Cara Baca Bahasa Inggris

Sebagai bahasa yang paling sering digunakan secara internasional, belajar bahasa inggris memang penting. Tidak hanya hanya bagaimana berbicara atau mengerti percakapan dalam bahasa tersebut saja. Melainkan juga cara baca bahasa Inggris yang tepat.

Pemahaman bahasa mencakup banyak aspek. Untuk bahasa Inggris sendiri, setidaknya ada 5 aspek yang akan mempengaruhi kemampuan seseorang. Aspek tersebut diantaranya Speaking (percakapan), Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), kemudian Tense (bentuk kata). Pemahaman kelima aspek ini akan sangat menentukan kelancaran seseorang dalam berbahasa Inggris.

Cara baca bahasa Inggris termasuk ke dalam aspek tersebut. Membaca bahasa Inggris memang dibutuhkan cara-cara tersendiri. Terutama dalam pemahaman serta pengertian suku kata dan isi bacaan. Untuk itu, di bawah ini akan diberikan cara-cara membaca dalam bahasa Inggris. Sekaligus juga tips dan trik yang bisa dilakukan.

Langkah Persiapan Baca Bahasa Inggris

Sebagai salah satu aspek penting ketika belajar bahasa Inggris, untuk membaca diperlukan persiapan tersendiri. Persiapan ini demi memastikan proses belajar baca akan berlangsung dengan lancar. Serta materi yang akan dipelajari dapat terserap dan dimengerti dengan sempurna.

Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk mempersiapkan sebelum baca bahasa Inggris.

1. Ketahui Tujuan

Memiliki tujuan atau goal memang akan memudahkan proses belajar. Namun untuk belajar membaca bahasa Inggris, harus diketahui dulu apa tujuan dalam membaca. Apakah agar mengerti isi teks tersebut, untuk hiburan, atau sebagai tambahan materi pelajaran?

Mengetahui tujuan membaca teks bahasa Inggris juga akan memotivasi. Sehingga ketika mendapat kesulitan dalam proses membaca, tidak mudah menyerah begitu saja.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Membaca teks bahasa Inggris memang akan berbeda dengan dalam bahasa Indonesia. Terutama untuk yang baru belajar bahasa Inggris. Ketika belajar baca bahasa Inggris akan diperlukan konsentrasi lebih demi pemahaman teks lebih baik.

Untuk itu pilih waktu membaca ketika tubuh dalam keadaan prima. Selain itu pastikan juga dapat berkonsentrasi penuh. Misalnya saja seseorang bisa lebih mudah berkonsentrasi di pagi hari. Maka waktu ini akan tepat digunakan untuk belajar baca bahasa Inggris.

3. Strategi Scan dan Skim

Scan dan Skim merupakan dua strategi membaca cepat. Terutama untuk teks dalam bahasa Inggris. Strategi ini digunakan untuk dapat memahami isi bacaan sekaligus mendapatkan jawaban dari teks.

Skimming dilakukan dengan membaca teks secara cepat. Tidak perlu membaca keseluruhan, namun hanya di bagian penting saja untuk mendapat inti dari bacaan. Sedangkan scanning merupakan strategi untuk mendapat jawaban atas pertanyaan dari teks. Kedua cara ini akan sangat berpengaruh pada kelancaran ketika membaca teks di bahasa Inggris.

4. Gunakan Pena atau Jari

Bagi mereka yang baru berlatih membaca bahasa Inggris, fokus akan mudah hilang karena membaca kata-kata yang mungkin terdengar asing. Untuk memastikan tetap bisa membaca tanpa konsentrasi atau fokus terpecah, gunakan jari atau pena sebagai penuntun. Cara ini sudah terbukti membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus ketika membaca.

5. Selingi dengan Istirahat

Belajar dengan terus menerus tidak akan mendapat hasil maksimal. Untuk itu sebaiknya setelah 20 menit membaca, selingi dengan 5 menit waktu istirahat. Konsentrasi akan lebih meningkat ketika otak diistirahatkan dari waktu ke waktu.

Cara Baca Bahasa Inggris

Cara Baca Bahasa Inggris
Cara Baca Bahasa Inggris dengan 6 Langkah Mudah

“Tidak bisa bahasa Inggris” seharusnya bukan lagi kata-kata yang diucapkan generasi milenial. Persaingan global dan terbukanya arus informasi saat ini memang mendorong semua orang untuk bisa bahasa Inggris. Setidaknya dapat membaca dan mengerti isi bacaan di bahasa Inggris.

Setelah melakukan langkah persiapan di atas, berikut ini merupakan cara sekaligus tips baca bahasa Inggris yang bisa dilakukan.

1. Cara Baca Bahasa Inggris Dengan Membuat Daftar Kosakata

Pada persiapan, langkah baca bahasa Inggris salah satunya melakukan strategi skim dan scan. Strategi ini digunakan agar bisa membuat daftar kosakata sulit yang tidak dipahami.

Kosakata baru yang belum diketahui artinya atau kurang dipahami ini bisa dituliskan di lembar kertas terpisah. Kemudian cari tahu terjemahan artinya.

Cara baca bahasa Inggris ini bukan hanya akan membantu memahami isi bacaan. Melainkan juga sebagai cara memperkaya kosakata bahasa Inggris yang dimiliki.

2. Tips Baca Bahasa Inggris Tidak Perlu Fokus Menerjemahkan Semua Kalimat

Membaca teks dalam bahasa asing memang menuntut kita untuk menerjemahkan. Padahal ini sama sekali tidak perlu. Daftar kosakata yang dimiliki seharusnya sudah cukup untuk memberi gambaran arti dari teks yang dibaca. Sehingga menerjemahkan keseluruhan bacaan sama sekali tidak harus dilakukan.

Ketika selesai membaca teks dalam bahasa Inggris, tanyakan dulu pada diri sendiri apakah sudah memahami inti dari bacaan tersebut. Bila masih belum paham, lihat kembali apakah terdapat kata atau kalimat tertentu yang tidak dimengerti. Jadi isi teks tidak bisa dipahami. Setelah menemukan kata atau kalimat tersebut, lakukan cara pertama dan tulis dalam daftar.

3. Ketahui Prefiks, Sufiks, dan Akar Kata Dalam Bacaan

Akar kata sekaligus prefiks dan sufiks bukan hal baru lagi dalam bahasa Inggris. Ketiganya juga sering kali dimasukkan ke dalam teks bacaan.

Agar membaca bahasa Inggris lebih lancar, temukan dan ketahui dulu apa itu akar kata, sufiks, dan prefiks yang terdapat dalam teks. Pasalnya ketiganya sering kali memberi arti berbeda dalam bacaan. Makna teks juga akan berbeda dengan adanya ketiga kata tersebut.

4. Pecah Paragraf Dalam Kalimat Kecil

Siapa yang tidak langsung bingung ketika berhadapan dengan paragraf panjang dalam bahasa Inggris? Tidak perlu khawatir, bahkan mereka yang sudah fasih bahasa Inggris saja sering merasa bingung ketika membaca paragraf panjang.

Untuk memudahkan, pecahkan paragraf panjang tersebut menjadi kalimat-kalimat kecil. Coba untuk pahami inti dari setiap kalimat kecil tersebut sebelum menggabungnya ke dalam paragraf panjang. Cara ini juga memudahkan untuk tetap fokus saat membaca bahasa Inggris.

5. Temukan Ide Bacaan

Setelah mengetahui ide dari bacaan tersebut, membaca akan lebih mudah. Isi dari teks memang akan mudah dipahami ketika memiliki gambaran mengenai apa yang dibaca. Untuk cara baca bahasa Inggris ini akan kembali pada strategi skim dan scan yang dilakukan sebelumnya.

Memiliki ide dari bacaan akan memudahkan juga mengerti isi teks tanpa perlu menerjemahkan. Setelah itu, membaca bahasa Inggris tidak akan jadi hal yang sulit.

6. Kesimpulan dan Rangkuman

Bila sudah mengerti isi bacaan dan memahami setiap paragraf, beri kesimpulan. Kesimpulan ini untuk memastikan sudah benar-benar paham akan inti dan ide bacaan. Pastikan juga kesimpulan sesuai dengan tujuan saat mulai membaca teks yang dilakukan pada persiapan baca bahasa Inggris di atas.

Rangkuman juga tidak ada salahnya untuk dibuat. Rangkum isi dan ide bacaan dengan kalimat tersendiri. Bila sudah bisa merangkum isi bacaan, dapat dikatakan benar-benar memahami dan dapat membaca bahasa Inggris secara lancar.

Persiapan baca bahasa Inggris dilakukan akan proses berjalan lancar. Untuk membantu membaca dengan lebih baik. Tips dan cara baca bahasa Inggris di atas bisa dilakukan agar semakin fasih. Terutama untuk memahami isi bacaan yang menggunakan bahasa Inggris. Setelah melakukan persiapan dan cara di atas, aspek Reading untuk kelancaran bahasa Inggris bisa terpenuhi.

 

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while