5+ Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis Langsung Working!🦄

Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis
Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis

WIGATOS.com | Baterai iPhone kamu cepat habis? Mungkin performanya sudah mulai berkurang. Apalagi jika kamu sudah lama menggunakannya atau mungkin karena terlalu sering menggunakan iPhone untuk aktivitas multitasking. Lantas, gimana cara mengatasi baterai iPhone cepat habis? Simak selengkapnya di sini ya!

Baterai iPhone yang cepat habis tentunya menjadi masalah tersendiri ketika sedang digunakan yang menyebabkan aktivitas dan performa gawai jadi terganggu.

Read More

Sebetulnya ada beberapa faktor kenapa baterai iPhone cepat habis. Bisa disebabkan karena aplikasi berat yang berjalan, koneksi internet yang lambat sehingga memaksa iPhone bekerja lebih keras, atau permasalahannya terletak dari baterai itu sendiri.

Untuk mengatasi baterai iPhone yang cepat habis, kamu bisa melakukan beberapa langkah untukbeberapa langkah cara agar usia baterai lebih panjang. Hal ini juga masih ada kaitannya dengan cara menghidupkan iPhone yang mati total, sebab bisa jadi penyebabnya karena baterai iPhone yang gampang habis.

Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis
Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis

Baterai iPhone yang cepat habis pastinya membuat kamu merasa kesal, apalagi jika jauh dari jangkauan charger, seperti saat sedang di luar rumah atau lainnya.

Tapi jangan langsung panik dulu, kamu bisa coba mengatasinya dengan beberapa panduan cara mengatasi baterai iPhone yang cepat habis di sini.

Berikut metode yang bisa kamu praktekkan, dan ambil salah satunya ya guys!

1. Mengatasi Baterai iPhone yang Cepat Habis dengan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya adalah fitur yang disediakan oleh iOS untuk membantu kamu menghemat baterai iPhone pada saat daya sudah rendah atau sengaja ingin menggunakannya lebih lama. Dengan tampilan mode ini, dapat mengurangi aktivitas di layar belakang, menurunkan kecerahan layar otomatis, mematikan animasi, hingga melakukan pengaturan lainnya untuk mengurangi penggunaan baterai yang berlebihan.

Jika mau aktifkan mode hemat daya, kamu bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan di iPhone kamu terlebih dahulu.
  • Setelah masuk, terdapat beberapa menu spesifik yang mengatur semua kinerja iPhone, khusus mengenai baterai pilih menu Battery atau Baterai.
  • Geserlah toggle Low Power Mode atau Mode Hemat Daya menjadi warna hijau.
  • Selesai, mode hemat daya sudah aktif.

Agar kamu tidak kerepotan mengaktifkan mode hemat daya dengan mengakses menu Settings, lebih baik tambahkan tombol mode hemat daya ke Control Center atau Pusat Kendali dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan di iPhone kamu.
  • Selanjutnya pilih menu Control Center atau Pusat Kendali.
  • Pilih menu Customize Controls atau Sesuaikan Kontrol.
  • Cari dan tambahkan tombol Low Power Mode atau Mode Hemat Daya ke daftar kontrol yang diikutsertakan.
  • Sekarang geser layar dari pojok kanan bawah ke atas untuk membuka Control Center.
  • Tekan tombol mode hemat daya untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

2. Mengatasi Baterai iPhone yang Cepat Habis dengan Mematikan Koneksi Internet Saat Tidak Digunakan

Koneksi internet bisa menjadi salah satu penyebab utama baterai iPhone cepat habis. Jika kamu sedang tidak memakai koneksi internet untuk streaming, browsing, download, atau yang lainnya misalkan, sebaiknya matikan koneksi internet terlebih dahulu.

Baik itu dengan mematikan data seluler maupun jaringan WIFi. Sebab keduanya bisa menyedot konsumsi daya baterai pada ponsel. Jika mau mematikan koneksi internet yang tidak digunakan, kamu bisa praktekkan cara di bawah ini :

  • Buka Control Center dengan cara geser layar dari pojok kanan bawah ke atas.
  • Sekarang cari dan tekan tombol Wi-Fi dan data seluler untuk mematikan atau menyalakannya. Pada kasus ini tentunya harus mematikan dari posisi ON ke posisi OFF.
  • Cara lainnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membuka menu Settings atau Pengaturan di iPhone kamu.
  • Selanjutnya pilih menu Wi-Fi, Cellular atau Seluler.
  • Geser toggle di sebelahnya untuk mematikan koneksi internet.
  • Sekarang kamu tidak bisa beraktivitas menggunakan internet kecuali menyalakannya kembali.

3. Mengatasi Baterai iPhone yang Cepat Habis dengan Mengurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar juga bisa berpengaruh terhadap konsumsi daya baterai iPhone. Semakin terang layar iPhone, maka semakin banyak pula daya yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar yang disesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar kamu.

Untuk mengurangi kecerahan layar, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Control Center dengan cara beser layar dari pojok kanan bawah ke bagian atas.
  • Geser slider kecerahan layar ke sebelah kiri untuk menurunkan tingkat kecerahan.
  • Atau cara lainnya bisa dengan membuka menu Settings atau Pengaturan di iPhone kamu.
  • Pilih menu Display & Brightness atau Tampilan & Kecerahan.
  • Geser slider kecerahan layar ke sebelah kiri untuk menurunkan tingkat kecerahan.

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Auto-Brightness atau Kecerahan Otomatis yang akan menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan cahaya lingkungan. Caranya cukup geser toggle Auto-Brightness atau Kecerahan Otomatis ke warna hijau. Selesai!

4. Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis dengan Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone bisa memakan daya baterai tanpa kamu sadari. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan apabila ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, sebaiknya hentikan dulu aplikasi yang berjalan agar menghemat konsumsi baterai.

Untuk menutup aplikasi yang tidak diperlukan, kamu bisa melakukannya dengan panduan berikut :

  • Tekan tombol home dua kali atau bisa juga dengan menggeser layar dari bawah ke atas untuk membuka App Switcher atau Pemilih Aplikasi.
  • Geser layar ke kiri atau kanan untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  • Kemudian geser ke atas pada aplikasi yang ingin kamu tutup.

5. Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis dengan Cek Baterai Health

Baterai Health adalah fitur yang disediakan oleh iOS untuk memberi informasi tentang kondisi baterai iPhone yang kamu gunakan. Baterai Health akan menunjukkan kapasitas maksimum dan kemampuan puncak baterai iPhone kamu.

Jika kapasitas baterainya maksimum maka baterai iPhone sudah dalam kondisi yang kurang baik atau kemampuan puncak baterai kamu sudah terpengaruh. Inilah kondisi yang menyebabkan baterai iPhone kamu menjadi cepat habis.

Unutk mengecek Baterai Health, lakukan cara mengatasi baterai iPhone yang cepat habis dengan mengecek Baterai Health berikut :

  • Buka Settings atau Pengaturan di iPhone kamu.
  • Pilih menu Battery atau Baterai.
  • Selanjutnya tekan opsi Battery Health atau Kesehatan Baterai.
  • Lihat angka persentase pada bagian Maximum Capacity atau Kapasitas Maksimum. Angka ini menunjukkan seberapa banyak daya yang masih bisa kamu simpan oleh baterai iPhone kamu dibandingkan dengan saat baru. Semakin rendah angka ini, maka semakin cepat pula baterai iPhone kamu habis.
  • Lihat status pada bagian Peak Performance Capability atau Kemampuan Puncak Kinerja. Status ini menunjukkan apakah baterai iPhone kamu masih bisa mendukung kinerja normal perangkat atau sudah terpengaruh oleh kondisi baterai. Jika status ini menunjukkan pesan seperti “Performance management applied” atau “Pengelolaan kinerja diterapkan”. Ini artinya baterai iPhone kamu sudah tidak optimal dan perlu diganti dengan yang baru.

6. Mengatasi Baterai iPhone yang Cepat Habis dengan Service atau Ganti Baterai

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi baterai iPhone cepat habis, maka kemungkinan besar baterai iPhone kamu sudah rusak dan perlu diganti. Kunjungilah Apple Store resmi atau service center terpercaya di dekat kamu dan minta bantuan teknisi untuk mengganti baterai iPhone kamu.

Itulah cara mengatasi baterai iPhone cepat habis, yang paling penting jika kondisi baterai dalam kondisi di atas sebaiknya langsung atasi dengan langkah-langkah di atas terlebih dulu sebelum pergi ke tempat service center.

 

Related posts