Cara Memperkuat Sinyal Hp Vivo Y12

Cara Memperkuat Sinyal

Hp Vivo Y12 merupakan salah satu pilihan hp yang terjangkau dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan sudah lumayan bagus. Dengan performanya yang menarik dan harga yang tidak terlalu mahal inilah yang membuat banyak masyarakat tertarik membeli hp Vivo. Namun sama seperti perangkat hp lainnya, terkadang salah satu kendala yang dirasakan saat berselancar di internet adalah kekuatan jaringan. Oleh sebab itu, kalian bisa mencoba cara memperkuat sinyal hp Vivo Y12 disini!

Sekilas HP Vivo Y12

HP Vivo Y12 adalah HP kelas middle-end dengan harga di kisaran 2 jutaan saja. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, kalian sudah bisa menikmati beragam fitur yang ada di dalamnya. Terutama prosesor yang cukup baik menggunakan Octa-core 2.0 GHz. Selain itu daya dukung RAM sudah disematkan kapasitas 3GB dengan memori internal 32 GB dan 64 GB.

Jika dilihat dari spesifikasi di atas, tentunya bagi kalian yang senang browsing dan download berbagai macam aplikasi atau file yang berukuran besar, maka bukan jadi alasan jika kecepatan internet kurang begitu baik.

Vivo Y12 sudah menggunakan sistem operasi android 9.0 (Funtouch OS 9) tentunya bisa melakukan berbagai aktifitas yang jauh lebih menyenangkan karena sudah memiliki fitur terbaru. Apalagi koneksinya sudah di dukung hingga pelayanan 5G untuk WiFI. Sedangkan untuk provider, jaringan yang mendukung dari HP Vivo Y12 di antaranya :

  • Jaringan 2G GSM, standbye jaringan B3/5/8.

  • Jaringan 3G WCDMA, standbye jaringan B1/5/8.

  • Jaringan 4G FDD-LTE. Standbye jaringan B1/3/5/8. Dan

  • jaringan 4G TDD-LTE, standbye jaringan B40.

Jika dilihat dari daya dukung untuk menangkap jaringan dari provider tentunya sudah lebih dari cukup. Namun pertanyaannya khusus bagi kalian yang menginginkan jaringan kuat tentunya ingin menaikkan lagi kecepatan jaringannya.

Dengan demikian, hal pertama jika ingin mempercepat jaringan maka yang harus kalian lakukan adalah memastikan terlebih dahulu sinyal yang diterima sangat bagus sehingga bisa dengan mudah menangkap jaringan 4G untuk kecepatan internet yang jauh lebih baik.

Cara Memperkuat Sinyal Hp Vivo Y12

Cara Memperkuat Sinyal Hp Vivo Y12
Tutorial Memperkuat Sinyal Hp Vivo Y12

Setelah tahu mengetahui beberapa informasi di atas terkait kondisi jaringan internet yang terkendala, maka yang harus kalian lakukan yaitu memperkuat sinyal. Ada beberapa metode cara memperkuat sinyal Hp Vivo Y12 yang perlu kalian ketahui berikut :

1. Mengunci Jaringan 4G

Jika kalian menginginkan jaringan yang selalu muncul di layar HP, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengunci jaringan di 4G. Ini akan membantu secara tidak langsung ho Vivo Y12 akan memperkuat sinyal dengan maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar jaringan tetap di layanan 4G, yaitu :

Cara 1 : Memakai Metode Dial Up

Untuk memakai cara ini, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • HP Vivo Y12 dalam keadaan standbye. Selanjutnya buka menu dial up.

  • Setelah terbuka, silakan ketikan angka berikut ini : *3*#4838#*#* lalu tekan OK atau dial.

  • Pada layar HP, akan muncul intruksi selanjutnya. Silakan scoll ke bagian bawah dan temukan opsi LTE ONLY.

  • Klik OK.

Dengan begitu, sinyal akan secara otomatis mencari jaringan 4G LTE. Agar selalu dalam jaringa tersebut, tentunya HP Vivo Y12 akan memperkuat sinyal sendiri.

Cara 2 : Melalui Menu Pengaturan

Cara memperkuat sinyal hp Vivo Y12 selanjutnya bisa kalian lakukan tanpa harus masuk pada menu dial seperti di atas. Berikut metode selengkapnya :

  • HP Vivo Y12 dalam keadaan standbye. Lalu silakan masuk pada menu settings.

  • Di dalam settings, pilih opsi jaringan.

  • Selanjutnya, pilih kartu SIM yang selalu dijadikan untuk browsing internet.

  • Di dalam opsi kartu SIM tersebut, pilihlah jaringan 4G LTE ONLY atau bisa juga memilih jaringan secara otomatis.

Baik cara pertama atau cara kedua, intinya sama yaitu bisa memperkuat sinyal HP Vivo Y12 sehingga ketika browsing akan tetap berada pada kecepatan maksimal.

2. Permasalah Provider

Jika kalian sudah mencoba cara memperkuat sinyal hp Vivo Y12 pertama, tapi ternyata sinyal tetap tidak mendapatkan jaringan 4G secara maksimal. Kemungkinan besar yang jadi permasalahannya ada pada provider. Seperti yang kalian ketahui bahwa setiap provider memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri terutama dalam hal keberterimaan jaringan.

Ada provider yang unggul di perkotaan namun kurang begitu unggul di perdesaan sehingga sinyal tidak begitu baik. Ada juga yang unggul di dua daerah sekaligus hingga sampai ke pelosok-pelosok.

Bagi kalian yang bertempat tinggal di perdesaan, lebih baik gunakan provider kuar hingga ke perdesaan sehingga sinyal bisa dirasakan cukup kuat untuk mendapatkan layanan jaringan 4G. Dengan memilih provider yang tepat, maka sinyal kuat bukan masalah besar lagi.

3. Berpindah Tempat

Setiap lokasi walaupun kalian berada di rumah sekalipun biasanya akan ada beberapa lokasi di mana sinyal tidak begitu kuar. Untuk mengantisipasinya berarti kalian harus pindah tempat terlebih dahulu ke lokasi di mana sinyal yang didapatkan cukup kuat.

Bukan hanya di lingkup rumah saja, bisa jadi dalam satu wilayah ada lokasi yang kurang begitu baik sinyalnya. Dengan demikian, silakan untuk ganti posisi terlebih dahulu agar kalian bisa mendapatkan sinyal yang jauh lebih baik.

4. Melepas Cashing Pelindung

Tanpa kalian sadari, ternyata cashing pelindung bisa menjadi salah satu penyebab kenapa sinyal tidak begitu kuar. Penyebabnya tentu saja karena cashing merupakan sebuah alat tambahan untuk melindungi HP dari goresan yang langsung menempel pada body HP Vivo Y12.

Sekali-kali, cobalah buka cashing pelindungnya ketika kalian ingin browsing atau sekedar download file yang berukuran besar. Setelah itu coba rasakanlah, apakah ada perbedaan yang cukup signifikan pada kekuatan sinyal antara sebelum di buka cashing pelindung dengan setelah dibuka cashing pelindung?

5. Nyalakan Mode Pesawat

Cara memperkuat sinyal Hp Vivo Y12 ini sepertinya tidak banyak orang mengetahuinya. Ini merupakan salah satu trik sederhana namun efektif untuk memperkuat sinyal sehingga akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Mengaktifkan mode pesawat sementara waktu akan merefresh sinyal yang tidak begitu kuat. Nah, cara mengaktifkannya silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pastikan agar HP Vivo Y12 dalam keadaan standbye.

  • Setelah itu, silakan usap layar dari atas ke bawah agar menemukan opsi shortcut berbagai pengaturan.

  • Di sana akan ada opsi mode pesawat. Klik opsi ini.

  • Tunggu beberapa saat kurang lebih 5 hingga 10 detik saja.

  • Setelah itu, nonaktifkan kembali mode pesawat agar sinyal bisa muncul kembali.

  • Dengan begitu, Vivo Y12 akan memperkuat sinyal secara maksimal.

6. Restart Hp

Cara terakhir adalah dengan cara restart HP Vivo Y12. Dengan restart HP, maka akan menyegarkan sistem operasi di dalamnya temasuk keseluruhan perangkat di dalamnya. Adapun langkah-langkahnya cukup mudah, silakan ikuti di bawah ini :

  • setelah HP Vivo Y12 dalam keadaan standbye, silakan untuk menekan tombol power cukup lama hingga muncul opsi perintah akan restart HP atau mematikan HP.

  • Pilih restart HP.

  • Tunggu beberapa saat hingga HP Vivo Y12 kembali pada kondisi standbye.

Cukup banyak memang cara memperkuat sinyal Hp Vivo Y12 yang bisa kalian coba dan pilih salah satunya. Silahkan praktekkan tutorial di atas dan buktikan mana yang bekerja!

 

Related posts