Cara Eyelash Extension Sendiri

Bagi Kamu yang jarang sekali memakai eyelash extension tentu kebingungan saat dihadapkan dengan cara eyelash extension sendiri. Eyelash Extension adalah pilihan para wanita yang ingin terlihat cantik pada bagian matanya. Kecantikan bagi wanita tentu saja menjadi nomor satu yang paling diidam-idamkan. Permintaan inilah yang membuat banyak klinik atau salon kecantikan membuka layanan pasang extension mata. Sayangnya Kamu harus siap-siap mengantri dan mempersiapkan budget yang tidak sedikit, karena biaya pasang eyelash extension bisa dikatakan cukup fantastis.

Hal tersebut sebenarnya bisa disiasati jika Kamu bisa mencoba memasang eyelash extension sendiri di rumah. Bagi yang tidak bisa, Kamu juga bisa mengikuti tutorial  cara eyelash extension sendiri di rumah berikut ini!

Cara Eyelash Extension Sendiri

Cara Eyelash Extension Sendiri
Memasang Eyelash Extension Sendiri

Tutorial Pasang Eyelash Extension Sendiri di Rumah

Untuk memasang eyelash extension sendiri di rumah, ada beberapa tahapan yang harus Kamu lalui. Sekarang, tinggal luangkan waktu sebentar dan coba tutorial di bawah ini :

1. Pilih Model Sesuai Selera

Langkah pertama untuk cara eyelash extension sendiri ialah memilih bentuk bulu mata sesuai selera atau kebutuhanmu, seperti dengan menyesuaikan bentuknya sesuai aktivitas yang Kamu lakukan. Bagi ibu rumah tangga atau karyawan perusahaan, sebaiknya pilih model eyelash natural yang tidak terkesan berlebihan.

Dengan memilih model ini, Kamu tetap aman dan nyaman menggunakannya sebab tidak membuat penampilanmu terlihat mencolok. Akan tetapi bagi yang bekerja di dunia entertaint dan selalu dituntut terlihat good looking, tidak ada salahnya mencoba eyelash bervolume.

2.  Persiapkan Alat dan Bahan

Setelah memilih model eyelash yang tepat, tinggal mempersiapkan bahan dan alat yang digunakan, seperti lem khusus untuk eyelash extension, pinset eyelash, bulu mata extension, wadah atau ring lem extensionbrush eyelash, eye tape dan solatip.

3. Perhatikan Posisi yang Tepat

Posisi untuk memasang eyelash extension sendiri yang tepat ialah dengan cara mengangkat alis lalu lihat ke bagian bawah sampai melewati hidung di hadapan cermin. Dengan posisi ini, bakal memudahkanmu untuk memasang eyelash-nya, dan mencegah agar lem tidak mengotori bagian kelopak mata.

4. Tahap Proses Eyelash Extension

Ada beberapa tahapan proses cara eyelash extension yang harus Kamu perhatikan berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan pakai isolatip lalu tempelkan pada bagian kelopak agar kelopak mata terangkat dan lebih mudah menempelkan eyelash.
  • Tahap selanjutnya, silahkan tempelkan stiker atau eye tape untuk memisahkan antara bulu mata bawah dan atas, kemudian stiker tersebut langsung ditempelkan ke bulu mata bagian bawah.
  • Silahkan tuang lem khusus eyelash extension setetes saja ke dalam wadah kecil.
  • Setelah itu cungkil atau ambil eyelash extension setiap helainya dengan hati-hati. Kemudian celupkan eyelash pada lem tersebut memakai tangan kanan. Setelah itu, belah rambut pada bulu matamu memakai pinset menggunakan tangan kiri. Silahkan tempelkan eyelash ke rambut mendekati bagian akar bulu mata. Hindari menempelkannya di kulit di area sekitar bulu mata. Sebab nantinya bisa menyebabkan iritasi akibat penggunaan lem khusus extension.
  • Kamu bisa melakukan cara eyelash extension sendiri tersebut di atas secara berulang mulai dari tengah sampai ujung mata pada bagian luar.
  • Silahkan pakai kipas kecil untuk mengeringkan lem bulu mata sampai merekat. Kemudian sisir bulu  mata memakai brush eyelash dengan perlahan supaya hasilnya lebih rapi.

Nah, itulah panduan yang harus Kamu ikuti saat memasang eyelash extension sendiri di rumah. Setelah berhasil memasang eyelash extension, selanjutnya Kamu tinggal melakukan perawatan. Lalu, bagaimana cara merawat eyelash extension supaya lebih awet? Simak tipsnya berikut!

Tips Merawat Eyelash Extension Sendiri Supaya Lebih Awet

Selain cara eyelash extension sendiri yang mudah dipraktekkan, Kamu juga bisa merawat hasil eyelash extension supaya lebih tahan lama. Berikut tipsnya :

1. Pastikan Tidur Telentang

Jika Kamu sering tidur dengan posisi menyamping, kini sebaiknya biasakan tidur dalam keadaan telentang. Hal ini penting bagi Kamu yang memakai eyelash extensions, terlebih jika baru pertama kali mengaplikasikannya. Alasannya karena lem membutuhkan waktu beberapa lama sampai mengering sepenuhnya. Apabila tidur dalam posisi menyamping, bisa merusak posisi eyelash extension yang Kamu pasang tadi.

2. Membersihkan Riasan Mata Sempai Menyeluruh

Untuk membuat eyelash extension yang Kamu pasang lebih tahan lama, sebaiknya jangan memakai riasan mata terlebih dahulu. Baik itu memakai eyeliner maupun eyeshadow. Namun jika Kamu perlu mengaplikasikannya sebenarnya tidak masalah. Hanya saja, bisa membuat masa pakai eyelash extension tidak awet, terkecuali jika Kamu mampu membersihkan riasan bagian mata tanpa harus mengusik extension yang Kamu pasang.

Saat memakai riasan mata dan menghapus eyeshadow, eyeliner atau yang lainnya, sebaiknya hati-hati. Aplikasikan cutton bud atau kapas kecil untuk menghapusnya memakai micellar water. Hindari memakai pembersih makeup berbahan minyak sebab minyak bisa membuat lem extension melemah hingga bulu mata Kamu pun bisa rontok.

3. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Bulu Mata

Bulu mata mungkin akan rontok seiring waktu, dengan memakai eyelash extenson bisa membantu mendorongnya ketika bulu mata tumbuh panjang. Apabila perpanjangan tumbuhnya bulu mata membuat eyelash extension terlihat tidak di tempatnya, sebaknya jangan memutar apalagi menariknya.

Hal tersebut bisa membuatmu kehilangan eyelash atau bulu mata palsu, bahkan bulu mata aslimu secara bersamaan. Sebaiknya biarkan eyelash lepas secara perlahan dengan sendirinya.

4. Menyisir Bulu Mata

Supaya posisi bulu mata tidak miring-miring atau terlihat cross (menyilang). Pakai sisir bulu mata atau spoolie untuk menyisir bagian bulu mata supaya tidka berantakan. Caranya cukup meletakkan sisir tersebut di bagian bawahnya, sisir memakai gerakan menggulung. Bulu mata Kamu pun menjadi lebih tahan lama dan terlihat rapi.

5. Jangan Memakai Riasan Mata yang WaterProof

Cara eyelash extension sendiri agar awet lainnya ialah dengan menghindari riasan mata waterproof atau tahan air yang sulit dibersihkan. Sebab biasanya memerlukan pembersih minyak untuk menghapusnya dengan digosok. Sebenarnya cukup memakai eyelash extension, tidak perlu lagi menggunakan eyeliner atau maskara ke dalam riasan mata.

Namun jika masih ingin memakainya, sebaiknya hindari pemakaian riasan waterproof untuk mata. Selain itu, pastikan riasan mudah dihapus. Jadi kamu tidak perlu menggosok bagian mata yang bisa merusak eyelash extension.

6. Jangan Bersihkan Dengan Air Saat Memasang Eyelash Extension

Cara merawat eyelash extension sendiri lainnya sebaiknya jangan langsung  bersihkan eyelash extension menggunakan air saat pengaplikasiannya. Lem yang dipakai untuk proses ini sebenarnya memerlukan waktu 24 jam full sampai mengering, tapi biasanya tergantung dari jenis lemnya itu sendiri.

Ada beberapa jenis lem justru memerlukan waktu sampai 48 jam, sehingga Kamu harus mengetahui lem yang Kamu gunakan untuk ekstensi bulu mata. Supaya lebih aman, sebaiknya hindari panas berlebihan di hari pertama pemasangan, termasuk mandi menggunakan air yang cukup panas dan sauna yang bisa mengeluarka uap, sehingga Kamu bisa menghasilkan lebih banyak keringat.

Demikianlah tutorial cara eyelash extension sendiri dan cara perawatannya yang bisa Kamu lakukan. Bagaimana ladies, mudah bukan?

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019