Cara Mengatur Thumbnail Youtube

Menjadi seorang content creator merupakan sebuah profesi yang menjanjikan apabila tahu trik agar channel dan video kalian menjadi tontonan banyak orang. Namun tidak semua orang bisa menjadi content creator, karena nyatanya memang tidak mudah. Kalian juga wajib tahu bagaimana cara mengatur thumbnail Youtube.

Thumbnail ini merupakan salah satu komponen yang perlu diperhatikan supaya video yang kalian upload di Youtube menjadi lebih menarik. Sebenarnya Youtube akan secara otomatis memilihkan thumbnail dari capture video yang diunggah secara acak.

Hanya saja, bagi kalian yang telah membuat thumbnail sendiri maka harus melakukan pengaturan pada thumbnail tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatur thumbnail Youtube?

Cara Mengatur Thumbnail Youtube

Cara Mengatur Thumbnail Youtube
Cara Mengatur Thumbnail Video Youtube

Aplikasi Youtube sudah menawarkan 3 thumbnail bawaan dari video yang telah diunggah. Selanjutnya thumbnail bawaan ini secara otomatis akan terpakais saat content creator tidak memakai custom thumbnail.

Namun kalian harus tahu, bahwa ketiga thumbnail Youtube sebenarnya tidak dianjurkan digunakan sebab desainnya tidak menarik. Bagi content creator sebainya memakai custom thumbnail. 

Lalu, bagaimana cara mengatur thumbnail Youtube? Simak panduannya berikut :

1. Mengatur Thumbnail Youtube di Perangkat Komputer

Jika ingin mengatur thumbnail video Youtube, sebaiknya kalian harus sudah memiliki foto yang akan dijadikan thumbnail apabila ingin membuatnya.

  • Login terlebih dahulu pada situs Youtube studio dengan alamat https://studio.Youtube.com/
  • Selanjutnya pada tab sebelah kiri, silakan pilih konten yang akan di ubah thumbnailnya.

  • Klik video yang akan di edit.
  • Silahkan tekan detail yang ditandai oleh ikon pensil untuk diatur thumbnail videonya.
Terkait:  Cara Mengambil Uang dari Youtube

  • Dalam opsi thumbnail, kalian hanya perlu memilih upload thumbnail. Kalian juga harus tahu bahwa ukutan thumbnail yang diharuskan pada video Youtube yaitu 1280 x720 pixel.

  • Apabila custom thumbnail selesai diupload, tekan simpan. 

Pada channel yang baru, biasanya opsi custom thumbnail video Youtube tidak aktif otomatis. Jika kalian ingin fiturnya aktif, sebaiknya aktifkan terlebih dahulu lewat opsi setelan pada Youtube Studio.

Jika sudah, tekan channellalu klik kelayakan fitur.

2. Menggunakan Aplikasi Youtube Studio

Selain cara mengatur thumbnail Youtube melalui PC di atas, kalian bisa memakai aplikasi Youtube Studio jika memakai perangkat hp. Begini tutorialnya :

  • Bila belum memiliki aplikasinya, silahkan unduh Youtube Studio di Google Plays Store.
  • Setelah aplikasi Youtube studio terpasang pada perangkat, buka aplikasinya.

  • Kemudian lakukan login seperti biasanya dengan menggunakan akun yang sama untuk membuka channel Youtube.
  • Pilihlah video yang akan di edit dengan klik pada thumbnail videonya.

  • Selanjutnya tekan ikon pensil untuk mengeditnya.

 

 

  • Jika sudah, tap lagi ikon pensil di ujung kiri atas.
  • Silahkan ganti thumbnail bawaan dari Youtube menggunakan custom thumbnail dengan cara ketuk opsi thumbnail custom.

  • Jika sudah sukses menggantinya, tekan selesai.
  • Klik simpan.
  • Selamat, kini thumbnail kalian sudah diubah.

Kalian bisa mencoba kedua cara mengatur thumbnail Youtube di atas dengan mudah dan pilih sesuai perangkat yang dipakai.

Aplikasi Untuk Membuat Thumbnail di Youtube

Jika kalian ingin membuat thumbnail custom yang lebih menarik dan keren-keren, maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi di bawah ini :

1. Ultimate Thumbnail Maker for Youtube

Aplikasi untuk membuat thumbnail yang pertama adalah Ultimate Thumbnail Maker for Youtube dari Nilesh Jains. Ini adalah aplikasi yang menawarkan sebanyak 1000 lebih template thumbnail dengan berbagai kategori, mulai dari travelling, game, fashion, bisnis dan lainnya.

Terkait:  Cara Mendapatkan Uang Dengan Menonton Youtube

Menariknya lagi, aplikasi Ultimate Thumbnail ini menawarkan sistem layer untuk mempermudah pengguna mengatur posisi teks atau objek sesuai keinginan. Kalian tinggal mengunduh aplikasinya saja di link ini.

2. Postero

Aplikasi lainnya adalah Postero, yang berfungsi untuk membuat berbagai macam poster. Ini adalah aplikasi dari Logician Studio yang juga menawarkan preset ke berbagai platform sosial media, baik Twitter, Instagram, maupun Youtube.

Ada jutan gambar yang tersedia gratis dan dapat dijadikan sebagai background atau bisa juga mengimpor gambar pada galeri.

3. DesignX

Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat thumbnail Youtube selain untuk membuat poster. Ada ratusan template yang tersedia dan siap pakai yang dapat kalian edit sesuai selera.

Selain itu saja, aplilasi ini juga menawrakan ribuan gambar, stiker, dekorasi PNG, 200+ font gratis dan SVG Shapes.

Informasi Penting Yang Wajib Diketahui Mengenai Thumbnail Kustom

Walaupun thumbnail Youtube otomatis bisa digunakan untuk tampilan video Youtube kalian. Akan tetapi, sebagai content creator mungkin kalian ingin menggantinya dengan thumbnail kustom.

Hal ini dikarenakan untuk menambah minat orang lain agar bisa membuka video Youtube kalian. Dengan begitu, kalian wajib mengetahui beberapa informasi di bawah ini, di antaranya :

1. Resolusi Ukuran Gambar

Ukuran thumbnail kustom yang kalian buat harus dibuat sedemikian rupa dengan mengacu pada beberapa persyaratan di bawah ini, yaitu :

  • Resolusi gambar harus berukuran 1280 x 720 dengan ukuran lebar setidaknya 640 piksel.
  • Format gambar harus berekstensi JPG, BMP, GIF atau PNG. Jika diluar ekstensi tersebut, maka tidak bisa digunakan untuk thumbnail Youtube.
  • Ukuran gambar maksimal 2 Mega Byte.
  • Untuk rasio gambar harus 16 : 9.

2. Kebijakan Thumbnail Youtube

Gambar yang akan kalian gunakan untuk thumbnail kustom semuanya harus mengikuti kebijakan Pedoman Komunitas Youtube. Thumbnail bisa ditolak secara sepihak oleh Youtuben, bahkan membuat kalian ditegur oleh pihak Youtube, apabila memuat beberapa hal di bawah ini :

  • Terindikasi adanya ujaran kebencian.
  • Konten yang besifat dewasa dan provokatif secara seksual.
  • Thumbnail memiliki unsur kekerasan yang tidak bisa ditoleransi.
  • Konten yang isinya merugikan orang lain atau adegan berbahaya yang menimbulkan terjadinya kecelakaan.
Terkait:  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Jika kalian membuat thumbnail dan terindikasi masalah di atas, maka kalian akan mendapatkan teguran dari pihak Youtube Jika pelanggaran dilakukan secara berulang, maka kalian tidak akan mendapatkan hak isimewa menggunakan thumbnail kustom, bahkan channel akan dibekukan selama 30 hari kedepan.

3. Batasan Thumbnail Kustom

Bagi kalian yang akan membuat thumbnail video lebih dari 1 thumbnail kustom dalam 1 hari. Lalu menerima pesan error pada layar bertuliskan ‘Batas thumbnail kustom harian tercapai’. Jika hal ini terjadi, kalian harus menunggu 24 jam kedepan untuk update thumbnail kustom pada video Youtube yang telah di upload.

Untuk Batasan upload thumbnail kustom berbeda-beda tergantung dari negara atau wilayah content creator, sekaligus history channel. Karena teguran hak cipta pun bisa mempengaruhi kelayakan history channel. Lalu teguran pedoman komunitas juga akan mempengaruhi pembatasan jumlah video yang bisa kalian upload.

Oleh karena itu, agar selalu hati-hati dalam upload thumbnail kustom untuk video yang telah di upload pada Youtube. Ini dilakukan apabila kalian tidak ingin mendapatkan batasan maksimum upload thumbnail kustom akibat beberapa hal yang telah dijelaskan di atas.

Itulah cara mengatur thumbnail Youtube yang bisa kalian lakukan, baik lewat perangkat hp maupun perangkat PC dengan mengakses Youtube Studio. Selain itu, selalu perhatikan beberapa hal terkait ketentuan upload thumbnail custom yang harus diperhatikan agar tidak mendapat teguran dari pihak Youtube.

Related posts