Cara Baca Novel Gratis

  • Whatsapp

Hobi membaca memang tidak murah. Harga buku-buku, termasuk novel terbilang cukup mahal. Untungnya saat ini sudah ada berbagai cara baca novel gratis yang tentu menguntungkan pembaca.

Untuk baca novel gratis memang diperlukan cara-cara tersendiri. Pastinya sih sebisa mungkin, cara-cara legal yang tidak akan merugikan penulis. Untuk itu saat ini sudah ada berbagai aplikasi dan situs yang menjadi tempat untuk penulis mempublikasi berbagai novel. Pembaca lantas bisa membacanya dengan gratis.

Novel-novel gratis yang ada di situs maupun aplikasi ini tentu saja memberikan keuntungan bagi pembaca. Belum lagi, koleksi yang dimiliki cukup lengkap. Terdapat berbagai novel dari genre berbeda. Selain untuk baca novel, ketahui juga bagaimana cara baca buku online agar pengetahuan semakin bertambah.

Cara Baca Novel Gratis

Cara Baca Novel Gratis
Cara Baca Novel Gratis di 10 Aplikasi Online Terbaik

Saat ini sudah ada berbagai aplikasi baca novel gratis yang bisa diunduh. Masing-masing aplikasi tentunya memberikan keuntungan dan kelebihan tersendiri. Ada yang menyediakan novel dengan koleksi paling lengkap.

Sampai aplikasi yang jadi favorit para penulis novel ternama. Sehingga karya mereka juga banyak dipublikasi di aplikasi baca novel gratis tersebut.

Agar tidak makin penasaran, di bawah ini merupakan 10 aplikasi untuk cara baca novel gratis.

1. Wattpad

Para pembaca pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Wattpad menjadi aplikasi terbaik untuk baca novel online gratis.

Tidak hanya karena koleksi judul dan genre yang dimiliki. Wattpad memiliki sederet penulis berbakat yang menghasilkan karya novel-novel menarik. Banyak juga novel dari penulis Wattpad yang dipublikasi resmi maupun diangkat menjadi film. Jadi kualitas novel di aplikasi ini tidak perlu diragukan ya.

Di Wattpad tidak hanya bisa baca novel online gratis. Melainkan juga bisa menulis dan mempublikasikan novel sendiri. Siapa tahu bukan karya novel yang dipublikasi di Wattpad akan dilirik untuk diangkat menjadi film atau dipublikasi menjadi buku?

Terkait:  Cara Baca Hasil USG

2. NovelPlus

Selain Wattpad, NovelPlus juga dikenal sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk baca novel gratis. Terutama karena cerita dengan berbagai genre yang ada.

NovelPlus memberikan berbagai kemudahan untuk pengguna dan pembaca. Salah satunya terdapat fitur Pilihan Editor, yang akan menampilkan cerita dengan jumlah pembaca terbanyak. Tidak sulit jadinya untuk mencari cerita mana yang menarik di aplikasi ini.

Selain bisa membaca cerita novel dengan mudah dan gratis, di NovelPlus juga bisa mempublish karya sendiri.

3. Storial.co

Mencari cara baca novel online yang mudah? Storial.co bisa jadi pilihan.

Storial.co memiliki koleksi lengkap berbagai judul novel. Menariknya, Storial.co saat ini menjadi kanal favorit bagi sederet penulis populer di Indonesia untuk mempublikasi karya mereka. Jadi semakin banyak koleksi novel menarik dan seru yang ada di Storial.co.

Berbeda dengan aplikasi baca novel gratis lain, Storial.co memiliki fitur premium. Untuk Cerita Premium, pembaca harus membayar menggunakan Storial Coin. Cara top up untuk membeli coin di Storial.co juga mudah dan cukup murah. Sebanding dengan kualitas novel yang bisa dibaca, pastinya.

4. English Novel Books – Offline

Nah untuk pembaca yang sering tidak punya koneksi internet, aplikasi ini akan pas. English Novel Books – Offline menjadi pilihan aplikasi berikutnya untuk cara baca novel online. Serta tentunya, gratis.

Di English Novel Books – Offline, pembaca bukan hanya akan menikmati novel dengan genre romansa, horror, atau lainnya. Sebaliknya aplikasi ini justru memiliki koleksi buku-buku novel dengan genre sejarah yang lengkap. Novel dari penulis ternama seperti Mark Twain, Lewis Carroll, sampai Arthur Conan Doyle bisa ditemukan di aplikasi ini.

Selain menyediakan novel dengan genre sejarah, maupun romansa sejarah, koleksi English Novel Books – Offline juga kebanyakan dalam bahasa Inggris. Cocok untuk pembaca yang sedang berlatih cara baca bahasa Inggris lebih lancar.

Terkait:  Cara Baca Webtoon Tanpa Koin

5. NovelToon

Bila English Novel Books – Offline memiliki koleksi novel sejarah dan romansa sejarah yang lengkap, maka NovelToon sebaliknya. NovelToon justru memiliki banyak novel di genre percintaan remaja. Cocok untuk pembaca yang ingin bacaan percintaan ringan.

Fitur menarik yang ada di NovelToon merupakan rekomendasi novel sesuai usia. Ketika pertama kali masuk ke aplikasi baca novel gratis ini, pengguna akan diminta memasukkan tahun lahir dan jenis kelamin. Setelah itu NovelToon akan merekomendasikan judul novel yang sesuai.

NovelToon memang termasuk aplikasi untuk baca novel online dengan fitur lengkap. Tidak hanya fitur rekomendasi novel berdasarkan usia dan jenis kelamin. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membaca secara offline. Pembaca juga bisa menggunakan fitur Audiobooks maupun Podcast untuk memberikan pengalaman lain membaca novel.

6. Joylada

Jika bosan dengan format membaca novel yang begitu-begitu saja, Joylada wajib dilirik. Aplikasi cara baca novel online ini hadir sebagai novel chat. Bahkan Joylada diklaim sebagai aplikasi novel chat pertama yang ada di Indonesia.

Cerita novel yang dihadirkan di Joylada dikemas dalam bentuk percakapan. Layaknya percakapan chat di Line atau WhatsApp. Seru bukan?

7. Hinovel

Cara baca novel online lain bisa melalui aplikasi Hinovel. Meski di aplikasi ini memang tidak semua novel bisa dibaca dengan gratis.

Hinovel memiliki koleksi novel yang cukup lengkap. Novel di aplikasi ini paling banyak dengan genre romantis dan romansa yang cocok untuk remaja. Satu lagi rekomendasi untuk baca cerita percintaan yang ringan ya!

Pembaca juga tidak perlu bingung mencari rekomendasi novel untuk dibaca. Di Hinovel ada fitur Rekomendasi Personal yang akan memberikan rekomendasi novel berbeda setiap hari.

Terkait:  Cara Baca Saham

Setelah login di Hinovel, pembaca akan diminta melakukan sederet misi. Dimana nantinya akan mendapat koin gratis. Jadi, tidak perlu kantong bolong gara-gara keasyikan baca novel di aplikasi Hinovel ya!

8. Novel Romantis

Penggemar cerita romantis dan percintaan yang ringan wajib mengunduh aplikasi baca novel gratis satu ini. Novel Romantis, seperti namanya, memiliki banyak koleksi novel di genre romansa.

Serunya lagi, kebanyakan koleksi di Novel Romantis merupakan terjemahan dari novel romantis berbahasa Korea. Bisa dibayangkan bukan bagaimana romantisnya cerita novel-novel di aplikasi ini?

9. NovelReader

NovelReader jadi pilihan berikutnya untuk cara baca novel gratis. Aplikasi ini menyediakan berbagai novel, terutama yang berasal dari penulis Korea Selatan, Cina, dan Jepang. Hanya saja semua novel tersebut diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Bukannya Indonesia.

Pembaca novel di aplikasi NovelReader bisa memilih untuk membaca secara offline maupun online. Update cerita dan chapter baru diberikan setiap hari. Tidak perlu menunggu lama untuk lanjutan cerita novel yang sedang dibaca di aplikasi ini.

10. WebRead

WebRead memiliki ribuan koleksi novel gratis maupun premium. Pembaca memang harus membayar lebih dulu agar bisa menikmati keseruan cerita novel premium. Meski harganya sangat sebanding dengan kualitas cerita. Selain itu ada misi harian juga untuk mendapat koin gratis.

Di aplikasi ini, tidak hanya ada novel publikasi penulis. Melainkan novel dari Korea Selatan yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Ada berbagai cara baca novel gratis. Termasuk melalui aplikasi yang memudahkan untuk cara baca novel online. Situs dan aplikasi baca novel gratis ini memiliki koleksi lengkap. Tidak perlu takut bosan mencari bacaan karena ada fitur rekomendasi.

Dari daftar di atas, mana nih aplikasi untuk baca novel online gratis favorit?

 

Related posts