Cara Hemat Kuota Telkomsel

Telkomsel memang termasuk salah satu provider yang menawarkan kuota internet cukup mahal jika dibandingkan dengan provider lainnya. Meskipun demikian, banyak orang yang mengandalkan kuota Telkomsel karena menawarkan jaringan internet yang stabil, sehingga sangat ampuh digunakan untuk beraktivitas di internet. Oleh karena itu, tidak sedikit pengguna Telkomsel yang mencari cara hemat kuota Telkomsel.

Pentingnya penggunaan kuota internet sendiri memang sudah tidak bisa diabaikan begitu saja. Hanya saja, karena kebutuhan mobilitas di internet yang semakin besar membuat kebutuhan kuota paket data pun menjadi lebih besar. Inilah yang membuat sebagian besar orang ingin menghemat pengeluaran kuota dengan cara hemat kuota Telkomsel.

Bagi pengguna Telkomsel, Kamu bisa mencoba trik-trik di bawah ini agar kuota internet yang Kamu miliki lebih irit!

Cara Hemat Kuota Telkomsel

Cara Hemat Kuota Telkomsel
Menghemat Kuota Telkomsel

Menghemat Kuota Telkomsel

Ada beberapa pilihan cara menghemat kuota Telkomsel yang bisa dipraktekkan. Berikut ulasannya!

1. Cara Menghemat Kuota Telkomsel Dengan Mode Offline

Jika Kamu ingin penggunaan kuota Telkomselmu tidak boros, maka Kamu bisa mencoba metode yang satu ini. Silahkan gunakan mode offline pada Hp. Apabila Kamu terbiasa memakai aplikasi online, maka Kamu dapat mengubahnya dengan metode offline saat pemakaiannya.

Selain itu, beberapa aplikasi dapat Kamu pakai dalam keadaan offline agar lebih irit kuota data. Seperti aplikasi Google Maps dan Youtube yang bisa diatur melalui mode offline.

2. Cara Menghemat Kuota Telkomsel Dengan Pemakaian Data Sesuai Kebutuhan

Cara hemat kuota Telkomsel paling mudah lainnya ialah dengan menggunakna data internet hanya saat dibutuhkan saja. Ada banyak pelanggan Telkomsel yang seringkali menghidupkan data internetnya di Hp tanpa peduli berapa banyak aplikasi yang beroperasi di background sehingga bisa menguras kuota sedikit.

Adapun tipsnya Kamu bisa mematikan data internet apabila tidak benar-benar digunakan. Kamu mungkin orang yang selalu sibuk beraktivitas di internet.Oleh karena itu, penting sekali untuk mengikuti trik menghemat kuota Telkomsel.

3. Cara Menghemat Kuota Telkomsel Dengan Nonaktifkan Auto Download

Dengan menonaktifkan auto download di Hp tentu saja sangat membantumu untuk lebih menghemat kuota internet. Sebab Kamu tak perlu lagi mengupdate aplikasi dalam waktu bersamaan untuk jumlah yang banyak.

Semakin banyak update aplikasi yang Kamu lakukan, maka semakin banyak pula kuota internet yang tersedot saat melakukan pembaruan. Namun tak perlu khawatir, sebab jika Kamu berada dalam jaringan Wifi, maka pembaruan aplikasi bisa dilakukan tanpa harus menyedot kuota interne utama yang Kamu miliki.

Selain itu, hal tersebut juga bisa Kamu atur yaitu dengan masuk ke Google Play Store, kemudian pilih opsi setting. Kemudian pilih opsi “Auto Update Apps” lalu masuk ke “auto update Apps over Wifi Only”. Selanjutnya ada berbagai aplikasi yang memerlukan update untuk pembaruan secara otomatis saat ada di area Wifi. Selanjutnya Kamu dapat mengaktifkan penangkap jaringan Wifi.

4. Cara Menghemat Kuota Telkomsel Dengan Membatasi Aplikasi

Ada beberapa aplikasi di Hp yang biasanya bisa menyedot kuota internet lebih banyak dibandingkan aplikasi di dalamnya. Oleh karena itu, coba cara hemat kuota Telkomsel dengan mengidentifikasi dan mengecek apa saja aplikasi yang ada didalamnya.

Melalui cara ini, Kamu bisa lebih irit kuota sebab Kamu sudah melakukan identifikasi dan melakukan manajemen untuk melakukan uninstal aplikasi tertentu yang banyak menghabiskan kuota. Kamu pun bisa menganti aplikasi-aplikasi tertentu dengan aplikasi lainnya yang tidak menghabiskan kuota.

5. Cara Menghemat Kuota Telkomsel Dengan Mengecek Sisa Kuota

Untuk menghindari penggunaan kuota yang melewati batas, maka Kalian cukup sering-sering melakukan pengecekan sisa kuota internet dengan cara cek kuota Telkomsel. Tentu percuma jika Kamu sudah berusaha untuk menghemat pemakaian kuota tapi justru kebablasan. Selaini itu, pulsa utama Telkomsel yang seharusnya dapat didaftarkan menjadi hangus.

6. Melakukan Pengaturan Sinyal dari 4G ke H+

Bagi Kamu yang tak terlalu mementingkan kecepatan akses internet, maka Kamu bisa mengubah sinyal jaringan dari 4G/LTE ke dalam H+. Walaupun performa kecepatan internet sedikit menurun namun jika aktivitasmu hanya sekedar buka Facebook atau chatting WA saja sudah cukup.

7. Mendaftarkan Paket Internet Sesuai Kebutuhan

Jika Kamu memiliki banyak biaya untuk membeli paket internet, tentu memilih paket yang kuotanya lebih banyak walaupun harganya mahal tidak masalah selagi Kamu bisa mengakses kuota tersebut untuk berbagai aktivitas. Akan tetapi, jika Kamu ingin mengirit biaya untuk pengeluaran pulsa dan kuota internet, maka Kamu hanya perlu mendaftarkan paket intenret murah yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu memanfaatkan data internet tersebut.

Mengaktifkan Kartu Pascabayar Telkomsel

Khusus bagi Kamu yang ingin menghemat kuota dan pulsa Telkomsel, maka tidak ada salanya jika memilih layanan kartu pascabayar Telkomsel. Kamu bahkan bisa mengubah kartu prabayar Telkomselmu ke dalam pascabayar. Hanya saja, jika kartumu sudah menjadi pascabayar tidak dapat diganti lagi ke prabayar.

Namun tenang saja, ada beberapa keuntungan menggunakan kartu Telkomsel pascabayar yang bisa Kamu dapatkan berikut :

1. Pakai Pulsa Dulu Baru Bayar Nanti

Berbeda dengan kartu prabayar Telkomsel, Kamu dapat memakai layanan kartu Telkomsel pascabayar terlebih dahulu dan melakukan pembayara biayanya pada akhir periode pemakaian. Ini artinya bukan menunggak pembayaran, melainkan total biaya atau tagihan yang dikirimkan sesuai dengan besarnya penggunaan layanan komunikasi.

2. Tidak Perlu Khawatir Tagihan Jebol

Mungkin banyak yang berpikir bahwa melakukan migrasi kartu ke pascabayar bisa membuat tagihan membengkak, tapi justru sebaliknya. Kini Kamu tak perlu lagi khawatir, sebab sudah ada beberapa fitur yang penggunanay dapat membatasi penggunaan sesuai kebutuhan per bulan.

3. Saat Kuota Habis Tidak Perlu Khawatir

Sedang menunggu teman saat meeting tapi ngaret, dan kuota internetmu habis tiba-tiba. Hal ini tentu saja membuatmu mati gaya. Untuk pengguna pascabayar sudah tentu tak perlu membuatmu khawatir, sebab Kamu dapat melakukan pembelian ekstra kuota yang biasanya bisa dilakukan lewat aplikasi MyTelkomsel agar komunikasi menjadi tetap lancar.

4. Harga Paket Internet Akumulatif Lebih Murah

Tidak sedikit orang ragu memakai kartu pascabayar sebab umumnya tagihannya dianggap lebih mahal. Justru apabila diakumulasikan, layanan pacabayar ternyata lebih terjangkau daripada kartu prabayar.

Adapun salah satu produk pascabayar Telkomsel yang tidak membuat kantongmu kebobolna, ialah paket dari Halo Kick!Gold sebagai salah satu produk Kartu Halo. Hal ini berbeda dari layanan sebelumnya, dimana program tersebut sesuai bagi Kaum milenials yang dapat mendukung aktivitas menjadi lebih maksimal.

5. Membuat Jaringan Lebih Stabil

Banyak yang menganggap bahwa jaringan yang terdapat pada layanan pascabayar sendiri lebih baik daripada prabayar. Sebagai pengguna Telkomsel yang menjadi prioritas, maka Kamu tak perlu lagi mengkhawatirkan sambungan telepon dan sinyal yang kerap terputus. Jadi kemanapun dan dimanapun Kamu berada, komunikasi tetap selalu terjaga tanpa halangan.

Itulah beberapa rahasia cara hemat kuota Telkomsel agar penggunaan kuota internet Telkomselmu tidak sampai membuat kantong jebol!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019