akan dapat mendulang penghasilan. Penasaran dengan caranya? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Cara IG Blog Pribadi

Cara IG Blog Pribadi
Cara Kelola Akun IG Blog Pribadi

Secara umum, Instagram menyediakan dua jenis akun yakni akun personal dan bisnis. Keduanya ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda, namun fitur Insight yang sangat intuitif untuk menambah follower telah memberikan dimensi baru untuk menjadi selebgram. Selain dapat mengecek stalker di IG, fitur ini juga memberikan gambaran yang vivid tentang pola aktif follower dan jenis post yang mendapatkan banyak perhatian. Walhasil, banyak pengguna akun IG blog pribadi yang akhirnya migrasi untuk mendapatkan kesempatan untuk menjadi the next big selebgram.

Nah sayangnya, Instagram masih belum melihat urgensi akan fitur ini di akun jenis personal. Menurut platform milik Facebook ini, akun IG blog pribadi lebih untuk kebutuhan dengan ruang lingkup eksposur yang lebih terinci jadi fitur semacam Insight tidak dibutuhkan.

Kiat Untung dengan IG Blog Pribadi: Caption Ringkas Padat dan Jelas

Memiliki caption Instagram yang efektif di setiap posting Instagram akan mendorong lebih banyak follower, like, view story, view IGTV, dll. Tapi, untuk urusan ide tentang cara memulai blog pribadi di IG, kamu jangan juga kebablasan dengan gaya cerita yang super panjang dan boring. Pastikan semua caption yang disiapkan telah cukup menarik.

Hal ini penting karena “umur” sebuah postingan Instagram baik itu berupa video, foto, IG Story, dll hanya akan bertahan antara 2 minggu hingga paling maksimal 4 minggu. Periode golden ini biasanya masih akan terus mendatangkan like dan komentar. Tapi, setelah rentang waktu ini, post tersebut biasanya akan surut dengan sendirinya.

Nah karena itulah, caption yang dibuat harus relevan dengan isu yang ada dan topik yang dibicarakan. Apalagi sebuah tren akan dapat terus berganti dalam waktu dekat. Karenanya, alih-alih membuat waktu kamu untuk menulis postingan blog yang panjang di caption IG, coba kreasikan delivery ide kamu dengan kreatif.

Kiat Untung dengan IG Blog Pribadi: Siapkan Strategi Marketing

Setelah punya kebiasaan yang baik dengan menulis caption yang lugas dan atraktif, trik dan cara selanjutnya untuk mendapatkan lebih banyak cuan dari IG adalah dengan menyiapkan strategi marketing. Tenang, kamu tidak harus siapkan A to Z layaknya sebuah perusaan kok.

Cara menerapkan strategi pemasaran di Instagram adalah dengan menciptakan ketergantungan postingan yang mendapatkan perhatian follower. Misalnya, postingan tentang jalan-jalan pagi dengan binatang peliharaan kamu dapat like yang cukup banyak, maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan episode kedua dari postingan tersebut. Tapi kali ini coba tambah twist misalnya dengan sarapan bubur atau menyiapkan lokasi lain untuk jalan-jalan pagi.

Dari sini, kamu bisa kembangkan lagi dengan postingan follow-up dari lokasi tadi atau malah jenis variasi jajanan untuk sarapan. Ingat postingan Instagram yang paling viral pun hanya akan bertahan selama 2 minggu sampai 4 minggu!

Kiat Untung dengan IG Blog Pribadi: Kombinasi dengan Pinterest

Tanpa bermigrasi ke akun bisnis, sulit untuk mendapatkan banyak follower di IG dalam waktu dekat. Bahkan cara IG blog pribadi ini tidak selamanya akan dapat hit tanpa pemilihan konsep personal blogging yang akurat. Nah untuk mengisi kekosongan informasi ini, berkolaborasi dengan Pinterest adalah shortcut terbaik.

Pinterest adalah platform unik yang secara khusus mengelompokkan minat seseorang sembari “mendorong” pengguna untuk memasukkan tautan ke seperti tautan posting Instagram, tautan postingan blog. Untuk meningkatkan jumlah impresi akun IG blog pribadi kamu, cobalah untuk mengambil beberapa foto dengan konsep interest yang cocok dan sambungkan dengan akun Pinterest kamu.

Dengan mengaplikasikan auto-poster dari IG ke Pinterset secara otomatis, kamu akan dapat menyentuh pengguna Pinterest sembari mendapatkan lebih banyak follower Pinterest dan follower Instagram yang berasal dari Pinterest. Win-win!

Kiat Untung dengan IG Blog Pribadi: Maksimalkan Fitur Instagram

Meskipun kamu telah memilih cara IG blog pribadi untuk menghindari kesan komersil, tapi Instagram masih ingin penggunanya menggunakan fitur terbaru mereka. Pembaruan inilah yang perlu kamu ketahui dan aplikasikan untuk memanfaatkan peluang mendapatkan lebih banyak follower dengan cepat.

Contoh terdekatnya adalah ketika Instagram pertama kali memperkenalkan IGTV. Banyak pengguna yang seolah enggan untuk menggunakan fitur ini selama periode peluncurannya. Tapi bagaimana jika nantinya IGTV akan dimonetisasi? Nah, sebelum ketinggalan kereta api, kamu perlu terus menggali cara IG blog pribadi Instagram kamu untuk menghasilkan potensi uang.

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.