Cara Defisit Kalori Untuk Perut Buncit

Bagaimana cara defisit kalori untuk perut buncit? Defisit kalori ialah salah satu jenis program diet dengan menurunkan jumlah kalori di dalam tubuh. Bisa juga dilakukan dengan meminimalisir asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian bisa membantu program penurunan berat badan secara efektif.

Perut buncit sebenarnya bukan masalah yang sering dialami oleh kaum wanita saja, tetapi kaum pria juga kerap mengalami masalah serupa. Sebagai solusinya ialah dengan melakukan program diet.

Perut buncit tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik, juga bisa menimbulkan berbagai macam resiko. Timbunan lemak di area perut bisa memicu penyakit kardiovaskuler seperti jantung, diabetes hingga kanker. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan masalah tersebut.

Salah satu program diet kekinian yang dianggap efektif untuk mengatasi masalah perut buncit ialah diet defisit kalori. Cara defisit kalori untuk perut buncit bisa sendiri dapat dilakukan dengan mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Berikut penjelasannya!

Cara Defisit Kalori Untuk Perut Buncit

Cara Defisit Kalori Untuk Perut Buncit
Makanan Defisit Kalori

Makanan Defisit Kalori Untuk Perut Buncit

Memilih makanan defisit kalori untuk perut buncit sebenarnya tidak mudah. Kita tentu tidak ingin makanan terbatas hanya mengonsumsi buah-buahan saja.  Mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi adalah bagian tersulit dalam diet, apalagi bagi Kamu yang gemar makan diluar. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa digunakan ke dalam cara defisit kalori untuk perut buncit.

Oke, simak beberapa jenis makanan defisit kalori berikut ini :

1. Makanan Defisit Kalori dari Alpukat

Menurut USDA, dalam 1 buah alpukat yang utuh terkandung sebanyak 322 kalori. Mungkin kandungan tersebut terlihat banyak, namun dalam 1 porsi buah alpukat ssebenarnya hanya memiliki 107 kalori saja. Sekarang bahkan Kamu bisa memilih menu makanan yang mengandung buah alpukat di restoran, baik itu berupa salad maupun toast.

2. Makanan Defisit Kalori dari Tahu

Cara defisit kalori untuk perut bencit berikutnya ialah dengan mengonsumsi tahu. Tahu adalah salah satu menu makanan defisit kalori yang mengandung karbohidrat rendah, bebas gluten, bebas susu, vegan dan juga bebas kolesterol. Sehingga tahu sagat populer bagi orang-orang dengan pola makan tertentu.

Untuk 1 porsi tahu putih dengan berat 81 gram hanya mengandung 117 kalori saja. Namun kalori tersebut bisa bertambah jika tahu diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Oleh karena itu, sebaiknya tahu dimasak dengan cara dikukus atau dipepes.

3. Makanan Defisit Kalori dari Putih Telur

Makanan defisit kalori untuk perut buncit lainnya ialah putih telur. Dalam 1 buah telur besar terdapat 72 kalori. Ada 17 kalori pada putih telur, dan pada kuning telurnya terdapat 55 kalori. Sedangkan makan 1 butir telur bisa menyumbang sekitar 4% kalori untuk diet sebesar 2000 kalori.

4. Makanan Defisit Kalori dari Udang

Udang termasuk salah satu menu yang dimasukkan ke dalam cara defisit kalori untuk perut buncit yang dapat dipilih. Udang mengandung kalori rendah. Dalam 100 gram udang sama halnya dengan 115 kalori.

5. Makanan Defisit Kalori dari Rumput Laut

Kamu bisa mengonsumsi beberapa sayuran laut yakni rumput laut. Biasanya rumput laut ini bisa diolah menjadi bahan makanan. Kamu bisa menemukan rumput laut di beberapa restoran Korea dan Jepang. Pasalnya untuk 100 gram kandungan rumput laut, kalorinya hanya sebesar 306 kal.

6. Makanan Defisit Kalori dari Konjac

Menu makanan yang satu ini memiliki kandungan kalori yang hampir nol. Karena untuk 200 gram Konjac, hanya mengandung kalori rata-rata 8 kalori.

7. Makanan Defisit Kalori dari Dada Ayam

Cara defisit kalori untuk perut buncit lainnya yaitu dengan mengonsumsi dada ayam. Karena dada ayam termasuk sumber protein yang rendah lemak. Bahkan kandungan karbohidratnya sendiri tidak ada. Dalam 1 dada ayam terkandung 284 kalori, jadi dalam 100 gram terdapat 165 kalori. Selain itu, sebanyak 80% kalori pada dada ayam biasana berasal dari kandungan protein. Sementara 20%-nya sendiri berasal dari kandungan lemak.

Defisit Kalori Untuk Perut Buncit Lainnya

Selain makanan defisit kalori yang sudah dijelaskan di atas, Kamu juga bisa mencoba beberapa cara lainnya untuk memaksimalkan program penurunan berat badan menjadi lebih efektif. Berikut ulasannya :

1. Makan Buah-buahan dan Sayuran

Sayuran dan buah-buahan bisa menambah asupan karbohidrat kompleks. Dimana karbohidrat kompleks ini adalah alternatif makanan rendah kalori yang paling banyak didapatkan. Selain itu, sayuran dan buah-buahan bisa menambahkan asupan serat pada makanan.

2. Bersihkan Sistem Pencernaan

Rutin membersihkan saluran pencernaan dengan mengonsumsi jus buah tanpa gula bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi perut buncit. Jika hal ini dilakukan secara rutin, tentu saja bisa memberikan hasil yang maksimal tanpa olahraga. Sebab jus buah-buahan tanpa gula bisa membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh, dengan melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, rutinitas mengonsumsi 1 gelas air hangat sesudah bangun tidur di pagi hari juga bisa membantu meluruhkan kalori di dalam tubuh.

3. Memilih Lemak Sehat

Selain mengonsumsi makanan defisit kalori di atas, penting juga memperhatikan poin cara defisit kalori untuk perut buncit ini. Dalam hal ini, pastikan untuk tetap memperhatikan kalori atau lemak yang ada dalam asupan makanan yang dikonsumsi. Demi membantu mengatasi perut buncit tanpa olahraga ini, maka Kamu dapat menambahkan makanan lemak sehat pada menu diet.

Selain itu, lemak trans dan lemak jenuh dapat membahayakan jantung, memicu stroke dan meningkatkan resiko serangan jantung. Lemak jenis ini juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan.

4. Olahraga Untuk Atasi Perut Buncit

Agar hasilnya lebih optimal, sebaiknya lakukan olahraga rutin untuk mengatasi perut buncit. Kamu bisa mencoba gerakan-gerakan yang dapat melibatkan bagian perut ke dalam gerakan, seperti sit up, push upsprintjogging, dan lain sebagainya.

Ketika berolahraga, Kamu akan lebih banyak membutuhkan tenaga jika dibandingkan tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Sebab saat berolahraga, biasanya akan memaksa tubuh mengurangi kalori karena dipakai untuk bergerak. Selain itu, jika digabungkan program diet, defisit kalori yang terjadi semakin besar. Sehingga lemak di perut menjadi lebih mudah dibakar. Selanjutnya dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Cukup Beristirahat

Berdasarkan sebuah studi, menjelaskan kaitan antara nafsu makan dan kurang istirahat. Biasanya orang yang sering begadang atau kurang beristirahat, akan menambah  nafsu makan sehingga mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan orang yang cukup beristirahat.

6. Minum Air Putih

Dengan mengonsumsi air putih saat lapar tentu saja bisa mengurangi sedikit rasa laparmu. Hal ini tentunya bisa membuatmu bisa mengurangi nafsu makan yang berlebih. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Jadi, pastikan konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu program diiet defisit kalori yang dilakukan.

Selain itu dalam cara defisit kalori untuk perut buncit juga penting mengetahui jumlah kebutuhan kalori bagi tubuh. Kamu bisa menghitung asupan kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah kalori makanan yang dikonsumsi harusnya lebih sedikit atau lebih kecil dibandingkan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Agar proses defisit kalori terjadi secara efektif. Penting juga untuk memperhatikan dampak diet ini bagi kesehatan tubuh!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019