Cara Baca Webtoon Gratis

Webtoon semakin banyak digemari oleh pembaca komik maupun manga. Terlebih lagi saat ini sudah ada berbagai cara baca webtoon gratis dan mudah. Tidak perlu keluar uang atau koin untuk menikmati cerita-cerita menarik.

Webtoon, komik, dan manga memang nyaris mirip. Saat ini juga sebenarnya sudah ada banyak cara baca manga secara online dan gratis. Walau begitu tetap tidak mengurangi kecintaan penggemar akan webtoon.

Bila manga merupakan komik yang secara khusus dari Jepang. Maka webtoon merupakan komik yang dibuat dan dipublikasi hanya secara online. Berbeda dengan komik dan manga yang dicetak dalam bentuk buku fisik.

Webtoon awalnya berasal dari Korea Selatan. Namun saat ini sudah ada banyak cara baca webtoon gratis dengan berbagai bahasa berbeda. Termasuk juga dalam bahasa Indonesia.

Di bawah ini merupakan daftar aplikasi untuk baca webtoon gratis. Langsung unduh dan install aplikasi berikut di gadget agar bisa membaca webtoon dari berbagai genre dan cerita.

Cara Baca Webtoon Gratis

Cara Baca Webtoon Gratis
Cara Baca Webtoon Gratis di 8 Aplikasi Online

Berikut ini aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk cara baca webtoon online.

1. LINE Webtoon

Diantara sederet aplikasi baca webtoon gratis lain, LINE Webtoon memang yang paling dikenal luas. Bahkan bisa dikatakan LINE Webtoon juga yang paling banyak diunduh dan digunakan para pembaca webtoon.

LINE Webtoon memiliki puluhan ribu judul webtoon dari berbagai genre berbeda. Mulai dari romance, horror, slice of life, thriller, komedi, dan sebagainya. Pembaca dijamin tidak akan kekurangan bacaan webtoon di aplikasi satu ini.

Memiliki koleksi yang lengkap, LINE Webtoon terdapat di berbagai negara berbeda. Termasuk juga di Indonesia. Ada banyak webtoon creator yang menyumbangkan karya-karya terbaik di sini. Sebut saja Ghosty’s Comic, Tahilalats, dan masih banyak lagi.

Selain menikmati webtoon dari kreator Indonesia, pembaca juga bisa baca webtoon gratis dari negara-negara lain. Baik itu yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Maupun langsung mengakses di halaman bahasa Inggris. Pasalnya ada beberapa webtoon seru yang tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Beberapa webtoon di LINE Webtoon memang tidak bisa dibaca gratis. Dibutuhkan koin baik itu untuk mendapat akses membaca atau update terbaru.

2. Tory Comics

Sedikit berbeda dengan aplikasi baca webtoon gratis lain, Tory Comics memiliki koleksi dari seluruh dunia. Di aplikasi ini bisa ditemukan webtoon populer dari Korea Selatan, Jepang, sampai Cina. Pembaca tinggal memilih saja judul webtoon yang mereka gemari.

Koleksi webtoon yang lengkap dari seluruh dunia didukung dengan fitur penerjemah crowdsourcing. Pembaca bisa membantu proses penerjemahan judul-judul webtoon kesayangan. Sekaligus juga membaca webtoon hasil terjemahan dari pembaca lain.

Fitur ini membuat pembaca mendapat update terbaru untuk webtoon-webtoon dari negara lain. Tidak perlu menunggu lama untuk terjemahan dari webtoonist.

Untuk membaca webtoon di Tory Comics juga mudah dan gratis. Tidak diperlukan koin untuk bisa membaca sederet judul webtoon populer.

3. Webcomics

Aplikasi berikutnya untuk baca webtoon gratis ada Webcomics. Webcomics dikembangkan oleh Neobazar Inc. dan memiliki koleksi webtoon yang lengkap. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan update webtoon terbaru setiap harinya.

Webcomics menyediakan ratusan judul webtoon dari Korea Selatan dan juga Indonesia. Semua koleksi webtoon di aplikasi bisa dibaca dengan gratis. Menguntungkan sekali untuk pembaca, bukan?

Tidak hanya webtoon, Webcomics juga memiliki koleksi-koleksi novel populer dari Indonesia. Baik itu yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Gramedia, Penerbit Serambi, Penerbit Haru, dan sebagainya. Maupun novel yang belum diterbitkan.

4. ComicRack

ComicRack tidak hanya memiliki koleksi judul webtoon dari berbagai negara dan genre. Aplikasi ini juga menyediakan sederet fitur yang memudahkan pembaca.

Lain dengan berbagai aplikasi baca webtoon online lain ComicRack bisa digunakan untuk ponsel Android dan iOS. Banyak aplikasi untuk membaca webtoon memang hanya tersedia di Android saja. Sehingga ComicRack lebih istimewa.

Pembaca juga bisa mengunduh webtoon dalam versi PDF. Cocok bila sering tidak memiliki koneksi internet dan harus offline. Fitur lain ComicRack memudahkan pembaca untuk berpindah gadget. Pembaca bisa meneruskan membaca seri webtoon meski di gadget berbeda. Bahkan juga bisa memindahkan ke PC melalui kabel USB.

Kemudahan, kelengkapan, dan juga fitur unggulan menjadi nilai plus dari aplikasi ComicRack ini.

5. Comica

Bila berbagai aplikasi untuk baca webtoon online lain menyediakan banyak genre, Comica cocok bagi penggemar webtoon romance atau komedi. Comica memiliki tampilan dan fitur yang nyaris mirip Line Webtoon. Meski tidak memiliki koleksi yang sama lengkap.

Sebaliknya Comica justru memiliki banyak koleksi webtoon di genre romance. Belum lagi sederet webtoonist ternama dari Korea Selatan, seperti Jeon Geuk Jin yang merupakan legenda komikus dan Go Yeong Hun sering mempublikasi karya mereka di Comica.

Membaca webtoon di Comica juga gratis. Berbeda dengan Line Webtoon yang membutuhkan koin untuk membaca webtoon-webtoon tertentu. Aplikasi ini cocok untuk pembaca yang ingin membaca webtoon unik dan berbeda. Tentunya juga pembaca yang gemar dengan cerita romansa di webtoon.

6. Dark Horse Comics

Nah untuk penggemar komik dengan genre horror, thriller atau misteri, Dark Horse Comics bisa jadi pilihan. Aplikasi baca webtoon online ini menyediakan berbagai judul webtoon dengan genre horror, thriller maupun misteri. Selain itu koleksi webtoon di aplikasi ini juga kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

Koleksi webtoon yang lain dari pada yang lain jadi keunggulan aplikasi Dark Horse Comics. Di aplikasi ini juga update yang diberikan untuk masing-masing webtoon cukup cepat. Pembaca tidak perlu menunggu lama untuk membaca chapter baru dari webtoon kesayangan mereka.

Untuk fitur, Dark Horse Comics tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain. Pembaca bisa membaca webtoon secara online maupun offline.

7. Tapas

Penggemar webtoon yang lain dari pada yang lain serta anti mainstream juga wajib memiliki aplikasi satu ini. Tapas jadi cara baca webtoon gratis dan populer yang sedang digemari.

Pasalnya di aplikasi ini, sederet webtoonist populer kerap mengunggah karya-karya terbaru mereka. Bahkan juga karya webtoon yang tidak dipublikasi di aplikasi lain. Keren, bukan?

Selain bisa baca webtoon gratis, di Tapas juga dapat mengunggah karya sendiri. Bila memiliki webtoon yang ingin dipublikasi, Tapas menjadi aplikasi yang tepat. Terutama dengan banyaknya jumlah pembaca. Webtoon karya sendiri bukan tidak mungkin akan menjadi populer.

8. Ciayo Comics

Aplikasi baca webtoon online ini sudah tidak asing. Ciayo Comics tidak hanya memiliki koleksi webtoon yang lengkap. Melainkan juga ada komik dan manga.

Tampilan yang segar dan mudah diakses membuat aplikasi ini digemari pembaca. Ciayo Comics memiliki fitur untuk membaca webtoon secara online maupun offline. Jadi makin mudah untuk pembaca yang sering tidak punya akses internet.

8 aplikasi baca webtoon online di atas bisa diunduh dan diinstal di ponsel masing-masing. Sehingga semakin memudahkan untuk cara baca webtoon gratis. Setelah itu, pastinya tidak akan kesulitan lagi untuk baca webtoon online di berbagai aplikasi yang ada.

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while