Cara Belanja di Shopee bagi Pemula

Bagaimana cara belanja di Shopee bagi Pemula? Apakah ada Metode pembayaran untuk yang tidak memiliki ATM di Shopee? apa saja langkah langkahnya?

Ngomongin tentang layanan e-commerce tentu memang tidak ada habisnya. Mulai dari Tokopedia, Lazada, BliBli, JD.ID, Sociolla, dan Bukalapak, semua nama nama tersebut merupakan raksaksa e-commerce terbesar di Indonesia.

Sebagaimana kita tau, warga indonesia saat ini sendiri juga lebih sering melakukan pembelian atau pembelanjaan online dengan menggunakan beberapa layanan tersebut. Gak cuma itu saja, melakukan pembelian atau belanja dengan cara online sendiri memang dikatakan lebih simple dan mudah, sebab mereka bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja.

Belum lagi dengan adanya beragam penawaran menarik dan juga pilihan harga yang sangat terjangkau pada tiap produk yang ada di e-commerce. Nah, salah satu e-commerce yang juga memberikan penawaran serta diskon diskon menarik adalah Shopee. sebagaimana kita tau, Shopee memang kerap digunakan pengguna setianya untuk memenuhi kebutuhan produk mereka.

Gak cuma itu aja, pengguna Shopee juga bisa kok melakukan pembelian produk atau layanan lain, seperti pulsa dan paket data, tagihan, bpjs, voucher game, dan masih banyak lagi. Tentunya, hal ini bisa menjadi salah satu alternatif yang sangat memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran mereka.

Salah satu hal menarik dari Shopee sendiri adalah, kita bisa menemukan beragam zona hiburan didalam aplikasinya, seperti shopee tanam, shopee candy, shopee game, dan masih banyak lagi, dan tiap permainan tersebut nantinya akan mendapatkan hadiah berupa koin shopee yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Cuma itu aja? Nggak, masih ada lagi kok. Kalian juga bisa melihat tayangan siaran langsung di Shopee Live, untuk melihat para penjual mempromosikan produk mereka. Dan jika beruntung, kalian bisa menemukan live dari para seller, yang mana akan memberikan 50 koin sebanyak 3 kali kesempatan dalam 1 hari.

Namun sayangnya, masih saja loh ada pengguna yang belum mengerti cara berbelanja di shopee, ada saja yang masih bingung ketika memilih produk, ataupun pada saat memilih metode pembayaran, hal inilah yang kadang membuat bingung para pemula yang baru saja mencoba aplikasi shopee.

Nah, buat kamu yang mungkin belum paham, silahkan simak artikel tentang cara belanja di Shopee bagi pemula berikut ini, sebagai pemahaman dasar kalian.

Cara Belanja di Shopee bagi Pemula

Cara Belanja di Shopee bagi Pemula
Belanja di Shopee bagi Pemula

Download Aplikasi Shopee dan Lakukan Pendaftaran

Pada artikel kali ini, sebenarnya cara ini dikhususkan untuk para pengguna smartphone seperti Android ataupun iOS. Sebab, cara pendaftaran di Shopee sendiri memang lebih mudah melalui smartphone, walaupun begitu, ketika pendaftaran melalu aplikasi Shopee selesai, kamu tetap bisa kok login di Website Shopee dengan data login yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Nah, untuk cara pendaftarannya sendiri tidaklah sulit kok.

  1. Download terlebih dahulu Aplikasi Shopee di Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS
  2. Setelah aplikasinya terinstall, langsung saja buka Aplikasi tersebut
  3. Lalu, klik pada bagian Profil yang ada dibagian bawah kanan layar
  4. Klik pada tombol Daftar / Masuk
  5. lalu, Silahkan lakukan pendaftaran dengan menggunakan 2 opsi
    • Menggunakan Email / Nomor Telpon
    • Menggunakan Akun Sosial Media dan Akun Google
  6. Setelah prosess pendaftaran dilakukan, maka kalian akan diarahkan kedalam aplikasi Shopee

Tapi sebelumnya, jika mungkin kalian menggunakan nomor telpon sebagai metode pendaftaran, pastikan nomor kalian aktif dan tidak dalam masa tenggang ataupun terblokir. Sebab, nantinya pihak shopee akan mengirimkan kode OTP untuk menyelesaikan prosess pendaftaran tadi.

Lengkapi semua Data yang Dibutuhkan

Setelah prosess pendaftaran selesai, kalian bisa kembali masuk kedalam bagian profil dari Shopee, dan mengisi semua data yang dibutuhkan. Loh, kenapa sih harus mengisi data yang dibutuhkan?

Sebenarnya hal ini sangatlah opsional, namun dengan melengkapi profil, tentunya hal ini sangat memudahkan kalian dalam melakuakn pembelian produk di Shopee, sebab kalian tak perlu lagi mengisi data secara keseluruhan ketika sudah masuk kedalam menu checkout. Gak cuma itu aja, dengan melengkapi profil, kalian bisa dengan mudah menggunakan layanan shopeepay dari Shopee, dan meningkatkan kredibilitas profil, ketika berbelanja.

Adapun beberapa data yang harus dilengkapi pada bagan profil shopee ialah

  • Foto Profil
  • Nama Lengkap (gunakan nama sesungguhnya)
  • Email
  • Nomor Telpon
  • Alamat (atur alamat menjadi alamat utama agar memudahkan pengiriman)
  • Metode pembayaran (agar memudahkan saat melakukan checkout)

Dan setelah semua data yang diisi tadi sudah dilengkapi, maka barulah kita bisa memulai untuk berburu produk yang ada di aplikasi Shopee

Pilih Produk yang diinginkan

Setelah profil dilengkapi, kalian bisa mengklik tombol Home atau halaman awal shopee, dan menggunakan fitur pencarian di Shopee untuk mencari produk yang memang kalian inginkan. Atau, kalian juga bisa kok mengklik tiap kategori atau mencari kategori yang sesuai dengan kriteria produkmu.

Pastikan juga kalian memilih produk dengan penilaian atau rating dan ulasan yang baik, hal ini sangat berpengaruh pada kualitas produk. Jika ulasan yang diberikan adalah baik dan positif, maka bisa dikatakan produk tersebut layak untuk dibeli, tetapi apabila produk memiliki ulasan yang buruk, maka kalian harus mempertimbangkannya lagi.

Setelah yakin dan menemukan produk yang sesuai dan memiliki rating serta ulasan yang bagus, maka kalian bisa langsung menambahkan produk tersebut kedalam keranjang belanjaan kalian atau troli belanja apabila ingin mencari produk lainnya, namun jika tidak langsung saja klik beli sekarang

Lakukan Pembayaran

Nah disinilah hal yang paling penting untuk dilakukan, yaitu melakukan pembayaran. Setelah mengklik pada tombol bayar sekarang, maka kalian akan diarahkan kedalam menu atau tampilan checkout. Silah kan periksa kembali data data yang tertera pada produk yang akan dibeli. Seperti

  • Nama penerima
  • Alamat Penerima
  • Nomor Telpon penerima
  • Ongkos Kirim
  • Metode Pembayaran
  • Total biaya

Barulah setelah itu kalian tinggal mengklik tombol Checkout dan melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang sudah kamu pilih tadi. Setelah pembayarna selesai, maka kalian aklan menerima notifikasi di dalam Apliaksi Shopee, yang memberitahukan kalian jika pembayaran sudah selesai dilakukan.

Kalian juga bisa kok men-chat seler atau penjual untuk segera mengemas produk kalian (jika dalam waktu operasional) dan memberitahukan jika kalian sudah melakukan pembayaran. Dan setelah itu barulah kalian bisa melihat status pemesanan atau status produk kalian.

Konfirmasi Pembayaran

Setelah mengkonfirmasi dengan seller perihal pembayaran, maka langkah terakhir adalah kalian tinggal rajin rajin mengecek aplikasi shopee untuk mengetahui status pengiriman paket kalian. Seperti biasa, status pengiriman paket pada Shopee juga memiliki 3 tahapan, yakni

  • Diprosess
  • Dikemas
  • Dikirim

Nah, kalian baru bisa melakukan pelacakan paket ketika status produk sudah sampai pada tahap ‘dikirim’. Dan jika sudah sampai, barulah kalian tinggal melakukan konfirmasi jika paket telah tiba, dan memberikan ulasan atau penilaian tentang paket yang kalian terima. Gimana? Gampang banget bukan?

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang cara belanja di Shopee Bagi Pemula, semoga artikel ini bisa membantu kamu yang mungkin baru saja mulai untuk berbelanja atau membeli produk secara online di Shopee. semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi