Cara Glow Up Remaja

Usia-usia remaja biasanya tidak jauh-jauh dari yang namanya wajah berjerawat, berminyak hingga flek hitam. Selain dipicu oleh faktor hormon, juga biasanya dipicu oleh beberapa faktor mulai dari coba-coba produk skincare tertentu juga karena faktor lingkungan. Lalu, bagaimana sih cara glow up remaja?

Untuk membuat wajah glowing memakai make up mungkin mudah, hanya saja hasilnya tentu saja tidak alami.  Seperti misalnya membuat bulu mata indah dengan cara eyelash extension sendiri. Selain itu, memakai produk skin care juga bisa memberikan hasil yang berbeda. Biasanya tergantung dari kecocokan dengan jenis kulit dan harganya. Apalagi kulit wajah remaja biasanya tergolong sensitif.

Cara Glow Up Remaja

Cara Glow Up Remaja
Membuat Wajah Glow Up Secara Alami

Tips Membuat Wajah Glow Up Secara Alami Bagi Remaja

Kini ada banyak produk perawatan kecantikan yang bisa membuat wajah menjadi glowing, tapi sayangnya hasil yang didapat bisa hilang dan tidak bersifat permanen. Memakai berbagai jenis skin care tentu saja bisa menguras kocek. Belum lagi, tidak semua produk cocok dengan tipe kulit Kalian.

Sebagai alternatifnya, Kalian bisa mecoba tips agar wajah glow up secara alami berikut ini :

1. Rutin Bersihkan Wajah Dengan Tepat

Untuk membuat wajah Kalian mejadi kinclong atau glowing yang pertama ialah dengan membersihkan kulit wajah rutin dan dengan cara yang tepat. Kenapa wajah harus selalu dibersikan? Ya, jika Kalian gemar memakai make up terutama saat bepergian atau angout,  maka sisa riasan, atau mungkin bukan dari riasan,  melainkan polusi dan debu di udara bisa menyumbat bagian pori-pori. Imbasanya wajah Kalian timbul komedo, berjerawat atau kulit berminyak.

Nah, dari sinilah tujuan membersihkan wajah secara rutin dengan benar dapat membantu wajah terbebas dari kotoran tadi. Cara glow up remaja secara alami ini tentu saja sangat mudah, hanya saja banyak yang malas melakukannya. Entah itu karena alasan capek atau hal lainnya. Jadi, jangan sampai lewatkan poin ini ya!

Jika perlu pakai produk facial wash sesuai tipe kulit Kalian. Memakai pembersih yang kurang cocok justru bisa berdampak buruk bagi kulit wajah Kalian. Seperti menimbulkan alergi dan iritasi.

2. Buat Masker Alami

Jika Kalian peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulit wajah, tentu saja harus sedikit berkorban melakukan perawatan kecantikan di rumah jika tidak ingin yang instan. Sebenarnya cara glow up remaja ini cukup mengaplikasikan pembuatan masker alami di rumah. Tujuannya agar lebih aman dan sesuai dengan tipe kulit Kalian. Belum lagi, cara ini juga tergolong lebi ekonomis.

Ada beberapa pilihan masker alami sesuai dengan tipe kulit yang bisa Kalian coba, berikut ini :

  • Bagi pemilik kulit berminyak, Kalian bisa membuat perpaduan masker madu dan putih telur, stroberi, jeruk lemon, atau perpaduan madu dan pisang.
  • Jika Kalian sedang berjerawat, tidak ada salahnya mencoba masker nanas, putih telur, teh basi, lidah buaya, tomat atau pepaya. Silahkan pilih yang paling mudah dan ada di rumah.
  • Bagi Kalian yang memiliki kulit kering, bisa mengaplikasikan masker dari minyak zaitun, madu, susu, dan lidah buaya.

3. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Inilah cara glow up remaja yang mungkin cukup sulit dilakukan. Bagaimana tidak, anak-anak remaja perempuan biasanya gemar jajan apa saja yang mereka mau tanpa mempedulikan baik atau buruknya bagi kesehatan bahkan bagi kecantikan kulit mereka.

Nah, jika Kalian termasuk salah satunya beralihlah sekarang juga dengan menjalani pola hidup yang sehat. Sebenarnya sangat simpel, Kalian juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup istirahat dengan teratur, konsumsi makanan yang sehat dan tepat waktu seperti mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran.

Pastikan pula untuk melengkapi kebutuhan air mineral yang cukup supaya kulit selalu terhidrasi. Selanjutnya imbangi pula dengan aktivitas fisik secara rutin supaya tubuh tetap bugar.

4. Proses Exfoliating Alami

Membuat wajah glow up secara alami bagi remaja lainnya ialah dengan melakukan exfoliating rutin. Apa itu exfoliating? istilah ini menjelaskan tentang proses pengangkatan sel-sel kulit yang sudah mati dengan teknik scrubbing. Karena caranya alami, otomatis prosesnya pun memakai scrub alami.

Bahan-bahan yang digunakan pada proses scrubbing ini adalah dengan menambahkan kopi atau gula agar mempermudah proses untuk mengangkat sel kulit yang mati. Untuk mengaplikasikannya tak jauh berbeda dari masker wajah. Adapun perbedaannya ialah scrub-nya dibalurkan pada kulit wajah sembari digosok halus selama 15 menit kurang lebih. Kemudian diamkan beberapa menit sebelum dibasuh dengan air bersih.

Membuat Masker Alami Agar Wajah Glowing

Masih melanjutkan cara glow up remaja di atas, kali ini kita akan mengaplikasikan masker alami yang bisa dibuat di rumah. Berikut ulasannya :

1. Mengaplikasikan Masker Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega 6 dan omega 3. Selain itu, asam lemak tersebut juga bersifat anti inflamasi dan dipercaya dapat melembabkan kulit.

Adapun cara glow up remaja dengan buah alpukat ialah dengan mencampurkan sebanyak 1/4 buah alpukat, ditambah 1 sdt (sendok teh) madu, dan 3 sdt yoghurt, lalu aduk sampai halus. Kemudian oleskan ke wajah secara merata dan biarkan sampai 15 menit. Selanjutnya bilas sampai bersih.

2. Mengaplikasikan Masker Nanas dan Pepaya

Cara membuat wajah glow up bagi remaja lainnya ialah dengan memanfaatkan campuran nanas dan pepaya. Masker campuran buah tersebut dipercaya dapat meremajakan kulit Kalian. Selain itu juga bisa membuat kulit lebih cerah.

Adapun penggunaannya ialah persiapkan 1/4 cangkir pepaya yang sudah diblender yang dicampur pada 1 sdt jus nanas. Oleskan ke wajah, biarkan sampai 15 menit dan bilas sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Kalian bisa melakukan perawatan tersebut seminggu sekali.

3. Mengaplikasikan Masker Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan asam laktat untuk membantu meminimalisir kerutan halus pada kulit, membantu proses pengelupasan kulit dan noda jerawat. Adapun cara mengaplikasikannya ialah, persiapkan 1 gelas yoghurt ditambahkan dengan 2-3 tetes zaitun dan 1 sendok teh madu. Sesudah itu, Kalian bisa mengoleskan ke wajah lalu diamkan hingga 25 menit sampai mengering. Lalu bilas sampai bersih.

4. Mengaplikasikan Masker Kunyit

Kalian juga bisa mengaplikasikan kunyit untuk membuat kulit wajah lebih glowing secara alami. Kunyit mengandung antioksidan dan antiradang di dalamnya, selain itu juga bisa membuat kulit lebih kenyal dan cerah. Silahkan campurkan 1 sdt madu dan yoghurt dengan 1 sdt kunyit.

Kemudian aduk sampai merata, lalu oleskan ke wajah sampai 15 menit lalu bilas sampai bersih.

5. Mengaplikasikan Masker Lemon

Walaupun dapat digunakan ke dalam cara glow up remaja alami karena mengandung asam, tapi bagi Kalian pemilik kulit sensitif dan kering sebaiknya pakai alternatif lain selain buah lemon.

Tapi bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, alangkah baiknya coba cara perawatan dengan masker lemon. Cukup dengan mencampurkan antara air biasa dengan air perasan lemon. Lalu, oleskan ke wajah dan biarkan sampai 10 menit lamanya. Setelah itu, bilas sampai bersih.

Itulah 9 cara glow up remaja yang bisa Kalian coba untuk membuat wajah glowing secara alami tanpa efek samping dan tentu saja bisa menyesuaikan tipe kulit wajah Kalian. Selamat mencoba!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019