Cara Enter Google Form

Tahukah Kamu bagaimana cara enter di Google Form? Sebenarnya dalam pembuatan quesioner, soal-soal atau daftar absensi di Google Form tidak begitu sulit jika Kamu memahami tools yang ada di dalamnya. Untuk enter sendiri hanya bisa dilakukan di kolom bertuliskan “untitled form” saja. Sedangkan di kolom “Question” Google Form, tombol “enter” tidak berfungsi.

Meskipun demikian, Kamu tetap bisa membuat form dengan tutorial dasar yang akan dibagikan di sini. Penggunaan Google Form sendiri dirasa efektif untuk membantu tugas-tugas pekerjaan atau sekolah. Kamu juga tak perlu menghabiskan banyak kertas dan nggak takut hilang. Karena sistem penyimpanan Google Form terintegrasi langsung ke Google Drive.

Dalam cara enter Google Form di sini, mungkin kita akan membahas satu-satu tutorial pebuatan Google Form untuk berbagai kebutuhan. Ini tentu sangat berguna bagi pemula yang baru saja menggunakan aplikasi dari Google ini.

Cara Enter Google Form

Cara Enter Google Form
Membuat Enter Google Form

Cara Membuat Enter Google Form Kuisioner

Salah satu kegunaan Google Form biasanya untuk pembuatan kuisioner. Nah untuk pembuatan dan cara enter Google Form kuisoner ini, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan berikut :

1. Masuk ke Google Docs Lalu Pilih Template

Langkah pertama, silahkan masuk ke Google Docs kemudian pilih opsi “form”. Dari sana Kamu akan mendapatkan beberapa pilihan template. Silahkan pilih template mana yang diinginkan. Kamu bisa memilih template blanck yang berlatar putih ada gambar didalamnya, jika dirasa tidak ada template yang cocok.

2. Isi Title atau Judul Kuisioner

Cara membuat enter Google Form berikutnya, jika Kamu sudah memilih template blank silahkan lanjutkan dengan melakukan pengisian kuisioner sesuai keinginan. Selajutnya Kamu akan melihat ada kotak dialog bertuliskan “Untitled Form”. Silahkan klik kolom kosong tersebut lalu ketikkan judul kuisioner sesuai keinginan.

Jika judul kuisioner ditambahkan dengan deksripsi atau tambahan instruksi lain ke peserta respondense, Kamu tinggal enter saja. Sesudah mengisi judul, biasanya akan muncul deskripsi pada kolom bertuliskan “Form Description”. Pada kolom tersebut, silahkan buat gambaran kuisioner yang Kamu buat. Kamu harus membuat deskripsi secara jelas dan rinci. Untuk memudahkan responden memahaminya.

3. Mulai Buat Question

Jika Kamu sudah membuat judul berikut deskripsi lengkapnya, silahkan masuk ke langkah pembuatan daftar pertanyaan kuisioner. Silahkan isi di “form description” tepat di kolom bertuliskan “question”. Isi dengan pertanyaan yanga kan diajukan.

Selain itu, Kamu juga bebas memilih pertanyaan short answer atau multiple choice. Untuk multiple choice biasanya ada pilihan A,B,C dan D atau sesuai kebutuhan. Sementara untuk short answer biasanya untuk pertanyaan yang membutuhkan jawaban ringkas.

Sementara ada pilihan paragraph yang memungkinkan responden untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban lebih panjang. Dalam question atau opsi jawaban, cara enter Google Form tidak berlaku karena Kamu tidak bisa menggunakan tools enter di Keybard-mu.

4. Pengiriman Kuisioner

Setelah membuat semua pertanyaan dan opsi jawaban yang bisa dipilih pada pilihan multiple choice, tinggal masuk ke langkah terakhir yaitu mengirim link Google Form ke responden. Kamu bisa langsung membagikannya via email atau dengan menyalin link Google Form yang sudah dibuat.

Silahkan klik “send” pada bagian kanan atas. Lalu akan muncul pilihan mengirim form lewat email cukup menuliskan tujuan dari email tersebut kemudian pilih opsi “include form in emailSelanjutnya tinggal “klik send” di ujung kanan bawah.

Cara Membuat Enter Google Form Untuk Formulir Pendaftaran

Cara membuat enter Google Form untuk formulir pendaftaran sebenaarnya hampir sama seperti kuisioner. Ini dia panduannya :

1. Pilih Template Formulir Pendaftaran

Masih sama seperti cara enter Google Form kuisioner, langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memilih template formulir pendaftaran. Namun sebelumnya, Kamu harus masuk ke Gmail untuk bisa masuk ke halaman Google Docs.

2. Pengisian Judul dan Deskripsi

Silahkan buat judul beserta deskripsinya. Jelaskan tujuan pembuatan formulir pendaftaran secara rinci dan jelas.

3. Mulai Buat List Pertanyaan

Pertanyaan pada formulir pendataran biasanya menggunakan opsi short answer, bisa juga memakai paragraph. Biasanya yang ditanyakan berupa tempat tanggal lahir, nama, usia dan info lainnya sesuai kebutuhan.

Agar lebih mudah, Kamu bisa pilih “multiple choice grid” tujuannya untuk pembuatan tabel pada Google Form. Adapun tabel tersebut nantinya dapat diisi informasi apa saja yang dibutuhkan.

Jadi dalam cara membuat enter Google Form, Kamu hanya perlu mengisi bagian per bagian saja tanpa menekan enter di Keyboard.

4. Bagikan Formulir Pendaftaran

Selanjutnya klik “send” tepat di ujung kanan atas. Lalu bagikan via email dengan mengetuk “send” di ujung kanan bawah. Selanjutnya copy link lalu bagikan ke platform perpesanan atau chat maupun sosial media, sesuai kebutuhan.

Tips-Tips Dalam Pembuatan Google Form

Dalam pembuatan formulir di Google Form, ada beberapa hal yang mungkin belum Kamu pahami. Untuk itu, simak tips-tipsnya berikut ini :

1. Membuat Pertanyaan Multiple Choice

Untuk pertanyaan multiple choice, mengharuskan responden memilih satu pilihan saja. Kamu bisa meminta responden memilih opsi dari pertanyaanmu. Silahkan tekan tombol ikon “+” jika ingin menambah pertanyaan.

Selain itu, Kamu juga bisa memilih “Required question” supaya responden menjawab pertanyaan yang Kamu ajukan. selanjutnya, tinggal klik “Add item” kembali untuk pertanyaan tambahan.

2. Membuat Pertanyaan Menggunakan Skala

Apabila Kamu memerlukan jawaban orang-orang dengan skala, seperti dari 1 sampai 10, Kamu bisa membuatnya di Google Form dengan mudah. Apabila Kamu pili question type-nya dengan jenis Linear Scale, Kamu bisa membuat pertanyaan dalam bentuk skala. Misalnya membuat skala mulai dari 1 sampai 10. Menggunakan angka 1 untuk nilai paling buruk misalnya dan 10 untuk nilai paling bagus.

3. Pilihan Pertanyaan Checkboxes

Jika kita sebelumnya hanya bisa memilih satu pilihan jawaban saja, kali ini Kamu bisa membuat pertanyaan yang banyak jawabannya. Adapun pertanyaan tersebut bisa dilakukan dengan memakai pilihan “Checkboxes”. Contoh pertanyaan tentang hobi. Sebab setiap orang memiliki hobi yang berbeda lebih dari 1 hobi. Oleh karenanya Kamu bisa memilih “Checkboxes” supaya responden bisa memilih lebih dari satu pilihan.

4. Tanggapan Tentang Tanggal

Untuk pertanyaan yang jawabannya tentang tanggal, kini Google Form telah menyediakan fitur tersebut. Misalnya saja pertanyaan tentang tanggal lahir bisa diberikan dengan cara membuat tipe pertanyaan “Date”.

Mempelajari Pengaturan Formulir di Google Form

Ada beberapa pengaturan formulir yang bisa Kamu coba di Google Form. Silahkan klik “gear” kemudian lakukan beberapa pengaturan di bawah ini :

  • Collect email addresses, untuk meminta email ke pihak responden atau pengisi formulir.
  • Edit after submit, dapat diubah sesudah formulir di Google Form diisi.
  • Limit to 1 response, hanya membatasi pengisian formulir 1 kali saja untuk 1 orang. Biasanya hal ini memerlukan sign in ke akun Google.
  • Quizzes, pembuatan formulir untuk kuis.
  • See summary chatrs and text reponses, penambahan progress bar saat mengisi formulir.

Ya, demikianlah ulasan cara enter Google Form dengan mudah, dan Kamu juga bisa melakukan editing Google Form dengan cara edit Google Form!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019