Cara Gunakan Kuota Lokal Telkomsel

  • Whatsapp

Bagaimana cara gunakan kuota lokal Telkomsel? Para pengguna Telkomsel mungkin sudah tahu mengenai kuota lokal Telkomsel, karena memang sudah termasuk ke dalam pembagian kuota provider Telkomsel yang ditawarkan kepada para penggunanya. Pelanggan Telkomsel biasana sudah sangat familiar dengan sistem pembagian kuota.

Biasanya paket kuota internet akan dilakukan pembagian berdasarkan pada penggunaannya, seperti halnya paket midnight, paket 4G, paket flash dan paket kuota lokal Telkomsel. Para pengguna Telkomsel baru, pembagian kuota tersebut mungkin masih sangat asing. Kamu akan kebingungan menggunakannya.

Apabila dalam paket flash ada keterangan pemakaian di jaringan 3G atau 4G, ini artinya kuota bisa dipakai bebas pada jaringan 3G maupun 4G. Paket tersebut juga bisa Kamu pakai sampai seharian tanpa batas waktu.

Sementara pada paket 4G sendiri, ini artinya kuota internet hanya bisa dipakai dalam jaringan 4G. Kamu tidak dapat memakainya pada jaringan 2G/3G. Bagi yang kebagian kuota midnight, paket tersebut hanya dapat digunakan di jam 00.00 sampai jam 07.00. Akan tetapi, paket tersebut masih bisa dipakai di seluruh jaringan baik 2G/3G/4G. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan paket kuota lokal Telkomsel?

Tentang Kuota Lokal Telkomsel

Sebelum kita membahas tentang cara gunakan kuota lokal Telkomsel, ada baiknya Kamu memahami tentang kuota lokal data Telkomsel terlebih dahulu. Kuota lokal data Telkomsel ialah paket kuota internet yang hanya dapat digunakan di wilayah tempat Kamu mengaktifkan kartumu. Ini artinya, paket tersebut hanya dapat dipakai jika Kamu sedang ada di tempat Kamu mengaktifkan kartu untuk pertama kali.

Akan tetapi, paket lokal Telkomsel biasanya juga bisa dipakai menurut pembagian zona/wilayah yang sudah ditetapkan pihak Telkomsel.

Terkait:  Cara Cek Kuota Simpati

Dimana apabila Kamu masih satu area wilayah yang sama. Paket masih dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti chattingbrowsing, sampai menonton video Youtube.

Hanya saja, masih banyak pengguna Telkomsel yang belum mengetahui bahwa paket lokal data Telkomsel hanya bisa digunakan di satu zona tertentu saja. Jadi, jika sedang berada di luar kota, paket tersebut tidak dapat Kamu gunakan kembali.

Di samping itu, paket internet flash yang sebenarnya bisa dipakai di seluruh area entah itu dalam jaringan 3G maupun 3G justru bisa cepat habis, ketika Kamu pakai saat sedang di luar kota. Terlebih jika pembagian paket flash hanya sedikit jika dibandingkan dengan paket lainnya. Hal ini akan sangat merugikan.

Cara Gunakan Kuota Lokal Telkomsel

Cara Gunakan Kuota Lokal Telkomsel
Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Pada intinya kuota lokal Telkomsel ditujukan untuk penggunaan untuk pengaktifkan paket saja. Namun jika Kamu benar-benar memerlukan paket internet saat berada di luar kota atau di luar wilayah sedangkan paket flash atau reguler suda habis, maka Kamu bisa menggunakan kuota lokal Telkomsel dengan cara lain.

Adapun cara gunakan kuota lokal Telkomsel saat berada di luar wilayah ialah sebagai berikut :

1. Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Dengan Aplikasi VPN

Untuk menggunakan kuota lokal Telkomsel yang pertama ialah bisa memakai aplikasi VPN. Kamu bisa mengaplikasikan penataan sebagai berikut dalam program VPN agar paket lokal Telkomsel bisa dipakai di wilayah lain :

  • Silahkan install terlebih dahulu VPN. Dimana program tersebut banyak teredia di Google PlayStore. Kamu bisa memilih aplikasinya lalu install di ponselmu.
  • Sesudah itu, lakukan pengaturan APN Telkomsel di HP dengan pengaturan berikut : APN NAME : videomax.co, APN : SGN, Proxy : -, Port : -.
  • Lalu simpan hasil pengaturan APN tersebut di atas kemudian dapat dijadikan sebagai APN Standar.
  • Buka dan jalankan VPN yang sudah diinstal sebelumnya.
  • Kemudian, di menu hadler Kalian bisa centang “remove port”.
  • Lalu silahkan lakukan pencarian bug  paket Telkomsel.
  • Silahkan centang lagi opsi “remove port”.
  • Selanjutnya tukar port ke dalam port pada bagian real proxy type. Selesai.
Terkait:  Cara Daftar Grab Sameday

Nah, sampai dari sini seharusnya Kamu dapat menggunakan paket data lokal Telkomsel meskipun sedang berada di luar wilayah untuk mengaktifkan paket.

2. Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Menggunakan Fake GPS

Cara gunakan kuota lokal Telkomsel berikutnya ialah dengan memakai Fake GPS. Fake GPS dapat dipakai jika Kamu ingin menggunakan paket lokal data Telkomsel agar bisa digunakan di luar area/wilayah aktivasi. Caranya sanngat mudah, cukup mengikuti panduan berikut :

  • Langkah pertama,  unduh terlebih dahulu Fake GPS yang digunakan untuk memindhakan area atau lokasi keberadaan Hpmu ketempat kuota interenet diaktifkan. Kamu bisa mengunduh Fake GPS location di Google PLay.
  • Setelah itu, instal dan jalankan aplikasinya. Ketika dijalankan pertama kalli Kamu harus mengaktifkan mock location lewat pengaturan pengembang terlebih dahulu.
  • Tap “open settings”, lalu Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman pengaturan. Cari “Tiru Lokasi” dan pilih layanan Fake GPS.
  • Selanjutnya, kini cari lokasi tempat kuota internet data lokal Telkomselmu sudah diaktifkan. Misalnya saja ketikkan “Surabaya” lalu tap pada tombol cari jika ingin melanjutkan pencarian, jika sudah ketemu Kamu bisa langsung melakukan tap “Start”. Lalu, biarkan Fake GPS tersebut berjalan di background.
  • Langkah berikutnya, unduh Pronet versi 10.14. Setelah itu install apikasinya di Hpmu.
  • Lalu ubah APN secara default dengan APN sabar tbs5/sabarbrn8. Adapun caranya silahkan masuk menuju Pengaturan Ponsel, pilih “Jaringan Ponsel” dan “Nama Titik Akses (APN), kemudian tap buat APN yang baru.
  • Kamu bisa membuat APN baru melalui detail berikut, Nama : KuotaReguler.com, APN : sabartbs7/sabartbs5, Proxy : 203.6.149.156, kemudian port : 80.
  • Setelah itu, silahkan jalankan program Pronet kemudian di halaman awal bisa pilih menu Dzeb Handler. Lalu cari opsi “Add Port to non Port URL” kemudian isi 8989.
  • Setelah itu, cari “Remove Port” kemudian ceklis pada menu tersebut. Pada Proxy type Kamu bisa memakai Real Host.
  • Silahkan lanjut ke dalam opsi Custom Headers dan inputkan : X-Online-Host.
  • Sementara pada Proxy ServerPassword dan Username bisa dibiarkan kosong.
  • Kemudian lanjut ke dalam opsi Real proxy type dengan memilih SOCK. Kamu bisa menyamakan isi Real Proxy Server dengan menggunakan Proxy APN yang Kamu gunakan. Karena tadi Kamu memakai sabartbs 7 bisa diisi dengan : 203.6.149.156. Lalu isikan 80 pada real proxy port.
  • Apabila semuanya sudah dilakukan pengaturan, selanjutnya scroll layar ke bawah dan pilih OK jika ingin menyimpan pengaturan atau setting-an yang telah diterapkan.
  • Kini Kamu bisa menghubungkan Pronet langsung ke server dengan cara tekan ikon Android di tengah kolom pada halaman ProNet awal.
  • Jika sudah terhubung, Kamu bisa mencobanya langsung untuk mengakses jaringan internet. Caranya dengan akses live streaming Youtube atau browsing.

Nah, itulah 2 cara gunakan kuota lokal Telkomsel agar bisa digunakan di luar wilayah aktivasi. Untuk pemakaian kuota lokal Tekomsel sendiri, kuota tersebut dapat digunakan secara full hingga 24 jam lamanya. Ini artinya, tanpa batasan waktu sehingga Kamu dapat menikmatinya seperti memakai kuota flash Telkomsel biasa. Namun tentu saja Kamu harus tetap melakukan cara cek paket Telkomsel terlebih dahulu sebelumnya.

Terkait:  Cara Daftar ePay BRI

 

Related posts