Cara Cek Kuota Telkomsel

Kenapa sih harus tahu cara cek kuota Telkomsel paling akurat? Ya, para pengguna Telkomsel tentu saja harus mengetahuinya, karena dengan mengetahui kuota internet, kita bisa mengontrol pemakaian kuota itu sendiri.

Telkomsel bisa dibilang sebagai provider operator seluler raksasa yang jaringannya sangat luas di tanah air. Sebagai provider terkemuka, tentu saja Telkomsel memberikan layanan terbaik demi memanjakan para penggunanya. Tidak terkecuali dalam hal kemudahan pengecekan kuota internet Telkomsel.

Cara Cek Kuota Telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel
Cek Kuota Telkomsel

Ada beberapa cara cek kuota Telkomsel yang bisa Kamu coba di bawah ini!

Cek Kuota Telkomsel Via Koda USSD/Dial Phone

Kode dial phone atau USSD adalah salah satu kode yang bisa dipakai untuk mengakses informasi tentang nomor dan paket telkomsel dari pihak operator. Termasuk untuk cek sisa kuota internet Telkomselmu.

Cara yang bisa Kamu ikuti pun sangat mudah. Ada beberapa langkah yang harus Kamu lewati, berikut ini :

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi dial phone atau panggilan di Hp-mu.
  2. Selanjutnya ketikkan kode*888# lalu tekan panggil atau call menggunakan nomor Telkomsel-mu.
  3. Setelah itu, akan muncul pop up informasi atau pemberitahuan, Kamu bisa memilih nomor 3 untuk Cek Pulsa dan Kuota.
  4. Lanjutkan dengan memilih nomor 2, yakni Cek Kuota Internet.
  5. Silahkan tunggu beberapa waktu sampai ada SMS balasan dari pihak Telkomsel yang isinya tentang sisa kuota Telkomsel.
  6. Selesai, kini Kamu sudah tahu berapa lagi sisa kuota Telkomsel yang dimiliki.

Cek Kuota Telkomsel Via SMS

Di samping menu dial, Kamu juga bisa menggunakan SMS untuk mengetahui sisa kuota internet Telkomsel.

Sebenarnya ada dua format pilihan SMS yang bisa digunakan. Tapi tenang saja, karena walaupun mengirimkan pesan singkat tapi layanan yang satu ini tak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Format SMS yang Pertama

  • Silahkan buka aplikasi SMS/pesan di Hpmu.
  • Berikutnya silahkan buat pesan/SMS baru dengan cara mengetikkan : UI (spasi) INFO.
  • Lalu kirimkan SMS ke 363.
  • Silahkan tungu sampai beberapa saat, dan sampai menerima balasan SMS berisi informasi tentang sisa kuota internet di kartu Telkomselmu.
  • Selamat, Kamu pun sudah bisa mengetahui berapa sisa kuota internetmu.

Format SMS yang Kedua

Untuk format SMS yang kedua, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi SMS atau perpesanan di Hpmu.
  • Setelah itu, silahkan buat pesan yang baru dengan cara mengetikkan : FLASh (spasi) INFOV2.
  • Lalu kirimkan SMS yang sudah Kamu buat tadi ke 363.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai Kamu menerima balasan SMS berisi informasi tentang sisa kuota internet di kartu Telkomselmu.
  • Selesai.

Cek Kuota Telkomsel Via Website

Cara cek kuota Telkomsel via website juga bisa diandalkan. Akan tetapi, untuk mengakses website Telkomsel, Kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Untuk bisa menggunaknanya, silahkan kunjungi web resmi Telkomsel di https://my.telkomsel.com.

Ada banyak informasi menarik yang dapat Kamu lihat di website ini, terkait nomor Hp atau kartu Telkomselmu.

Jika sudah melakukan pendaftaran, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Silahkan buka aplikasi browser di ponsel atau di PC, Kamu bisa memakai Chrome atau Firefox.
  2. Lalu Kamu akan masuk ke dalam halaman Telkomsel.
  3. Sesudah itu, silahkan inputkan nomor Hpmu di kotak yang telah tersedia. Lalu klik “Kirim Kode”. Jika Kamu telah mendapatkan kode tersebut, masukkan kode verifikasi tadi ke kolom yang tersedia. Silahkan pilih login atau Masuk.

Lalu tunggu beberapa lama sampai selesai login. Selanjutnya,Kamu akan ditampilkan informasi tentang rincian sisa kuota internet di kartu Telkomselmu. Kamu bisa klik di kuota tersebut untuk menampilkan pembagian atau rincian kuota internet yang Kamu gunakan.

Daftar Paket Internet Telkomsel Termurah

Nah, setelah Kamu sukses mengikuti cara cek kuota Telkomsel di atas dan ingin mengganti paket internet Telkomsel dengan opsi lainnya. Berikut ada beberapa daftar paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel!

1. Paket Simpati Combo 10GB

Paket ini dibanderol dengan harga sebesar RP. 130 ribu. Kamu akan mendapatkan kuota internet hingga 14GB dan dapat diakses hingga 30 hari lamanya. Pada paket ini, Kamu akan menikmati layanan paket internet sebesar 5GB di seluruh jaringan, dengan pembagian kuota VideoMax sebesar 3GB, kuota midnight 4G hinga 5GB, dan bonus kuota 2GB untuk chat.

Belum lagi, Kamu dapat menikmati bonus 100 menit nelpon untuk seluruh operator, dan bonus 280 SMS.

2. Paket Kartu Simpati Combo 8GB

Total kuota internet yang Kamu dapatkan dari paket ini ialah 9GB dengan sistem pembagian kuota 2GB untuk kuota reguler di jaringan 2G/3G/4G, sebesar 2GB untuk kuota VideoMax, dan 2 GB lainnya untuk kuota chat.
Paket khusus pengguna Telkomsel Simpati ini dibanderol RP. 81 ribu. Dengan harga terjangkau, Kamu juga akan mendapatkan bonus SMS dan nelpon, masing-masing sebesar 100 pesan dan 100 menit. Masa aktif paket ini selama 1 bulan/30 hari.

3. Paket Simpati Combo 6 GB

Paket internet seharga RP.55ribu ini dapat dipakai selama 30 hari dari sejak diaktifkannya paket tersebut. Ada beberapa fitur yang ditawarkan, seperti kuota internet 1GB sebagai kuota reguler di seluruh jaringan dan kuota khusus midnight di jaringan 4G dengan kuota 2GB dan 2GB lainnya untuk chat. Ada pula tambahan bonus lainnya seperti kuota VideoMax 2GB, bonus SMS 60 pesan, dan nelpon 1 jam atau 60 menit ke seluruh operator.

4. Paket AS Combo 3GB

Dengan kuota utama 1 GB, paket AS Combo 3GB juga menediakan kuota VideoMax 2GB. Selain itu, Telkomsel juga memberikan penawaran yang menggiurkan karena harganya hanya Rp. 35 ribu saja. Selain itu, masa aktifnya pun selama 1 bulan atau 30 hari dengan bonus SMS dan nelpon ke semua operator.

5. Paket AS Combo 5GB

Kuota internet yang Kamu dapatkan dari paket ini untuk semua jaringan yaitu sebesar 1 GB. Adapun pembagiannya 2GB untuk kuota FB atau BBM, 2GB untuk videoMax dan bonus nelpon 100 menit.  Sementara masa aktif paket internet selama 60 hari. Kamu bisa menikmati bonus dan layanan paket AS Combo hanya Rp. 50 ribu saja.

6. Paket Halo Kick! Platinum

Paket ini harganya memang cukup mahal, yaitu sebesar Rp. 300 ribu. Akan tetapi dengan menu dan layanan yang ditawarkan, tentu saja harganya sangat sepadan.

Dengan paket ini, Kamu dapat menikmati kuota internet hingga 50GB di seluruh jaringan, dengan tambahan 50GB lainnya untuk GamesMax, MusicMax, dan Maxstream.

Di samping itu, Kamu juga dapat menikmati bonus 500 menit nelpon dan 1000 SMS yang dapat dipakai untuk sesama pengguna kartu Telkomsel.

Ada banyak penawaran paket menarik dari Telkomsel yang bisa Kamu nikmati. Dengan kemudahan cara cek kuota Telkomsel dan pilihan paket dengan promo menarik yang ditawarkan oleh Telkomsel, tentu saja semakin membuat provider ini menjadi primadona bagi para pengguna Telkomsel.

Jadi bagi kamu yang tertarik menggunakan Telkomsel untuk internetan, silahkan pilih paket yang tepat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019