Cara Cicilan di JD ID

JD.ID termasuk salah satu web e-commerce dari China yang kini tengah berekspansi ke tanah air untuk bersaing dengan marketplace lainnya. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh JD.ID ialah memiliki tampilan web yang menarik, selain itu nyaman dan mudah digunakan. Selain itu, itu marketplace ini juga terlihat profesional. Jadi sangat nyaman berbelanja di e-commerce yang satu ini. Lalu, apakah ada cara cicilan di JD ID?

Ya, sebenarnya JD ID juga menawarkan fitur cicilan, sama seperti cara cicilan barang di Shopee. Kamu juga tak perlu ragu lagi memanfaatkan fitur ini, karena JD ID selalu memberikan kepuasan kepada para pengguna sekaligus pelanggannya untuk mengandalkan JD ID sebagai andalan web toko online mereka.

Pembelian barang melalui metode cicilan di web e-commerce ini tentu saja memberikan kemudahan tersendiri, karena Kamu tak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran. Khususnya barang-barang bernilai besar, baik itu laptop, smartphone, peralatan elektronik, TV dan lainnya.

Meskipun Kamu diberikan kemudahan cara cicilan di JD ID tentu saja tetap harus memperhatikan budgeti yang Kamu miliki. Dengan melihat besarnya suku bunga yang harus dibayar ketika mencicil barang, Kamu harus menyesuaikan juga dengan tenor atau jangka waktu cicilan yang pas.

Selain itu, jangan sampai Kamu melewatkan batas waktu untuk membayar cicilan supaya tidak dikenakan denda atau sanksi dari pihak pemberi kredit.

Cara Cicilan di JD ID

Cara Cicilan di JD ID
Cara Kredit di JD ID

Cara Kredit di JD ID Mudah

Seperti kita ketahui, JD ID Menawarkan beberapa pilihan sistem pembayaran kredit, baik menggunakan kartu kredit maupun tanpa menggunakna kartu kredit. Berikut panduan 3 pilihan cara cicilan di JD ID :

1. Cara Kredit di JD ID Dengan Kreditplus

Kreditplus adalah salah satu partner usaha JD ID, yang sudah berkiprah selama 20 tahun lebih dalam bidang pembiayaan. Selain JD ID, Kreditplus sebenarnya sudah bekerjasama dengan berbagai e-commerce baik lokal hingga luar yang memakai layanan cicilan barang atau kredit.

Jika Kamu ingin cara cicilan di JD ID menggunakan Kreditplus sendiri tentu saja sebelumnya harus sudah terdaftar sebagai member atau akun di JD ID. Selanjutnya tinggal melakukan registrasi di halaman situs web resmi JD.ID. Jika sudah memiliki akun, Kamu pun bisa berbelanja melalui cara kredit di JD ID dengan Kreditplus.

Akan tetapi, sebelum melakukan kredit di JD ID menggunakna kreditplus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi berikut ini :

  • Pesanan hanya terbatas untuk beberapa wilayah tertentu, seperti Jabodetabek, Tasikmalaya, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Manado, makassar, Palembang, Bandung, Medan, Cirebon, Singaraja, Serang, Lampung, Malang, Jogja dan lainnya.
  • Pemesanan produk dengan cara cicilan di JD ID menggunakan Kreditplus ini hanya dibatasi dalam pembelian 1 produk saja.
  • Para pelanggan bisa mengajukan cicilan untuk tenor 6 hingga 12 bulan.
  • Sesudah mengajukan pemesanan lewat formulir pesanan di web  JD ID, maka pihak Kreditplus pun akan langsung menghubungi pelanggan dengan tujuan mengkonfirmasi pesanan.
  • Sesudah pesanan melakukan pengisian formulir dengan lengkap, selanjutnya pelanggan wajib mempersiapkan persyaratan dokumen pengajuan kredit, terdiri atas slip gaji dan KTP.
  • Pelanggan dilarang membatalkan transaksi sesudah permohonan kredit disetujui Kreditplus.
  • Pertanyaan tentang proses pemesanan selanjutnya bisa langsung menghubungi CS JD.ID di 1 500 618.
  • Sedangkan pertanyaan tentang besarnya bunga dan proses cicilan bisa menghubungi CS Kreditplus di 1500 605.

Adapun cara cicilan di JD ID menggunakan KreditPlus, diantaranya :

  • Pertama-tama silahkan login ke akun JD ID milikmu terlebih dahulu. Ini dilakukan jika Kamu sudah registrasi atau mendaftar akun JD ID.
  • Setelah masuk ke laman JD ID, maka Kamu pun tinggal memilih barang atau produk sesuai keinginan. Kemudian lanjutkan untuk menuju proses selanjutnya.
  • Kamu bisa ikuti petunjuk sesuai instruksi, lalu pilih sistem pembayaran menggunakan “Cicilan Tanpa Kartu”.
  • Lalu pilih multifinance, dan klik “Lanjutkan”.
  • Silahkan lakukan pengisian form aplikasi kreditmu sesuai dengan data dirimu lengkap dan valid, sertakan slip gaji (bila diminta) dan foto KTP.
  • Lalu tunggu beberapa waktu karena Kreditplus akan menghubungimu terlebih dahulu untuk menginformasikan tentang pengajuan kredit yang Kamu minta. Kamu harus mempersiapkan dokumen pengajuan cicilan kredit jika sudah mendapatkan informasi mengenai hasil pengajuan cicilan tersebut.
  • Jika sudah menerima persetujuan kredit, selanjutnya JD ID pun tinggal mengirimkan produk yang sudah Kamu pesan saja.

2. Cara Kredit di JD ID Dengan Kredivo

Berbelanja online di JD ID kini semakin gampang dengan banyaknya pilihan metode pembayaran. Terlebih kini Kredivo sebagai salah satu partner bisnis JD ID yang ikut bergabung dengan perusahaan pebiayaan lainnya untuk melengkapi sistem pembayaran produk di JD ID. Bahkan cara kredit JD ID dengan Kredivo juga cukup mudah dilakukan.

Kredivo bisa dikatakan sebagai solusi kredit praktis dan instan karena memberikan beragam kemudahan kredit dengan 2 pilihan layanan. Pertama, Kamu bisa beli produk sekarang bayar setelah 30 hari tanpa tambahan suku bunga. Cicilan kredit 3, 6 atau 12 bulan dengan bunga sebesar 2,95% setiap bulannya dan DP atau uang muka sebesar 20%.

Namun untuk bisa melakukan cara cicilan di JD ID menggunakan Kredivo ini, Kamu harus sudah mempunyai akun Kredivo terlebih dahulu.

Bagi Kamu yang ingin memproses pembelian produk menggunakan Kredivo, ada beberapa langkah yang harus dilakukan berikut ini :

  • Pertama-tama, pilih produk atau barang yang ingin Kamu beli di aplikasi atau web JD ID.
  • Setelah itu, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman pembayaran.
  • Silahkan pilih sistem pembayaran dengan online payment, kemudian pilih cicilan tanpa menggunakan kartu kredit.
  • Lalu pilih layanan “Kredivo”.
  • Selanjutnya, klik periode cicilan yang Kamu inginkan berapa lama atau berapa bulan.
  • Kemudian lakukan konfirmasi.

Sesudah konfirmasi, Kamu akan dibawa ke halaman Kredivo. Silahkan isi informasi data yang diminta pada halaman Kredivo. Jika Kamu belum memiliki akun Kredivo, biasanya Kamu akan diminta untuk membuat akunnya terlebih dahulu di Kredivo.

Adapun kekurangan mengambil kredit di Kredivo ialah bunganya cukup besar. Jadi Kamu harus benar-benar mempertimbangkannya. Maka dari itu, Kamu bisa menggunakan kode promo dari Kredivo jika ingin menggunakna metode pembayaran kredit di Kredivo.

Pemrosesan sendiri bisa memerlukan waktu selama beberapa hari hingga produk selesai dibayar Kredivo. Selanjutnya barang akan dikirimkan menuju alamat rumahmu.

3. Cara Kredit di JD ID Dengan Kartu Kredit

Jika cara cicilan di JD ID di atas tanpa menggunakan kartu kredit, maka cara selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Tentu saja, cara kredit ini baru bisa dilakukan bagi Kamu yang sudah memiliki kartu kredit.

Langsung saja, ikuti panduan cara kredit di JD ID dengan kartu kredit di bawah ini :

  • Setelah masuk ke akun JD ID dan Kamu sudah memilih produk yang Kamu inginkan, lalu sampai ke metode pembayaran.
  • Kamu tinggal pilih opsi “Kartu Kredit”.
  • Silahkan pilih credit card dari bank penerbit mana.
  • Inputkan data-data berupa nama pemegang credit card,  nomor kartu, CCV CVV, tanggal kadaluarsa, lama cicilan atau tenor cicilan, dan lainnya.
  • Kemudian centang “Setuju” setelah membaca persyaratan dan ketentuan kredit dengan menggunakan kartu kredit.
  • Setelah itu, klik “Konformasi”.
  • Lalu Kamu pun akan mendapatkan verifikasi 3D secure yang berupa SMS/notifikasi ke HP-mu,  yang nantinya  harus dimasukkan ketika transaksi.

Adapun ketentuan pembayaran menggunakan kartu kredit di aplikasi JD ID sendiri hanya dapat dilakukan bagi pengguna credit card yang telah diterbitkan pihak Bank Indonesia saja.

Bagaimana, mudah bukan ketiga panduan cara cicilan di JD ID di atas? Pilih layanan kredit mana yang Kamu inginkan sesuai kebutuhan!

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019