Cara Cek Paket Telkomsel

Dibandingkan provider lain, Telkomsel sebenarnya memiliki banyak kelebihan. Sebab Telkomsel menyediakan akses jaringan internet yang sangat handal bisa menjangkau sampai ke pelosok. Inilah yang membuat Telkomsel lebih banyak dipilih, meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal dari yang lain. Akan tetapi, pelanggan tetap merasa puas dengan kemudahan akses jaringan yang diberikan. Selain itu, provider ini juga menyediakan panduan cara cek paket Telkomsel yang dapat dilakukan dengan mudah oleh para penggunanya.

Dengan akses jaringannya yang kuat, tentu saja memberikan kenyamanan bagi Kamu pengguna yang gemar berselancar di dunia maya tanpa harus kesal mengalami buffering. Telkomsel menyediakan banyak pilihan paket internet dan Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan paket internet Telkomsel termurah sebenarnya tidak sulit, apalagi kini Kamu sudah bisa menggunakan cara cek paket Telkomsel sendiri. Dengan mengecek paket interne tyang Kamu gunakan dan sisa kuota yang tersedia, Kamu bisa lebih mengendalikan penggunaan internet.

Cara Cek Paket Telkomsel

Cara Cek Paket Telkomsel
Mengecek Paket Telkomsel

Mengecek Paket Telkomsel Tanpa Kuota

Maksud cara mengecek paket Telkomsel tanpa kuota di sini ialah Kamu bisa melakukan pengecekan paket Telkomsel yang sedang digunakan tanpa memerlukan kuota internet. Jadi, metode ini bisa digunakan saat Kamu sedang kehabisan kuota. Ada beberapa pilihan cek paket Telkomsel mudah yang bisa diikuti, berikut ini :

1. Cek Paket Telkomsel Melalui Kode USSD

Cara cek paket Telkomsel tanpa kuota yang pertama ialah dengan menggunakan kode USSD. Metode ini tentu saja tidak membutuhkan pulsa reguler ataupun kuota internet untuk melakukannya.

Bagi pengguna Telkomsel Simpati, Kamu hanya perlu mengetikkan kode *888# lalu tekan call. Selanjutnya akan ada beberapa pilihan menu, seperti Transaksi Terakhir, Cek Status, Cek Kuota dan Info&Tagihan.

Untuk mengecek paket kuota internet yang Kamu gunakan, silahkan pilih nomor 3 di dialogue box. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan opsi lanjutan, dan bisa pilih nomor 2. untuk Cek Kuoota Internet lalu kirim atau send di layar Hpmu.

Selanjutnya, tunggu sampai permintaanmu selesai diproses dan Kamu akan dikirimkan pemberitahuan paket lengkap sisa kuota yang tersedia lewat SMS ke nomor Telkmsel milikmu. SMS tersebut dikirimkan langsung oleh operator Telkomsel di nomor 3636.

Selain cara di atas, sebenarnya Kamu juga bisa menggunakan cara mengecek paket Telkomsel cepat hanya dalam sekali klik saja.

  • Melakukan pengecekan kuota internet Telkomsel 4G di *888*3*2# atau di *363#
  • Jika Kamu ingin mengecek kuota telepon Telkomsel bisa menghubungi UMB di *888*3*3# atau di *888*10#
  • Pengecekan kuota SMS Telkomsel memakai kode dial up di *888*3*4#
  • Kamu bisa mengecek VideoMax dan Kuota lainnya via kode *888*3*5#
  • Untuk mengecek pulsa Telkomsel di nomor  *888#
  • Kode dial up untuk mengecek masa aktif di *888#

Keunggulan cara cek paket Telkomsel yang satu ini kamu tak memerlukan koneksi internet, tentu saja tidak akan menghabiskan RAM ponselmu. Jadi bisa dijadikan sebagai solusi paling mudah.

2. Cek Paket Telkomsel Melalui Layanan SMS

Kamu bisa menggunakan cara mengecek kuota internet provider Telkomsel yang satu ini, baik bagi pengguna AS maupun Simpati. Metode ini bisa diandalkan bagi Kamu yang memiliki pulsa reguler untuk mengirimkan SMS.

– Cek paket Telkomsel melalui layanan SMS cukup dengan mengetikkan format SMS ini : UL(spasi)INFO, kemudian kirimkan langsung ke 3636.

– Cek paket Telkomsel melalui format SMS lainnya yaitu ketik : Flash(spasi)INFOV2, lalu kirimkan ke 3636.

Cara kedua ini bisa dijadikan alternatif termudah lainnya jika Kamu sulit menghafalkan kode USSD untuk pengecekan pulsa.

3. Cek Paket Telkomsel Dengan Telpon Layanan Customer Service

Pengecekan paket internet Telkomsel lainny juga bisa dilakukan dengan melakukan panggilan ke layanan customer service Telkomsel di nomor 188. Adapun tarif menghubungi customer service ialah Rp. 300 per panggilan.

Selain untuk mengetahui kuota internet Telkomsel, metode ini juga termasuk ke dalam cara cek masa aktif Telkomsel.

Mengecek Paket Telkomsel Dengan Kuota Internet

Selain cara cek paket Telkomsel tanpa kuota di atas, Kamu juga bisa menggunakan metode lainnya untuk pengecekan paket Telkomsel menggunakan kuota internet. Metode ini bisa digunakan, baik melalui aplikasi My Telkomsel maupun website resmi Telkomsel.

1. Cek Paket Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Metode pengecekan paket internet Telkomsel dengan memakai kuota pertama bisa menggunakan aplikasi My Telkomsel. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

Pertama-tama Kamu bisa mengunduh aplikasi My Telkomsel di Google Play Store, lalu buka aplikasi tersebut dan pilih “login”. Kamu bisa login memakai nomor HP. Namun terkadang, Kamu tak perlu lagi memasukkan nomor Hpmu karena sudah terisi secara otomatis.

Jika sudah, selanjutnya Telkomsel akan langsung mengirimkan kode OTP lewat SMS. Kemudian masukkan 4 digit angka kode OTP yang dikirimkan provider Telkomsel. Lalu jika sudah berhasil login ke aplikasi My Telkomel, silahkan pilih ikon web.

Setelah itu, Kamu akan masuk ke dashboard aplikasi, dan di sana akan ditampilkan berapa pulsa yang tersisa, masa aktif kartu, sisa kuota telepon, SMS, kuota Videomax, dan lainnya. Cara ini bisa digunakan untuk pengguna kartu As, Simpati dan kartu Loop.

2. Cek Paket Telkomsel Melalui Web Resmi

Cek paket Telkomsel menggunakan kuota internet lainnya ialah dengan mengunjungi situs resmi My Telkomsel.

Langkah pertama, Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi dari my.Telkomsel.com, lalu masukkan nomor HPmu dan pilih opsi “Kirim Kode”. Jika sudah, Kmau akan menerima SMS berisi notifikasi kode OTP atau verifikasi. Kemudian inputkan 4 digit angka kode OTP ke web tersebut.

Jika sudah berhasil, Kamu bisa pilih ikon telepon. Metode ini dapat digunakan selain mengecek paket internet Telkomsel, juga dapat mengecek sisa SMS, telepon, masa aktif dan pulsa.

Paket Internet Telkomsel Murah, Apa Saja?

Setelah mengetahui tutorial cara mengecek paket Telkomsel di atas, kini saatnya Kamu memilih paket internet yang akan digunakan dengan mengetahui paket internet Telkomsel murah di bawah ini!

1. Paket Internet SimPATI

Paket internet termurah simPATI ialah simPATI 3GB yang ditarif dengan harga Rp. 27 ribu, memiliki masa aktif selama 3 hari dan kuota internet 3GB di jaringan 2G/3G/4G. Ada lapi paket SimpATI internet Combo OMG 6,5GB dengan tarif Rp. 63 ribu,  kuota 4,5 GB, kuota OMG 2GB, bonus SMS sebanyak 60 SMS dan bonus telepon 100 menit.

2. Paket Internet Kartu AS

Kartu As menyediakan paket internet dengan harga termurah, seperti yang ditawarkan oleh SimATI dengan tarif Rp. 27 ribu dengan masa aktif 3 hari dan jumlah kuota sebesar 3GB di jaringan 2G/3G/4G. Paket lainnya ialah Interet Combo OMG!4GB dengan harga Rp. 58 ribu, kuota internet sebesar 2GB, kuota OMG! 2GB, masa aktif paket selama 30 hari, bonus SMS 100 SMS dan bonus telepon selama 100 menit.

3. Paket Internet Kartu Loop

Kartu Loop dari Telkomsel juga memiliki paket internet termurah ialah seharga Rp. 27 ribu dengan kuota 3GB dan masa aktif paket selama 3 hari. Selain itu, ada lagi paket internet OMG!4GB seharga Rp. 45 ribu degan kuota OMG!1GB, kuota internet di jaringan 2G/3G/4G sebesar 3 GB dan masa aktif selama 30 hari.

Dengan mengetahui cara cek paket Telkomsel dan pilihan paket yang ditawarkan oleh provider Telkomsel di atas, Kamu bisa mengendalikan pemakaian kuota sekaligus bisa memilih paket internet sesuai budget dan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019