Cara Bergabung di Google Classroom

Cara Bergabung di Google Classroom

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi seperti saat ini, nyatanya semua hal terasa semakin mudah. Tak terkecuali dalam aktivitas belajar mengajar, yang kini bisa dilakukan secara online. Adapun platform yang membantu agar aktivitas belajar mengajar tetap interaktif meski dilakukan secara online, yaitu dengan adanya Google Classroom. Pertanyaannya, bagaimana cara bergabung di Google Classroom?

Tools pembelajaran dari Google ini memang sangat user friendly dan menawarkan banyak fitur. Bahkan Kamu bisa bergabung ke kelas di Google Classroom dengan sangat mudah. Ingin tahu, bagaimana cara bergabung di Google Classroom? Ini dia ulasannya!

Read More

Cara Bergabung di Google Classroom

Cara Bergabung di Google Classroom
Bergabung di Google Classroom

Panduan Bergabung di Kelas Google Classroom

Sebelum memulai aktivitas belajar mengajar, baik pengajar ataupun murid harus bergabung dulu di Google Classroom. Cara bergabung di Google Classroom, baik untuk guru (pengajar) dengan murid  biasanya berbeda. Berikut penjelasannya :

Metode 1 : Tutorial Bergabung di Google Classroom Untuk Rekan Pengajar

Uniknya, memanfaatkan Google Classroom, guru selaku pengajar dapat mengundang sesame rekan pengajar lainnya saat hendak menyampaikan pelajaran kepada muridnya. Bagi kamu sebagai rekan pengajar, bisa melakukan sebagian besar tugas dalam mengajar. Hanya saja, perlu diketahui bahwa antara pengajar utama dengan rekan pengajar tentu memiliki izin yang cukup berbeda di google classroom.

Bagi rekan pengajar ketika sudah bergabung pada kelas, maka kamu bisa melakukan tugas dan tanggungjawab sebagaimana yang dilakukan oleh pengajar utama. Namun, disini Kamu tidak memilih otoritas untuk menghapus kelas, sebab menghapus kelas bisa dilakukan oleh pengajar utama.

Di samping itu, rekan pengajar juga tidak bisa menghapus pengajar utama atau menghapus sesama rekan pengajar yang ada di dalam kelas.

Mengingat Google Classroom dapat diakses lewat 3 perangkat berbeda, berikut dijelaskan cara bergabung di Google Classroom menggunakan perangkat yang berbeda :

1. Perangkat PC/Komputer

Jika Kamu diundang oleh pengajar utama, maka cara yang paling mudah untuk menerima undangan tersebut dengan menggunakan komputer, diantaranya sebagai berikut :

  • Buka situs classroom.google.com lewat web browser yang ada di komputer.
  • Setelah masuk ke jendela utama, masuklah ke dalam kartu kelas, kamu cukup terima atau tolak permintaan undangan dari pengajar utama tersebut.

Apabila terjadi masalah atau mengalami kesulitan saat akan ditambahkan ke dalam kelas, maka kamu sebagai rekan pengajar harus menghubungi admin pembuat kelas untuk meminta bantuan.

Seandainya kamu tidak berada pada domain yang sama, solusinya adalah dengan update setelan keanggotaan kelas.

2. Android

Sementara jika Kamu memakai perangkat android, ada beberapa langkah cara bergabung di Google Classroom memakai perangkat android bagi rekan kerja, berikut ini :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Classroom yang sebelumnya telah kamu instal di perangkat
  • Selanjutnya masuk ke kelas, selanjutnya akan ada pemberitahuan terkait permintaan untuk masuk ke dalam kelas. Kamu cukup klik terima atau tolak sebagai tindakan selanjutnya.

Bagi kamu yang tidak ingin menerima permintaan untuk bergabung ke dalam kelas, kamu bisa masuk ke dalam notifikasi pesan email yang muncul secara otomatis di hp. Caranya tinggal klik link yang ada di notifikasi email tersebut.

3. iPhone atau iPad

Platform berikutnya adalah bagi pengguna iphone maupun ipad, caranya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Masuklah terlebih dahulu ke dalam aplikasi Cla Bagi yang belum install, sebaiknya install terlebih dahulu lewat layanan App Store.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasinya, silahkan klik kartu kelas dan kamu cukup klik terima maupun tolak untuk tindakan selanjutnya.

Sama halnya dengan memakai android, jika kamu ingin menerima atau menolak tanpa membuka aplikasinya. Kamu cukup klik link yang ada di notifikasi email di perangkat iphone maupun ipad saja.

Metode 2 : Tutorial Bergabung di Google Classroom Untuk Siswa

Bagi seorang siswa, sebelumnya jika menggunakan komputer maka harus login terlebih dahulu pada situs web Classroom dengan menggunakan akun resmi yang di daftarkan. Atau jika menggunakan perangkat seluler, sebaiknya pakai aplikasi untuk mempermudah mengikuti setiap pembelajaran yang akan kamu terima.

Nanti pada saat pelaksanaan pembelajaran, kamu bisa saling berinteraksi baik interaksi dengan pengajar atau berkomunikasi antar siswa terkait pelajaran yang sedang di ikuti.

Cara bergabung di Google Classroom untuk siswa ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah, diantaranya :

  • Dengan link kelas yang akan dikirimkan oleh pengajar kepadamu, untuk selanjutnya klik linik tersebut sehingga Kamu secara otomatis bisa memasuki
  • Memakai kode kelas yang nantinya diberitahukan oleh guru yang membuat kelas di Google Classroom.
  • Melalui email, dengan mengirimkan link undangan masuk Google Classroom oleh guru yang bersangkutan.

Untuk lebih jelas, diabawah ini akan dijelaskan bagaimana cara bergabung di Google Classroom bagi siswa melalui perangkat yang berbeda, berikut :

1. Komputer

Cara pertama dengan menggunakan tautan link. untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Silahkan klik link kelas yang sudah dibagikan oleh pengajar yang bersangkutan.
  • Pilihlah akun yang sudah terdaftar di Google Classroom.
  • Kemudian langkah terakhir tinggal klik Gabung.

Bagi kamu yang akan berganti akun, sebelum bergabung silahkan ganti akun terlebih dahulu, kemudian ikuti langkah selanjutnya agar bisa bergabung ke dalam kelas memakai tautan link.

Selain memakai tautan link, Kamu juga bisa bergabung dengan memakai kode kelas bagi pengguna komputer, adapun langkah-langkahnya dijelaskan berikut ini :

  • Buka terlebih dahulu situs Google Classroom di web browser dengan mengetik pada kolom pencarian : classroom.google.com.
  • Selanjutnya login akun dengan benar.
  • Di bagian atas pada jendela utama, Kamu tinggal menekan tanda (+) saja untuk bergabung ke kelas.
  • Masukanlah kode kelas yang telah diberikan oleh pengajar, lalu terakhir klik gabung.

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan undangan oleh pengajar, dengan langkah-langkah mudah berikut :

  • Buka emailmu yang biasa dipakai untuk Google Classroom.
  • Pada undangan email, klik tautan untuk bisa gabung pada kelas yang dimaksudkan.

2. Android

Untuk bergabung dengan link kelas di android, sangatlah mudah jika dibandingkan dengan menggunakan komputer. Sebab Kamu tinggal klik link kelas tersebut sampai bisa bergabung dengan kelas yang dimaksudkan. Adapun langkahnya adalah :

  • Klik link kelas yang diberikan oleh tenaga pengajarmu.
  • Sebelumnya, sebaiknya pastikan bahwa kamu sudah login dengan menggunakan email pendaftara google classroom lalu klik gabung.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kode kelas, langkah-langkahnya tak kalah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi di bawah iniini :

  • Buka aplikasi Google Classroom seperti biasa.
  • Pada pojok kanan bawah ketuk gabung ke kelas dengan klik tanda plus (+).
  • Masukan kode kelas lalu klik gabung.

Untuk cara bergabung di Google Classroom memakai undangan kelas, Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka email yang berisi undangan kelas.
  • Lalu klik link email tersebut dan secara otomatis Kamu bisa langsung bergabung ke kelas di Google Classroom.

3. iPhone dan iPad

Untuk platform terakhir langkah-langkahnya sama dengan pengguna android, silahkan ikuti petunjuk gabung ke dalam kelas berdasarkan kategori. Diantaranya, seperti melalui kode kelas, link, maupun undangan email.

Itulah 2 metode cara bergabung di Google Classroom untuk rekan pengajar dan para siswa dengan mudah. Selamat mencoba!

 

 

Related posts